Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Menerka Cikal Bakal Daihatsu Xenia Masa Depan

01/08/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Selama ini 'pakem' mobil keluarga di Indonesia masih terpaku pada kemampuan kapasitas penumpang. Namun bagaimana jika 'pakem' tersebut dipadukan pendekatan konsep millenials yang mengedepankan teknologi canggih? Mungkin jawabannya ada di mobil MPV konsep dari Daihatsu ini.

PENGANTAR Daihatsu Hy-Fun 2019

Review Daihatsu Hy-Fun 2019 - Melihat line-up mobil MPV di Indonesia, bisa dikatakan Daihatsu merupakan salah satu dari sekian banyak brand mobil yang ikut menelurkan produk-produk andalan di segmen ini. Lewat kolaborasi bersama Toyota, Daihatsu memiliki produk MPV harga terjangkau seperti Daihatsu Sigra, Daihatsu Luxio, dan Daihatsu Xenia yang sukses di mata keluarga Indonesia sebagai pilihan mobil keluarga yang terjangkau.

Gambar sebuah mobil  Daihatsu Hy-Fun 2019 berwarna putih dilihat dari samping depan

Daihatsu DN Multisix tampil di pameran GIIAS 2017

Kekuatan brand Daihatsu sebagai salah satu pemain penting di dunia MPV, turut membuat gerak gerik brand ini cukup diperhatikan. Apalagi jika berbicara soal potensi masa depan MPV menurut pandangan Daihatsu. Hasil dari potensi ini sudah pernah dituangkan dalam mobil konsep MPV Daihatsu DN-Multisix di tahun 2017. Dua tahun berselang, Daihatsu kini justru menghadirkan lagi mobil konsep MPV Daihatsu yang tak hanya ramah untuk keluarga, tapi juga mengusung pendekatan futuristik dan tech-savvy yang menjadi inti dari gaya hidup generasi millenials di masa depan.

Debut Daihatu Hy-Fun 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan di ajang GIIAS 2019 yang berlangsung di Jakarta Indonesia

Daihatsu Hy-Fun 2019 jadi konsep mobil MPV masa depan yang mengedepankan sisi futuristik dan ramah lingkungan

Mari berkenalan dengan Daihatsu Hy-Fun. Mobil konsep MPV dari Daihatsu ini mengusung ragam teknologi mutakhir untuk generasi muda, tapi tetap membawa pakem utama MPV di Indonesia melalui format 6 penumpang. Memulai world premiere di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 (GIIAS 2019), Daihatsu juga membawa pendekatan teknologi performa masa depan yang difokuskan oleh Daihatsu melalui platform DNGA (Daihatsu New Generation Architecture) dan sistem hybrid. Agar lebih mudah memahami mobil konsep ini, berikut Cintamobil.com sajikan pengenalan secara menyeluruh terhadap MPV konsep Daihatsu dalam review Daihatsu Hy-Fun 2019.

EKSTERIOR Daihatsu Hy-Fun 2019

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Eksterior Depan

Penampilan depan Daihatsu Hy-Fun 2019 berwarna abu-abu di ajang GIIAS 2019

Area eksterior depan Daihatsu Hy-Fun 2019

Hadir membawa konsep mobil futuristik, desain depan Daihatsu Hy-Fun 2019 menampilkan detil grille yang diberikan detil LED light bar. Pencahayaan ini dibuat selaras sampai ke bagian atas bonnet, dengan headlight LED dan turn lamp yang diposisikan di bagian sisi kiri dan kanan bumper. Sedangkan karena mobil ini menggunakan format air intake, ditempatkan di area bumper paling bawah. Menariknya, desain kaca depan mobil ini dibuat menyatu dengan area atap, karena mobil ini mengadopsi full glass roof.

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Eksterior Samping

Penampilan samping Daihatsu Hy-Fun 2019 berwarna abu-abu di ajang GIIAS 2019

Area eksterior samping Daihatsu Hy-Fun 2019

Daihatsu Hy-Fun 2019 menyajikan presensi bentuk bodi yang dinamis dengan garis lekuk bodi yang desain halus di sisi samping, dengan efek floating roof pada pilar D. Mobil ini memiliki detil overfender yang memperkuat detil desain velg alloy two-tone 20 inci.

Elemen spesial pada mobil berkelir silver metallic dengan dimensi 4.400 mm x 1.730 mm x 1.630 mm (p x l x t) ini ialah penggunaan Side Door Closing Motion. Fitur ini memungkinkan bagian pintu depan dan pintu belakang bisa terbuka arah berlawanan dengan mekanisme geser seperti pintu sliding, serta menghilangkan penggunaan pilar B yang biasa hadir sebagai penyangga pintu bagian belakang. Pintu ini tidak didesain dengan handle, tapi bisa dibuka-tutup menggunakan sensor gesture pada mobil, dengan tambahan akses Face Recognition yang digunakan untuk membuka dan mengunci pintu mobil ini. 

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Eksterior Belakang

Penampilan belakang Daihatsu Hy-Fun 2019 berwarna abu-abu di ajang GIIAS 2019 yang berlangsung di Jakarta Indonesia

Area eksterior belakang Daihatsu Hy-Fun 2019

Bentuk buritan belakang Daihatsu Hy-Fun 2019 terpusat pada bagian LED Combi Lamp yang menjadi "pusat" dari lekukan tegas atara bagian kaca dan panel pintu bagasi di bawah. Untuk bumper di bawah selain memiliki corak warna lebih gelap dibandingkan panel bodi, dengan menghadirkan lekuk lampu belakang yang pipih.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Daihatsu Hy-Fun 2019

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Dashboard dan Setir

Penampilan area dashboard dan setir Daihatsu Hy-Fun 2019

Dashboard futuristik dengan setir berbentuk unik yang digunakan pada Daihatsu Hy-Fun 2019

Futuristik dan intuitif menjadi kata yang tepat dalam menggambarkan area interior Daihatsu Hy-Fun 2019 secara keseluruhan. Pendekatan ini bisa terasa lewat interaksi antara pengemudi dan penumpang depan terhadap area dashboard dan setir, dimana untuk mengaktifkan mobil konsep ini diperlukan sidik jari pada area setir. Setir mobil ini selain memiliki bentuk unik mengkotak dan bisa "bersembunyi" mengikuti bentuk dashboard. Untuk dashboard sendiri mengadopsi tampilan futuristik Advanced Digital Dashboard yang banyak menggunakan ornamen panel kaca yang merefleksikan informasi mobil, navigasi, dan hiburan menarik. 

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Jok

Penampilan area jok mobil Daihatsu Hy-Fun 2019

Format jok pengemudi dan penumpang depan yang bisa dibuat menghadap ke penumpang belakang di Daihatsu Hy-Fun 2019

Memandang area jok Daihatsu Hy-Fun 2019 sejatinya menggunakan konsep 6-seater. Tapi yang menjadi menarik adalah pada jok baris pertama memiliki pengaturan untuk bisa diputar 180 derajat mengarah ke jok baris tengah, dan jok baris ketiga ditempatkan dengan posisi agak tersembunyi, dengan bentuk mengikuti arah lekuk bodi belakang mobil konsep ini. Dan selayaknya mobil konsep, jok pada mobil ini membawa penampilan unik dengan dudukan jok berbentuk melingkar dan memiliki bantalan busa jok tipis.

>>> Baca juga:

FITUR Daihatsu Hy-Fun 2019

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Fitur Keselamatan

Teknologi keselamatan pada mobil Daihatsu Hy-Fun 2019

Ilustrasi fitur keselamatan Daihatsu Hy-Fun 2019

Daihatsu mencoba mengadopsi sistem keselamatan penting pada mobil konsep ini. Dimulai dari fitur Crash Avoidance Technology yang memungkinkan mobil konsep Daihatsu Hy-Fun 2019 mengerem secara otomatis jika terjadi insiden. Selama perjalanan, pengemudi ini juga akan terbantu oleh teknologi Lane Departure Warning yang membuat mobil ini akan tetap berada di jalur jalan yang seharusnya. 

Review Daihatsu Hy-Fun 2019: Fitur Hiburan

Teknologi Hiburan pada mobil Daihatsu Hy-Fun 2019

Interface In-Board Navigation keselamatan Daihatsu Hy-Fun 2019

Dukungan fitur hiburan yang dibawa oleh Daihatsu mengadapsi pendekatan teknologi yang intuitif dan diperkirakan enjadi fitur-fitur mobil canggih yang akan relevan di masa depan. Contohnya adalah pada area central console Daihatsu Hy-Fun 2019 memiliki layar In-Board Navigation System, yang bisa dioperasikan melalui interaksi voice command dan menyentuh layar display di central console. Mobil ini juga menggunakan pendekatan hiburan serba 'connected' melalui 4 unit VR (Virtual Reality) yang dipasang di area jok mobil Daihatsu Hy-Fun 2019.

Daihatsu Hy-Fun 2019 juga memiliki interaksi full connected dengan smartphone, dimana mobil konsep ini bisa mengoperasikan perintah menyalakan atau mematikan mesin, AC (Air Conditioner), membuka jendela langsung dari layar smartphone tanpa harus di dalam kabin. Fitur ini juga bisa mengecek lokasi mobil melalui device, serta terhubung dengan seluruh jaringan outlet Daihatsu, sehingga apabila ada reminder untuk service bisa langsung berkunjung ke bengkel resmi.

>>> 6 Mobil Daihatsu Harga Di Bawah Rp. 150 Juta

OPERASI Daihatsu Hy-Fun 2019

Tidak ada informasi spesifik soal mesin Daihatsu Hy-Fun 2019. Daihatsu hanya mengungkapkan mobil ini menggunakan basis DNGA (Daihatsu New Generation Architecture), yang mana basis platform ini diperuntukkan untuk klasifikasi mobil A atau B Segment. Meski demikian, Daihatsu menyiapkan mobil konsep ini dengan teknologi hybrid sebagai salah satu solusi menciptakan mobil MPV yang ramah lingkungan.

KESIMPULAN Daihatsu Hy-Fun 2019

Jika bicara soal potensi Daihatsu Hy-Fun 2019, mobil ini cukup sama dampaknya terhadap Daihatsu DN Multisix sebagai konsep mobil keluarga mewah a la Daihatsu di GIIAS 2017. Menjadi proyek studi Daihatsu Motor Company yang debut perdana di global pada GIIAS 2019, Daihatsu membicarakan masa depan MPV yang pastinya tidak bisa lagi berpaku dengan pakem yang ada saat ini, alias hanya sekedar mengutamakan fungsionalitas.

Membawa tema 6 seater MPV Hybrid Concept Car, Daihatsu Hy-Fun 2019 menjawab perpaduan konsep MPV masa depan yang relevan dari sisi generasi muda. Tetap memiliki ciri khas "pakem" khas MPV yang muat banyak penumpang, Daihatsu Hy-Fun 2019 menawarkan interaksi antara pengguna mobil di masa depan yang lebih mengutamakan pendekatan intuitif dan interaksi digital. Interaksi digital inilah yang dikembangkan melalui ketersediaan fitur-fitur yang terkoneksi beserta sistem hiburan cerdas dan personal.

Gambar sebuah mobil Daihatsu Grand New Xenia R 1.5 MT Deluxe

Daihatsu Xenia sangat berpotensi mengadopsi inspirasi dan teknologi Daihatsu Hy-Fun di masa depan

Lalu, mobil MPV Daihatsu manakah yang berpotensi mendapat inspirasi kuat dari studi ini? Jika melihat pendekatan Daihatsu, kami sangat meyakini studi ini untuk mempertajam team masa depan Daihatsu terhadap cikal bakal Daihatsu Xenia generasi mendatang.

Alasan tersebut bukan dikarenakan Daihatsu Xenia sebagai model ikonik atau salah satu penyumbang kesuksesan Daihatsu. Lebih krusial dari itu, Daihatsu ingin menunjukkan  potensi Daihatsu Xenia di masa depan yang tidak melulu bicara fungsionalitas. Sangat terbuka kemungkinan di masa depan penerus Daihatsu Xenia akan berubah haluan, baik sebagai mobil keluarga futuristik bercitarasa mewah seperti Daihatsu DN Multisix, atau menjadi mobil MPV Hybrid dengan citarasa millenials yang hi-tech sesuai studi Daihatsu Hy-Fun 2019. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil