Review Dan Test Drive Suzuki All New Ertiga GX 2018: Bersenjata Makin Lengkap

29/06/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Di tengah-tengah kritik terhadap pengurangan fitur Suzuki Ertiga 2018, Cintamobil.com melakukan test drive varian teratas GX. Simak terus untuk review selengkapnya

PENGANTAR Suzuki Ertiga 2018

Foto Suzuki Ertiga GX 2018 di jalan

All New Suzuki Ertiga GX 2018 memiliki senjata yang semakin lengkap

Review All New Suzuki Ertiga GX 2018 - Hadir di Indonesia sejak 2012 membuat tampilan keseluruhan Suzuki Ertiga memerlukan ubahan yang serius memasuki tahun 2018. Memang, tidak ada yang salah dengan tampang lamanya. Namun, seperti khasnya karakter konsumen di Indonesia yang senang dengan sesuatu yang baru, maka pabrikan perlu merevisi model yang sudah ada. Secara total Suzuki Ertiga di Indonesia sudah mengalami 2 kali facelift, dan dua kali penambahan varian. Puncaknya adalah diluncurkannya All New Suzuki Ertiga 2018 beberapa waktu lalu di event Indonesia International Motor Show 2018. Kini All New Ertiga 2018 bersenjata semakin lengkap.

EKSTERIOR Suzuki Ertiga 2018

Pasti akan timbul pertanyaan, layakkah Ertiga terbaru ini disebut all new? Well, dari pengamatan kami, untuk segi bodi eksterior-nya sangat layak disebut all new, karena memiliki dimensi yang lebih melar. Rinciannya All New Ertiga ini lebih panjang 130 mm dibandingkan pendahulunya, lebih lebar tinggi 40 mm dari varian lamanya, dan lebih tinggi 5 mm dari Ertiga lawas non Dreza.

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Tampilan depan

Bagian muka depan All New Suzuki Ertiga GX 2018 ini semakin agresif. Coba Anda lihat saja desain lampu yang pipih itu, mengingatkan kita pada dua mobil yang berbeda jenis. Toyota Kijang Innova Reborn dengan BMW Seri-3 berkode F30. Tentunya ini bukan berita buruk, karena desain lampu depan yang slim and sleek ini sangat cocok bersanding dengan grill depan bermotif sarang tawon yang punya lapisan krom khusus untuk tipe GX.

Melirik sedikit kebawah, Anda akan terkesima dengan desain bumpernya yang agresif dengan housing foglamp yang keren. Oh ya, lampu kabut ini hanya tersedia pada varian GX atau tertinggi ya. More you know, bagi Anda penggemar mesin diesel dan varian Dreza (yang kata orang dalam Suzuki makna Dreza adalah Dress Up, red) belum tidak tersedia lagi di All New Suzuki Ertiga ini.

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Tampilan samping

Entah mengapa, tampak samping dari All New Suzuki Ertiga GX 2018 ini kembali memiliki garis desain bodi yang agak mirip dengan mobil lainnya, yaitu Toyota Kijang Innova Reborn di bagian samping terutama kaca samping dibelakang pilar C, dan lampu belakang yang mirip Mitsubishi Xpander. Namun, lagi-lagi itu bukan berita buruk, karena kombinasi dari kedua hal tersebut membuat tampilan All New Suzuki Ertiga GX 2018 bersenjata semakin lengkap. Kesan elegan, juga macho tercermin dari LMPV (Low Multi Purpose Vehicle) andalan terbaru Suzuki di Indonesia ini.

tampak samping All New Suzuki Ertiga GX 2018 di pinggir jalan 

Tampak Samping All New Suzuki Ertiga GX 2018

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Tampilan Belakang

Hal positifnya lagi adalah jika Anda melihat desain tampilan belakang, kombinasi lampu belakang yang memanjang ke atas berpadu sempurna dengan desain pintu yang terasa pas dan mencuatkan kesan All New Ertiga GX 2018 bersenjata semakin lengkap. Karena tidak hanya sisi elegan yang dikuatkan, namun berkat desain ini, bagasi belakang menjadi lebih luas apabila dibandingkan dengan Ertiga lama. Namun sayangnya, desain tampilan belakang seperti ini bukanlah selera semua orang, terbukti dari tiga calon customer yang bersama-sama Cintamobil.com saat melihat mobil ini di salah satu dealer di Jakarta Timur. Dua calon pembeli menyatakan kurang suka desain tampilan belakang All New Suzuki Ertiga GX 2018 ini. Well, itu hanya masalah selera sih.

 tampak belakang All New Suzuki Ertiga GX 2018 di pinggir jalan

Desain tampilan belakang All New Suzuki Ertiga GX 2018

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Ertiga 2018

Foto kabin interior All New Suzuki Ertiga GX 2018

Layout Interior All New Suzuki Ertiga GX 2018

Kami dari Cintamobil.com patut mengapresiasi usaha PT. Suzuki Indomobil Sales dan Maruti Suzuki India untuk membuat tampilan interior dari All New Suzuki Ertiga GX 2018 ini semakin terasa mewah. Interiornya kini dibalut dengan wood panel pada sebagian besar dashboard-nya. Panel kayu ini menguatkan kesan mewah dan elegan pada mobil ini. Asyiknya, panel kayu dari dashbord tersebut diteruskan hingga ke panel pintu menjadi seakan menyatu.

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Setir

Yang tidak kalah oke adalah ubahan pada setirnya, desain setirnya sekarang lebih sporty karena berdesain flat bottom. Saat ini setir dibungkus oleh kulit sintetis yang nyaman digenggam, hanya saja kami berharap sekali kulit sintetisnya tidak lekas menguning jika mobil digunakan dalam waktu lama. Bahkan salah satu tester Cintamobil.com yang mengetes langsung mobil ini pernah mengalami hal tersebut pada Suzuki Ertiga lamanya yang sudah dijual. Semoga tidak terulang.

Gambar bagian Setir All New Suzuki Ertiga GX 2018

Setir All New Suzuki Ertiga GX 2018 hadir dengan desain flat-bottom

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Layar touchscreen

Untuk sektor hiburan, kini All New Suzuki Ertiga GX 2018 bersenjata semakin lengkap. Karena dibekali head unit berlabel Kenwood yang memiliki lebar layar 6,8 inci dan dilengkapi dengan fitur koneksi bluetooth yang dapat disambungkan ke handphone Anda. Bandingkan dengan Ertiga lama yang tanpa layar.

Memang, harus diakui head unit ini belum se-advance Ertiga Dreza yang punya lebar layar 9 inchi, voice command, perangkat navigasi dan resolusi 1280 x 720 pixel yang sangat jernih. Tapi head unit pada All New Ertiga GX 2018 ini rasanya sudah cukup. Memang ada beberapa downgrade, seperti absennya twetter depan dan suara audionya terasa kurang nendang. Namun dibalik itu semua, jika melihat overall desain interior Ertiga terbaru ini, terasa sudah cukup pas.

 Gambar layar touchscreen All New Suzuki Ertiga GX 2018

Layar touchscreen pada All New Suzuki Ertiga GX 2018

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Suzuki Ertiga 2018

Kenop AC All New Suzuki Ertiga GX 2018

Kenop pengatur AC All New Ertiga GX 2018 yang fungsional

Beralih ke sektor fitur, jika Anda adalah mantan pemilik Ertiga lama, mungkin Anda akan sedikit kecewa. Karena ada beberapa kelengkapan bawaan dari Ertiga lama yang tidak dimasukkan ke All New Ertiga GX 2018 ini. Ambil contoh, kini pengaturan kenop AC nya hanya tersedia dua arah semburan angin, dari yang sebelumnya ada 5 arah semburan. Lalu tidak tersedianya peninggi seat belt. Tapi jangan khawatir, All New Ertiga GX 2018 bersenjata makin lengkap, karena sebagai gantinya untuk varian GX sudah dilengkapi dengan seat height adjuster alias pengaturan tinggi tempat duduk.

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Power outlet

Jika Anda adalah maniak gadget atau orang yang hidupnya tidak bisa terlepas dari smartphone, tablet, dan sebagainya Anda tidak perlu khawatir. Sebab di bagian depan dan belakang pada All New Ertiga GX 2018 ini power outlet 12 volt yang siap mengisi ulang daya gadget Anda. Penempatannya juga rapi dan tertutup oleh cover.

power outlet USB dan 12V milik All New Suzuki Ertiga GX 2018

Tidak perlu khawatir kehabisa baterai, power outlet selalu siap sedia di All New Ertiga GX 2018

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Cup holder berpendingin

Enggak hanya sampai disitu, khusus untuk varian tertinggi ini, juga dilengkapi dengan ventilasi AC pada cup holdernya, sehingga minuman Anda bisa selalu tetap dingin. Asyik kan?

  • Review All New Suzuki Ertiga 2018: Fitur keselamatan 

Fitur-fitur keselamatan Suzuki Ertiga GX 2018 dapat dilihat selengkapnya pada gambar di bawah ini:

gambar lengkap fitur safety All New Suzuki Ertiga GX 2018

Fitur-fitur keselamatan All New Suzuki Ertiga GX 2018

>>> Ayo lihatlah diskon terbesar mobil Suzuki baru dengan klik sini

OPERASI Suzuki Ertiga 2018

Mesin Suzuki K15 terdapat di All New Suzuki Ertiga GX 2018

Mesin berkode K15 di All New Ertiga GX 2018

Oke cukup bercerita mengenai eksterior, interior, serta fiturnya. Kini saatnya tester dari Cintamobil.com melompat ke balik kemudi. Pertama kali kami menyalakan mesinnya via sentuhan ringan di tombol push start/stop button, kami langsung merasa terkesima. Pasalnya getaran mesin K15 terbaru ini lebih halus serta hening bila dibandingkan dengan K14 yang ada di bonnet Ertiga lama. Kami semakin yakin bila All New Ertiga GX 2018 ini bersenjata semakin lengkap. Unit yang kami coba ini bertransmisi otomatis dan merupakan tipe tertinggi. Begitu pintu ditutup kami lebih takjub lagi, karena peredaman kabinnya menurut kami extraordinary. Nyaris semua suara dapat diredam dengan baik.

Setelah posisi tuas transmisi kami geser di D, kami pun mulai berjalan. Tenaga dari mesin K15 ini terasa lebih mengalun apabila dibandingkan dengan K14 di Ertiga lawas. Disinyalir di setting seperti itu agar hemat bahan bakar, kami berkeliling sekitar 40 menit dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam, kami mendapat konsumsi bahan bakar 1 liter untuk 14,2 km/l. Cukup irit untuk konsumsi bahan bakar dalam kota. Namun, bukan hal itu saja yang bikin kami takjub. Manuver All New Ertiga GX 2018 ini juga semakin baik berkat penerapan teknologi sasis HEARTECT yang lebih rigid namun juga lebih ringan.

>>> Mari klik sini untuk lihat harga mobil Suzuki Ciaz di pasar otomotif Indonesia

spesifikasi Suzuki Ertiga 2018

Untuk singkatan review All New Suzuki Ertiga 2018, cintamobil.com hendak sampaikan spesifikasi lengkap dari All New Suzuki Ertiga 2018

Dimensi/ Ukuran All New Suzuki Ertiga GX 2018

P x L x T

4.395 x 1.735 x 1.690 mm

Wheelbase

2.740 mm

Ground Clearance

180 mm

Mesin All New Suzuki Ertiga GX 2018

Jenis

K15 B, DOHC, VVT

Isi silinder

1.462 cc

Diameter x langkah

74,0 mm x 85,0 mm

Daya maksimum

104,7 PS @ 6000 rpm

Torsi maksimum

138 Nm @ 4400 rpm

Rangka All New Suzuki Ertiga GX 2018

Transmisi

Automatic Gearbox

Suspensi depan

McPherson strut with Coil Spring

Suspensi belakang

Torsion Beam with Coil Spring

Rem depan

Disc Vent

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

185/65-R15

kelebihan & kekurangan Suzuki Ertiga 2018

Berikut kelebihan dan kekurangan All New Suzuki Ertiga GX 2018.

Kelebihan

Kekurangan

Dasbor berkesan Mewah

Ada fitur berkurang dari Ertiga lama

Dimensi makin bongsor jadi makin luas

Desain bukan selera semua orang

Irit bahan bakar

Belum ada varian Diesel yang superior itu

>>> Mari simak kelebihan dan kekurangan mobil Suzuki lainnya dengan klik sini

daftar harga Suzuki Ertiga 2018

Sebelum say goodbye, cintamobil.com sampaikan harga All New Suzuki Ertiga GX 2018 dulu. 

Tipe mobil

Harga All New Suzuki Ertiga GX 2018

Suzuki All New Ertiga GX A/T

Rp 233.500.000

>>> Langsung cek kembali harga mobil Suzuki dalam kondisi bekas di sini

 

Video Suzuki Ertiga 2018

 Simak video berikut dirilis Suzuki Indonesia mengenai All New Suzuki Ertiga GX 2018.

KESIMPULAN Suzuki Ertiga 2018

Apakah mobil ini pas buat Anda? Jika Anda menginginkan mobil yang halus, hening ini adalah jawabannya. Kami lebih memfavoritkan mobil ini jika terdapat varian dieselnya. Karena, pengalaman kami mencoba Ertiga diesel merupakan Ertiga yang paling pas dan paling layak untuk dimiliki, meski di Indonesia maupun di India sana hanya tersedia transmisi manual 5 percepatan. Apakah akan mampu menantang Mitsubishi Xpander yang saat ini sedang menjadi favorit? Kita tunggu saja.

>>> Klik sini untuk pilih dan cari mobil impian Anda

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Komentar

Sisa 1000 karakter

1 Komentar dari pembaca

  • Eko Haryono

    model ok, nyaman, kedap, tenaga nambah, sparepart murah & harga murah. nikmat mana lagi yg kau dustakan ?

    Suka Balas

REVIEW LAIN

  • Review Suzuki Ertiga GL 2018

    Selain duet Avanza Xenia, masih ada pesaing yang menempel ketat, yaitu Suzuki Ertiga. Suzuki Ertiga mampu menjadi ...

    MPV User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Suzuki Ertiga 2018

    Suzuki Ertiga merupakan salah satu MPV yang sangat laris di Indonesia. Hingga Februari 2018 Suzuki Ertiga mampu mencatatkan ...

    MPV User rate: 4,5 Editor rate: 4,0
  • Spesifikasi Suzuki Ertiga Diesel Hybrid 2017 Indonesia

    Setelah sukses dengan versi bensin yang mulai dipasarkan pada tahun 2016 silam, kali ini Suzuki memperkenalkan Suzuki Ertiga ...

    MPV User rate: 3,5 Editor rate: 4,1

Cari review mobil

Review mobil populer