Review Citroen C3 R5 2019, Secanggih Versi WRC?

17/06/2019

Share this post:

Citroen C3 2019

Editor rate:

Lihat promo

Reli kelas R5 atau kini WRC2 dan WRC2 Pro merupakan kelas yang sangat populer dan diminati di Eropa. Karena, konsep reli R5 ini cemerlang, tiap pabrikan yang ikut serta dan membuat mobil kelas WRC (World Rally Championship) diperbolehkan untuk membuat mobil dengan harga yang lebih terjangkau dan dikerjakan langsung oleh engineer pabrikan tersebut. Inilah salah satu mobilnya, sebuah Citroen C3 R5 2019 yang potensial di kelas ini.

Review Citroen C3 R5 2019, Secanggih Versi WRC?
Review Citroen C3 R5 2019, Secanggih Versi WRC?
0 Gambar

Pengantar Citroen C3 2019

Mari kita simak spesifikasi Citroen C3 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Performa Bengis

Handling Superior

Didukung Tim Citroen World Rally Team Yang Solid

Desain Menarik

Kekurangan

Tidak dijual di Indonesia

Rally Use Only

Kalah Kencang Dari Rival

Biaya Riset Dan Pengembangan Mahal

Tampak Logo C3 pada mobil Citroen C3 R5 2019

Citroen C3 R5 2019 merupakan lawan tangguh dari Skoda Fabia R5, dan All New Ford Fiesta R5

Review Citroen C3 R5 2019 - Selain kelas utama yang jadi kelas paling buas di reli dunia, ajang WRC (World Rally Championship), juga memiliki kelas lain yang tak kalah seru untuk disimak persaingannya. Yaitu kelas dengan spesifikasi mobil R5 atau kini lebih sering disebut kelas WRC2 dan WRC2 Pro. Perbedaan antara WRC2 dan WRC2 Pro adalah, WRC2 diikuti oleh tim privateer yang mobilnya membeli dari pabrikan yang membuat mobil reli dengan spek R5, sementara WRC2 Pro adalah tim pabrikan. 

Gambar sebuah Mobil Citroen C3 R5 2019 yang sedang mengikuti lomba di Indonesia

Ia mengambil basis dari Citroen C3 versi jalan raya yang dimodifikasi habis-habisan untuk terjun di kelas WRC2 dan WRC2 Pro

Terdapat 3 pabrikan yang serius dalam men-develop mobil reli kelas R5, dari Skoda yang dominan dengan produk Skoda R5-nya, lalu Citroen yang langsung menurunkan jagoannya di trek reli yakni Citroen C3 versi R5, juga Ford yang bekerjasama dengan M-Sport akan memperkenalkan All New Ford Fiesta R5. Ketiga pabrikan ini bersaing sengit di kelas WRC2 dan WRC2 Pro ini. Setelah puas 'membedah' C3 versi WRC, kali ini kita akan bahas Citroen C3 R5 2019.

Tampak Mobil Citroen C3 WRC 2019 berwarna-warni dilihat dari sisi depan

Mobil Citroen C3 R5 2019 mengambil beberapa teknologi canggih besutan Citroen C3 WRC 2019

Eksterior Citroen C3 2019

Review Citroen C3 R5 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Citroen C3 R5 2019 berwarna-warni di lomba mobil di Indonesia

Tampilan depan mobil reli Citroen C3 R5 2019 jauh lebih kalem dari versi WRC-nya

Tampilan depan dari eksterior mobil reli Citroen C3 R5 2019 sangat kontras bila dibandingkan dengan versi yang turun di kelas utamanya yakni WRC. Anda tidak akan menemukan body kit serta spliter yang berfungsi membantu downforce bagian depan mobil agar roda depan senantiasa mendapatkan traksi maksimum. Namun, karena track roda (jarak antar as roda) mobil reli lebih lebar dari mobil standar yang digunakan di jalan raya, mobil ini tetap menggunakan wide body.

Review Citroen C3 R5 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping mobil Citroen C3 R5 2019 berwarna-warni di lomba mobil reli di Indonesia

Tampilan kalem mobil reli Citroen C3 R5 2019 terus berlanjut ke bagian samping mobil ini

Beralih ke tampilan samping mobil ini, Anda akan langsung sadar bahwa mobil ini memang mengambil basis dari mobil jalan rayanya. Hal tersebut akan langsung terlihat dari pintunya yang berjumlah 4. Beda sekali dengan versi WRC yang pintu-pintu tersebut tersamarkan oleh body kit nya yang ramai. Posisi spion samping mobil ini juga lebih mundur dari posisi aslinya, ini lantaran posisi duduk di Citroen C3 R5 2019 lebih mundur guna memperbaiki canter of gravity dari mobil ini.

Review Citroen C3 R5 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Citroen C3 R5 2019 berwarna-warni sedang berjalan di jalan turun di Indonesia

Anda tidak akan menemukan spoiler belakang ekstra besar dan diffuser agresif seperti di versi WRC-nya

Lanjut ke bagian belakang mobil Citroen C3 R5 2019 ini, Anda tidak akan menemukan spoiler belakang ekstra besar serta diffuser agresif seperti yang terpasang pada Citroen C3 WRC 2019. Anda hanya akan menemukan sayap kecil di atas pintu belakang. Hal ini dilakukan oleh insinyur Citroen lantaran tenaga serta torsi yang dihasilkan tidak sebesar versi WRC, dan dengan bantuan mini wing tersebut, dinilai sudah cukup untuk membantu aerodinamika pada mobil.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Citroen C3 2019

Review Citroen C3 R5 2019 : Layout Dasbor

Layout dasbor Mobil Citroen C3 R5 2019 dengan desain sangat sederhana

Layout dasbor dari mobil Citroen C3 R5 2019 ini dibuat simpel dan fungsional

Jangan Anda bayangkan kabin mobil reli itu bertabur fitur berlimpah yang disusun pada dasbor mobil. Pada mobil Citroen C3 R5 2019 ini saja dibuat sangat simpel dan fungsional. Dasbornya dilapisi bahan sejenis suade dikombinasi dengan beludru berwarna hitam tujuannya agar ketika menjalani reli pada siang terik, pantulan sinar matahari tidak mengganggu visibilitas pereli.

Review Citroen C3 R5 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir Mobil Citroen C3 R5 2019

Setir dilapis kain dengan bahan khusus yang tidak mudah menyerap air dan cepat kering ketika basah

Karena layout dasbor sudah dibuat simpel dengan minim tombol pengatur, maka semua tombol pengatur dipindahkan ke bagian tengah setir. Selain itu, setir juga dilapis kain dengan bahan khusus yang tidak mudah menyerap air dan cenderung lebih cepat kering ketika terkena basah. Namun, agar nyaman memegang setir, Anda harus mengenakan sarung tangan khusus, sehingga grip saat memegang setir jadi lebih baik.

Review Citroen C3 R5 2019 : Roll Cage

Gambar menunjukkan Roll Cage pada Mobil Citroen C3 R5 2019

Roll Cage dipasang untuk memperkuat struktur rangka serta bodi mobil secara keseluruhan

Reli adalah salah satu cabang olahraga yang ekstrim, karena ketika terjadi kecelakaan umumnya kerusakan yang dihasilkan fatal. Tentu saja hal tersebut mengancam keselamatan pereli, maka roll cage yang berbahan chromoly dipasang pada sekujur rangka. Ini dilakukan dengan tujuan agar struktur rangka serta bodi mobil semakin kuat secara keseluruhan. Dan tentu saja, roll cage yang dipasang harus lulus standar FIA.

>>> Baca juga:

Fitur Citroen C3 2019

Review Citroen C3 R5 2019 : Tombol Pengatur Fitur

Gambar menujukkan tombol pengatur fitur Citroen C3 R5 2019

Tidak semua tombol cukup diletakkan pada bagian tengah kemudi mobil, maka sebagian tombol diletakkan di sini

Meskipun tata letak tombol pengatur fitur mobil, sudah diletakkan dengan rapi pada bagian tengah kemudi mobil, namun tidak semua tombol cukup diletakkan pada bagian tersebut. Maka dari itu sebagian tombol diletakkan pada bagian tengah dekat rem tangan dan dudukan tuas transmisi dog drive keluaran SADEV. Oh ya, engine cut off juga diletakkan pada satu tempat yang sama, agar mudah dijangkau baik driver maupun co-driver pada saat darurat.

Review Citroen C3 R5 2019 : Bahan Pintu, Kaca, Dan Komposit Tahan Benturan

Gambar menujukkan pintu dan jendela pada mobil Citroen C3 R5 2019

Pintu, kaca dibuat dengan bahan khusus yang ringan namun tahan benturan serta jilatan lidah api

Bagian pintu ini dibuat dari bahan khusus yang tersertifikasi FIA, bahannya semacam karbon fiber komposit yang ringan namun kuat dan juga tahan api. Hal ini sangat penting mengingat resiko balap jenis reli sangat tinggi apalagi jika sampai terjadi kecelakaan fatal. Begitu juga dengan kaca, dipilih bahan yang tahan benturan serta tidak mudah pecah, sebab akan sangat berbahaya jika saat terjadi kecelakaan serpihan kaca dapat menciderai pereli maupun co-driver di dalam mobil.

>>> Profil Toyota Yaris WRC 2018, Spesifikasi dan gambar terindah

Operasi Citroen C3 2019

Gambar menujukkan Engine Firewall pada Mobil Citroen C3 R5 2019

Cross member roda depan, tower suspensi serta dudukan suspensi dibuat kokoh layaknya mobil Citroen C3 WRC 2019

Berlaga di trek yang sama dengan para peserta reli di kelas utama, membuat Citroen Racing selaku pembuat mobil ini tidak main-main dalam mengembangkan mobil Citroen C3 R5 2019 ini. Semua peranti kaki-kaki, rangka dibuat kokoh layaknya versi mobil reli Citroen C3 WRC 2019 yang pernah tim Cintamobil.com bahas secara lengkap dan juga tuntas. 

Gambar menunjukkan bagian Rem mobil Citroen C3 R5 2019

Kaliper rem merek ALCON dengan 4 piston siap segera dengan sigap menghentikan laju mobil  

Begitu juga dengan urusan pengereman, Citroen Racing tidak main-main dengan salah satu produk jualannya ini. Tim Perancis ini menggandeng vendor perusahaan pembuat rem ALCON, dan memasangkan rem kompetisi dengan jumlah kaliper 4 piston yang siap dengan segera mengentikan laju mobil ketika dibutuhkan. Kehandalan rem merek ALCON ini sudah terbukti dari dulu hingga sekarang.

Gambar menujukkan tim Citroen Total WRC 2 Pro sedang modifikasi mobil

Dengan dibantu support lengkap, membuat pelanggan yang membeli mobil Citroen C3 R5 2019 ini bebas rasa khawatir

Secara tenaga, memang mobil Citroen C3 R5 2019 ini kalah 98 hp dari sang kakak yang berlaga di kelas para raja. Namun, torsi yang dihasilkan oleh mesin 1.600 cc turbocharger yang terpasang di mobil ini lebih besar 20 Nm dari Citroen C3 WRC 2019. Namun, torsi maupun tenaga yang besar bukanlah segalanya di trek reli, Anda ingat bagaimana Sebastien Ogier tahun lalu juara dunia dengan Ford Fiesta WRC 2018 yang teknologinya tidak secanggih pabrikan lain? 

Mobil Citroen C3 R5 2019 in Action dan empat rodanya tidak sentuh tanahnya

Sebuah mobil reli Citroen C3 R5 2019 sedang melaju kencang di lintasan

>>> Review Hyundai i20 R5 2019, spesifikasi dan promo terkait

Spesifikasi Citroen C3 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Citroen C3 R5 2019.

  Mesin Citroen C3 R5 2019
 Seri mesin  Citroen Racing GRE - 1.6 Direct Injection Turbocharger
 Sistem Pasokan Bahan Bakar  Direct Injection
 Tenaga Maksimum  282 Hp @ 5.000 rpm
 Torsi Maksimum  420 Nm @ 4.000 rpm
 Kapasitas Silinder  1.598 cc
 Bore X Stroke  85,8 mm X 77 mm
 Tipe Transmisi  SADEV 5 Speed Sequential
Rangka Citroen C3 R5 2019
 Panjang X Lebar X Tinggi  3.996 mm X 1.820 mm X N/A
 Jarak Sumbu Roda  2.567 mm
 Jarak Sumbu Antar Roda Kanan-Kiri  N/A
 Berat Kotor  1.230 Kilogram
 Kapasitas Tangki  75 Liter with FIA FT3 Spec
  Suspensi/Kaki-Kaki Citroen C3 R5 2019
 Suspensi Depan & Belakang  Developed by Citroen Racing type MacPherson adjustable strut with three way adjustable damper
 Sistem Kemudi  Hydraulic power-assisted rack and pinion
 Rem Depan & Belakang  Ventilated Brake Disc 370 mm (Aspal) & 300 mm (Gravel) Berpendingin Udara, dengan kaliper 4 piston rally use only Alcon
 Struktur Sasis  FIA-conformant reinforced steel with original Citroen C3 hull reinforced by multipoint welded hoop
 Struktur Bodi  Steel and composite fiber panels
 Handbrake  Menggunakan mekanisme hidrolik
 Pelek  Citroen Racing dengan ukuran, lebar 8x18 inch untuk trek aspal, dan lebar 7x15 inch untuk gravel
 Jenis Ban  Full Aspal : Michelin Pilot Sport
Campuran Aspal dengan Salju & Es : Michelin A41
Campuran Gravel dengan Salju & Es : Michelin X-ice North
Full Gravel : Michelin Latitude Cross

Daftar Harga Citroen C3 2019

Mobill reli kelas R5 atau yang saat ini disebut dengan kelas WRC 2 ini dapat ditebus dengan harga Rp 7 miliar per unitnya. Dan kantor atau diler Citroen Racing tidak akan Anda temui di Indonesia. Paling dekat Anda bisa melakukan pemesanan ke Malaysia. Jelas saja biaya semahal itu tidak akan affordable di kawasan Asia Pasifik. Namun, harga itu tetap jauh lebih murah bila dibandingkan dengan Citroen C3 WRC yang mencapai lebih dari Rp 14 miliar per mobilnya. 

Kesimpulan Citroen C3 2019

Gambar sebuah mobil Citroen C3 R5 2019 sedang berjalan di jalan Indonesia

Jika Anda adalah pereli advance, Anda harus coba mobil ini untuk berkompetisi

Dengan dibantu dengan tim berpengalaman, serta service yang baik dari Citroen Racing, kami rasa jika Anda adalah pereli advance, Anda harus mencoba pakai mobil ini untuk berkompetisi. Apalagi teknologi yang diusung oleh mobil ini sudah secanggih versi WRC.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019 : Sebuah Usaha Untuk #Memasyarakatkanrally

30/04/2019

Editor rate:

Kalau ingin bermimpi jangan setengah-setengah, bermimpi-lah setinggi langit. Inilah yang dilakukan oleh Rifat Sungkar, pereli kebanggan Indonesia. Ia memutuskan untuk ikut kejuaraan reli menggunakan mobil yang tidak lazim digunakan, yaitu Mitsubishi Xpander. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasan kami mengenai mobil Mitsubishi Xpander AP4 Concept 2019.

Lihat juga

Review Hyundai Getz 2007: Hatchback 5-Doors Yang Sempat Tenar Di Masanya

14/06/2019

Editor rate:

Tak sedikit orang masih mencari mobil Hatchback lawas bernama Hyundai Getz. Desain bodinya yang kental akan nuansa Eropa justru menjadi unsur pemikat tersendiri. Memang, jika dibandingkan dengan Hatchback di masanya, Getz adalah model paling murah namun tidak murahan. Tertarik? Simak kelebihannya dalam review Hyundai Getz 2007.

Lihat juga

Review Nissan Leaf Autech 2019: Tampil Berkelas Dengan Kosmetik Baru

01/06/2019

Editor rate:

Generasi kedua Nissan Leaf hadir dengan desain yang lebih modern ketimbang pendahulunya, meski tidak semenarik Tesla 3. Sempat menghadirkan versi Nismo yang tak kunjung hadir, Nissan justru meluncurkan lebih dulu varian Leaf Autech di Jepang.

Lihat juga

Review Mitsubishi eK X 2019: Xpander Versi Imut dan Cerah dari Mitsubishi

13/04/2019

Editor rate:

Bersamaan dengan Mitsubishi eK Wagon, generasi keempat lini kendaraan eK milik Mitsubishi Motors juga memperkenalkan Mitsubishi eK X 2019 yang lebih garang. Tampilan luar yang berbeda dengan eK Wagon mendapatkan wajah Xpander, sehingga banyak yang memperkenalkan eK X sebagai versi mini dari Xpander.

Lihat juga

Review BMW i3 2019: Baterai Tambah Besar Sempurnakan Daya Jelajah

23/03/2019

Editor rate:

Bicara mobil listrik sepenuhnya, Indonesia memang masih menanti kesiapan. Walau demikian sejumlah pabrikan terlihat sudah memiliki produk yang cocok untuk mengisi kategori mobil ramah lingkungan tersebut, sebut saja BMW i3 yang versi 2019-nya telah meluncur di pasar global. Untuk mengenalnya lebih dekat, simak review BMW i3 2019 yang sudah diracik spesial untuk sobat.

Lihat juga
back to top