Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Makin Lengkap Dengan Tenaga Lebih Besar

08/06/2021

Share this post:

Ferrari Portofino 2021

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Ferrari Portofino M 2021 adalah penyempurnaan dari Ferrari Portofino yang diluncurkan pada tahun 2017. Grand-tourer convertible ini ditawarkan dengan tenaga lebih besar dengan beberapa fitur baru.

Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Makin Lengkap Dengan Tenaga Lebih Besar
0 Gambar

Pengantar Ferrari Portofino 2021

Mari kita simak spesifikasi Ferrari Portofino 2021 di bawah ini.

PT Eurokars Prima Utama sebagai importir dan distributor eksklusif Ferrari di Indonesia memperkenalkan Ferrari Portofino M pada Juni 2021. Label M atau Modificata, mengisyaratkan pembaharuan pada model entry level pabrikan berlambang kuda jingkrak ini. Lantas, apa saja perubahan yang hadir pada Ferrari Portofino M? Simak terus Review Ferrari Portofino M 2021 yang disusun oleh redaksi Cintamobil.com di bawah ini.

>>> Merakit Supercar Impian untuk Anak

Mobil Baru Populer

Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 135.35 - Rp 161.05 Juta

Eksterior Ferrari Portofino 2021

Review Ferrari Portofino M 2021: Tampilan Depan

Tak banyak ubahan yang signifikan pada fascia depan Ferrari Portofino M 2021. Ferrari mempertahankan grille besar di bagian bumper untuk memastikan aliran udara yang lancar dalam membantu mendinginkan mesin dan meningkatkan downforce bagian depan mobil. Grille tengah sedikit diperbaharui menggunakan 'tulang rusuk' aluminium dengan sedikit aksen krom di kedua sisinya.

Foto Fascia Ferrari Portofino M 2021

Tak banyak perubahan yang terlihat pada fascia depan Ferrari Portofino M 2021

Dua buah lampu LED yang khas dengan bahasa desain Ferrari siap membantu visibilitas pengemudi saat bekendara dalam kecepatan tinggi di malam hari. Lubang ventilasi di bagian sisi bumper kini sedikit lebih besar yang membuat mobil ini terlihat berbeda dengan Portofino biasa. Ventilasi di fender depan juga kini memanjang hingga ke bagian bumper. Meski minor, keseluruhan fascia depan mobil ini terlihat lebih agresif jika dibandingkan dengan pendahulunya.

>>> Review Ferrari Roma 2020: Sang Pangeran Penyempurna Keluarga Ferrari V8

Review Ferrari Portofino M 2021: Tampilan Samping

Jika Anda melihat mobil ini berdampingan dengan Ferrari Portofino, Anda tidak akan menemukan adanya perbedaan di antara keduanya selain opsi pelek baru dengan warna two-tone. Di luar itu, Ferrari Portofino M masih dibekali dengan lubang ventilasi samping di bawah emblem Ferrari yang mendukung sektor aerodinamika.

Foto Tampak Samping Ferrari Portofino M 2021

Ferrari Portofino M dibekali dengan velg alloy two-tone 20 inci

Siluet grand-tourer dengan lekukan di bagian bawah pintu masih tetap dipertahankan. Portofino M kini dibekali dengan opsi velg two-tone 20 inci yang memberikan kesan lebih mewah dibanding pendahulunya.

Review Ferrari Portofino M 2021: Tampilan Belakang

Beralih ke belakang, Ferrari Portofino M kini menggunakan diffuser berbahan carbon fiber atau plastik yang lebih panjang dan agresif. Dua buah lampu kombinasi bulat khas Ferrari masih terlihat pada buritan mobil ini.

Foto Tampak Belakang Ferrari Portofino M 2021

Ferrari Portofino M 2021 Dibekali dengan diffuser yang lebih agresif dibanding pendahulunya

Empat buah lubang knalpot di bagian samping bumper belakang seakan menjanjikan suara merdu mesin V8 twin-turbo yang dapat berotasi hingga 7.500 rpm. Lekukan duck tail pada bagian bagasi tak hanya memperlihatkan kesan sporty, tapi juga membantu mobil untuk mendapatkan sedikit downforce pada roda belakang pada kecepatan tinggi.


Interior Ferrari Portofino 2021

Review Ferrari Portofino M 2021: Cockpit

Seperti bagian eksterior, bagian interior pun tak banyak disentuh oleh Ferrari. Tentu berbagai tulisan Portofino di dalam kabin seperti pada MID dan emblem di dasbor kini ditambahkan dengan huruf M. Setir model flat-bottom dengan lampu shift light di bagian atas dengan berbagai pengaturan mobil menyajikan rasa berkendara layaknya mobil balap F1. Tak ketinggalan, kenop Manettino pada setir yang mengatur mode berkendara mobil ini sekarang dibekali dengan race mode.

Foto Cockpit Ferrari Portofino M 2021

Tampilan cockpit khas Ferrari dengan setir bak mobil F1

Panel instrumen dengan tachometer besar dan layar MID kecil yang mengapit di kedua sisi membuat pengendara berkonsentrasi dalam memacu mobil. Untuk penumpang bagian depan, Anda tak perlu menengok ke arah panel instrumen pengemudi untuk ikut merasakan keseruan pada mobil ini. Calon pemilik Portofino M dapat menambah opsi layar MID di bagian dasbor penumpang yang akan memperlihatkan informasi seperti rev counter, posisi gigi, speedometer, dan sebagainya. Mobil ini juga dibekali head unit dengan layar touchscreen 10,25 inci di bagian tengah dasbor untuk mengakses berbagai fitur hiburan yang tersedia.

Review Ferrari Portofino M 2021: Kursi

Kursi model semi-bucket didukung pengaturan elektrik yang lengkap sehingga pengemudi mudah mendapatkan posisi mengemudi yang paling optimal termasuk fitur memory seat. Berbeda dengan Portofino, kursi pengemudi dan penumpang depan kini dibekali dengan opsi fitur ventilasi udara di bagian leher yang dapat menghembuskan angin dingin atau hangat. Calon pemilik Ferrari dapat memilih berbagai pilihan warna, bahan, dan desain untuk kursi tersebut.

Foto Kursi Ferrari Portofino M 2021

Kursi Ferrari Portofino M 2021 kini dibekali ventilasi untuk menunjang kenyamanan

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda tidak menyadari bahwa kursi pada mobil ini dibuat sedikit lebih tipis. Hal tersebut dilakukan untuk akomodasi penumpang belakang yang lebih baik. Namun, jangan berharap orang dewasa dapat duduk di bagian belakang. Nampaknya tempat tersebut memang disediakan secara eksklusif untuk anak-anak miliarder pemilik mobil ini.

Review Ferrari Portofino M 2021: Bagasi

Sebagai mobil convertible dengan atap solid, tentunya Ferrari harus menyediakan ruang untuk menyimpan panel tersebut saat pengemudi ingin berkendara dengan atap terbuka. Sayangnya Ferrari harus mengorbankan kapasitas bagasi sebagai tempat penyimpanan.

Foto Bagasi Ferrari Portofino M 2021

Saat tidak digunakan, atap Portofino M akan tersimpan di bagasi

Namun, ketika atapnya sedang digunakan, Ferrari Portofino M memiliki kapasitas bagasi hingga 292 liter. Tidak jauh berbeda dengan kapasitas bagasi sebuah mobil small hatchback.

>>> Unboxing LEGO Speed Champions Ferrari F8 Tributo saat #DiRumahAja

Fitur Ferrari Portofino 2021

Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Hiburan dan Kenyamanan

Fitur hiburan pada mobil ini dapat Anda akses melalui head unit dengan layar touchscreen di tengah dasbor yang dapat digunakan baik oleh pengemudi atau penumpang bagian depan. Head unit tersebut juga sudah dibekali dengan konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay, maupun Android Auto. Penumpang juga bisa mengakses berbagai fitur dari layar opsional pada dasbor di depan mereka yang terhubung dengan on-board computer mobil.

Foto Display Penumpang Ferrari Portofino M 2021

Dengan display ini, penumpang Ferrari Portofino M dapat bertindak sebagai navigator

Tidak hanya melihat informasi seperti rpm mesin dan speedometer, penumpang juga dapat mengganti lagu yang sedang dimainkan atau mengganti tujuan gps melalui layar tersebut. Tak hanya sebagai penumpang, Anda juga bertindak sebagai navigator bagi sang pengemudi ketika duduk di dalam Portofino M.

>>> Yuk, Intip Inspirasi Garasi Mobil Mewah Para Artis yang Keren Ini!

Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Pengemudian

Portofino M sudah dibekali dengan SSC (Side Slip Control) generasi ke-6, yang terintegrasi dengan E-Diff, F1-TCS (F1-Traction Control System), SCM-E Frs, serta FDE (Ferrari Dynamic Enhancer). Semua itu dihadirkan demi meningkatkan keasyikan berkendara, menjaga handling dan kestabilan Portofino M, serta meningkatkan intuisi pengemudi saat sedang memacu mobil.

Foto Kenop Manettino Ferrari Portofino M 2021

Ferrari Portofino M dibekali dengan 5 mode berkendara termasuk Race

Mobil ini juga memiliki lima mode berkendara yang dapat diatur melalui kenop Manettino. Kelima mode tersebut adalah Wet, Comfort, Sport, Race, dan ESC-Off yang akan menyediakan output berbeda pada kontrol traksi dan stabilitas mobil. Anda juga bisa memilih opsi fitur ADAS (Advance Driver Assistance System) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control with Stop & Go function, Predictive Emergency Brake System, Blind Spot Monitoring, Lane Departure Warning, Automatic High Beam, Traffic Sign Recognition, Surround View with 3D display, dan Rear Cross Traffic Alert

Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Keselamatan

Ferrari menyediakan ragam opsi fitur keselamatan seperti 4 buah Airbag, ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake-pressure Distribution), BA (Brake Assist), dan berbagai fitur yang menjaga stabilitas mobil seperti yang telah disebutkan di fitur pengemudi.

Operasi Ferrari Portofino 2021

Grand-tourer convertible ini menggunakan dapur pacu V8 3.855 cc twin-turbo dengan kode mesin F154 BH. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 612 HPr pada putaran mesin 5.750 hingga 7.500 rpm dengan torsi puncak 760 Nm pada putaran mesin 3.000 hingga 5.750 rpm.

Foto Mesin Ferrari Portofino M 2021

Dibekali dengan mesin 3.855 cc twin-turbo, Portofino M dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,5 detik

Tenaga tersebut disalurkan ke transmisi dual-clutch 8-percepatan ke roda belakang. Ferrari mengklaim bahwa Portofino M dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik. Konsumsi bahan bakar mobil ini adalah 7,6 km/liter untuk rute kombinasi.

Kesimpulan Ferrari Portofino 2021

Tak hanya Modificata, sepertinya huruf M pada Portofino ini juga bisa diartikan sebagai minor. Karena ubahan yang dilakukan oleh Ferrari tidak terlalu banyak. Jika disimpulkan, mobil ini adalah Ferrari Portofino dengan tambahan 20 HP, sedikit facelift pada eksterior, dan beberapa tambahan fitur baru yang akan menunjang keasyikan dan kenyamanan berkendara.

Foto Buritan Ferrari Portofino M 2021

Tak banyak ubahan, Ferrari Portofino M lebih agresif dari pendahulunya

Namun, hal tersebut bukan sesuatu yang negatif. Karena secara desain Portofino masih terlihat sangat segar dan tidak terlihat ketinggalan zaman jika dibanding rival-rivalnya. Tenaga yang dihasilkan oleh Portofino juga sudah cukup besar untuk kelasnya, kini Ferrari bahkan menambah 20 hp untuk supercar entry-level ini.

>>> Ferrari Ganti APM di Indonesia, Hadirkan 2 Mobil Baru

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

Roles
Content Writer, Cintamobil.com

Education

2009 - 2017: University of Brawijaya, Bachelor Degree, International Relations

2006 - 2009: Panglima Soedirman Senior High School

2003 - 2006: Al - Azhar Junior High School
Experience

2013 - 2014: Feature Writer at Bolatotal

2017-2019: Journalist at GridOto.com

2021: Content Writer at Cintamobil.com

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top