Review Ferrari FF 2011

22/01/2019

Share this post:

Ferrari FF 2011

Editor rate:

Rp. 4.000.000.000

Lihat promo

Bisa dibilang, review kali ini adalah mobil Ferrari paling praktis serta memiliki kapabilitas tinggi dibanding model Ferrari lainnya. Ya, Ferrari FF 2011 menjadi sebuah mobil Grand Tourer yang memiliki kapasitas 4 kursi serta menerapkan mode penggerak 4 Wheel Drive (4WD). Bahkan jika ditilik dari sejarahnya, FF adalah model Ferrari pertama yang menggunakan 4WD. Apa saja fitur yang dimiliki mobil mengesankan satu ini? Mari kita ulas bersama dalam review Ferrari FF 2011.

Review Ferrari FF 2011
Review Ferrari FF 2011
0 Gambar

Pengantar Ferrari FF 2011

Mari kita simak spesifikasi Ferrari FF 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Mobil Grand Tourer dengan kapasitas 4 kursi

Performa mesin 6.3 Liter V12 serta mode penggerak AWD menjadikannya terasa sangat mengesankan

Ruang bagasi sangat akomodatif

Kekurangan

Tersedia banyak sekali fitur opsional yang harganya dibanderol sangat mahal

Harganya dibanderol sangat mahal

Fitur ICE SNOW yang menjadi kelebihannya, tentu tidak aplikatif dengan iklim di Indonesia

Review Ferrari FF 2011 - Kehadirannya memiliki misi untuk menggantikan produk Ferrari sebelumnya yang dinamai 612 Scaglietti. Peluncuran Ferrari FF dilakukan di ajang Geneva Motor Show 2011 yang sukses membuat gebrakan baru dengan menerapkan mode penggerak 4WD serta berkapasitas 4 orang.

Ferrari FF 2011 menyuguhkan berbagai kelebihan terutama dalam hal akomodasi

Inilah sosok Ferrari FF 2011 yang dirancang untuk menampung empat orang

Wajar saja, melihat target pasarnya adalah negara Eropa, membuat pihak Ferrari mengeluarkan FF dengan kapabilitas mengesankan baik di area perkotaan hingga area bersalju. Menariknya lagi, FF berdiri di kategori Grand Tourer yang bukan saja memiliki performa dan desain mengesankan namun juga mampu mengangkut keluarga beranggotakan 4 orang.

Ferrari FF memiliki beberapa keunggulan menarik seperti melaju di area bersalju sehingga cocok untuk negara Eropa

Ferrari FF dirancang khusus untuk melaju nyaman di area bersalju

Secara keseluruhan, mobil satu ini memiliki performa dan raungan mesin yang mempesona. Jawabannya terletak pada spesifikasi mesin 6.2 Liter V12 Naturally Aspirated. Jika dibandingkan dengan mobil Sport lainnya, Ferrari FF adalah paket spesial yang menawarkan mesin mengesankan, kapabilitas 4 orang serta 4WD untuk melaju nyaman di area perkotaan dan bersalju. Jujur saja, mobil satu ini adalah salah satu mobil terbaik Ferrari yang pernah kami ulas. Berikut kita simak review Ferrari FF 2011.

Eksterior Ferrari FF 2011

Berbicara masalah desain, eksterior Ferrari FF 2011 dirancang langsung oleh Pininfarina sejalan dengan arahan d Flavioni sebagai ketua desain Ferrari. Tak heran, jika tataran eksterior-nya terlihat cukup stylish dengan dimensi bodi panjang yang sukses memvisualisasikan konsepnya sebagai Grand Tourer. Rancangan eksterior semacam ini disebut sebagai Shooting-Brake yang mana perpaduan antara mobil Coupe dan Mobil Estate.

Review Ferrari FF 2011: Eksterior Depan

Jika melihat sisi depannya, mengingatkan kami akan Ferrari 458 Italia. Menerapkan Grille depan mirip sebuah gigi yang siap memberikan sirkulasi udara bagi kabin mesinnya. Adapun lampu depannya dibuat cukup minimalis namun dengan bentuk yang sedikit menyiku. Sehingga, tercipta sebuah tatanan ikonik dari FF yang berbeda dengan model Ferrari lainnya.

Eksterior depan Ferrari FF 2011 menggunakan lekuk bodi aerodinamis

Bisa diamati dari wajah depannya yang mengadopsi desain dari Ferrari 458 Italia

Review Ferrari FF 2011: Eksterior Samping

Seperti yang kami sebutkan bahwa mobil ini menggunakan konsep bodi Shooting-Brake. Jika diamati dari bodi sampingnya, terlihat cukup jelas bahwa panjang bodinya yang berada di angka 4.907 mm selaras dengan mobil Estate serta dihias apik dengan tatanan ala Coupe.

Eksterior samping Ferrari FF 2011 menggunakan dimensi Wheelbase yang cukup panjang

Hal yang kami sukai adalah sisi sampingnya yang menggunakan konsep bodi Shooting-Brake

Sayangnya, mobil Grand Tourer ini hanya dilengkapi dua pintu samping saja. Tentu hal ini cukup membuat repot bagi penumpang untuk memasuki bangku belakangnya. Menurut pengamatan kami, inilah yang menjadi salah satu kekurangannya.

Review Ferrari FF 2011: Eksterior Belakang

Untuk bodi belakangnya, desainnya terasa unik. Mengapa begitu? Amati saja, atapnya yang landai sangat identik dengan Coupe. Terlihat seksi namun juga agresif berkat Twin Dual Exhaust yang menghiasi bemper bawahnya. Penting juga kami ingatkan, knalpot tersebut bukanlah knalpot pada umumnya. Mengingat raungannya terasa sangat mulus yang kemudian dapat berubah garang seiring kecepatannya yang meninggi.

Eksterior belakang Ferrari FF 2011 terlihat sangat aerodinamis

Bodi belakangnya menggunakan Twin Dual Exhaust yang juga memberikan suara buas bagi mesinnya

>>> Artikel terkait:


Interior Ferrari FF 2011

Dibanding pendahulunya, 612 Scaglietti, ruang interior Ferrari F11 2011 mengalami peningkatan berarti. Hal ini bisa diamati dari kelegaan pada ruang kaki dan ruang kepala. Di lain sisi, makna FF yang merupakan singkatan dari Ferrari Four tergambar jelas ketika mengamati empat buah kursi pada kabinnya.

Review Ferrari FF 2011: Dashboard

Bukan nuansa agresif yang ingin disampaikan pada dashboard-nya, melainkan atmosfer kalem serta esensi elegan yang ingin ditonjolkan. Tergambar jelas ketika menyentuh dashboard-nya, terdapat perasaan Premium berkat balutan kulit Frau Aniline. Adapun penggunaan warna coklat, Silver serta hitam, terasa sukses menguatkan kesan elegan ketika memasuki kabinnya.

Dashboard Ferrari FF 2011 menyuguhkan segala fitur lengkap

Dashboard-nya juga dikemas sangat elegan yang terasa sangat nyaman ketika disentuh

Tersedia juga Dual Screen berukuran 5 inci yang disematkan pada sisi tengah dashboard-nya. Bagi Anda yang ingin kenyamanan lebih tersedia juga layar ketiga yang sifatnya masih opsional. Layar tersebut memiliki fungsi untuk menampilkan informasi kecepatan, rpm hingga transmisi.  Namun sayangnya, penataan fitur-fiturnya terlihat rumit sehingga membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengannya.

Review Ferrari FF 2011: Setir

Lini setir sendiri tidak memiliki banyak perbedaan dengan model Ferrari lainnya. Masih menggunakan rangka setir bulat dan sedikit menyiku pada bagian bawahnya. Hal dirancang khusus supaya genggaman pengendara terhadap setir menjadi lebih responsif.

Tersedia juga beberapa tombol multifungsi yang menyediakan sensasi berkendara ala Racing. Sebut saja, tuas Paddle Shift, tombol Start/Stop, pengaturan lampu utama hingga 5 pilihan berkendara, sudah disematkan pada kemudi setirnya.

Review Ferrari FF 2011: Kursi

Merambah ke aspek kursi, tentu saja kami menyukai kapasitasnya yang mampu menampung 4 orang. Dari konsepnya sebagai Grand Tourer, Ferrari terbilang sukses merancang FF dalam hal akomodasi. Bayangkan saja, kursinya terasa lega khususnya dalam ruang kaki. Bahkan, ruang kepala juga tak luput dari unsur lega seperti halnya 195 cm pada kursi depan dan 185 cm di bangku belakang. Tentu saja, Anda tak perlu khawatir akan postur tinggi penumpang serta pengendara.

Kursi Ferrari FF 2011 menyuguhkan esensi elegan dan mewah

Bisa diamati bahwa mobil satu ini mampu menampung hingga 4 orang sekaligus

Review Ferrari FF 2011: Kapasitas Bagasi

Ruang bagasi pun tak luput dirancang supaya dapat mengakomodasi kebutuhan keluarga. Dalam hal ini, Ferrari FF memiliki kapasitas bagasi sebesar 450 Liter yang dapat ditingkatkan hingga 800 Liter ketika bangku belakangnya dilipat. Bahkan dengan mode tersebut, Anda sudah bisa menaruh satu tas Golf dan segala perlengkapannya.

Bagasi Ferrari FF 2011 mampu ditingkatkan hingga 800 Liter

Bahkan hingga aspek bagasi, Ferrari F11 menyediakan akomodasi yang sangat lega

>>> Baca juga:

Fitur Ferrari FF 2011

Supaya sensasi berkendara Anda terasa lebih nyaman, Ferrari menyematkan beberapa mode berkendara yang bisa diatur sesuai gaya berkendara Anda serta kondisi jalan yang dilewati. Supaya lebih jelas berikut informasi tentang fitur Ferrari FF 2011.

Review Ferrari FF 2011: Fitur Keselamatan

Kemudi setirnya yang bergaya F1, dibekali tuas mode berkendara meliputi ESC Off, SPORT, COMFORT, WET dan ICE SNOW. Sesuai tema awalnya yang menerapkan mode penggerak 4WD, tombol tersebut memberikan performa berbeda-beda di setiap kondisi jalan. Paling unik adalah mode ICE SNOW yang jarang dimiliki oleh model Ferrari lainnya. Mode berkendara satu ini dirancang untuk memudahkan pengendara melaju di area bersalju. Namun tentu saja iklim Indonesia yang tropis menjadikan fitur ini tidak aplikatif. Meski begitu, keempat mode lainnya masih cukup nyaman untuk diaktifkan di berbagai kondisi jalan perkotaan.

Fitur Ferrari FF 2011 menyuguhkan suspensi yang sangat nyaman

Segala fitur yang disajikan sangat menunjang konsepnya sebagai mobil Grand Tourer

Hal paling menarik adalah hadirnya generasi ketiga dari Ferrari Magnetorheological Suspension System (SCM3). Pasalnya, Damper pada suspensinya menjadi lebih responsif lima kali daripada Shock Absorber konvensional. Sehingga, benar saja mobil satu ini bisa diajak melaju di berbagai kondisi jalan, sesuai konsepnya sebagai Grand Tourer.

Tak lupa, fitur keselamatan mumpuni juga diaplikasikan pada Ferrari F11 seperti halnya Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), F1 Trac serta E-Diff.

Review Ferrari FF 2011: Fitur Hiburan

Ruang kabinnya dilengkapi dengan panel Head Unit Touchscreen berukuran 6,5 inci. Dari panel tersebut, sudah tersedia format modern layaknya Bluetooth, SAT NAV dengan 3D Map, Voice Commands hingga iPhone Connectivity. Semua tombol-tombolnya juga sangat responsif dan mudah dioperasikan.

>>> Bandingkan juga dengan mobil Coupe yang tampil lebih mengesankan berikut ini

Operasi Ferrari FF 2011

Mode penggerak 4WD, membuat operasi mesin Ferrari FF 2011 terasa sangat nyaman untuk diajak melaju di area perkotaan. Bahkan, mesin yang digunakan menggunakan kapasitas silinder 6.262 cc V12. Sebuah racikan mesin yang luar biasa untuk sebuah mobil Grand Tourer. Hentakan pada akselerasi awal terasa sangat menggigit yang dapat membuat Anda terkesima dengannya.

Operasi mesin Ferrari FF 2011 bisa menghasilkan daya hingga 486 kW

Sebagai mobil Grand Tourer, Ferrari F11 terbilang sangat kencang yang menggunakan mesin 6.3 Liter V12

Jika diajak melaju di kecepatan rendah, mobil ini juga sangat nyaman. Begitu juga ketika berada di kecepatan tinggi. Mengingat transmisi 7 tingkat Dual-Clutch F1 mampu memberikan sensasi pergantian gigi yang sangat halus dan nyaris tak terasa.

Meski berkapasitas 4 orang namun mobil satu ini tak kalah dengan mobil Sport. Apresiasi tinggi kami ucapkan untuk mesinnya yang mampu meraih 0-100 Km/Jam dalam tempo singkat yakni 3,7 detik. Bahkan kecepatan 200 Km/Jam juga mampu diraih sekejap mata dalam waktu 11 detik saja. Sungguh sesuatu yang membanggakan dari Ferrari.

>>> Klik di sini jika Anda ingin mengetahui mobil Ferrari yang tak kalah mengesankan lainnya

Spesifikasi Ferrari FF 2011

Supaya Anda semakin mengenal segala hal detail tentangnya, berikut terlampir spesifikasi Ferrari F11 2011.

SPESIFIKASI FERRARI FF 2011

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.907 mm x 1.953 mm x 1.379 mm

Jarak Poros Roda

2.990 mm

Jarak Pijak Depan

1.676 mm

Jarak Pijak Belakang

1.660 mm

Berat Kosong

1.880 Kg

MESIN

Tipe Mesin

6.3 Liter V12

Kapasitas Silinder

6.262 cc

Daya Maksimum

486 kW / 8.000 Rpm

Torsi Maksimum

683 Nm / 6.000 Rpm

Sistem Transmisi

4RM 7 Tingkat Percepatan Dual Clutch F1

Akselerasi 0 -100 Km/Jam

3,7 Detik

Kecepatan Maksimum

335 Km/Jam

HANDLING

Sistem Suspensi

SCM3

Ukuran Ban Depan

245/35 ZR 20

Ukuran Ban Belakang

295/35 ZR 20

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Emisi Gas Karbon

360 g/km

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar

15,4 Liter / 100 Km

>>> Jika Anda ingin tampilan lebih agresif, Ferrari 458 Italia warna merah Maroon terbilang menarik yang dibanderol Rp. 4 miliar

Daftar Harga Ferrari FF 2011

Sebelum mengakhiri artikel kali ini, inilah daftar harga Ferrari FF 2011 yang sudah berhasil dihimpun oleh tim Cintamobil.com.

TIPE MOBIL

HARGA FERRARI FF BEKAS

Ferrari FF 6.3 Liter V12

IDR. 4 Miliar – IDR. 11 Miliar

*Catatan:

  • Harga di atas bervariasi sesuai kondisi, kualitas, kelengkapan fitur dan sesuai pertimbangan penjual

Kesimpulan Ferrari FF 2011

Ferrari FF 2011 adalah salah satu model terbaik dari pabrikan kuda jingkrak. Performa mesin yang luar biasa dengan daya tampung 4 orang, menjadi salah satu racikan menarik dibanding model Ferrari lainnya. Bahkan, ruang kabin dirancang sangat lega serta sudah dibekali kapasitas bagasi yang cukup luas. Hal ini tentu sejalan dengan konsepnya sebagai mobil Grand Tourer yang dirancang untuk melaju jauh, memenuhi hasrat berpetualang Anda. Namun sayang, ada beberapa hal yang menjadi kekurangannya seperti harga yang dibanderol cukup mahal serta mode berkendara ICE SNOW cenderung tidak aplikatif di Indonesia.

Setelah membaca artikel review Ferrari FF 2011 Indonesia, apa pendapat Anda? Apakah ada hal menarik yang membuat Anda merasa tertarik dengannya?

>>> Rasa belum puas dengan review Ferrari FF 2011? Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top