Review Ferrari F12berlinetta 2012: Raungan Mesin Yang Buat Bulu Bergidik

17/01/2019

Share this post:

Ferrari F12 Berlinetta 2012

Editor rate:

Lihat promo

Untuk Ferrari F12berlinetta, tak ada lagi kata yang bisa kami sampaikan selain mengesankan. Segala hal detail tentangnya membuat kami terkesima berulang kali, lagi dan lagi. Apalagi raungan mesinnya yang menggelegar bisa membuat semua orang terdiam dan berdecak kagum. Seperti apa sosoknya? Inilah dia review Ferrari F12berlinetta 2012.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Raungan Mesin Yang Buat Bulu Bergidik
Review Ferrari F12berlinetta 2012: Raungan Mesin Yang Buat Bulu Bergidik
0 Gambar

Pengantar Ferrari F12 Berlinetta 2012

Mari kita simak spesifikasi Ferrari F12 Berlinetta 2012 di bawah ini.

Kelebihan

Performa mesin sangat-sangat mengesankan

Desain eksterior terbilang ikonik dengan tatanan lebih elegan serta banyak unsur artistik khas Ferrari

Raungan mesinnya akan menjadi salam pembuka yang sulit untuk dilupakan

Kekurangan

Pajak yang ditangguhkan sangat mahal setiap tahunnya

Harga beli, perawatan dan asuransi memerlukan dana yang cukup besar

Diperlukan waktu beradaptasi untuk memahami segala fitur interior-nya

Review Ferrari F12berlinetta 2012 - Kabar baik pertama adalah mobil satu ini dijual di Indonesia. Kehadirannya di Tanah Air terbilang mengejutkan karena pihak PT. Citra Langgeng Otomotif selaku diler resmi Ferrari Indonesia mendapat kesempatan meluncurkannya untuk pertama kali di pasar Asia Tenggara.

Kehadirannya di Tanah Air tergolong cepat, mengingat model pertamanya baru diperkenalkan di ajang bergengsi Geneva Motor Show 2012, menggantikan Ferrari 599 Gran Tourer. Bahkan saking hebatnya mesin yang diusungnya, F12berlinetta berhasil menyabet gelar International Engine Year Award 2013 khususnya dalam kategori Best Performance.

Ferrari 599 Gran Tourer digantikan oleh Ferrari F12 Berlinetta

Inilah sosok dari Ferrari 599 Gran Tourer sebelum digantikan oleh Ferrari F12

Karena kemampuan mesinnya yang di atas rata-rata maka kami merasa tertarik untuk membahasnya kembali. Mengobati rasa rindu kami dan sekaligus mengingatkan bahwa Ferrari juga memiliki mobil terbaik di Indonesia. Berikut kita simak informasi selengkapnya dalam review Ferrari F12berlinetta 2012.

Ferrari F12 Berlinetta memiliki desain stylish namun dibekali performa mesin di atas rata-rata

Ferrari F12berlinetta memilliki performa mesin buas yang berhadapan langsung dengan Lamborghini Aventador

Eksterior Ferrari F12 Berlinetta 2012

Dibanding kompetitor utamanya yakni Lamborghini Aventador, desain eksterior Ferrari F12berlinetta 2012 terkesan lebih kalem dan masih elegan khas Italia. Keseluruhan lekuk tubuhnya dirancang bukan tanpa alasan tapi lebih mengedepankan unsur aerodinamis sehingga performa akselerasi menjadi semakin meningkat.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Depan

Wajahnya yang kalem seakan berhasil menutupi performa mesin buasnya. Grille depannya tampak memanjang dengan rongga-rongga yang siap membelah angin. Angin dalam hal ini bukan menjadi penghambat namun lebih difungsikan supaya mengalir sempurna hingga ke arah belakang.Di sisi lain, desain Grille tersebut seakan memberi mimik gigi bagi Berlinetta yang siap menerkam jalanan lurus.

Eksterior depan Ferrari F12berlinetta 2012 benar-benar menerapkan fungsi aerodinamis yang sangat baik

Tatanan wajahnya yang tegas juga diperhitungkan secara presisi demi fungsi aerodinamis yang lebih baik

Hal paling menarik menurut kami terletak pada lubang Air-Intake pada kedua ujung Grille-nya yang bisa membuka dan menutup. Fungsinya? Cukup menarik, katup tersebut  nantinya terbuka otomatis ketika mendeteksi rem yang panas.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Samping

Sejatinya ada banyak unsur ilmiah pada mobil dan bukan sekedar hiasan belaka. Pasalnya, ada dua buah lubang udara dari Hood depan yang nantinya disalurkan ke lubang pada bodi sampingnya. Hal ini dirancang khusus untuk meningkatkan aerodinamis dan Down-Force pada bodinya. Bisa dibayangkan, betapa hebatnya Ferrari ketika menggabungkan unsur estetika dengan esensi ilmiah dalam keseluruhan bodi F12berlinetta. Ferrari menyebut rancangan teknologi ini dengan nama Aero Bridge.

Eksterior samping Ferrari F12berlinetta 2012 memiliki dimensi panjang bodi yang proposional

Lekuk bodi sampingnya yang seksi bukan hanya menonjol dalam hal estetika saja namun juga memberi performa aerodinamis

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya sendiri terbilang apik dengan lekuk desain khas Ferrari. Di sisi lain, kami cukup aneh ketika mengetahui tidak ada Spoiler pada mobil ini. Bukannya disengaja namun dikarenakan lekuk desain pada bodinya sudah dirancang untuk mengalirkan udara dari arah depan ke Diffuser.

Eksterior belakang Ferrari F12berlinetta tidak dihias dengan Spoiler

Bodi belakangnya juga menghadirkan fungsi Rear Parking Camera

Ferrari mengklaim bahwa rancangan tersebut berhasil memberikan Down-Force hingga 123 Kg. Dengan kata lain, semakin cepat mobil ini maka tingkat kestabilannya akan semakin meningkat pula.

>>> Baca juga:


Interior Ferrari F12 Berlinetta 2012

Ruang interior Ferrari F12berlinetta 2013 dikemas cukup mewah dengan penggunaan bahan berkualitas. Semua halnya sangat nyaman untuk disentuh. Belum lagi, atmosfer kabinnya dirancang seperti mobil balap sungguhan sehingga dapat memacu Adrenalin Anda ketika menginjak pedal gasnya.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Dashboard

Dari saking lengkapnya fitur pada dashboard Berlinetta, Anda harus mulai beradaptasi dengannya terutama dalam mengenali fungsi dari setiap tombolnya. Semua fungsi penting sudah ditempatkan pada Console yang mana bisa Anda jangkau dengan mudah.

Dashboard Ferrari F12berlinetta 2012 menerapkan desain elegan serta berkelas

Tatanan dashboard terlihat sangat elegan dan sudah dibekali berbagai tombol multifungsi

Jika boleh kami bandingkan dengan Aventador, kami lebih menyukai ruang interior pada Berlinetta yang cenderung sederhana namun agresif. Seakan berada dalam Cockpit pesawat yang hendak lepas landas, itulah perasaan yang didapati ketika memasuki kabinnya.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Setir

Kemudi setir sendiri tidak dirancang sepenuhnya bulat seperti model konvensional tapi lebih menyiku di beberapa sisinya. Hal ini dirancang supaya genggaman pengendara terhadap setir menjadi lebih kuat dan responsif.

Setir Ferrari F12berlinetta 2012 sudah dilengkapi dengan berbagai tombol mode berkendara

Kemudi setir juga dirancang apik dengan berbagai tombol yang siap menawarkan mode berkendara berbeda-beda

Adapun di kedua sisinya terdapat beberapa tombol multifungsi. Pada sisi kanan misalnya, tersedia tombol pengaturan panel TFT Infotainment, navigasi, Bluetooth dan pengaturan audio. Sedangkan di sisi kiri terdapat tombol mode pengendara (Wet, Sport, Race, CT-Off dan ESC-Off) serta tombol untuk menampilkan status kendaraan.

Review Ferrari F12berlinetta 2012: Kursi

Lini kursi tampaknya dirancang dengan hati-hati supaya kelegaan dalam kabin masih dapat dirasakan. Posisi dan kontur kursinya juga dapat menahan tubuh Anda meskipun sedang dalam proses manuver. Di sisi lain, kursi ini juga dilengkapi Head Rest sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman ketika melaju dengan kecepatan rendah.

Kursi Ferrari F12berlinetta 2012 hanya mampu menampung dua orang saja

Kontur kursinya dirancang untuk menyanggah punggung dengan sempurna

>>> Artikel terkait:

Fitur Ferrari F12 Berlinetta 2012

Selain menggunakan lekuk desain aerodinamis, fitur Ferrari F12berlinetta 2012 juga menawarkan peningkatan performa serupa. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa Sport Car satu ini bisa dikendarai Legal di jalanan kota. Merespon hal tersebut, Ferrari merancang mobil ini bukan saja dengan menawarkan performa ala Racing tapi juga supaya nyaman dikendarai di area perkotaan sekalipun.

Mendukung hal tersebut, mobil ini dipersenjatai dengan suspensi depan Double Wishbone didukung Lower L-Arm serta suspensi belakang Multi-Link. Namun ada yang menarik dari Berlinetta yakni teknologi SCM-E. Teknologi tersebut mampu membuat Damper beroperasi secara otomatis. Jika melaju di kecepatan rendah dengan kondisi jalanan berlubang maka Damper akan melunak. Sedangkan jika berada dalam kecepatan tinggi, Damper akan menjadi kaku sehingga terasa lebih responsif.

Fitur Ferrari F12berlinetta 2012 menyuguhkan teknologi suspensi yang adaptif

Ferrari F12berlinetta juga terbilang nyaman dikendarai di area perkotaan karena hadirnya teknologi SCM-E

Fitur menarik kedua adalah lima tingkat mode berkendara yakni WET, SPORT, RACE, CT-Off dan ESC-Off. Mode WET diaplikasikan ketika kondisi jalanan basah yang mana traksi menjadi lebih stabil sehingga tak perlu takut tergelincir. Adapun mode SPORT digunakan untuk laju berkendara yang dinamis dan cenderung lebih santai. Ketiga, mode RACE bisa diaktifkan untuk merasakan performa buas dari Berlinetta.

Mode berkendara Ferrari F12berlinetta 2012 menawarkan lima pilihan yakni  WET, SPORT, RACE, CT-OFF dan ESC-OFF

Tersedia berbagai mode berkendara yang bisa Anda aktifkan

Mode CT-Off sendiri adalah mode berkendara yang menonaktifkan Traction Control sehingga Anda bisa melakukan Drifting lebih mudah (Dilakukan untuk Profesional). Terakhir, mode ESC-Off digunakan untuk Anda yang menginginkan berkendara dengan bebas seperti melaju di arena balap.

>>> Jika Anda tertarik, Anda bisa mengetahui model-model terbaru Ferrari dengan klik tautan ini

Operasi Ferrari F12 Berlinetta 2012

Satu kata yang bisa mewakili operasi mesin Ferrari F12berlinetta 2012 adalah buas. Kami sangat terkesima dengan performa mesin yang ditawarkan oleh Berlinetta. Menerapkan kapasitas silinder sebesar 6.262 cc, mesin V12-nya mampu menghasilkan daya hingga 729 HP setara 8.250 Rpm. Menilai Supercar tak bisa dilihat dari segi HP saja tapi juga torsinya. Seperti pada F12berlinetta, torsi mesinnya mampu meraih 690 Nm pada putaran 6.000 Rpm.

Operasi mesin Ferrari F12berlinetta 2012 menyuguhkan daya hingga 729 HP

Mesin buasnya memiliki spesifikasi yang tak main-main dengan kapasitas 6.262 cc V12

Seketika menghidupkan mesinnya, terdengar raungan suara yang membuat bulu bergidik. Hal ini dikarenakan mesinnya tidak menggunakan konfigurasi Turbo tapi Naturally Aspirated V12. Terkesan wajah polosnya seketika menjadi garang saat mesinnya meraung. Mesin satu ini benar-benar sebuah Masterpiece dari Ferrari.

Akselerasi 0-100 Km/Jam bisa diraih hanya dalam waktu 3,1 detik. Meski kalah 0,1 detik dengan Aventador namun performa mesinnya terbilang di luar nalar. Siapkan hati, tetap fokus dan rasakan hentakan mesinnya seketika pedal gas Anda injak dalam-dalam. Inilah yang ditawarkan oleh mobil seharga 13 milyar besutan Ferrari.

>>> Bandingkan juga dengan model kupe lainnya yang memiliki kecepatan tak kalah mengesankan

Spesifikasi Ferrari F12 Berlinetta 2012

Apakah Anda penasaran dengan spesifikasi Ferrari F12berlinetta 2012. Berikut kami lampirkan informasi selengkapnya.

SPESIFIKASI FERRARI F12BERLINETTA 2012

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.618 mm x 1.942 mm x 1.273 mm

Jarak Poros Roda

2.720 mm

Jarak Pijak Depan

1.665 mm

Jarak Pijak Belakang

1.618 mm

MESIN

Tipe Mesin

6.3 Liter V12 Naturally Aspirated 12 Silinder

Kapasitas Silinder

6.262 cc

Daya Maksimum

729 HP / 8.250 Rpm

Torsi Maksimum

690 Nm / 6.000 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan Otomatis Dual Clutch

Kecepatan Maksimum

340 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

3,1 Detik

HANDLING

Ukuran Ban Depan

255/35 ZR 20 9.5J

Ukuran Ban Belakang

315/35 ZR 20 11.5J

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

15 Liter / 100 Km

Daftar Harga Ferrari F12 Berlinetta 2012

Ketika dirilis di Indonesia, mobil ini dibanderol lebih dari Rp. 10 miliar, tergantung fitur opsional yang Anda pilih. Namun kini, mobil ini sudah bisa Anda dapatkan dalam kategori bekas dengan harga lebih terjangkau. Inilah dia daftar harga Ferrari F12berlinetta 2012 dalam kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA FERRARI F12BERLINETTA BEKAS

Ferrari F12berlinetta 2012

Di kisaran IDR. 7,3 Miliar

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga model Ferrari lainnya yang dijual di Indonesia

Kesimpulan Ferrari F12 Berlinetta 2012

Ulasan kali ini terbilang spesial karena mobil satu ini dijual secara Legal di Indonesia yang bahkan sudah menggunakan setir kanan. Adapun raungan mesin yang garang akan menjadi salam pembuka sebelum menjinakkannya. Jujur saja, mobil ini akan membuat Anda melupakan tingkat kecepatan yang sudah diraih. Direkomendasikan untuk tetap fokus dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Satu kata yang bisa mewakili review kali ini yakni mengesankan.

Apa pendapat Anda tentang Ferrari F12berlinetta 2012 Indonesia? Apakah ini adalah salah satu mobil impian kita semua? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top