Review Daihatsu Sirion 2015: Hatchback Paling Sporty Di Kelasnya

10/01/2019
editor rate: 3,8 user rate: 3,9
Dari lini Hatchback, Daihatsu memiliki dua model Line-Up yakni Ayla yang dibanderol mulai Rp. 90 jutaan dan Sirion dengan harga mulai Rp. 180 jutaan. Jika Anda menginginkan performa dan fitur mumpuni lebih daripada Ayla, Sirion bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik dari kami. Ada beberapa keunggulan menarik yang ditawarkan oleh mobil satu ini. Kira-kira apa ya? Mari kita cari tahu bersama dalam review Daihatsu Sirion 2015.

PENGANTAR Daihatsu Sirion 2015

Review Daihatsu Sirion 2015 - PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) sudah merilis Sirion di Indonesia sejak tahun 2007 silam. Produk Sirion Indonesia nyatanya masih diimpor dari negara tetangga yakni Malaysia, menggunakan basis serupa dengan Perodua Myvi. Performanya sendiri sudah terbilang cukup mumpuni dengan mesin 1.3 Liter berkode K3-VE VVT-i. Di atas kertas, mesinnya mampu memberi daya 87 PS dengan torsi puncak di angka 116 Nm.

Perodua Myvi menjadi mobil yang diadopsi desainnya untuk Sirion

Inilah sosok Perodua Myvi yang diadopsi oleh Daihatsu pada Sirion Facelift 2015

Berselang 4 tahun, akhirnya generasi kedua Daihatsu Sirion diluncurkan tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Terdapat beberapa ubahan menarik di beberapa sisinya kecuali performa mesinnya yang masih sama dengan sebelumnya. Meski begitu, performa mesinnya mengalami sedikit peningkatan yang tercatat berdaya 90 PS dengan torsi maksimum 117 Nm.

Daihatsu Sirion 2011 menjadi generasi keduanya yang menampilkan bodi stylish khas anak muda

Sosok generasi kedua Daihatsu Sirion yang diluncurkan di IIMS 2011

Nah, khusus di artikel kali ini, Cintamobil.com akan membahas lebih lanjut dari Facelift Daihatsu Sirion yang diluncurkan pada tahun 2015. Ubahan paling spesial terletak pada sektor eksterior-nya yang dibuat lebih garang dan sporty. Di sisi lain, ada juga kelebihan menarik yang ditawarkan pada versi ini. Yuk kita simak informasi selengkapnya dalam review Daihatsu Sirion 2015.

Daihatsu Sirion Facelift 2015 menampilkan suasana yang lebih agresif dan sporty

Inilah Daihatsu Sirion Facelift 2015 yang hendak dibahas pada ulasan kali ini

EKSTERIOR Daihatsu Sirion 2015

Seperti yang kami sebutkan di atas, desain eksterior Daihatsu Sirion 2015 benar-benar berubah yang seakan mengikuti arah tren otomotif masa kini. Bodinya yang cenderung bulat pada versi sebelumnya, kini disulap menjadi lebih agresif dan tentu sporty khas anak muda.

Review Daihatsu Sirion 2015: Eksterior Depan

Wajah depannya menggunakan Grille hitam berukuran besar sehingga memberi kesan ikonik daripada pesaing di kelasnya. Memang jika diamati lebih detail, Grille dan bemper depannya terasa menyatu, padahal tidak. Terlihat ada satu palang berukuran besar yang memisahkan keduanya. Jujur saja, kami lebih menyukai desain terbarunya ini ketimbang generasi sebelumnya.

Eksterior depan Daihatsu Sirion 2015 menyuguhkan desain yang agresif dan stylish

Dari sisi depan, Anda bisa melihat bahwa wajahnya kini berubah lebih agresif dibanding versi sebelumnya

Adapun dari segi fitur, wajah depannya kini dipersenjatai dengan lampu Projector dan LED Position Lamp. Selain memberi kesan lebih agresif, lampu tersebut terbilang sangat mampu untuk memberi penerangan mumpuni pada sisi depan. Hal menarik lain bisa diamati dari dua lampu kabutnya yang tersambung manis dari ujung ke ujung dengan satu ukiran berwarna hitam.

Lampu utama Daihatsu Sirion 2015 menyuguhkan berbagai komponen lengkap yang menunjang kualitas pencahayaannya

Lampu utamanya juga sudah dilengkapi Projector dan LED Position Lamp sehingga tampil lebih modern

Review Daihatsu Sirion 2015: Eksterior Samping

Beberapa ubahan cantik juga disematkan pada bodi sampingnya. Ukiran Side Stone Guard dan Side Body Moulding juga semakin memperkuat esensi sporty bagi keseluruhan bodinya. Belum lagi, desain Velg 5-Spoke berukuran 14 inci terasa serasi dengan panjang bodinya yang berukuran 3.690 mm.

Eksterior samping Daihatsu Sirion 2015 dilengkapi Side Body Moulding dan Side Stone Guard

Sisi samping Sirion kini sudah dilengkapi Side Body Moulding sehingga terlihat lebih sporty

Review Daihatsu Sirion 2015: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, kami menyukai segala aksesoris baru yang terlihat sangat berbeda dibanding generasi sebelumnya. Bayangkan saja, mobil mungil ini sudah dilengkapi Muffler Cutter pada knalpot-nya sehingga memberi aroma Racing pada Sirion. Di sisi lain, fitur Rear Spoiler serta lampu LED Clear Type semakin memberi kesan modern bagi bodi belakangnya. Dari penyegaran kali ini, kami sekilas merasakan seperti bukan Facelift tapi sudah serasa generasi baru.

Eksterior belakang Daihatsu Sirion 2015 sudah dilengkapi dengan Rear Spoiler

Sektor buritannya juga menghadirkan lampu LED Clear Type yang bukan saja mumpuni namun juga memberi kesan stylish

>>> Baca juga:

INTERIOR Daihatsu Sirion 2015

Lantas bagaimana dengan suasana interior Daihatsu Sirion 2015? Meski mobil ini berharga terjangkau namun segala fiturnya tampil cukup lengkap yang siap menghibur perjalanan Anda bersama keluarga maupun kerabat.

Review Daihatsu Sirion 2015: Dashboard

Segala kelengkapan yang dibutuhkan pada mobil masa kini, nyatanya sudah dihadirkan pada Sirion Facelift ini. Dari lini dashboard tengah misalnya, sudah tersedia panel Head Unit 2 DIN dan fitur pendingin bermodel 3 Knob.

Dashboard Daihatsu Sirion 2015 dilengkapi berbagai fitur menghibur

Dashboard-nya dikemas dengan desain sederhana namun masih tetap ergonomis

Hal yang paling kami sukai sejatinya adalah hadirnya 7 buah wadah yang disematkan di beberapa sisi kabinnya. Dari bangku depan tersedia 4 wadah dan 3 wadah pada bangku belakang. Tentu saja, hal ini cukup memenuhi syarat sebagai City Car.

Review Daihatsu Sirion 2015: Setir

Beralih ke kemudi setirnya, tampilannya terkesan standar dengan model tiga palang. Namun ada hal menarik dari setirnya yang sudah mendukung fitur Tilt Steering, Electric Power Steering (EPS) dan tombol pengaturan audio. Dalam hal ini, Daihatsu terbilang berhasil menangkap kebutuhan anak muda masa kini yang lebih bersifat Multi-Tasking. Tak perlu takut kehilangan konsentrasi dalam menyetir, Anda hanya perlu menekan tombol pengaturan pada setirnya untuk mengubah alur musik dari Head Unit-nya.

Setir Daihatsu Sirion 2015 juga sudah dilengkapi panel MID yang menyuguhkan berbagai informasi seputar kendaraan

Kemudi setirnya sendiri sudah dipersenjatai dengan tombol pengaturan audio yang cocok untuk kebutuhan anak muda

Review Daihatsu Sirion 2015: Kursi

Merambah ke aspek kursi, ada perasaan nyaman ketika mendudukinya. Meski masih menggunakan bahan kain tapi konturnya terasa cukup pas, menyanggah seluruh punggung. Adapun setiap bangkunya menyediakan ruang kaki yang lapang serta ruang kepala lega.

Kursi Daihatsu Sirion 2015 terbilang cukup lega untuk lima orang

Meski kursi Sirion terasa cukup nyaman namun disayangkan tidak ada Head Rest pada bangku belakangnya

Namun penting untuk dijadikan catatan bahwa bangku belakangnya belum dilengkapi fitur Head Rest sehingga cukup berbahaya ketika diduduki orang dewasa. Pasalnya, apabila terjadi kecelakaan, kepala penumpang akan mudah terpental dan bisa memberi cedera serius. Direkomendasikan supaya bangku belakang diduduki oleh orang yang berpostur 150 hingga 160 cm ataupun anak-anak.

Review Daihatsu Sirion 2015: Kapasitas Bagasi

Ruang kaki dan kepala yang lapang, nyatanya memberi kapasitas bagasi yang cukup sempit. Dari pantauan kami, bagasinya hanya mampu menampung hingga tiga tas berukuran besar saja. Belum lagi, ban cadangan yang dihadirkan di bagian bawah bagasi tidak memiliki ukuran sama dengan ban aslinya. Apabila Anda mengalami bocor ban di tengah jalan dan harus mengaplikasikan ban cadangan berukuran kecil tersebut, direkomendasikan Anda harus melaju di kisaran 40 Km/Jam.

Bagasi Daihatsu Sirion 2015 terasa kurang akomodatif yang diprediksi hanya mampu menampung 3 tas berukuran besar saja

Bagasi Daihatsu Sirion tidak begitu menyuguhkan kapasitas luas seperti kompetitor lainnya

>>> Artikel terkait:

FITUR Daihatsu Sirion 2015

Setelah dibuat terkesima akan eksterior dan interior-nya, bagaimana tentang fitur Daihatsu Sirion 2015? Apakah mobil dengan harga Rp. 180 jutaan ini juga memiliki segala kelengkapan menarik?

Review Daihatsu Sirion 2015: Fitur Keselamatan

Jawabannya adalah tidak. Bisa dibilang, Daihatsu Sirion hanya menyediakan fitur keselamatan standar saja. Kami tidak menemukan fitur menarik baik dalam hal pengereman ataupun kestabilan. Sirion Facelift hanya menyediakan perlengkapan seperti Dual SRS Airbags, Seatbelt Pretensioners & Force Limiter, 3 Points Seat Belt dan ISOFIX.

Fitur keselamatan Daihatsu Sirion 2015 hanya menyuguhkan kelengkapan standar

Sayangnya Daihatsu Sirion hanya menyediakan fitur keselamatan standar saja seperti Airbags

Adapun tersedia fitur yang kami sebut mencegah potensi cedera. Ya, sebut saja Brake Pedal Assist dan Collapsible Steering Column. Kedua hal tersebut akan seketika patah ketika terjadi kecelakaan. Fungsinya supaya pengendara tidak terjebak dalam kabin mobil sehingga dapat memaksimalkan keselamatan pengendara. Terakhir, tersedia juga teknologi Immobilizer dan Alarm.

Review Daihatsu Sirion 2015: Fitur Hiburan

Fitur hiburan Sirion juga kurang mumpuni menurut kami. Pasalnya, mobil Hatchback satu ini hanya mampu mengoperasikan audio saja dan belum mendukung format video. Meski begitu, kami masih bisa mengapresiasinya. Mengingat panel audio 2 DIN-nya sudah mendukung format CD, DVD, MP3, radio AM/FM, USB, AUX dan Bluetooth.

Fitur hiburan Daihatsu Sirion 2015 hanya mengandalkan panel Head Unit Single DIN

Di sisi lain, panel Head Unit Sirion Facelift belum bisa mengoperasikan video

>>> Bandingkan juga dengan mobil Hatchback lainnya yang tak kalah menarik dari Sirion

OPERASI Daihatsu Sirion 2015

Sebagai mobil Hatchback, kami lebih setuju dengan Sirion yang mengandalkan mesin berkapasitas 1.298 cc 4 silinder segaris. Lewat racikan tersebut, operasi mesin Daihatsu Sirion 2015 mampu memberikan lonjakan daya sebesar 90 PS sebesar 6.000 Rpm dengan torsi puncak di angka 11,9 Kg.m setara 4.400 Rpm.

Operasi mesin Daihatsu Sirion 2015 mampu menghasilkan daya hingga 60 PS

Mesin Daihatsu Sirion terbilang cukup mumpuni dengan membawa 1.3 Liter yang terasa cocok untuk sebuah Hatchback

Hentakan mesinnya berjalan selaras dengan injakan pedal gas. Terbilang responsif dan cukup menggigit. Namun sayangnya, transmisi Sirion kurang mulus bagi kami yang cenderung mengejar sensasi dalam berkendara. Meski begitu, transmisinya berjalan sebagaimana mestinya dan menawarkan dua pilihan meliputi 5 tingkat percepatan manual serta 4 tingkat otomatis. Secara keseluruhan, Daihatsu Sirion terbilang nyaman untuk dikendarai di area perkotaan.

>>> Jika Anda ingin tahu model Daihatsu menarik lainnya, Anda bisa ketahui dengan klik tautan ini

spesifikasi Daihatsu Sirion 2015

Seperti pada ulasan lainnya, artikel kali ini juga hendak menyampaikan spesifikasi Daihatsu Sirion 2015.

SPESIFIKASI DAIHATSU SIRION FACELIFT 2015

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.690 mm x 1.665 mm x 1.545 mm

Jarak Sumbu Roda

2.440 mm

Jarak Pijak Depan

1.455 mm

Jarak Pijak Belakang

1.465 mm

Jarak Pijak Terendah

160 mm

Radius Putar Minimum

4,7 m

MESIN

Tipe Mesin

1.3 Liter K3-VE DOHC 4 Silinder Segaris VVT-i

Kapasitas Silinder

1.298 cc

Daya Maksimum

90 PS / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

11,9 Kg.m / 4.400 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

HANDLING

Suspensi Depan

MacPherson Struts dengan Per Keong dan Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Per Keong

Rem Depan

Ventilated Discs dengan Booster

Rem Belakang

Drums, Leading & Trailing

Ukuran Ban

175/65 R14

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electric Power Steering

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

40 Liter

kelebihan & kekurangan Daihatsu Sirion 2015

Dengan harga terjangkau, sejatinya lebih banyak kelebihan yang ditawarkan pada mobil ini dibanding kekurangannya. Berikut rangkuman Cintamobil.com tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Sirion 2015.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior mengalami perubahan besar-besaran sehingga tampil agresif nan sporty

Ruang bagasi kurang lega

Fitur interior sangat lengkap sesuai kebutuhan berkendara anak muda masa kini

Fitur keselamatan sangat minim dan hanya menyediakan kelengkapan standar saja

Performa mesin cukup bertenaga untuk sebuah Hatchback

Panel audio hanya mengoperasikan audio saja dan belum mendukung format video

Kursinya menyediakan ruang kaki dan ruang kepala lega

Ban cadangan tidak seukuran dengan ban aslinya

daftar harga Daihatsu Sirion 2015

Di diler resminya, model satu ini sudah tak lagi dijual dan digantikan oleh generasi ketiganya yang meluncur di tahun 2018. Berikut daftar harga Daihatsu Sirion 2015 dalam kategori bekas.

TIPE MOBIL

HARGA DAIHATSU SIRION BEKAS 2015

Daihatsu Sirion 1.3 Liter 2015

IDR. 112.000.000 – IDR. 128.000.000

*Catatan:

  • Harga di atas terbilang bervariasi sesuai dengan hasil negosiasi dengan penjual serta kualitas mobil bekas yang hendak dibeli

>>> Klik sini untuk lihat harga dan promo mobil Daihatsu Sirion secara terlengkap

Video Daihatsu Sirion 2015

KESIMPULAN Daihatsu Sirion 2015

Pembaruannya di tahun 2015 benar-benar segar. Desain eksterior benar-benar berubah menjadi lebih agresif nan sporty. Pernak-pernik mewah dan gagah disematkan di seluruh sisi bodinya. Di sisi lain, mobil ini juga dilengkapi fitur interior yang cukup lengkap. Namun sayang, kami menemukan fitur keselamatannya terkesan standar saja. Padahal mobil ini berdiri di atas adiknya, Ayla, yang notabene LCGC. Seharusnya, Sirion harus lebih lengkap dari segi fitur maupun teknologi keselamatan. Namun perlu kami ingatkan kembali bahwa mobil ini terbilang paling mempesona daripada kompetitornya. Bahkan kabinnya sangat lega dan sudah dilengkapi fitur hiburan yang siap menemani perjalanan Anda.

Bagaimana pendapat Anda tentang Daihatsu Sirion Facelift 2015 Indonesia? Apakah Anda tertarik dengan wajah barunya yang kian mempesona? Utarakan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Belum puas dengan artikel review mobil ini? Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Spesifikasi Daihatsu Sirion 2013

    Daihatsu Sirion merupakan sebuah mobil compact yang didesain utuk wilayah perkotaan yang padat. Merk Sirion sendiri ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Daihatsu Sirion 2019 Malaysia

    Hanya di Cintamobil.com, kami mendapatkan kesempatan istimewa mengetes mobil yang tidak dijual bebas di Indonesia. Berikut ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,5
  • Review Daihatsu Sirion 2018 Indonesia

    Daihatsu Sirion terus bebenah guna mengukuhkan kembali ekstistensi sekaligus merengkuh target market yang lebih signifikan ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,5

Cari review mobil