Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019, Performa Serupa Namun Lebih Murah Rp 40 Juta

21/06/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,8
Setelah mengulas tipe tertinggi dari All New Honda CR-V 1.5L Turbo yaitu Prestige, kini kami mendapat kesempatan istimewa untuk mengetes langsung dengan jarak yang panjang tipe menengah dari Al New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Inilah review dan test drive kami terhadap mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

PENGANTAR Honda CR-V 2019

Gambar sebuah Mobil All New Honda CR-V Turbo 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Tipe menengah ini ditawarkan dengan harga lebih murah Rp 40 juta dari tipe tertinggi

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 - Kalau boleh jujur, saya selaku penulis artikel ini menyukai mobil dengan jenis SUV. Dari sekian banyak SUV yang beredar di Indonesia salah satu yang mencuri perhatian saya adalah All New Honda CR-V, sayangnya harga yang ditawarkan untuk tipe tertinggi dari Honda CR-V turbo ini melewati angka psikologis Rp 500 juta. Saya pun berdiskusi dengan family untuk meminang sebuah All New Honda CR-V tipe menengah tanpa embel-embel Prestige menggantikan SUV lain di rumah.

Gambar menujukkan turbocharger di All New Honda CR-V Turbo

Sistem induksi udara paksa alias turbo menjadi menu utama dapur pacu All New Honda CR-V 

Saya pribadi penasaran, bagaimana mesin berkode L15B berkapasitas 1500 cc yang kompak itu mampu menghela bodi besar All New Honda CR-V yang enggak bisa dibilang ringan. Pun begitu dengan tenaga dan torsi yang mampu dihasilkan oleh mobil ini yang mencapai 190 Ps dan 240 Nm. Tentu, figur itu membuat saya dan keluarga semakin penasaran dengan SUV andalan Honda ini. Inilah bahasan kami mengenai review dan test drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

EKSTERIOR Honda CR-V 2019

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Tampilan Depan

Gambar sebuah mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Bahasa desain Solid Wing Face khas Honda begitu kentara pada tampilan depan mobil ini

Tampilan depan dari mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo berwarna crystal black pearl ini begitu berkarisma. Grill depan yang desainnya seolah menyatu ke headlamp depan membuat bahasa desain solid wing face khas Honda begitu kentara pada mobil ini. Sayangnya, harga yang lebih murah Rp 40 juta dari tipe tertinggi membuat kami harus rela menerima mobil ini dengan headlamp yang belum dilengkapi teknologi LED, meski demikian pancaran cahayanya patut diacungi jempol.

Gambar menujukkan Lampu depan mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Harga yang lebih murah Rp 40 juta membuat kami harus rela tidak mendapatkan fitur headlamp LED

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Tampilan Samping

Gambar sebuah mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi samping

Salah satu hal yang kami suka dari Honda dalam mendesain mobil ini adalah mereka tak melupakan ciri khasnya

Beralih ke tampilan samping mobil ini, salah satu hal yang kami suka dari desainer Honda dalam merancang mobil ini adalah, mereka tidak serta merta melupakan ciri khas CR-V lawas. Desainnya tetap gagah sekaligus terlihat cantik. Kami menyukai setiap lekuk tubuh mobil ini, namun bukan berarti ia hadir tanpa kekurangan. Menurut kami, desain pelek dari Honda All New CR-V tipe menengah ini kurang menarik, meski desainnya aerodinamis dan mampu membuang udara di balik pelek.

Gambar menujukkan Ban dan pelek mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Desain pelek pada All New Honda CR-V tipe menengah ini kurang menggugah

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Tampilan Belakang

Gambar sebuah mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 berwarna hitam dilihat dari sisi belakang

Tampilan belakang dari All New Honda CR-V 1.5L Turbo ini begitu proporsional dan enak dilihat

Kami enggak asal bicara, tampilan belakang dari mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo yang kami tes ini begitu enak dilihat dan proporsional. Pertama, lekuk-lekuk mobil ini seakan mampu menyembunyikan dimensi bongsornya. Kedua, ada knalpot ganda yang membuat tampilan eksterior belakang mobil ini menjadi lebih sporti. Ketiga, desain bumper belakangnya apik dan berkesan mobil ini memang harganya mahal.

Gambar menunjukkan Lampu belakang mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Karakter khas Honda CR-V tetap dipertahankan pada CR-V generasi kelima ini

Apalagi karakter khas Honda CR-V dari generasi pertama tetap dipertahankan pada CR-V generasi kelima ini. Yaitu, desain stoplamp belakang yang menempel pada pilar C. Namun, tak ada gading yang tidak retak, mobil ini juga punya kekurangan di sisi eksterior belakangnya, yaitu tidak semua bohlam pada mobil ini sudah mengusung jenis LED. Hal tersebut seakan mengurangi aura canggih dari mobil yang harga beli barunya tidak murah ini.

Gambar menunjukkan Emblem VTEC Turbo di All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Emblem VTEC TURBO seakan menjelaskan performa tinggi mobil ini

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Honda CR-V 2019

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Layout Dasbor

Gambar menunjukkan desain Layout dasbor di All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Desain layout dasbornya bagus, dan kualitas buatannya solid jadi nilai tambah pembeli CR-V

Masuk interior mobil ini, Anda akan disambut dengan desain layout dasbor apik All New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Belum lagi kualitas buatannya juga solid dan banyak material empuk, ini akan menjadi nilai tambah bagi para pembeli Honda CR-V generasi kelima ini. Komplain kami hanya satu sebagai pemilik mobil, yaitu desain head unit yang jadi bawaan mobil ini yang tampilannya enggak banget. Please Honda jangan pelit-pelit pasang head unit terintegrasi.

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Setir yang terpasang pada mobil All New Honda CR-V turbo ini nyaman digenggam dan jadi salah satu setir terbaik mobil Honda

Selain layout dasbor, setir yang terpasang pada mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini juga salah satu hal positif yang akan Anda temui pada interior mobil ini. Menurut kami, ini merupakan salah satu desain setir terbaik mobil keluaran Honda di Indonesia saat ini. Setir dengan desain serupa juga akan Anda temui di All New Honda Civic Turbo. Selain ia nyaman untuk digenggam, bentuknya juga tidak membosankan dan diameter lingkar kemudi ini juga pas.

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Bagasi

Gambar ruang Bagasi pada mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Akomodasi adalah hal yang jadi keunggulan Honda CR-V sejak dulu, dan pada generasi ini bukan pengecualian

Salah satu senjata utama Honda CR-V sejak pertama kali muncul di Indonesia adalah akomodasi. Meski bentuknya tinggi dan macho dahulu kala, namun akomodasi mobil ini terkenal baik. Dan pada All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini bukanlah suatu pengecualian. Ruang bagasinya luas, bahkan kami lebih terasa memiliki sebuah MPV dibandingkan SUV. Hal ini lantaran begitu baiknya akomodasi yang disuguhkan oleh mobil ini.

>>> Baca juga:

FITUR Honda CR-V 2019

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Tombol Audio Di Setir

Gambar menunjukkan tombol audio di setir All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Tak perlu ribet-ribet mengatur source musik maupun membesarkan atau mengecilkan volume musik

Dengan adannya fitur pengatur tombol audio pada setir di spoke kiri mobil ini, Anda tak perlu ribet-ribet saat hendak mengatur source musik maupun melakukan penyesuaian volume musik. Sayangnya, kami sangat kecewa pada head unit yang terpasang pada mobil ini. Bukan hanya karena desainnya yang tidak menarik lagi kurang mewah, saat digunakan di jalan, terkadang head unit ini suka restart sendiri dan mati total, baru ketika mesin dinyalakan ulang baru normal kembali.

Gambar bagian Head Unit Di All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Sayangnya kami sungguh kecewa dengan kualitas head unit di mobil ini

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Push Start Stop Engine Button

Gambar menunjukkan fitur Push Start Stop Engine Button All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Fitur push start stop engine button semakin memudahkan hidup Anda

Hidup Anda seolah semakin mudah dengan adanya fitur push start stop engine button pada All New Honda CR-V 1.5L Turbo ini. Adanya fitur ini membuat Anda hanya perlu mengantungi kunci ketika hendak keluar masuk mobil tanpa sedikitpun menekan tombol di remote kuncinya. Anda hanya perlu menekan ujung gagang pintu ketika hendak mengunci, dan menggegam gagang pintu ketika hendak membuka kunci dan masuk ke mobil. Ingin menyalakan mobil? Tinggal tekan tombol.  

Review Dan Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan fitur Modul ABS di mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Sebagai SUV medium, Anda tidak perlu khawatir dengan fitur keselamatan yang ada di mobil ini

All New Honda CR-V 1.5 L Turbo VTEC ini dilengkapi fitur keselamatan aktif seperti Vehicle Stability Assist™ (VSA®) with traction control yang mampu menjaga laju mobil tetap pada jalurnya saat menikung di kecepatan tingggi. Lantas fitur Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist yang mampu menjaga ban agar tidak kehilangan traksi saat melakukan pengereman mendadak serta memperpendek jarak pengereman. Dan juga fitur keselamatan pasif sudah tersedia sepertu airbag depan dan samping untuk pengemudi dan penumpang depan, dan side-curtain airbags dengan rollover sensor. Maka tak heran, dari hasil pengetesan lembaga ASEAN NCAP mobil ini dapat rating 5 bintang.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-V 2017

OPERASI Honda CR-V 2019

Gambar menunjukkan Mesin L15B di mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Mesin L15B yang digendong mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo ini memiliki performa yang mengesankan tester kami

Jika Anda mencari SUV medium 7 penumpang dengan kombinasi performa memadai dan konsumsi BBM yang irit, maka Anda tidak boleh memalingkan pilihan Anda ke mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini. Karena, berkat teknologi VTEC TURBO yang diusung oleh unit berkode L15B ini, membuat mobil berjenis SUV ini begitu asyik saat dikendarai. Transmisi CVT dengan teknologi Earth Dreams-nya juga tidak terlalu terasa menghambat performa mobil ini.

Gambar menunjukkan mesin turbocharger pada mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Sistem turbocharger di mobil ini mulai spooling pada putaran mesin 2.000 rpm

Hal ini dikarenakan sistem turbocharger yang terpasang di mesin mobil ini diset sudah mulai bekerja (spooling) pada putaran mesin serendah 2,000 rpm. Memang, belum serendah mobil dengan mesin diesel yang dapat bermain antara 1,700 hingga 1,900 rpm. Namun, berkat setup sempurna antara mesin dengan transmisi di mobil ini, mampu membuat All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini mampu melaju dengan minim effort.

Gambar menunjukkan bagian Mengemudikan Mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Cruising dengan kecepatan tinggi dengan mobil ini sangat nikmat dan tidak melelahkan

Mesin dengan teknologi tinggi tidak melulu manja dan mewajibkan pemilik menggunakan BBM berkualitas istimewa. Di suatu perjalanan dari Yogyakarta ke Malang pada mudik lebaran lalu, kami sempat mengisi BBM jenis Premium ke tangki mobil ini. Hal ini dilakukan lantaran BBM dengan oktan yang sesuai dengan rekomendasi mobil ini habis sementara lampu peringatan BBM di mobil kami ini sudah mulai menyala. Memang ada sedikit penurunan performa, namun masih masuk batas wajar.

Gambar menunjukkan desain bagian Ban All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019

Meski berkarakter empuk, namun grip ban Dunlop SP Sport Maxx 050 ini cukup oke

Sayangnya, meski getaran dan suara mesin teredam sangat baik, namun road noise terutama suara ban masih menyelinap ke dalam kabin. Suspensi mobil ini juga layak diacungi jempol, di jalan bebas hambatan kami sempat melaju hingga 195 km/jam dan suspensi pada All New Honda CR-V 1.5L Turbo ini mampu memberikan rasa percaya diri saat melaju dengan kecepatan setinggi itu dengan bobot penuh khas mudik.

>>> Review New Honda BR-V 2019: LSUV Modis Honda yang Dibuat Lebih Elegan

spesifikasi Honda CR-V 2019

Berikut ini adalah spesifikasi All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019.

Mesin All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019  
 Seri mesin   L15B 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
 Pasokan Bahan Bakar  Direct Injection
 Rasio Kompresi  10,3 : 1
 Tenaga Maksimum  188 Hp (190 Ps) @ 5,600 rpm
 Torsi Maksimum  240 Nm @ 2,000 - 5,000 rpm
 Kapasitas Silinder  1,788 cc
 Bore X Stroke  73,0 mm X 89,5 mm
 Tipe Transmisi  CVT berteknologi Earth Dreams, Penggerak Roda Depan
  Rangka All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019
  Panjang X Lebar X Tinggi  4,584 mm X 1.855 mm X 1,679 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,660 mm
 Jarak Terendah Ke Tanah 190 mm
Track Roda Depan & Belakang  1,598 mm & 1,613 mm
 Kapasitas Tangki   47 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Multi Link
Sistem Kemudi  Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc Brake & Solid Disc Brake
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, EBD, Brake Override System
Teknologi Safety Sasis  G-CON + ACE™, Side Impact Beam
Struktur Sasis  Monokok, C-Segment
 Pelek  Alloy, 18 inch
Jenis Ban Dunlop Sport Maxx 050, 235/60 R18

kelebihan & kekurangan Honda CR-V 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 ini.

 Kelebihan  Kekurangan
 Performa & Kehematan Memukau  Harga Tertinggi Di Kelasnya
 Handling Baik  Belum Dilengkapi Dengan Sunroof
 Fitur Lengkap  Tidak Ada Pilihan Mode Berkendara

daftar harga Honda CR-V 2019

Indonesia merasakan generasi kelima dari Honda CR-V pada bulan Juni 2017 lalu. Terdapat banyak perubahan pada model kebanggaan Honda satu ini. Mulai dari performa mesin yang sudah menawarkan tenaga Turbo serta tersedianya pilihan kapasitas penumpang sesuai kebutuhan Anda. Berikut tersedia daftar harga Honda CR-V terbaru 2019 di keseluruhan variannya.

 TIPE MOBIL  HARGA HONDA CR-V BARU (OTR)
 Honda All New CR-V 2.0 L CVT  IDR. 444.500.000
 Honda All New CR-V 1.5 L Turbo  IDR. 478.500.000
 Honda All New CR-V 1.5 L Turbo Prestige  IDR. 518.500.000

*Harga per bulan Juni 2019

>>> Updatelah informasi tentang promo mobil Honda CR-V di sini

Video Honda CR-V 2019

KESIMPULAN Honda CR-V 2019

Gambar sebuah Mobil All New Honda CR-V 1.5L Turbo 2019 berwarna hitam dengan cap terbuka

Performa baik, irit BBM, lantas apakah ia pantas untuk dimiliki?

Yes! Tentu saja ia pantas untuk dimiliiki, apalagi dengan harga lebih murah Rp 40 juta bila dibandingkan dengan tipe tertingginya. Meski, Anda harus merelakan mobil ini tidak dilengkapi dengan sunroof, automatic power tailgate (pintu bagasi otomatis), headlamp dengan bohlam LED, airbags tidak sebanyak 6 buah seperti di tipe termewah dan desain pelek yang tidak semenarik All New Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil