Review Daihatsu Sirion 2019 Malaysia

30/11/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Hanya di Cintamobil.com, kami mendapatkan kesempatan istimewa mengetes mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia. Berikut ini kami persembahkan review Daihatsu Sirion Malaysian Domestic Market atau di Malaysia akrab disapa dengan Perodua Myvi 1.5L AV 2019

PENGANTAR Daihatsu Sirion 2019

Review Daihatsu Sirion 2019 - Negeri Jiran sangat bangga dan menyukai mobil ini, bahkan dari generasi awalnya mobil ini sudah sangat disayangi oleh rakyat Malaysia. Bukan hanya karena kompak, dan irit, namun juga bentuknya yang stylish membuat mobil ini makin dicintai. Kami mendapatkan kesempatan istimewa untuk mengetes mobil ini. Tentu saja kesempatan langka ini tidak akan kami sia-siakan, kapan lagi bisa mengemudikan mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia?

Gambar mobil Daihatsu Sirion Malaysia atau Perodua Myvi 1.5 AV 2019

Sepintas sama dengan Daihatsu Sirion yang dijual di tanah air, namun banyak detail pembeda pada Perodua Myvi ini

Di Indonesia sendiri sebenarnya mobil ini dijual oleh PT. Astra Daihatsu Motor. Mobil ini di tanah air diberi nama Daihatsu Sirion, Sirion dilengkapi dengan mesin 1NR-VE dengan kapasitas bersih 1,329 cc dengan teknologi katup variabel Dual VVT-i. Berbeda dengan Daihatsu Sirion Malaysia Domestic Market atau Perodua Myvi, yang dilengkapi jantung pacu lebih besar. Unit berkapasitas 1,496 cc dengan kode mesin 2NR-VE tersemat dibalik kap mesin mobil berkelir merah yang kami tes ini.

Gambar mobil Daihatsu Sirion Malaysia atau Perodua Myvi 1.5 AV 2019 berwarna merah dilihat dari sisi belakang

Mobil ini kompak, irit bahan bakar, lega, dan stylish tak heran mobil ini jadi 'Avanza Xenia'-nya Malaysia

Lalu bagaimana dengan hasil impresi, test drive, dan juga pendapat kami secara keseluruhan mengenai mobil Daihatsu Sirion Domestic Market atau Perodua Myvi 1.5 AV AT 2019 ini? Simak terus ulasan dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Daihatsu Sirion 2019

Bagi Anda yang sudah terbiasa membaca hasil review dari Tim Cintamobil.com, pasti sudah sangat akrab dengan gaya ulasan eksteriornya. Anda akan kami ajak mengitari mobil hingga 360 derajat. Metode ini mungkin membosankan bagi Anda, namun cara ini kami nilai sangat efektif untuk Anda, agar dapat mengenal secara utuh mobil yang sedang kami ulas, mulai dari depan, samping, dan juga belakang. Berikut ini ulasan kami mengenai bagian eskteriornya.

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Tampilan Depan

Tampak depan mobil Daihatsu Sirion Malaysia 2019

Tampak depan Daihatsu Sirionnya Malaysia ini lebih sporti dari versi Indonesia

Kalau Anda bukan seorang car enthusiast, Anda akan sedikit kesulitan membedakan secara detail Sirion versi Malaysia dengan versi Indonesia. Kita tidak perlu bahas persamaannya, langsung saja pada perbedaannya. Pada Daihatsu Sirion versi Indonesia, tidak akan Anda temui aero kit depan berwarna piano black, lalu logo depan yang digunakan juga jelas berbeda, versi Indonesia tidak akan Anda temui logo depan khas Perodua. Lalu jika Anda melihat ke kaca depan, bagian atasnya dilengkapi dengan sensor wiper dan sensor lampu depan. Jelas fitur tersebut tidak ada di Indonesia.

Tampak Sensor wiper dan sensor cahaya pada Daihatsu Sirion Malaysia 2019

Inilah sensor wiper dan sensor cahaya yang menjadi pembeda antara Sirion 'lokal' dengan Sirion Malaysia

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Tampilan Samping

Tampak samping sebuah Daihatsu Sirion Malaysia 2019 berwarna merah

Tampilan samping tak ubahnya Sirion versi lokal, namun tetap ada sedikit pembeda 

Beralih ke bagian samping, yang pertama terlihat sebagai pembeda adalah tidak akan ditemukannya side skirt dengan kombinasi warna piano black dengan warna bodi mobil yakni merah. Lalu tidak tersedianya logo Dual VVT-i pada sepatbor depan mobil. Ukuran pelek memang sama dengan versi Indonesia, bedanya ban yang digunakan oleh Daihatsu Sirion Malaysia Domestic Market atau Perodua Myvi ini adalah ban high performance Bridgestone Potenza RE040. Image mobil sporty nan berkelas pun semakin terdongkrak.

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan Tampilan belakang Daihatsu Sirion Malaysia / Perodua Myvi 2019

Lagi-lagi beberapa detail membedakan antara varian 'lokal' dengan 'Malaysia'

Lagi-lagi sepintas tidak ada perbedaan yang berarti antara rasa lokal dengan rasa interlokal, maksudnya Sirion versi Malaysia dengan Sirion versi Indonesia. Namun, ternyata pada bagian belakang ini cukup banyak pembedanya. Yang pertama adalah emblem, dipintu belakang tertulis Myvi AV, disebelah kirinya tertulis Eco Idle System. Yang mengesankan kami adalah, adanya kamera parkir dengan dudukan yang rapi disamping logo Perodua dan tuas elektrik pembuka pintu belakang. Pembeda ini membuat Daihatsu Sirion Malaysia Domestic Market / Perodua Myvi semakin kece dijalan.

Gambar Logo Myvi AV 2019 berwarna merah

Logo Myvi AV yang menandakan Sirion versi Malaysia / Perodua Myvi ini adalah varian tertinggi

Gambar menunjukkan kamera belakang Perodua Myvi 2019

Ini dia dudukan kamera belakang pada Perodua Myvi 2019 yang kami tes

Gambar stiker Malaysia domestic market dilihat dari sisi belakang

Uniknya terdapat stiker dengan huruf kanji Jepang pada mobil ini, karena mobil ini juga diekspor ke Jepang

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Sirion 2019

Tidak hanya bagian eksterior saja yang banyak pembeda. Bagian interior pun tidak kalah, dan inilah beberapa fitur pembeda yang tidak akan Anda temukan di Daihatsu Sirion yang dijual di Indonesia.

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Jok Kulit Kombinasi

Gambar jok kulit Daihatsu Sirion Malaysia 2019 

Aura mewah dan juga sporti langsung terpancar begitu Anda membuka pintu, jahitan merah pada jok kulit sangat menyiratkan hal itu

Jok kulit beserta jahitan kombinasi warna merah juga menambah aura mewah sekaligus sporti. Yang menyenangkan adalah, aura mewah dan sporti ini langsung terpancar begitu Anda membuka pintu mobil. Jahitan asli pada jok kulit menggunakan warna merah, seolah menyiratkan hal tersebut. Jok ini juga cukup nyaman menopang tubuh, serta modelnya yang semi bucket membuat tubuh tersangga dengan sempurna saat mobil bermanuver ke kanan maupun ke kiri secara ekstrim. Apalagi seluruh pengaturan bangku ini j lengkap, meski semua masih dioperasikan secara manual.

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Setir Kulit dan Logo Perodua

Setir dan logo Perodua Myvi 2019

Setir berlapis kulit dengan jahitan benang berwarna putih nampak elegan, namun juga mantab dan nyaman untuk digenggam tangan

Berbeda dengan Sirion yang dijual di Indonesia, Sirion versi Malaysia ini dibalut dengan kulit khusus sehingga nyaman untuk digenggam namun juga tidak licin. Agak beda dengan varian lokal yang bahannya licin. Meski keseluruhan tombol pada kemudi mobil ini sama dengan yang dijual di negara kita, namun logo Perodua seolah membuat mobil ini tampil secara eksklusif ketika dikendarai di Indonesia. Pengaturan setirnya juga sama dengan Sirion Indonesia, yaitu hanya bisa naik dan turun, belum tersedia pengaturan teleskopik.

Review Daihatsu Sirion Malaysia 2019 : Head Unit Dengan GPS System

Gambar Head Unit Ber Navigasi di Daihatsu Sirion Malaysia 2019

Head unit yang terpasang pada Sirion versi Malaysia ini super lengkap

Perbedaan juga terjadi pada head unit yang digunakan antara varian lokal dengan interlokal. Memang sama-sama masih menggunakan head unit layar sentuh yang sistem operasinya bawaan dari head unit yang dipakai. Namun, untuk Daihatsu Sirion Malaysia Domestic Market / Perodua Myvi, sudah menggunakan head unit yang super lengkap. Nyaris semua koneksi dapat diputar oleh head unit ini, bahkan fungsi GPS dengan peta lokal Indonesia juga tersedia. Amat disayangkan, mengapa PT Astra Daihatsu Motor tidak sekalian melengkapi head unit yang super lengkap seperti pada Sirion lokal jualan mereka.

>>> Mungkin anda juga tertarik:

FITUR Daihatsu Sirion 2019

Gambar susunan tombol di Sirion Malaysia 2019

Deretan tombol ini adalah hanya sebagian yang menunjukkan banyaknya fitur yang disuguhkan oleh Daihatsu Malaysia

Fitur juga jauh berbeda antara Sirion versi Indonesia dengan Sirion versi Malaysia / Perodua Myvi. Daihatsu Sirion versi Malaysia mendapatkan banyak sekali fitur safety yang tidak akan Anda dapatkan di sirion lokal. Antara lain Sirion versi Malaysia dilengkapi dengan 6 buah Airbag, Pengaturan ISOFIX, dan juga peranti Automatic City Brake, yang memungkinkan sistem pengeraman mobil melakukan intervensi atas pengereman jika pengemudi lalai. Belum lagi fitur built in card reader yang berfungsi membaca e-toll card Anda ketika hendak masuk jalan bebas hambatan. Luar biasa banyak fitur yang disuguhkan oleh Sirion aseli Malaysia ini, kami memprediksi jika segala fitur tersebut dimasukkan pada Sirion yang dijual di Indonesia, maka harganya akan meningkat berkali-kali lipat dari Sirion yang dijual sekarang ini di Indonesia.

>>> Bersama Komunitas Mobil, Daihatsu Jelaskan Tiga Teknik Pengereman Mobil

OPERASI Daihatsu Sirion 2019

 

Gambar bagian Mesin 2NR-VE pada Daihatsu Sirion Malaysia

Penggunaan mesin yang lebih besar kapasitasnya membuat power to weight rationya lebih baik

Salah satu bagian yang istimewa dari Daihatsu Sirion versi Malaysia adalah dapur pacunya. Memang tersedia juga yang menggunakan mesin 1300 cc dengan kode mesin 1NR-VE yang terkenal halus karena didevelop untuk mesin dengan penggerak roda depan. Namun yang kami tes ini adalah varian top of the line-nya, yaitu Perodua Myvi 1.5 AV AT 2019. Mobil ini menggunakan mesin berkode 2NR-VE berkapasitas 1500 cc. Impresi kami saat pertama kali menyalakan mesin ini adalah mesinnya sangat halus, sama dengan Toyota Avanza yang menggunakan mesin ini. Bedanya, ketika kami coba jalankan, akselerasi mobil ini terasa ringan, dan seolah tidak memerlukan effort yang banyak untuk membuat mobil melaju. Maklum saja, bobot mobil ini hanya 1.015 kilogram. Mesin berkapasitas lebih besar, lebih bertenaga dipadu dengan bobot mobil yang ringan akan menghasilkan power to weight ratio yang baik. Handlingnya juga sama baiknya dengan varian bermesin 1300 cc.

>>> Super Canggih, Mobil Kepolisian Dubai Dilengkapi Pemindai Wajah dan Plat Nomor

spesifikasi Daihatsu Sirion 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Daihatsu Sirion Malaysia / Perodua Myvi 2019.

Mesin Daihatsu Sirion Myvi / Perodua Myvi 1.5 AV AT 2019

Seri mesin

2NR-VE DOHC, Dual VVT-i

Bahan Bakar

Bensin

Tenaga Maksimum

102 Hp @ 6,000 rpm

Torsi Maksimum

142 Nm @ 4200 rpm

Kapasitas Silinder

1.496 cc

Klaim Konsumsi BBM

20,1 km/l (with eco driving)

Transmisi Tipe

4 Percepatan Otomatis

Rangka Daihatsu Sirion Myvi / Perodua Myvi 1.5 AV AT 2019

Panjang Keseluruhan

3.895 mm

Lebar Keseluruhan

1.795 mm

Tinggi Keseluruhan

1.515 mm

Jarak Poros Roda

2.500 mm

Kapasitas Tangki

36 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Daihatsu Sirion Myvi / Perodua Myvi 1.5 AV AT 2019

Ban

Bridgestone Potenza RE040

Jenis Pelek

Machining Alloy Wheel

Ukuran Ban

185/55 R15

kelebihan & kekurangan Daihatsu Sirion 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Myvi. Sebagai merek baru, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Cintamobil.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sirion Malaysia 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Power To Weight Ratio Baik

Tidak Masuk Indonesia

Fitur Terlengkap Dikelasnya

Tidak Dijual Indonesia

Harga Jual Di Malaysia Sangat Masuk Akal

 

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Daihatsu lainnya dengan klik sini

daftar harga Daihatsu Sirion 2019

Jika Daihatsu Sirion di Indonesia dijual dengan harga Rp 200 juta, maka kami prediksi dengan segala kelengkapan yang ada dimasukkan, maka harganya akan lebih mahal Rp 80 juta.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya dengan klik sini

Video Daihatsu Sirion 2019

KESIMPULAN Daihatsu Sirion 2019

Tampak kesimpulan Daihatsu Sirion Malaysia 2019

Andai mobil ini dijual di Indonesia, mobil ini sangat layak untuk Anda miliki

So, this is car for you? Singkat saja, Andai mobil ini dijual di Indonesia, kami sangat menyarankan Anda untuk membawa pulang mobil ini ke garasi Anda.

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil lainnya dengan klik sini

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil