Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC

14/09/2019

Share this post:

Datsun GO+ 2014

Editor rate:

Lihat promo

Ketika kebijakan Low Cost Green Car (LCGC) dicetuskan oleh Pemerintah Indonesia, sontak para perusahaan otomotif juga turut berpartisipasi. Salah satunya yang sempat ramai adalah Datsun GO+ Panca, menjadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) pertama di segmen LCGC. Tertarik untuk membelinya? Berikut review Datsun GO+ Panca 2014.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC
Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil Keluarga Pertama Di Kategori LCGC
0 Gambar

Pengantar Datsun GO+ 2014

Mari kita simak spesifikasi Datsun GO+ 2014 di bawah ini.

Kelebihan

Harganya terjangkau

Kapasitas kursi 5+2, cukup untuk jadi mobil keluarga

Performa mesin cukup lumayan

Kekurangan

Kursi tidak dilengkapi Headrest yang bisa diatur ketinggiannya

Fitur-fiturnya tampil standar dan terasa kurang lengkap

Tak ada transmisi otomatis

Review Datsun GO+ Panca 2014 - Di tangan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kebijakan LCGC dicetuskan pada tanggal 23 Mei 2013. Hal tersebut seakan menjadi angin segar bagi masyarakat yang selama ini menginginkan mobil sebagai kendaraan sehari-hari. Terbukti hingga kini, segmen LCGC masih terlihat mendominasi jika ditilik dari segi penjualan.

Melihat peluang tersebut, akhirnya Datsun di bawah naungan PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan mobil keluarga pertama di segmen LCGC, dinamai Datsun GO+ Panca. Maklum, waktu itu segmen LCGC banyak didominasi oleh kategori Hatchback seperti Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla.

Toru Hasegawa selaku Corporate Vice President Nissan Motor Co, Ltd., mengaku bangga, “Datsun GO+ Panca adalah MPV pertama untuk segmen ramah lingkungan (LCGC).” Kala itu, mobil ini dinamai Panca mengingat adanya lima tipe yang ditawarkan yakni tipe D, A, A Optional, T dan T Optional. Sedangkan “+” lebih mengacu pada kapasitas tempat duduk yang bertambah dua orang, menjadi total 7-Seater. Nah, apakah Anda punya rencana untuk membelinya? Ada baiknya Anda membaca review Datsun GO+ Panca 2014 berikut ini.

Datsun GO+ Panca 2014 adalah mobil keluarga berbasis LCGC, berfokus pada kenyamanan, harga terjangkau dan irit bahan bakar

Inilah dia Datsun GO+ Panca yang menjadi mobil keluarga pertama di segmen LCGC

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Datsun GO+ 2014

Jujur saja, kami sama sekali tak mempermasalahkan soal desain eksterior Datsun GO+ Panca 2014. Bagi kami pribadi, sosoknya sudah tampil cukup atraktif, layaknya mobil keluarga pada umumnya.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Eksterior Depan

Harganya boleh murah tapi desain wajah depan dikemas cukup modern. Pemanisnya terletak pada desain Grille yang menggunakan model Honeycomb berwarna hitam. Sekilas melihat, orang seakan lupa bahwa mobil satu ini punya harga terjangkau. Ibaratnya “Harga murah tapi bukan murahan.”

Eksterior Depan Datsun GO+ Panca 2014 punya wajah yang cukup elegan berkat sentuhan krom pada Grille-nya

Wajah depan dikemas menarik dengan Grille Honeycomb berwarna hitam dan sentuhan aksen krom

Pihak Nissan-Datsun benar-benar merancangnya dengan teliti mengikuti kebutuhan konsumen. Bayangkan saja, lampu depan punya ukuran besar dan dikemas atraktif, sukses memberi tampilan modis. Tapi sayang, kami sendiri tidak memantau adanya lampu kabut pada sisi bemper. Satu kekurangan minor bagi kami yang suka akan fitur.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Eksterior Samping

Berbicara soal bodi samping, dimensinya cukup panjang di angka 3.995 mm dipadu Wheelbase 2.450 mm. Data ini menyimpulkan bahwa kabinnya cukup lega untuk kapasitas 7 orang. Tapi satu hal yang kami kurang suka yakni peleknya terkesan punya desain biasa-biasa saja, tidak bisa mengangkat penampilannya. Apalagi, ukuran roda hanya 155/70 R13, seandainya lebih besar dan punya desain menarik, sudah pasti akan dilirik semua orang.

Eksterior Samping Datsun GO+ Panca 2014 dilengkapi dengan ban berukuran 13 inci dipadu panjang bodi 3.995 mm

Kami kurang suka dengan ukuran ban yang kurang proporsional dan desain peleknya

Review Datsun GO+ Panca 2014: Eksterior Belakang

Jika Anda ingin tampilan lebih sporty, bisa memilih tipe Datsun GO+ T Option. Pasalnya, ada tambahan Roof Spoiler dipadu High Mount Stop Lamp. Tentu tampilannya lebih sporty dibanding tipe lainnya. Di sisi lain juga tersedia lampu belakang yang punya desain cukup modern.

Eksterior Belakang Datsun GO+ Panca 2014 sudah dilengkapi lampu berdesain menarik

Khusus tipe T-Option, ada fitur Spoiler pada sisi atap


Interior Datsun GO+ 2014

Mobil LCGC dengan kapasitas 7 penumpang, tentu akan terdengar menggiurkan. Setidaknya, masyarakat tak lagi menilai bahwa mobil keluarga punya harga Rp. 200 jutaan. Model satu ini sukses menjawab harapan tersebut. Lantas, bagaimana dengan sektor interior Datsun GO+ Panca 2014.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Dashboard

Pertama, kami sungguh cukup suka dengan tatanan dashboard-nya. Menerapkan tema Two-Tone Colour sehingga tak mudah bosan untuk berlama-lama dalam kabinnya. Kedua, hal yang kami kurang suka adalah soal fitur. Mengapa begitu? Terkesan minim fitur hiburan yang sifatnya Premium. Tapi kembali lagi soal harganya yang terjangkau, kami memaklumi hal tersebut.

Dashboard Datsun GO+ Panca 2014 sudah dilengkapi fitur penyejuk AC dan panel audio 1 DIN

Dashboard-nya terlihat sangat sedap dipandang berkat permainan warna Two-Tone

Meski begitu, kami masih sangat terhibur dengan audio 1 DIN yang hanya pada tipe A Option atau T Option. Setidaknya, perjalanan jauh bisa ditemani oleh musik favorit yang tersambung via USB atau AUX Jack dari Handphone Anda. Tak lupa, fitur penyejuk AC juga dihadirkan lengkap bersama Blower.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Setir

Kemudi setir tidak begitu dihias manis, hanya terpantau sebuah logo Datsun yang sukses menjelaskan identitasnya. Di sisi lain, teknologi Electric Power Steering (EPS) dipadu Speed Sensitive hanya bisa dirasakan pada tipe T dan T Option saja. Cukup disayangkan, tidak menjadi fitur standar di semua tipenya. Saran kami, lebih memilih dua tipe tersebut, mengingat fungsinya mampu membuat kendali pengemudian terasa lebih enteng dan stabil.

Setir Datsun GO+ Panca 2014 dikemas dengan Speedometer dan menggunakan model tiga palang

Speedometer juga telah disiapkan dan mudah dipahami

Review Datsun GO+ Panca 2014: Kursi

Kekurangan sejatinya banyak kami temukan pada kursi. Seperti sandaran kepala pada kursi depan yang tidak bisa diatur mengikut postur tubuh Anda. Bahkan, bangku deret kedua punya sandaran kepala tapi ukurannya cukup minimalis.

Kursi Datsun GO+ Panca 2014 mampu menampung hingga 7 orang sekaligus

Inilah suasana kabin pada bangku kedua

Terlepas dari kekurangan tersebut, kami masih cukup nyaman ketika menempuh perjalanan dengannya. Untuk kapasitas tampung kursi hingga 7 orang, dirasa sangat spesial, mampu mengangkut seluruh keluarga. Tapi saran kami, lebih baik formasinya 5 orang dewasa dan dua orang anak-anak pada bangku deret ketiga.

>>> Baca juga: Review Datsun GO+ D 1.2 MT 2020: Datsun Paling Murah Di Tanah Air

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

Fitur Datsun GO+ 2014

Membicarakan soal fitur Datsun GO+ Panca 2014, kelengkapannya meliputi beberapa hal seperti Immobilizer, Central Door Locking, Keyless Entry dan sabuk pengaman. Kurang lengkap? Kami rasa harganya yang terjangkau, membuat kita semua bisa memaklumi hal tersebut.

Perlu juga kami ingatkan bahwa mobil satu ini tidak punya fitur Airbag. Maka dari itu, kami pun menyarankan untuk tidak membawanya kebut-kebutan baik di jalan raya atau tol. Gunakan secara santai dan tetap hati-hati, mengingat yang Anda bawa adalah keluarga.

Ada pula kami mengamati bahwa pengaturan kaca bangku belakang masih menggunakan model engkol, terkesan kurang modern. Pintu belakang pun begitu, tak menyediakan Handle pintu pada bagas, hanya bisa dibuka lewat tombol pada kursi pengemudi saja.

Operasi Datsun GO+ 2014

Jantung mekanis menggunakan kode HR12DE berkapasitas 1.198 cc. Alhasil, operasi mesin Datsun GO+ Panca 2014 mampu digeber hingga mencapai daya 50 kW dipadu catatan torsi puncak sebesar 104 Nm. Cukup disayangkan pula, transmisi hanya menyediakan 5 percepatan manual saja, tanpa ada pilihan otomatis.

Operasi Mesin Datsun GO+ Panca 2014 mampu menyemburkan daya hingga 50 kW dan torsi maksimum 104 Nm

Mesinnya menggunakan kapasitas silinder sebesar 1.198 cc

Nah untuk urusan transmisi, mobil satu ini menempatkan tuas transmisi tepat di area dashboard. Ergonomis memang, tidak akan menjadi masalah berarti bagi mereka yang baru mengendarai mobil. Tapi, bagi Anda yang sudah terbiasa dengan tuas transmisi dekat kursi, maka dibutuhkan proses adaptasi untuk mengendarai Datsun GO+ Panca.

Spesifikasi Datsun GO+ 2014

Informasi selengkapnya tentang spesifikasi Datsun GO+ Panca 2014 bisa Anda lihat di bawah ini.

SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA 2014

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.995 mm x 1.635 mm x 1.490 mm

Wheelbase

2.450 mm

Radius Putar Minimum

4,6 m

Ground Clearance

170 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter HR12DE

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Daya Maksimum

50 kW

Torsi Maksimum

104 Nm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual

HANDLING

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

155/70 R13

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Daftar Harga Datsun GO+ 2014

Jika mengaca pada harga barunya di awal peluncuran, model satu ini dijual di kisaran Rp. 85 jutaan hingga Rp. 102 jutaan, tergantung tipe yang dipilih. Nah, untuk saat ini Anda hanya bisa mendapatkan versi bekasnya. Berikut daftar harga Datsun GO+ Panca 2014 selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA DATSUN GO+ PANCA BEKAS

Datsun GO+ Panca (2014)

Kisaran Rp. 65 jutaan hingga Rp. 85 jutaan

Kesimpulan Datsun GO+ 2014

Datsun GO+ Panca 2014 adalah pilihan cocok bagi Anda yang ingin punya mobil keluarga 7-Seater berharga terjangkau. Fitur-fiturnya tampil standar, dirasa cukup menemani perjalanan Anda bersama keluarga. Tampilan pun begitu, tak tampak aura-aura bahwa mobil ini punya harga terjangkau. ‘Murah tapi bukan murahan’. Nissan-Datsun benar-benar merancangnya untuk tampil modern di kasta LCGC. Tapi sayangnya, mobil ini hanya menyediakan transmisi manual saja.

>>> Ikuti terus review mobil menarik dan terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top