Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018: Harganya Kini Menyentuh Rp 300 Jutaan, Masih Layak Dipinang?

24/09/2019

Share this post:

Toyota Vios 2018

Editor rate:

Lihat promo

16 tahun silam, Toyota Vios lahir di pasar mobil Indonesia untuk menggantikan Toyota Soluna dan langsung menggebrak pasar sedan kompak di tanah air. Produk satu basis dengan Toyota Yaris ini pun kami coba langsung tidak hanya di dalam kota, namun juga melaju di jalanan luar kota. Inilah review dan test drive mobil Toyota New Vios 1.5 E CVT 2018.

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018: Harganya Kini Menyentuh Rp 300 Jutaan, Masih Layak Dipinang?
Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018: Harganya Kini Menyentuh Rp 300 Jutaan, Masih Layak Dipinang?
0 Gambar

Pengantar Toyota Vios 2018

Mari kita simak spesifikasi Toyota Vios 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan Lebih Segar

Performa Dan Kehematan Baik

Kekedapan Kabin Baik

Kekurangan

Harga Mahal

Radius Putar Buruk

Jok Dan Trim Mudah Kotor

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Vios 1.5 G 2003 berwarna silver

Toyota Vios lahir di bumi Indonesia pada tahun 2003 menggantikan Toyota Soluna

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 - Toyota Vios lahir di pasar mobil Indonesia pada tahun 2003. Kehadirannya ini langsung menggantikan compact sedan Toyota yang sebelumnya cukup sukses diterima oleh konsumen di Indonesia. Vios di tanah air dibekali mesin berkode 1NZ-FE. Mesin ini punya konvigurasi 4 silinder segaris dengan 4 katup di masing-masing pistonnya. Toyota Vios merupakan produk pertama dari PT Toyota Astra Motor di Indonesia yang sudah dibekali dengan teknologi pengaturan katup variabel VVT-i.

Gambar menunjukkan Toyota Vios 1.5 E MT 2006 berawrna hitam

Toyota Vios hadir dalam 2 pilihan tipe di Indonesia, yakni E dan G serta mengalami facelift di tahun 2006

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 109 HP pada putaran 6.000 rpm serta torsi 141 NM pada 4.200 rpm. Mesin ini terkenal ekonomis karena sebenarnya mesin ini, pada awalnya dikembangkan untuk mobil hybrid Toyota Prius. Namun tetap ada sedikit perbedaan, karena Prius menggunakan mesin berkode 1NZ-FXE yang memang ada beberapa perbedaan pada internal mesin selain setup ECU dan juga motor elektriknya.

Gambar menunjukkan Toyota Vios generasi kedua 1.5 G AT 2007 berwarna hijau muda

Toyota Vios generasi kedua lahir tahun 2007 dan langsung mencuri perhatian publik karena fiturnya berlimpah dan bentuknya yang timeless

Toyota Vios generasi pertama ini punya masa bakti selama 4 tahun, yakni dari 2003 hingga 2006 dan mengalami satu kali penyegaran alias facelift. Bentuknya menjadi lebih manis dengan sedikit revisi pada bentuk headlamp dan tailamp, serta penggunaan pelek alloy ber-finishing polished yang membuat tampilannya kian elegan dan juga sporti. Namun, yang paling fenomenal adalah Vios generasi kedua yang lahir setahun setelahnya yakni 2007.

Gambar menunjukkan Toyota Vios generasi ketiga 2013 1.5 G AT 2013 berwarna merah

Vios generasi ketiga lahir di tahun 2013 dan berganti model secara total, punya akomodasi baik dan hadir dengan lebih banyak fitur

Bayangngkan, Vios di tahun 2007 untuk tipe G sudah dilengkapi dual SRS Airbag, pengontrol audio di setir, lampu depan Bi-Beam HID (High Intensity Discharge), rem dengan sistem ABS yang mana untuk tahun itu fitur tersebut sudah luar biasa, bahkan Kijang Innova tipe G pun belum dilengkapi fitur tersebut. Tak heran, Vios generasi kedua ini cukup laris dipasar mobil Indonesia. Seakan tak goyah dengan image taksi yang juga menggunakan Vios namun bernama Limo.

Gambar menunjukkan Toyota New Vios 1.5 E CVT 2018 berwarna abu-abu

Vios kembali mendapatkan penyegaran major di tahun 2018 setelah sebelumnya berganti mesin dan transmisi di tahun 2017

Tahun 2014 Toyota Vios lahir generasi ketiganya, modelnya berganti total namun mesin masih mengandalkan Vios lawas dengan kode 1NZ-FE dan setup ECU serta transmisi yang berbeda, sehingga Vios generasi ini lebih 'tenang' di jalan. Pertengahan tahun 2017 Vios mendapatkan revisi berupa mesin baru berkode 2NR-FE dan transmisi CVT. Penyegaran besar-besaran akhirnya terjadi di 2018, dimana Vios mendapat ubahan dan semakin mirip Toyota Yaris. Kini kami mendapat kesempatan untuk mengetes jalan secara total mobil Toyota Vios 1.5 tipe E bertransmisi CVT tahun 2018, so, inilah review dan test drive terhadap mobil ini. 

Eksterior Toyota Vios 2018

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan Tampilan depan Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 berwarna abu-abu

Lampu LED dengan projector, foglamp, DRL serta grill berkelir piano black absen di Vios tipe terendah ini

Bila Anda pernah melihat Toyota Vios tipe G tahun 2018, pasti Anda akan sadar apabila di Vios tipe E bertransmisi CVT yang sedang kami bahas ini jauh lebih terondol kelengkapan fitur maupun tampilannya. Sebut saja Projector LED headlamp, foglamp, DRL serta grill dengan kelir piano black absen di Vios termurah ini. Namun demikian, bentuknya tetap tampan layaknya Yaris. Yang kami suka, sinar lampu utama Vios ini tetap terang dan oke banget menembus kegelapan malam.

Gambar menunjukkan Headlamp Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Meski tanpa imbuhan LED, namun sinar lampu utama berbohlam halogen di Vios E ini terang dan dapat diatur sorot lampunya

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Tampilan Samping

Gambar menunjukkan Tampilan samping Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini layaknya sebuah Toyota Yaris diberi buntut

Melihat tampilan samping Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini, Anda akan langsung ngeh apabila mobil ini layaknya sebuah Toyota Yaris yang kini diberi buntut. Namun, itu bukanlah hal buruk, mengingat Toyota Yaris adalah salah satu hatchback dengan bentuk yang menarik di pasaran. Malah, kami lebih menyukai tampilan 'Yaris sedan' ini dibandingkan dengan Yaris 'biasa'. Peleknya hanya berdiameter 15 inch, namun tebal ban lebih tebal dari tipe G, membuat bantingannya lebih nyaman.

Gambar menunjukkan Spion Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Spion ini sudah dapat dilipas secara elektris hanya dengan menekan sebuah tombol

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Salah satu bagian eksterior mobil yang enak dilihat di Vios adalah tampilan belakangnya

Lanjut ke bagian eksterior buritan dari mobil Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini, menurut kami tampilan belakang dari mobil Toyota Vios ini adalah salah satu bagian eksterior mobil yang paling enak di sedan kecil ini. Sayangnya, tidak ada tombol atau tuas apapun yang dapat digunakan untuk membuka bagasi mobil ini dari luar. Juga lampu belakang dari mobil ini pun belum dilengkapi dengan striking LED guide light yang dapat menyala cantik di malam hari.

Gambar menunjukkan Stoplamp Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Lampu belakang belum mendapat aksen striking LED light guide seperti tipe diatasnya

>>> Mungkin Anda ingin membaca:


Interior Toyota Vios 2018

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan Layout dasbor Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Layout dasbor tak ubahnya dengan tipe yang lebih tinggi, masih enak dilihat dan auranya modern

Layout dasbor dari Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini tidak ada bedanya dengan tipe G yang jadi tipe tertinggi dari Toyota Vios. Bahkan, kelirnya juga sama persis dengan tipe G yang dijual Rp 30 jutaan lebih mahal itu. Bedanya, setir masih polos tanpa tombol, head unit untuk tipe E ini masih pakai desain terintegrasi dengan dasbor, dan pengaturan AC masih menggunakan kenop manual tanpa heater dan belum menganut sistem digital climate control layaknya tipe G.

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Kursi

Gambar menunjukkan kursi Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Bahan dan corak kursi masih sama dengan tipe G, hanya saja tidak dilengkapi dengan height adjuster

Kursi Toyota Vios ini termasuk nyaman ketika diduduki berlama-lama saat melakukan perjalanan jauh. Punggung dan paha Anda akan tersangga dengan sempurna meski tanpa adanya lumbar support. Kendati bahan beludru dan corak kursi masih sama saja dengan Vios tipe G, namun yang amat disayangkan adalah tak tersedianya fitur height adjuster alias pengatur ketinggian di kursi ini, dan warna terang seperti ini membuat kursi terlihat cepat kotor.

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Setir

Gambar menunjukkan Setir Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Diameter setir termasuk pas, dan nyaman digenggam meski tanpa dibalut kulit seperti Vios tipe G

Memang, setir dari Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini tidak dilengkapi dengan tombol pengatur audio, MID bahkan tuas paddle shift dibalik kemudi, namun kami cukup menyukai setir mobil ini. Karena desainnya modern, diameter setirnya pas dan nyaman untuk digenggam. Namun, bukan berarti ia hadir tanpa kekurangan, pengaturan setir yang hanya mampu tilt (naik-turun) membuat bagi beberapa postur tubuh, agak sulit mencari posisi duduk yang egronomis. Untunglah kami tidak.

>>> Baca juga:

Fitur Toyota Vios 2018

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Head Unit

Gambar menunjukkan head unit Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Tatanan suara pada Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini dikawal oleh head unit berlayar monokrom ini

Melihat tampilan dan juga fitur dari head unit yang terpasang di Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini, kami serasa terbang ke masa lalu, tepatnya di era awal 2000-an. Maklum saja, di era kekinian, jarang ada pabrikan mobil menyematkan head unit dengan desain terintegrasi dengan dasbor, serta menjejalkan fitur yang terbatas. Meski tidak ada koneksi bluetooth, namun ia sudah mampu membaca USB dan koneksi AUX, serta suara dari 4 speaker + 2 tweeter di mobil ini tergolong baik.

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan MID Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Meski panel optitron dan MID di Vios E ini tidak se-advanced tipe G, namun info yang tersaji cukup lengkap

Satu hal yang kami suka dari Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini adalah kelengkapan Multi Information Display-nya. Meskipun ia tidak dilengkapi dengan panel optitron high resolution seperti pada tipe G yang jadi tipe tertinggi Vios, namun informasi yang tersaji cukup lengkap. Seperti konsumsi bahan bakar aktual maupun rata-rata, sisa jarak yang dapat ditempuh berdasarkan bahan bakar di tangki, jam, suhu luar kendaraan dan lainnya.

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Pengaturan AC

Gambar menunjukkan Tuas pengatur AC Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Pengaturan AC cukup lengkap meski tak dilengkapi dengan fitur climate control

Pengaturan AC di mobil ini cukup lengkap, ada pengaturan suhu, kecepatan blower (kipas) AC dan pengaturan arah semburan AC. Seperti layaknya AC mobil modern, cepat dingin dan kompresornya tidak terlalu membebani tenaga mesin. Namun, ada satu hal yang kami notice dari AC Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini adalah saat pengaturan AC kami atur arah semburannya ke badan dan ke kaki, untuk yang ke kaki tidak terlalu terasa seperti kami mencoba mobil-mobil lainnya. 

Review Dan Test Drive Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan Tombol VSC Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Meski hadir sebagai tipe termurah dari Toyota Vios namun Toyota seperti tak ingin kompromi terhadap fitur keselamatannya

Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 hadir sebagai line up produk Vios dengan harga jual paling murah. Namun, PT Toyota Astra Motor sebagai agen pemegang merek mobil yang kami tes ini seperti tidak ingin kompromi terhadap fitur keselamatannya. Mulai dari Airbag saja sudah ada 7 buah. Lantas sistem rem juga sudah dibekali ABS, EBD bahkan BA (Brake Assist), tak sampai disitu saja Traction Control dan Vehicle Stability Control juga sudah ada di sini. Tak heran ia mendapatkan bintang 5 saat pengetesan ASEAN NCAP yang tim Cintamobil juga hadir saat prosesinnya.

>>> Review Honda Accord 2019: Sedan Tercanggih Di Kelasnya

Operasi Toyota Vios 2018

Gambar menunjukkan Mesin 2NR-FE Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Mesin 2NR-FE yang ada dibalik kap mesin Vios ini begitu efisien dan juga bertenaga

Kami cukup terkesima dengan deru halus mesin berkode 2NR-FE yang tertanam dibalik bonnet Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini. Mesin ini dilengkapi dengan teknologi pengaturan katup variabel khas Toyota yakni Dual VVT-i, yang mana sistem ini akan mengatur bukaan katup sesuai load dan kebutuhan mesin. Tenaga di mesin ini memang turun sekitar 2 Hp dari generasi mesin Vios sebelumnya, demikian juga torsinya yang menciut 1 koma sekian Nm. Namun, tenaga dan torsi di mesin ini kini dapat diraih dengan putaran mesin yang lebih rendah, dan berpotensi jadi lebih hemat konsumsi BBM. 

Gambar menunjukkan Tuas transmisi CVT Toyota Vios 1.5 E 2018

Transmisi sejuta rasio alias CVT juga berperan banyak terhadap kehematan mobil ini

Sesuai dugaan kami, mesin 2NR-FE ini mampu membawa Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 ini melaju dengan hemat. Saat berjalan di kecepatan lalu lintas luar kota dengan kecepatan rata-rata 45 km/jam, konsumsi BBM 18 kilometer per liter dengan mudah diraih. Begitu pula saat melaju konstan di jalan tol dengan kecepatan rata-rata 90 km/jam, angka 20,8 kilometer per liter dapat diraih. Lantas, bagaimana saat dibawa melaju di dalam kota? Tenang, 1 liter BBM oktan 92 di mobil ini dapat membawanya melaju sejauh 15,3 kilometer. Hemat bukan?

Gambar menunjukkan Ban dan pelek Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Ban Dunlop yang empuk membantu menambah kenyamanan Toyota Vios tipe E ini

Itu semua berkat sumbangsih dari transmisi sejuta rasio alias CVT yang ada di mobil ini. Dengan jumlah rasio yang tak terhingga, saat mobil melaju konstan, putaran mesin dapat ditahan serendah mungkin. Contoh saat kami melaju 100 km/jam, putaran mesin hanya berkitir 1600 rpm saja, itu membuat mesin makin efisien dalam mengolah BBM. Bahkan saat kami melaju 140 km/jam, putaran mesin dapat ditahan 2000 rpm saja. Mobil ini dapat dipacu hingga 190 km/jam saat jalanan lengang. Tapi Anda harus ingat, konstruksi kaki-kaki sedan kecil ini untuk kebutuhan commuter harian bukan melaju kencang layaknya mobil balap.

Gambar menunjukkan Tim Cintamobil mengetes jalan Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Kami pun membawa Toyota Vios E ini melaju melibas jalanan berkelok khas lalu lintas luar kota

Yang kami suka dari Vios ini saat diajak berjalan jauh adalah kenyamanan kabinnya yang hening, dan bantingan suspensinya yang dewasa (tidak terlalu empuk, namun tetap nyaman dan juga stabil). Handling mobil ini memang sedikit dibawah rival lainnya asal Jepang, sebab feedback-nya agak kurang. Tapi kami menilai kombinasi seperti ini malah pas. Siapa pula yang hendak mengemudikan mobil ini secara hardcore layaknya Ott Tanak dan Jari Matti Latvala di Toyota Yaris WRC? Satu yang jadi kelemahan Vios ini dan juga Anda akan temui di Yaris bahkan Sienta adalah radius putaranya yang tergolong besar untuk ukuran mobil kompak.

>>> Review Toyota Corolla Altis 1.8 V 2019: Pakai Teknologi Toyota Terkini, Tapi Tetap Pertahankan Jati Diri

Spesifikasi Toyota Vios 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Toyota Vios 1.5 E CVT 2018.

Mesin Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Seri Mesin

 2NR-FE, 4 Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i

Jumlah Katup

 16 katup (2 inlet dan 2 outlet per piston)

Tenaga Maksimum

 105,5 Hp (107 Ps) @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

 140,24 Nm (14,3 Kgm) @ 4.200 rpm

Kapasitas Silinder

 1.496 cc

Bore X Stroke

 72,5 mm X 90,6 mm

Tipe Transmisi

 Otomatis CVT with 7 Speed Sequential Mode, FWD

Rangka Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Panjang X Lebar X Tinggi

 4.425 mm X 1.730 mm X 1.500 mm

Jarak Sumbu Roda

 2.550 mm

Jumlah Tempat Duduk

 5 seat

Radius Putar

 N/A

Kapasitas Tangki BBM

 45 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Toyota Vios 1.5 E CVT 2018

Suspensi Depan & Belakang

 MacPherson Strut with coil spring & Torsion Beam with coil spring

Sistem Kemudi

 Rack And Pinion with Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

 Ventilated Disc 14 inch & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

 ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

 Side Impact Beam

Struktur Sasis

 Semi Monokok, B-Segment

Pelek

 Alloy, 15 inchi

Jenis Ban

 Dunlop SP Sport 2030, 185/60 R15

Daftar Harga Toyota Vios 2018

Dibalut dalam konsep “Advance and Emotional”, Toyota Vios menampilkan fascia luar yang lebih segar tanpa menghilangkan pesona elegan dari sebuah sedan. Tentu dari semua fitur yang dihadirkan, Toyota Vios terbaru terlihat sukses menjadi sedan berkelas yang nyaman untuk dikendarai. Cintamobil.com juga menerima daftar harga Toyota Vios terbaru 2019 yang dirilis secara resmi. Berikut informasi selengkapnya sobat.

Tipe Mobil

Harga Toyota Vios Terbaru

(OTR)

Toyota Vios 1.5 G M/T

IDR. 314.250.000

Toyota Vios 1.5 G CVT

IDR. 330.350.000

Toyota Vios 1.5 E CVT

IDR. 308.450.000

*Harga per bulan September 2019

>>> Ratusan mobil Toyota Vios dijual dengan harga sangat menarik. Klik untuk simak harga dan informasi terlengkap

Kesimpulan Toyota Vios 2018

Gambar menunjukkan sebuah mobil Toyota Vios 1.5 E CVT 2018 berwarna silver

Dengan harga jual tembus Rp 300 juta apakah ia layak Anda pinang?

Dengan harga jual Rp 308,450,000 Anda memang bisa mendapatkan Toyota Yaris dengan trim tertinggi dan menghemat Rp 29,600,000. Tapi keanggunan Toyota Vios ini tak akan Anda temui di Yaris. Apalagi kenyamanan Vios termurah ini lebih baik dari Yaris. So, apakah mobil ini layak beli? Yes. Bagi Anda pengabdi sedan atau pecinta mobil jenis sedan sejati.

>>> Lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Arfian Alamsyah
Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Review lain

Review Toyota Camry 2.5 V 2019

13/06/2019

Editor rate:

Menjadi salah satu tipe yang diposisikan sebagai volume maker di keluarga Toyota Camry saat ini, apakah Toyota Camry 2.5 V 2019 layak dimiliki oleh para eksekutif sukses di Indonesia?

Lihat juga

Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

10/06/2019

Editor rate:

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah anak gen '90an alias orang yang lahir antara medio 1990 hingga 1994, pada masa remaja utamanya semasa SMA pasti di pertengahan 2006-an, mobil Honda Civic dengan kode bodi FD ini bisa jadi adalah salah satu dream car Anda. Kini, harganya sudah 'terjangkau' dan modelnya tetap bertahan lama. Layakkah mobil Honda Civic 2006 ini di beli saat ini?

Lihat juga

Review Hyundai Sonata 2014: Meredup Tanpa Perlawanan

22/03/2019

Editor rate:

Bisa dibilang, Sonata adalah model paling tua besutan Hyundai. Kehadiran generasi pertamanya sejak tahun 1985, kini telah mencapai generasi ketujuh. Bisa dibayangkan bukan, betapa kokohnya Sonata selama 30 tahunan belakangan ini. Namun jika melirik nasibnya di Indonesia, Sonata hanya hadir hingga generasi keenam saja, mengingat penjualannya tidak segemilang produk lainnya. Meski begitu, kami masih sangat menyukai beberapa hal darinya. Berikut review Hyundai Sonata 2014.

Lihat juga

Review Honda City Tipe Z 2000: Jadul, Namun Responsif dan Eksklusif

03/03/2019

Editor rate:

Memasuki milenium baru, Honda membawa perubahan melalui Honda City Tipe Z 2000, sedan eksklusif yang menegaskan kemampuan Honda sebagai kendaraan yang mudah dikendarai serta mesin yang responsif di jalanan.

Lihat juga

Review Suzuki Ciaz 1.5 Hybrid 2018

23/08/2018

Editor rate:

Tren otomotif begitu dinamis, ketika dulu diawal 2000an kelas sedan menjadi primadona, dan sangat digandrungi oleh publik baik Indonesia atau dunia, kini sedan belum kembali kepada masa kejayaannya. Jika Anda tahu bahwa Suzuki juga punya sedan yang begitu kompeten di tahun 2014, maka namanya masih akan terus diingat, yaitu Suzuki Ciaz.

Lihat juga