Review DFSK Gelora 2020: Van Kekar nan Luas dari Negeri Tirai Bambu

09/03/2020

Share this post:

DFSK Gelora 2020

Editor rate:

Rp. 179.000.000

Lihat promo

Keluarga DFSK di Indonesia bertambah dengan kehadiran DFSK Gelora 2020. Menawarkan dimensi dan torsi yang lebih besar dibanding pesaingnya di segmen blind van dan mobil penumpang, kehadirannya menjadi alarm bagi model yang telah lama hadir di pasar otomotif Tanah Air.

Review DFSK Gelora 2020: Van Kekar nan Luas dari Negeri Tirai Bambu
Review DFSK Gelora 2020: Van Kekar nan Luas dari Negeri Tirai Bambu
0 Gambar

Pengantar DFSK Gelora 2020

Mari kita simak spesifikasi DFSK Gelora 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Ruang kargo dan bagasi yang lapang

Torsi yang lebih besar dibandingkan pesaingnya

Fitur modern untuk varian van penumpang

Kekurangan

Material plastik yang digunakan masih terasa murah

Kursi belakang masih belum mampu menopang paha dengan sempurna

Terkesan ringkih dibandingkan pesaingnya di segmen kendaraan niaga

Review DFSK Gelora 2020 - DFSK memperkenalkan model terbarunya pada gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC) 2020. Model terbaru ini akan melengkapi varian DFSK lainnya di Indonesia, seperti DFSK Glory 580 dan DFSK Glory 560. Serta menjadi model kendaraan niaga kedua DFSK di Indonesia setelah perkenalkan DFSK Super Cab pada 2017 silam.

 peluncuran DFSK Gelora E 2020 berwarna putih di GIICOMVEC 2020
Perkenalan perdana DFSK Gelora 2020 di GIICOMVEC 2020

Disebut juga dengan nama DFSK Gelora 2020, model ini sebenarnya sudah diluncurkan pertama kali pada 21 September 2009 dengan tiga pilihan mode. Dari sisi tampilan, tak ada perubahan dari ketiga model tersebut. Walaupun C37 memiliki wheelbase yang lebih panjang dibandingkan C36. Ketiganya merupakan van 5 pintu yang diproduksi oleh DFSK.

Ada pilihan van penumpang dengan fitur yang lebih lengkap bernama Xiaokang C37, van penumpang entry level bernama Xiaokang C36, dan blind van Xiaokang C35. Sedangkan Gelora yang masuk ke Indonesia menggunakan model C35 dan C36. Model ini awalnya diluncurkan di Inggris pada tahun 2012, meskipun penjualan yang kurang menggairahkan membuat pengirimannya berakhir pada 2016.

mobil baru DFSK Gelora 2020 berwarna putih 
Tampilan minimalis Gelora 2020 tipe Blind Van

Gelaran GIICOMVEC menandai hadirnya dua model Gelora yang dipasarkan di Indonesia, yaitu versi mesin bensin dan kendaraan listrik penuh. Keduanya sama-sama mendapatkan versi kendaraan penumpang dan blind van. Kali ini, Cintamobil.com akan menghadirkan review DFSK Gelora 2020 untuk pembaca sekalian.

Eksterior DFSK Gelora 2020

Desain eksterior DFSK Gelora 2020 memang menghadirkan kesan minimalis tanpa banyak aksen. Kesan boxy jelas terlihat dengan warna putih di sekujur bodi, serta aksen hitam yang terdapat pada jendela samping untuk van penumpang.

Review Eksterior Depan DFSK Gelora 2020

Tampilan depan mobil ini terkesan minimalis, dimana tak banyak aksen yang diberikan mengingat mobil ini dipasarkan untuk segmen menengah. Hanya ada aksen silver pada grille depan. Namun tampilan lampu depan vertikal berbentuk berlian menawarkan kesan unik dibandingkan mobil lain di segmen yang sama. Meskipun lampu depan masih berteknologi halogen.

tampilan depan DFSK Gelora 2020 berwarna putih 
Tampilan depan DFSK Gelora 2020

Pada bagian bawah terdapat lampu kabut serta bumper sewarna badan. Menariknya, DFSK menawarkan grille berbentuk perisai yang disebut menjadi perlindungan ketika terjadi benturan. Keunggulan mobil ini dibandingkan pesaingnya adalah DFSK memberikan pengaman berupa crumple zone pada bagian depan untuk meredam benturan ketika terjadi kecelakaan.

Review Eksterior Samping DFSK Gelora 2020

tampilan samping DFSK Gelora 2020 berwarna putih 
Tampilan samping DFSK Gelora 2020

Di sisi samping, terlihat jelas bagaimana Gelora menghadirkan tampilan boxy dengan dimensi yang cukup lebar dan panjang. Dengan wheelbase mencapai 3 meter membuat mobil ini menawarkan ruang dalam yang cukup lapang. Gelora sudah dilengkapi dengan pintu geser elektrik. Sementara eksterior samping DFSK Gelora 2020 terkesan polos namun ada aksen hitam pada jendela, meskipun tak semua jendela bisa dibuka.

Review Eksterior Belakang DFSK Gelora 2020

tampilan belakang DFSK Gelora 2020 berwarna putih 
Tampilan belakang DFSK Gelora 2020

Kesan minimalis pun bisa Anda rasakan pada eksterior belakang DFSK Gelora 2020. Tapi Gelora sudah dilengkapi dengan sensor parkir di sebelah emblem DFSK. Sedangkan di bagian samping terdapat lampu belakang dan sein yang tersusun rapi secara vertikal. Ada emblem EPS di sisi kiri sedangkan emblem 1.5DVVT bisa Anda temukan di sisi kanan. Bumper belakang masih terkesan polos tanpa banyak aksen. Hanya ada dua reflektor di masing-masing sisi pada bumper belakang.

>>> Dapatkan berbagai review menarik lainnya di sini


Interior DFSK Gelora 2020

Sesuai dengan kapasitas dan harga yang ditawarkan, Gelora bisa dibilang belum mampu menghadirkan tampilan yang mewah di dalam. Terlihat dari pemakaian material plastik keras yang ada di bagian kabin. Tetapi untuk kenyamanan, mobil ini cukup membawa kenyamanan bagi penumpang dan pengemudi di depan.

Review Dashboard DFSK Gelora 2020

Seperti kabin, dashboard masih mengandalkan material plastik pada kedua varian. Tapi perbedaan yang sangat jelas terasa adalah terdapat layar infotainment untuk varian van penumpang. Disana Anda bisa mendapatkan fitur Bluetooth dan pemutar radio AM/FM serta AUX. Menariknya, layar infotainment juga mendapatkan fitur kalkulator.

 dashboard DFSK Gelora 2020 berwarna hitam
Dashboard DFSK Gelora 2020

Sedangkan versi blind van hanya menawarkan sistem audio 2DIN yang lebih lawas. Setidaknya, Anda masih bisa mendengarkan lagu melalui radio untuk menemani sepanjang perjalanan. Tapi selebihnya, kedua varian masih menggunakan pengaturan AC dengan knop putar.

Review Setir DFSK Gelora 2020

 setir DFSK Gelora 2020 berwarna hitam
Setir DFSK Gelora 2020

Tak banyak yang bisa dilihat dari tampilan setir. Dimana Anda hanya mendapatkan setir berbahan plastic dengan satu emblem DFSK di tengah. Masih belum ada tombol pengaturan audio ataupun hands free. Bahkan, pengaturan setir belum menganut teknologi tilt maupun telescopic. Cukup mengganggu ketika Anda ingin mendapatkan posisi mengemudi yang diinginkan.

Review Kursi DFSK Gelora 2020

Kami mencoba van penumpang dengan tujuh tempat duduk, ruang kaki di bangku baris kedua terkesan lapang. Meskipun masih menggunakan kursi berlapis fabric, namun kenyamanan berkendara di dalam mobil cukup memberikan rasa aman tersendiri. Sedangkan bangku baris ketiga tak terlalu sempit, namun belum mampu menopang paha dengan baik.

 kursi DFSK Gelora 2020 berwarna hitam
Kursi DFSK Gelora 2020

Untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi konsumen, Gelora versi van penumpang bisa mendapatkan konfigurasi 5, 7 hingga 9 bangku di belakang. Tentu saja ada harga yang perlu diperhatikan. Mengingat dengan konfigurasi 11 tempat duduk membuat ruang kaki penumpang di tengah dan bangku belakang tak terlalu lapang. Sedangkan hanya ada dua tempat duduk di depan untuk varian blind van.

Review Ruang Bagasi DFSK Gelora 2020

bagasi DFSK Gelora 2020 berwarna hitam
Bagasi DFSK Gelora 2020 versi blind van

Kapasitas ruang bagasi di belakang mobil cukup lega. Terlebih kapasitas bak belakang Gelora Blind Van memiliki luas maksimum 5.1 m3. Di bagian belakang pun terdapat teralis yang memisahkan pengemudi dengan barang-barang di belakang. Hal ini untuk mencegah barang-barang masuk ke kabin ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

>>> Baca juga:

Fitur DFSK Gelora 2020

Tak ada perbedaan fitur DFSK Gelora 2020 mesin bensin dengan versi listriknya. Namun perbedaan hanya dirasakan oleh tipe blind van dan van penumpang. Contohnya layar infotainment 8 inci hanya bisa ditemukan pada tipe minibus. Ditambah dengan tampilan instrument cluster bergaya digital. Sedangkan pada tipe blind van, sistem audio masih 2DIN dan kluster instrument analog.

sistem infotainment 8 inci berwarna biru 
Sistem infotainment digital hanya tersedia bagi versi minibus

Untuk van penumpang, DFSK menyematkan double blower AC demi memberikan kenyamanan ekstra bagi penumpang di belakang. Perbedaan lainnya yaitu pada tipe blind van hanya terdapat 2 speaker, sedangkan tipe minibus memiliki empat speaker yang tersebar di dalam kabin.

Review DFSK Gelora 2020:Sistem Keselamatan Aktif

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, DFSK Gelora mendapatkan griller berbentuk perisai dengan crumple zone guna meredam benturan. Sedangkan untuk memberikan rasa aman ketika berkendara ada sistem keselamatan airbag serta sistem pengereman ABS dan EBD yang akan membantu Anda ketika berkendara di jalanan basah.

>>> Sama-Sama Punya Dashcam, Pilih DFSK Glory 580 atau Suzuki XL7 Alpha?

Operasi DFSK Gelora 2020

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, DFSK Gelora memiliki dua pilihan tenaga, yaitu mesin bensin dan motor listrik. Meskipun DFSK memiliki pilihan mesin 1.2 dan 1.3, Versi bensin saat ini menggunakan mesin DK15-06 DVVT 1.5L yang terletak pada bagian bawah kursi dan mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 115 PS dengan torsi 148 Nm.

mesin DFSK Gelora 2020 berwarna hitam 
Mesin terletak pada bagian bawah kursi

Torsi yang dikeluarkan Gelora disebut lebih besar dibandingkan pesaingnya di segmen kendaraan niaga, semisal Daihatsu Gran Max atau Suzuki APV. Torsi yang lumayan besar, mengingat mobil ini hanya dipasarkan dengan versi varian bensin. Jika DFSK menawarkan versi diesel, bukan tak mungkin Gelora akan mendapatkan torsi yang lebih besar dan mengancam segmen kendaraan niaga lainnya.

>>> Perang Tiongkok vs Jepang, Komparasi Mobil Niaga DFSK Super Cab 1.5L Gasoline vs Suzuki New Carry Pick Up Wide

Spesifikasi DFSK Gelora 2020

Tak ada perbedaan signifikan antara mesin bensin dengan motor listrik dalam spesifikasi DFSK Gelora 2020 kecuali pada mesin yang digunakan. Tapi bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang mobil ini, berikut spesifikasi lengkapnya.

Dimensi DFSK Gelora 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.500 x 1.680 x 2.000 mm

Jarak Poros Roda

3.050 mm

Mesin DFSK Gelora 2020

Tipe Mesin

DK15-06 DVVT (Bensin) 1.5L

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

115 PS

Torsi Maksimal

148 Nm

Transmisi

Manual 5-percepatan

Sistem Penggerak

Rear-wheel drive

Kecepatan Maksimum

140 km/jam

Konsumsi Bahan Bakar

13.8 km/l (dalam kota) dan 20 km/l (luar kota)

Kaki-Kaki DFSK Gelora 2020

Suspensi Depan

MacPherson

Suspensi Belakang

Non-independent suspension

Rem Depan

Discs

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

185/65 R14

Daftar Harga DFSK Gelora 2020

DFSK memang menjadi salah satu pabrikan dengan tawaran harga yang sangat terjangkau ketika pertama kali memperkenalkan dua kombo Glory 560 dan 580. Tapi ketika Gelora diperkenalkan, harganya memang lebih mahal jika dibandingkan pesaingnya, sekelas Gran Max maupun Suzuki Carry. Meskipun belum resmi dijual, namun perkiraan harga DFSK Gelora 2020 saat berada dalam rentang Rp185-189 jutaan untuk tipe minibus dan Rp175-179 jutaan untuk tipe Blind Van.

>>> Simaklah review mobil DFSK lainnya dengan klik sini

Kesimpulan DFSK Gelora 2020

DFSK Gelora 2020 resmi diperkenalkan sebagai varian van penumpang dan blind van perdana DFSK di Indonesia. Meskipun DFSK lebih menonjolkan versi listrik mobil ini, namun kehadiran varian bensin tetap menawarkan pilihan tersendiri. Dimensinya yang lebih besar bisa menjadi jualan Gelora versi bensin. Belum lagi tenaga yang kuat hingga memudahkan Anda untuk membawa barang bawaan.

mobil baru DFSK Gelora 2020 Blind Van berwarna putih
Baru diperkenalkan, Gelora 2020 direncanakan akan dirilis dalam tahun ini

Sedangkan dalam harga yang ditawarkan, DFSK Gelora 2020 memang masih sedikit lebih mahal dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Namun dengan berbagai fitur dan keunggulan akomodasi yang ditawarkan, bukan tak mungkin Gelora mampu menjadi salah satu jualan apik DFSK di Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Nissan Serena 2019 Hybrid: Futuristik untuk Lingkungan yang Lebih Baik

11/08/2019

Editor rate:

Bulan lalu, nisan memberikan gambaran tentang facelift pada Nissan Serena C27. Dan kali ini, MPV generasi kelima Nissan Serena 2019 Hybrid mulai dijual di pasar Jepang. Perubahan sebagian besar bersifat kosmetik, tetapi ada beberapa revisi mencakup peningkatan dalam hal sistem keselamatan di dalam mobil.

Lihat juga

Review All New Toyota HiAce Premio 2019: Van untuk Travel bagi Penumpang VIP

09/08/2019

Editor rate:

Dengan generasi kelima yang masih dijual di Indonesia, Toyota akhirnya memperkenalkan generasi kelima sebagai varian baru bernama All New Toyota HiAce Premio 2019. Disebut menyasar bisnis pariwisata, tampilan terbaru yang lebih mewah dengan aksen krom juga mendapatkan perubahan pada mesin yang membuatnya lebih bertenaga.

Lihat juga

Review Nissan NV250 2019: Desain Van Unik Beraneka Rasa nan Murah Meriah

28/05/2019

Editor rate:

Nissan NV250 2019 adalah van kompak baru dan serbaguna yang dipasarkan sebagai kendaraan niaga. Memiliki berbagai kustomisasi berkat pilihan powertrain, gaya tubuh dan opsi konversi, mobil ini akan dijual di seluruh Eropa mulai September 2019.

Lihat juga

Review Toyota Granvia 2019: Van Mewah Menawan Harga Berteman

27/05/2019

Editor rate:

Setelah memperkenalkan Lexus LM yang super mewah beberapa waktu lalu, Toyota juga tak ketinggalan merilis van baru. Meskipun tidak semewah LM, namun Toyota Granvia 2019 akan jauh lebih murah untuk orang-orang yang menginginkan kemewahan selama perjalanan.

Lihat juga

Review Nissan Dayz 2019

21/04/2019

Editor rate:

Bisa dibilang ini adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia-nya Jepang. Maklum saja, di negara matahari terbit tersebut mobil jenis Kei Car seperti ini begitu favorit dan menjadi kendaraan terlaris di sana. Lantas bagaimana pendapat kami mengenai kembaran Mitsubishi Ek yang sebelumnya telah kami bahas? Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Nissan Dayz 2019.

Lihat juga