Review Ferrari Roma 2021: Kuda Jingkrak Berbulu Aston Martin

10/08/2021

Share this post:

Ferrari Roma 2021

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Ferrari Roma 2021 jadi Grand Tourer paling kecil dan terjangkau dari pabrikan asal Maranello. Apakah mobil ini bisa membuka pasar baru bagi sang kuda jingkrak?

Review Ferrari Roma 2021: Kuda Jingkrak Berbulu Aston Martin
Review Ferrari Roma 2021: Kuda Jingkrak Berbulu Aston Martin
0 Gambar

Pengantar Ferrari Roma 2021

Mari kita simak spesifikasi Ferrari Roma 2021 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan interior yang lebih segar dan modern (Akhirnya!)

Mesin V8 twin-turbo yang cukup bertenaga untuk sebuah model entry-level

Cocok bagi Anda yang berpikir untuk menjadikan Ferrari sebagai kendaraan harian

Kekurangan

Lebih cocok dengan emblem Aston Martin ketimbang Ferrari

Tidak seperti Portofino, tak ada kursi untuk penumpang di belakang

Roma adalah Grand Tourer paling kompak dari Ferrari. Pihak pemasaran dari sang kuda jingkrak menyebut Roma sebagai 'mobil F1 dalam balutan pakaian malam' dan reboot dari ide 'La Dolce Vita' yang tak terlukiskan dari Italia.

Ferrari telah berkecimpung dalam bisnis mobil Grand Tourer (atau Gran Turismo dalam bahasa Italia) sejak hari pertama, ketika Enzo Ferrari menyadari fakta bahwa orang-orang terkaya dan terpandang di dunia rela membayar mahal untuk versi jalan raya mobil balap kesayangannya.

Gambar Ferrari Roma 2021

Ferrari Roma di habitat naturalnya

Ferrari Roma mewakili kebangkitan sang kuda jingkrak yang mewujudkan kemewahan yang bersahaja dalam berpelesir daripada meneriakkan performanya. Mobil ini menempatkan keanggunan sebagai elemen utama.

Ini adalah Ferrari untuk orang-orang yang tidak benar-benar mendalami esensi dari sebuah Ferrari, yang tidak akan menggambarkan diri mereka sebagai pengemudi yang handal, dan yang lebih suka terbang di bawah radar.

>>> Review Ferrari F8 Spider 2021: Versi Halus Dari 488 Pista Aperta

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Ferrari Roma 2021

Review Ferrari Roma 2021: Eksterior Depan

Ferrari Styling Centre mendesain Ferrari Roma 2021 sebagai representasi spirit 'La Nuova Dolce Vita' sekaligus reinkarnasi Grand Tourer klasik Ferrari bermesin depan di era 60-an yang terwakilkan oleh Ferrari 250 GT Berlinetta Lusso dan Ferrari 250 GT 2+2.

Pada area eksterior depan, Ferrari mengambil tema desain dari keluarga Ferrari Icona, yakni Ferrari Monza SP1 dan SP2, untuk memberikan efek modern classic yang memikat pada Ferrari Roma 2021.

Gambar Fascia Ferrari Roma 2021

Tampilan fascia depan Ferrari Roma 2021

Contohnya adalah format headlight berteknologi LED Adaptive yang memiliki aksen 'pemisah' berupa light strip horizontal. Garis area fascia depan dikemas layaknya bentuk shark nose, di mana Ferrari mengadopsi bentuk panel grille bergaya monolitik.

Di sisi bawah grille terdapat panel vortex generator, yang memiliki fungsi menambah downforce saat mobil berlari di kecepatan tinggi. Di banding dengan jajaran produk Ferrari lainnya, fascia Roma memang terlihat lebih elegan ketimbang sporty yang membuat kami berasumsi bahwa mobil ini jauh lebih cocok diberi badge Aston Martin di bagian kap mesinnya.

>>> Ferrari Hybrid Termurah Beratap Terbuka Akan Segera Diluncurkan

Review Ferrari Roma 2021: Eksterior Samping

Kesan Grand Tourer Aston Martin masih berlanjut ke bagian samping. Terutama melihat bodi yang terbilang mulus dengan lekukan lembut tanpa ada garis tegas atau lubang atau terowongan udara yang khas dari Ferrari.

Belum lagi jika melihat bagian garis atap dan green house Ferrari Roma 2021, benar-benar jauh menyimpang dari kebiasaan Ferrari. Nampaknya, mobil ini benar-benar menyasar pasar baru di mana calon konsumen lebih menyukai nuansa elegan ketimbang sporty pada tunggangannya.

Gambar Tampilan Samping Ferrari Roma 2021

Tampilan samping Ferrari Roma 2021

Jika diperhatikan secara detil, mobil berpostur 4,656 mm x 1,974 mm x 1,301 mm (P x L x T) ini memiliki format pintu yang unik. Handle pintu dibuat tersembunyi sejajar panel, dan Anda harus menekan handle tersebut untuk membuka pintu mobil ini. Hal ini merupakan bagian dari teknologi Comfort Access yang tersedia di Ferrari Roma 2021.

Review Ferrari Roma 2021: Eksterior Belakang

Ferrari Styling Centre meredesain buritan belakang Ferrari Roma 2020 menggunakan format lekuk membulat, yang sekilas terinspirasi oleh Ferrari 456 klasik. Tail light LED ditempatkan sepasang di sisi kiri dan kanan, dimana detil garis tail light mengikuti garis horizontal sesuai kontur pintu bagasi. Pada bagian bumper bawah, tersedia quad tailpipe dan diffuser.

gambar Tampilan Belakang Ferrari Roma 2021

Tampilan belakang Ferrari Roma 2021

Ferrari Roma 2021 menggunakan desain spoiler yang tersembunyi dalam sebuah panel sebuah panel yang dirancang selaras dengan bentuk kaca belakang, sehingga saat tidak digunakan akan tersembunyi mengikuti kontur kaca belakang. Spoiler ini akan muncul saat mobil berlari di atas kecepatan 100 km/jam dan mengikuti settingan Manettino.


Interior Ferrari Roma 2021

Review Interior Ferrari Roma 2021: Dashboard dan Setir

Desainer interior Ferrari Roma 2021 menitikberatkan prinsip 'eyes on road, hands on the wheel'. Efeknya terasa pada kokpit dari sisi pengemudi, dimana kluster instrumen menggunakan layar digital 16 inci.

Layar tersebut dapat menampilkan informasi teknis mobil, navigasi, sampai pengaturan media dan telepon ini bisa diatur melalui area setir yang menggunakan tombol multifungsi dengan haptic touch. Seperti standar Ferrari, tersedia tombol Manettino dan paddle shift yang hadir di area setir.

Gambar Dashboard Ferrari Roma 2021

Tampilan cockpit Ferrari Roma 2021

Secara keseluruhan, kami harus angkat jempol untuk Ferrari yang akhirnya menggunakan desain dan layout dashboard serta kokpit yang lebih segar pada Roma yang terinspirasi dari halo hypercar mereka, SF90 Stradale.

Review Interior Ferrari Roma 2021: Jok

Terkait jok, Ferrari mengadopsi format 2+ yang berarti mobil ini bisa digunakan oleh dua orang dewasa, dimana format jok dibuat mengikuti standar Ferrari Portofino dan Ferrari GTC4 Lusso T.

Gambar Jok Ferrari Roma 2021

Jok Ferrari Roma 2021

Di belakang jok Ferrari Roma 2020 sebenarnya masih ada ruang kosong, dengan bentuk layaknya format jok mungil. Hanya saja, area ini lebih tepat digunakan untuk penyimpanan barang bawaan di luar ruang bagasi.

>>> Jangan Sombong Kalau Punya Ferrari, Beli Nih Mobil Terbang!

Fitur Ferrari Roma 2021

Review Ferrari Roma 2021: Sistem Infotainment

Seperti sudah disebutkan di area interior, Ferrari Roma 2021 mengusung unsur digital menjadi sangat kental, termasuk dalam hal hiburan. Sistem infotainment pada mobil ini terpusat pada area tengah dengan layar 8.4 inci Vertical Screen.

Gambar Cockpit Ferrari Roma 2021

Berbeda dengan Ferrari lain yang berfokus pada performa, Roma dibekali layar digital besar di dashboard tengah

Layar ini berfungsi mengatur kontrol hiburan, kontrol climate control, sampai ke dalam setting jok mobil. Sistem infotainment ini terhubung dengan sistem audio premium keluaran JBL untuk mendukung kenyamanan dan kesenangan dalam bekendara.

Review Ferrari Roma 2021: Mode Berkendara

Seperti Ferrari modern lainnya, Roma dibekali dengan kenop Manettino untuk mengatur mode berkendara dengan lima pilihan (Wet, Comfort, Sport, Race, ESC Off). Selain itu Ferrari juga menghadirkan teknologi Side Slip Control 6.0 yang pertama untuk model Ferrari GT, serta Ferrari Dynamic Enhancer.

Selain itu di area central kluster terdapat tuas mungil berdesain manual gear-shift gate. Tuas-tuas mungil ini memiliki fungsi untuk pengaturan Launch Control dan mode transmisi (Reverse, Auto, Manual). Elemen interior ini pertama kali diperkenalkan oleh Ferrari pada SF90 Stradale.

Operasi Ferrari Roma 2021

Ferrari setia menggunakan mesin 3855 cc V8 - 90° turbo yang sukses menjadi jawara International Engine of the Year. Mesin ini disesuaikan untuk Ferrari Roma 2021 sehingga tenaga yang dihasilkan mesin ini menjadi 612 HP dengan torsi maksimal 761 Nm.

Menggunakan sistem penggerak roda belakang, seluruh tenaga disalurkan melalui transmisi F1 style dual-clutch automatic 8-percepatan yang lebih responsif, lebih ringan, serta lebih nyaman digunakan dalam kondisi stop-and-go.

Gambar Mesin Ferrari Roma 2021

Meski jadi yang paling terjangkau, tetap menawarkan performa setara supercar

Berdasarkan klaim, Ferrari Roma 2021 hanya membutuhkan waktu 3.4 detik untuk berakselerasi dari keadaan diam hingga 100 km/jam, serta total waktu 9.3 detik untuk 0-200 km/jam.

Ferrari turut menghadirkan teknologi-teknologi terdepan untuk meningkatkan karakter mesin mobil agar lebih responsif. Contohnya ialah teknologi Variable Boost Management untuk respon throttle lebih instan, serta sistem exhaust yang mengalami redesain untuk mengadopsi Gasoline Particulate Filter.

Spesifikasi Ferrari Roma 2021

Mesin Ferrari Roma 2021
Seri Mesin F154BH V8 90° 3,9 L twin-turbocharged intercooled DOHC
Kapasitas Mesin 3.855 cc
Tenaga Maksimum 612 HP @ 5.750 - 7.500 rpm
Torsi Maksimum 761 Nm @ 3.000 - 5.750 rpm
Transmisi F1 style dual-clutch automatic 8-percepatan
Akselerasi 0 - 100 km/jam 3,4 detik
Dimensi Ferrari Roma 2021
P x L x T 4,656 mm x 1,974 mm x 1,301 mm
Jarak Sumbu Roda 2,670 mm
Kapasitas Bagasi 272 Liter
Kaki-kaki Ferrari Roma 2021
Suspensi Depan & Belakan Depan: Independent, Double Wishbone
Belakang: Independent, Multi-link
Rem Depan & Belakang Disc (ABS)
Velg Alloy, 20 Inci
Ban 245/35ZR20 dan 285/35ZR20

Daftar Harga Ferrari Roma 2021

Seperti mobil berlogo kuda jingkrak lainnya, harga Ferrari Roma 2021 bergantung pada spesifikasi dan personalisasi yang dipilih oleh calon pemiliknya. Pastinya, mobil ini sedikit lebih murah dari Portofino M 2021 yang artinya Anda harus menyiapkan dana setidaknya Rp 9 miliar.

Kesimpulan Ferrari Roma 2021

Ferrari Roma 2021 adalah mobil yang tepat bagi pembeli pertama Ferrari. Secara desain, Roma sangat mudah diterima dibanding beberapa mobil Ferrari lainnya (meski terlihat seperto Aston Martin). Harganya pun yang paling terjangkau di antara Ferrari lain, namun tetap memberikan performa bak supercar.

Gambar Ferrari Roma 2021

Mobil ini cocok bagi pembeli Ferrari pertama

Ini juga bisa menjadi mobil yang tepat bagi pemilik Ferrari yang ingin menambah koleksinya sebagai mobil yang dapat digunakan sehari-hari, atau keluar untuk acara malam. Sebagai Grand Tourer, mobil ini juga sangat nyaman untuk sebuah Ferrari jika Anda ingin berpelesir ke luar kota.

>>> Tahukah Anda? Ferrari Ternyata Bisa Jadi Pelepas Stress di Jalan

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top