Review Daihatsu Feroza 1993: Mobil Idaman Anak Muda Tahun 1990-an

22/05/2019
editor rate: 3,4 user rate: 4,0
Siapa di sini yang menyukai mobil Jip? Nah ini, Daihatsu Feroza menjadi mobil maskulin yang hendak dibahas kali ini. Kesannya yang tangguh, tak mudah dilupakan dalam benak masyarakat Indonesia terutama bagi mereka kelahiran 1980-an hingga 1990-an. Seperti apa sosoknya? Mari bernostalgia bersama dalam review Daihatsu Feroza 1993. Anda siap?

PENGANTAR Daihatsu Feroza 1993

Review Daihatsu Feroza 1993 - Di medio tahun 1993 hingga tahun 1999, adalah masa keemasan bagi Daihatsu Feroza di Tanah Air. Tak seperti saudaranya yakni Daihatsu Taft, Feroza menggunakan sistem penggerak 4x2 Rear Wheel Drive (RWD).
Kakaknya, Daihatsu Taft dirancang lebih tangguh dengan penggerak 4x4 serta menerapkan mesin diesel. Secara fungsi, Taft sengaja dibuat untuk memuaskan hasrat Off-Road saja. Sedangkan untuk masalah laju di perkotaan dan rekreasi? Hmmm, jujur saja Taft tidak begitu cocok dikarenakan konsumsi bahan bakar yang terasa lebih menggigit.

Daihatsu Feroza 1993 berdiri sebagai mobil Jip yang hadir dengan tiga pintu

Bisa Anda amati bersama bahwa sosoknya benar-benar ikonik, tren 1990-an

Beda halnya dengan Daihatsu Feroza yang memang dikemas lebih mengasyikkan. Tema jip, bermesin bensin dan penggerak RWD, membuatnya sangat menghibur untuk diajak berekreasi bersama keluarga maupun sahabat karib. Tepat di artikel kali ini, Cintamobil.com akan melakukan review Daihatsu Feroza 1993, mengulas banyak hal mengasyikkan tentangnya.

EKSTERIOR Daihatsu Feroza 1993

Di tema pertama, desain eksterior Daihatsu Feroza 1993 adalah yang hendak kami nilai lebih dulu. Sudah benar rasanya, kami beranggapan sedang memasuki tahun 1990-an jika lama-lama memandang desain luarnya. Maskulin namun dikemas dengan sedikit bumbu klasik, pesan nostalgia tersebut masih terasa jelas di benak kami.

Review Daihatsu Feroza 1993: Eksterior Depan

Grille berbalut aksen Silver tertancap apik pada sisi wajah depannya. Hal tersebut juga dipadukan dengan lampu utama berdesain simetris. Terkesan mewah, sesuai tren di zamannya. Adapun lampu sein terpisah dari lampu utama, disematkan apik menghiasi kedua ujung bemper.

Eksterior Depan Daihatsu Feroza 1993 dilengkapi dengan lampu utama berbentuk kotak

Wajah depannya menggunakan desain Grille mengotak, memberi pesan kokoh

Review Daihatsu Feroza 1993: Eksterior Samping

Ukuran ban adalah penentu aroma maskulin dari sebuah mobil. Pada kasus Daihatsu Feroza misalnya, ukuran ban yang digunakan adalah 195/70 R15. Selain memperkuat kesan kokoh, ukuran tersebut juga berdampak signifikan dari segi Ground Clearance yang berada di angka 225 mm. Sehingga, mobil ini masih dapat melaju di area banjir, jalanan berlubang dan polisi tidur di kompleks perumahan, dengan mudah.

Eksterior Samping Daihatsu Feroza 1993 menggunakan ban berukuran 15 inci

Tak kalah menarik adalah menggunakan rangka bodi tiga pintu

Di kehadiran awalnya, Feroza masih menerapkan model Short Wheelbase (SWB) 3 pintu, persis seperti yang sedang dibahas kali ini. Mobil ini lebih dikenal dengan Daihatsu Feroza F70 oleh berbagai kalangan. Menurut hemat kami, lewat rancangan tersebut, penumpang akan sedikit kesusahan ketika hendak memasuki kabin lewat pintu belakang. Namun, bagi mereka yang sudah terbiasa menaiki mobil semacam ini layaknya Toyota Hardtop, tentu bukanlah masalah besar.

Review Daihatsu Feroza 1993: Eksterior Belakang

Merambah bodi belakangnya, terdapat ‘konde’ atau jelasnya adalah ban cadangan yang digantung. Memang, hal ini masih dapat dimaklumi, mengingat istilah mobil maskulin di medio 1990-an, akan selalu identik dengan ‘konde’ ini. Jika melihat dari segi keseluruhan, desain semacam ini bisa membawa kita bernostalgia kembali ke masa-masa keemasan Feroza. Namun perlu juga kami ingatkan, ‘konde’ semacam ini tidak direkomendasikan untuk dibuka terlalu lama karena akan membuat engsel pintu mudah aus.

Eksterior Belakang Daihatsu Feroza 1993 dilengkapi dengan konde alias ban cadangan yang digantung di pintu belakang

Foto di atas adalah ketika 'konde' dilepas

>>> Baca juga:

INTERIOR Daihatsu Feroza 1993

Jangan berharap banyak hal dalam interior Daihatsu Feroza 1993. Semua komponen hingga masalah desain, dikemas sangat sederhana dan terkesan biasa-biasa saja. Namun jika Anda ingin sesuatu yang istimewa, Anda masih bisa memasang aksesoris tambahan dari salon-salon mobil kepercayaan.

Review Daihatsu Feroza 1993: Dashboard dan Setir

Pada dashboard misalnya, bagi kami desain-desain semacam ini tergolong sedikit usang. Semua dirancang dengan dominasi warna hitam dan belum tersedia fitur-fitur modern. Namun sejatinya, hal ini masih dapat dimaklumi mengingat umurnya sudah lebih dari 20 tahun dan juga dari segi harga yang sangatlah terjangkau.

Dashboard Daihatsu Feroza 1993 dikemas minimalis dan terasa sarat akan fitur

Beginilah suasana kabinnya yang dikemas serba sederhana

Sangat disayangkan sekali jika melihat setirnya. Jujur saja, Daihatsu Feroza keluaran pertama belum menggunakan fitur Power Steering sehingga putaran setir terasa lebih berat. Sedangkan untuk Speedometer, kami rasa masih standar, menampilkan informasi penting seputar kendaraan layaknya tingkat kecepatan hingga sisa bahan bakar.

Review Daihatsu Feroza 1993: Kursi

Khusus bagi Daihatsu Feroza jenis pertama ini, kursi belakang masih menggunakan formasi berhadap-hadapan. Jika diibaratkan, terlihat mirip-mirip dengan desain kursi pada angkot. Penumpang yang hendak duduk di kursi belakang, harus melewati pintu ‘berkonde’. Memasuki kabin dengan Ground Clearance 225 mm? Kami rasa hal tersebut kurang praktis.

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Daihatsu Feroza 1993

Amat sangat disayangkan, fitur Daihatsu Feroza 1993 tidak tampil lengkap. Tak ada Power Steering, Power Window dan Central Lock. Kemudahan-kemudahan tersebut nyatanya absen, malahan baru dihadirkan pada Feroza berikutnya keluaran tahun 1996.

Fitur Daihatsu Feroza 1993 dikemas sangat sederhana saja dan terkesan sarat akan fungsi

Dari segi fitur, mobil ini hanya mengandalkan suspensi keras serta aspek Ground Clearance

Dari segi ketangguhan, tentu kami menilainya dari aspek suspensi dan Ground Clearance. Area berlumpur bisa diatasi dengan baik oleh mobil satu ini. Namun sayang, per daun dan pegas pada suspensi belakang, membuatnya terasa sangat kaku sehingga memberi kesan kurang nyaman untuk mengendarainya dalam waktu lama.

>>> Tak kalah menarik, bandingkan juga dengan model SUV atau Jip lainnya di sini

OPERASI Daihatsu Feroza 1993

Sebagai kompetitor utama dari  Suzuki Escudo, performa Feroza tak kalah unggul. Meski masih menerapkan karburator, operasi mesin Daihatsu Feroza 1993 menerapkan kapasitas 1.6 Liter SOHC 4 silinder segaris. Daya yang dihasilkan mesinnya mampu mencapai 94 HP setara 5.700 Rpm dengan torsi puncak di angka 127 Nm pada putaran 4.800 Rpm.

Operasi mesin Daihatsu Feroza 1993 mengandalkan kapasitas 1.600 cc dengan daya 94 HP dan torsi puncak 127 Nm

Mesinnya terbilang unggul dalam hal torsi namun terkesan boros di satu sisi

Sejatinya, mobil ini sudah tampil unggul untuk kegiatan rekreasi maupun kendaraan sehari-hari karena menerapkan mode penggerak 4x2 RWD. Meski secara garis besar, Ground Clearance, suspensi dan mesinnya sangat mumpuni, mobil ini tidak bisa disimpulkan sebagai kendaraan Off-Road. Masih ada Daihatsu Taft yang berdiri lebih unggul jika kebutuhan Anda adalah perihal Off-Road.
Salah satu kekurangan dari mobil ini terletak pada konsumsi bahan bakar yang cenderung boros. Daihatsu Feroza bergantung dengan bensin dan memiliki catatan konsumsi bahan bakar di angka 1:5 hingga 1:8. Tentu jika dibandingkan dengan mobil saat ini yang rata-rata sudah 1:15, Daihatsu Feroza tergolong mobil yang cukup boros bensin.

>>> Tertarik dengan produk-produk besutan Daihatsu? Simak di sini ulasan selengkapnya

spesifikasi Daihatsu Feroza 1993

Untuk informasi teknis yang lebih lengkap, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Daihatsu Feroza 1993 di bawah ini.

SPESIFIKASI DAIHATSU FEROZA 1993

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.761 mm x 1.754 mm x 1.848 mm

Jarak Poros Roda

2.210 mm

Berat Kosong

1.250 Kg

Ground Clearance

225 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.6 Liter SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup

Kapasitas Silinder

1.600 cc

Daya Maksimum

94 HP / 5.700 Rpm

Torsi Maksimum

127 Nm / 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

Mode Penggerak

4x2 RWD

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone Independent

Suspensi Belakang

Per Daun, Pegas

Ukuran Ban

195/70 R15

Sistem Rem

Tromol

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

kelebihan & kekurangan Daihatsu Feroza 1993

Setelah banyak membicarakan banyak hal tentangnya, kini Cintamobil.com akan merangkum opini terkait kelebihan dan kekurangan Daihatsu Feroza 1993.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain luarnya terbilang eksotis, sukses membuat Anda bernostalgia di era tahun 1990-an

Kurang direkomendasikan jika kebutuhan Anda adalah kendaraan Off-Road

Harga beli model bekasnya sangat-sangat terjangkau, cocok untuk para kolektor

Tergolong boros bahan bakar

Pencarian Sparepart sangat mudah

Fitur sangat-sangat minim

Sosoknya diingat sebagai mobil paling beken dan banyak digandrungi oleh anak muda di era 1990-an

Disarankan bagi Anda membawa mereka yang mengerti seluk-beluk mobil, mengingat mobil ini sudah berumur lebih dari 20 tahun

daftar harga Daihatsu Feroza 1993

Salah satu kelebihan dari mobil terletak pada harganya yang terjangkau, cocok bagi Anda yang sejak dulu mengidam-idamkannya. Berikut daftar harga Daihatsu Feroza 1993.

TIPE MOBIL

HARGA DAIHATSU FEROZA BEKAS

Daihatsu Feroza 1.6 Liter F70

Rp. 30 jutaan hingga Rp. 70 jutaan

>>> Klik di sini untuk mengetahui harga lengkap dari Daihatsu Feroza yang dijual di Indonesia

Video Daihatsu Feroza 1993

KESIMPULAN Daihatsu Feroza 1993

Daihatsu Feroza adalah kendaraan maskulin idaman anak muda di tahun 1990-an. Sejatinya, mobil ini lebih cocok untuk dibuat mejeng ketimbang Off-Road. Pasalnya, Feroza belum mendukung mode penggerak 4x4 dan masih menerapkan bensin, kebalikan dari saudaranya, Daihatsu Taft. Meski begitu, mobil ini masih sangat eksotis untuk dimiliki, setidaknya menjadi salah satu objek yang bisa membuat Anda bernostalgia. Apalagi, harganya tergolong sangat terjangkau serta kemudahan pencarian Sparepart. Apakah Anda tergiur untuk memilikinya? Sampaikan pendapat Anda mengenai Daihatsu Feroza di kolom komentar di bawah ini ya sobat.

>>> Jangan lupa untuk menyimak ulasan-ulasan mobil menarik lainnya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil