Review DFSK Glory E3 2019, Mobil Elektrik Stylish Dari Tiongkok

14/08/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,3
Siapa bilang negri Tiongkok atau lebih akrab disebut dengan negara China tidak pandai dalam merancang sebuah mobil SUV stylish bertenaga listrik? DFSK Glory E3 2019 adalah jawabannya! Ia tidak hanya hadir dengan bentuk crossover yang mempesona, namun mobil ini juga hadir dalam balutan kecanggihan teknologi khas mobil masa depan. Ini ulasan kami mengenai DFSK Glory E3 2019 yang mejeng di ajang GIIAS 2019.

PENGANTAR DFSK Glory E3 2019

Fitur Quick Charge di DFSK Glory E3 2019

Masa depan Indonesia akan kendaraan adalah bertenaga listrik, dan ini adalah salah satu SUV listrik paling stylish yang pernah ada

Review DFSK Glory E3 2019 - PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek DFSK di Indonesia tidak ingin ketinggalan memperkenalkan inisiasi produk mobil listrik mereka DFSK Glory E3, di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS 2019). Mobil jenis crossover SUV ini juga menjadi salah satu upaya pembuktian DFSK atas kemampuan mereka dalam meracik mobil elektrik dengan emisi gas buang nol. Dan kami pun berkesempatan melakukan test drive DFSK Glory E3 2019, yang akan kami jabarkan dan kupas tuntas secara mendalam di review DFSK Glory E3 2019.

EKSTERIOR DFSK Glory E3 2019

Review DFSK Glory E3 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan DFSK Glory E3 2019 berwarna putih

Tampilan depan DFSK Glory E3

Coba Anda lihat tampilan depan dari mobil DFSK Glory E3 2019 ini. Terinspirasi gaya desain premium SUV Eropa, DFSK Glory E3 2019 memiliki sinergi desain antara frame grille horizontal dengan desain headlight projector. Agak disayangkan headlight masih bersifat Halogen, dan pada lampu sein juga menggunakan teknologi serupa. Adapun detil mobil listrik DFSK ini ditampilkan melalui aksen biru pada garis tengah grille dan ring projector. Menariknya pada bumper depan mobil ini yang terdapat ornamen brushed silver mengelilingi foglamp LED depannya. Dan kalau Anda jeli, pasti Anda sadar bahwa di bawah logo DFSK terdapat kamera depan.

Review DFSK Glory E3 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping DFSK Glory E3 2019 berwarna putih

Tampilan samping mobil DFSK Glory E3 ini begitu proporsional

Berlanjut ke bagian samping eksterior dari mobil DFSK Glory E3 ini. DFSK Glory E3 memiliki dimensi bodi 4,385 mm X 1.850 mm X 1,650 mm yang berarti dimensinya masuk ke ranah compact SUV. Tapi secara tampilan terdapat nuansa lebih memikat berkat elemen panel pilar C dan D yang diberi aksen hitam, sehingga membentuk kesan floating roof. Garis desain dari depan hingga belakang pun dibuat menukik tinggi dengan karakter garis tegas. Pada kaca spion pun terdapat kamera yang menampilkan visual di sisi samping mobil. Tampilan mobil Glory E3 2019 ini jadi terasa proporsional berkat pelek 18 inchi-nya membuat mata seakan dimanjakan.

Review DFSK Glory E3 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang DFSK Glory E3 2019 berwarna putih

Tampilan buritan belakang DFSK Glory E3 2019 ini

Tampilan menarik dari mobil DFSK Glory E3 ini berlanjut sampai bagian belakangnya. Bentuk taillight horizontal bertipe LED (Light Emitting Diode) ini menyala cantik di malam hari karena alurnya mengikuti bentuk taillight. Pintu DFSK Glory E3 2019 tidak menggunakan pengoperasian elektrik. Dan untuk detil seperti kamera belakang, lampu mundur dan sein dan sensor parkir ditempatkan di area bumper bawah. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR DFSK Glory E3 2019

Review DFSK Glory E3 2019 : Layout Dasbor

Tampak layout dasbor DFSK Glory E3 2019

Kopkit kekinian disajikan oleh DFSK Glory E3 2019 ini

Masuk ke dalam interior mobil DFSK Glory E3 2019 ini Anda akan disambut dengan kopkit yang selayaknya mobil normal masa kini. Dominasi layar digital 10.2 inci di konsol tengah untuk sistem infotainment jadi "pusat" komando dari semua fitur di kabin. Mobil ini juga dilengkapi instrument cluster digital dengan grafis menarik, yang agak disayangkan belum bergerak secara smooth. Bahan yang digunakan pun berkualitas dan didominasi dengan panel-panel empuk yang nyaman disentuh oleh tangan. Dan untuk kontrol AC maupun tombol di central cluster dan central console dibuat lebih mengarah ke sisi driver. Tampilan interior mobil DFSK Glory E3 ini semakin sempurna berkat penggunaan bentuk setir flat bottomed, serta dibalut material leather. Adapun di lingkar kemudi terdapa deretan tombol pengatur audio maupun cruise control bahkan pengaturan informasi yang ingin ditampilkan di instrument cluster digital.

Review DFSK Glory E3 2019 : Jok 

Tampak Jok  DFSK Glory E3 2019

Format desain jok DFSK Glory E3 2019

Untuk urusan jok, DFSK Glory E3 2019 mencoba tampil premium dengan memadukan unsur leather hitam dengan aksen kelir biru yang selaras dengan detil leather di panel pintu. Jok pengemudi dioperasikan secara elektrik, dan jok penumpang depan manual. Jok penumpang belakang juga cukup nyaman dengan tingkat kerebahan yang baik.

Review DFSK Glory E3 2019 : Bagasi

Tampak bagasi DFSK Glory E3 2019

Akomodasi bagasi belakang DFSK Glory E3 2019

Untuk urusan akomodasi bagasi, DFSK Glory E3 2019 memang terasa luas dan akomodatif untuk membawa barang bawaan seperti koper besar di kabin. Tapi kalau butuh ruang bagasi lebih luas, bisa dengan cara melipat jok tengah melalui melipat dudukan jok dan sandaran jok kemudian dilipat rata lantai dengan bagasi. Adapun ban serep mobil ini ditempatkan di bawah ruang bagasi yang bisa dibuka lewat kaitan di dekat mekanisme pintu bagasi. 

>>> Baca juga:

FITUR DFSK Glory E3 2019

Review DFSK Glory E3 2019 : Smart Features

Gambar menunjukkan Smart Feature mobil DFSK Glory E3 2019

Interface LIN OS 4.0 pada DFSK Glory E3 2019

Sistem pintar juga turut disematkan pada SUV elektrik buatan Tiongkok ini. Seperti layar sentuh besar 10,25 inch yang sudah mengadopsi Lin operating system 4.0.  Fitur ini cukup cerdas karena mampu menjalankan pengaturan fitur mobil menggunakan speech recognition alias suara Anda, yang mana saat ini hanya bisa dilakukan dalam bahasa Cina. Pengaturan audio dan file hiburan di mobil ini juga lengkap. Adapun dari layar ini bisa menampilkan display area sekitar mobil secara 360 derajat saat bermanuver atau parkir, serta mampu merekam kondisi jalanan di jalanan berkat adanya fitur seperti dash-cam yang sudah tertanam di sistem ini. 

Selain adanya sistem LIN OS 4.0, DFSK juga menghadirkan panoramic sunroof berukuran besar yang bisa memberikan asupan cahaya dan udara segar ke dalam kabin saat dibuka. Proses buka-tutup atap kaca ini selain menggunakan tombol di dekat area spion tengah, bisa juga menggunakan speech recognition dari LIN OS 4.0

Review DFSK Glory E3 2019 : Fitur Berkendara & Sistem Keselamatan

Gambar menunjukkan tuas transmisi dan sistem berkendara di DFSK Glory E3 2019

Segudang fitur berkendara dan sistem keselamatan disematkan pada DFSK Glory E3 2019 ini

Pertama, ada 6 airbag yang dapat melindungi Anda dan sekeluarga ketika kecelakaan, lantas ada fitur-fitur mutakhir seperti Hill Descent Control, Hill Hold Control, Forward Collision Warning dan Lane Departure Warning. Mobil ini pun dilengkapi dengan low speed pedestrian warning, collision protection, battery thermal control, ERVC, regenerative brake, immobilizer dan banyak lagi. Di sisi lain mobil ini juga memiliki mode berkendara yang membuat respon berkendara bisa lebih ekonomis atau responsif jika dibutuhkan. Uniknya pada DFSK Glory E3 2019, ada tuas transmisi model putar seperti milik Jaguar Land Rover yang akan tampil saat mobil ini menyala.

>>> Promo terbesar pada tahun 2019 saat membeli mobil DFSK, klik untuk simak informasi terlengkap

OPERASI DFSK Glory E3 2019

Gambar menunjukkan Power unit mobil DFSK Glory E3 2019

Motor listrik ini mampu memproduksi tenaga 120 Kw dan torsi 300 Nm dari berhenti

Seperti halnya sebuah mobil listrik, mobil ini memiliki dinamo yang mampu mereproduksi tenaga serta torsi yang besar dari sejak 0 rpm. DFSK Glory E3 2019 ini menggunakan motor elektrik dengan tipe Permanent Magnet Synchronous Motor yang diklaim memilki tenaga besar namun tetap efisien dalam menggunakan listrik sebagai sumber tenaga. Tenaga besar yang diklaim DFSK untuk DFSK Glory E3 2019 ini adalah 120 kW dan torsi 300 Nm, dan semuanya disalurkan ke roda depan. Kecepatan 50 km/jam dapat ditempuh 3,9 detik saja dari posisi diam.

Tampak soket pengisi listrik DFSK Glory E3 2019

Cukup lakukan pengecasan selama 30 menit untuk memenuhi baterai berkapasitas 52.56 kWh nya

Jarak tempuh maksimum mobil DFSK Glory E3 2019 ini berada di 405 kilometer, dan mobil ini secara unik memiliki dua jenis pengisian daya baterai. Untuk metode fast charging DC dari 20% - 80% bisa dilakukan dalam waktu 30 menit, atau dari kondisi habis sampai full cukup menghabiskan waktu sejam. Sedangkan pengisian baterai rumah model AC bisa membutuhkan waktu cukup lama sekitar 8 jam. Posisi baterai ditempatkan di kolong mobil sampai ke area penumpang belakang. Dan satu hal yang perlu diapresiasi adalah keamanan sistem port charging di dalam mobil DFSK Glory E3 yang aman, karena Anda tidak bisa melepas colokan charger pada bodi mobil jika pintu masih ada yang terbuka, atau jika tidak sadar mesin masih menyala. 

Atas izin PT Sokonindo Automobile, Cintamobil.com berkesempatan mencoba test drive DFSK Glory E3 2019 dalam sesi khusus di area Head Office DFSK. Mobil ini tidak bisa kami bawa ke jalan raya karena format setir mobil ini masih setir kiri, dan mobil ini merupakan konsep yang dibawa langsung dari Cina.

Dalam waktu singkat, kami bisa merasakan ada lompatan karakter berkendara yang jauh antara mobil listrik ini dibandingkan produk DFSK saat ini. Setir tidak seperti DFSK lainnya yang terasa "hambar", tapi di DFSK Glory E3 2019 terasa cukup komunikatif terhadap pengemudi, terutama karena tingkat berat kemudi bisa diatur oleh sistem di LIN OS 4.0. Kemudian karakter suspensi mobil ini harusnya menjanjikan karena dukungan MacPherson independent di bagian depan serta torsion beam di buritan akan bekerja sama membuat mobil ini stabil. 

Sebelum mengemudikan mobil ini, ada beberapa catatan yang perlu dipahami oleh pengemudi mobil ini. Pertama adalah suara mobil ini yang cenderung senyap, dan baru berisik saat kompresor AC nyala. Kemudian untuk menjalankan mobil ini bukan dengan "gaya" transmisi otomatis konvensional yang akan langsung jalan saat transmisi di posisi D dan injakan pedal rem dilepas. Selebihnya, Anda seperti diajak membawa mobil bom-bom car tapi versi mobil betulan dan digunakan di jalan pada umumnya. 

Suasana Test drive DFSK Glory E3 2019

Cintamobil.com jadi salah satu media yang berkesempatan test drive DFSK Glory E3 2019

>>> Informasi terbaru tentang harga dan promo mobil DFSK terlengkap ada di sini. Cepat klik yuk

spesifikasi DFSK Glory E3 2019

Berikut ini adalah spesifikasi DFSK Glory E3 2019.

Mesin DFSK Glory E3 2019  
 Seri Dinamo  Permanent Magnet Synchronous Motor
 Tenaga Maksimum  120 Kilowatt 
 Torsi Maksimum  300 Newtownmeter
 Jarak Tempuh Maksimum  405 Kilometer
 Waktu Pengisian Daya  Fast Charging 30 Menit (20%-80%), Slow Charging 8 Jam
 Kapasitas Baterai  52.56 kWh
 Masa Garansi Baterai Dan Dinamo   8 Tahun / 120.000 Kilometer
 Tipe Transmisi  Automatic, Penggerak Roda Depan
  Rangka DFSK Glory E3 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  4,385 mm X 1.850 mm X 1,650 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,665 mm
 Kapasitas Penumpang  5 Penumpang
 Track Roda Depan & Belakang  2,580 mm & 2,581 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah  180 mm
  Suspensi/Kaki-Kaki DFSK Glory E3 2019
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Independent & Torsion Beam
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Disc Brake & Disc Brake
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, HBB, HHC, HDC
Teknologi Safety Sasis  Pedestrian Safety, Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, C-Segment
 Pelek  Alloy, 18 inch
Jenis Ban  Landsail, 225/55 R18

kelebihan & kekurangan DFSK Glory E3 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan DFSK Glory E3. Sebagai merek baru, sudah tentu ada berbagai kelebihan serta kekurangan yang ada pada mobil ini, Cintamobil.com akan memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan DFSK Glory E3 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior cantik

Belum dijual di Indonesia

Jarak tempuh baterai jauh

Hanya punya 3 pilihan warna

Punya beragam teknologi tinggi

Desain bukan selera semua orang

daftar harga DFSK Glory E3 2019

Mobil DFSK Glory E3 2019 ini belum secara resmi dipasarkan di Indonesia. Pihak DFSK hanya memajang mobil ini sebagai display di ajang GIIAS 2019 untuk mengetahui sejauh mana respon pasar dari mobil listrik nan canggih ini. Kami sangat berharap, harga yang ditawarkan ketika sudah resmi di jual di tanah air adalah dibawah Rp 400 juta, agar mobil ramah lingkungan lagi bertenaga ini dapat dinikmati oleh lebih banyak masyarakat di tanah air.

Video DFSK Glory E3 2019

KESIMPULAN DFSK Glory E3 2019

Tampak emblem E3 di DFSK Glory E3 2019

Jadi, apakah mobil ini layak untuk Anda miliki?

Mobil DFSK Glory E3 2019 ini menjadi salah satu pembuktian bahwa mobil produksi Tiongkok juga bisa menciptakan kendaraan ramah lingkungan dengan emisi gas buang nol, dan karakter yang modern dan futuristik. Andai mobil ini dijual resmi di Indonesia dan sudah mengikuti skema pajak mobil listrik yang sudah difinalisasi oleh Pemerintah Republik indonesia, kami merasa mobil ini bisa jadi "kuda hitam" di segmen mobil listrik SUV. Semoga saja harga jual DFSK Glory E3 2019 bisa terjangkau di kisaran Rp 400 jutaan ke bawah

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil