Review Chevrolet Spin 2017 Indonesia

26/02/2018
editor rate: 4,6 user rate: 4,0
Tahun 2017 boleh dibilang merupakan tahun produktiv Chevrolet. Mengapa? Pabrikan asal negeri Paman Sam ini tengah gencar memproduksi berbagai mobil dari banyak segmen mulai dari MPV, SUV, Green Car hingga Pickup Truck. Di ranah MPV, pasca mengeluarkan Orlando, Chevy, sapaan akrab pecinta otomotif atas pabrikan asal Amerika Serikat itu, mengeluarkan Spin sebagai “partner” dari Orlando. Apa spesifikasi lebih jelas dari Chevrolet Spin 2017 Indonesia ini? Simaklah tulisan reviewnya di bawah ini.

PENGANTAR Chevrolet Spin 2017

Gambar mobil Chevrolet Spin 2017 berwarna hitam dilihat dari sisi depan

Chevrolet Spin 2017: MPV Amerika yang Tampil Maskulin

Review Chevrolet Spin 2017 Indonesia - Spin merupakan mobil yang memulai debutnya pada tahun 2013 silam. Di awal kemunculannya, nama Spin memang tertutup dengan produsen asal negeri sakura yang memang tengah gencar melakukan ekspansi ke neara-negara Asia, termasuk Indonesia. Meski gagal merebut hati konsumen, Chevrolet selaku pabrikan nampak tak berkecil hati. Mereka terus memberikan pembaharuan terhadap Spin mulai dari desain eksterior, mesin hingga fitur-fitur terkini. Empat tahun berselang, mobil ini kembali dalam wujud yang lebih fresh. Bahkan, menurut kabar yang beredar, spin menyematkan “sesuatu” yang tak dimiliki kompetitornya yang berasal dari kawasan Asia Timur tersebut. “Sesuatu” apakah itu? Dan, mampukah Spin menjadi salah satu tulang punggung Chevrolet di Indonesia dalam hal penjualan sekaligus memberikan jawaban sahih atas kompetitornya? Well, terlalu prematur untuk menjawab hal tersebut. Ada baiknya jika kita mempreteli satu demi satu spesifikasi yang tersemat pada Spin. Selamat membaca!

EKSTERIOR Chevrolet Spin 2017

 

Menilik sisi desain eksterior Chevrolet Spin 2017 sejatinya memiiki wujud yang lumayan unik. Mobil ini memiliki moncong cembung pada bagian depan Namunn terlihat begitu boxy di bagian samping maupun depan. Hal ini sendiri menjadikan wujud luar Spin nampak lebih segar dibandingkan dengan sebelumnya. untuk mendedahnya, mungkin akan lebih baik jika kita menjelajah setiap sisi luar yang terjamah oleh mata.

Gambar mobil Chevrolet Spin 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Bagian depan nampak cembung dan maskulin

  • Desain bagian depan

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bagian depan Chevrolet Spin 2017 Indonesia nampak begitu cembung dan begitu maskulin. Sekilas, kesan desainnya sangat mirip dengan saudaranya yang berada di ranah SUV, yakni Trailblazer. Hal tersebut dapat dilihat dari sisi Grill. Konsep grill membelah dengan komposisibesar di bawah menjadikan mobil ini memiliki aura aerodinamis yang begitu kental. Sisi rongga udara yang tersemat pada Spin mengingatkan kita akan tatanan kumis yang tersusun begitu rapih. Jelas nampak kesan gentle dari sisi ini. tak hanya itu, Chevrolet nampaknya ingin membuat trademark sendiri dengan memisahkan logo kebesarannya dengna grill. Hal ini juga dapat dilihat di beragai katalog-katalog anyarnya. Logo Chevy nampak diberikan ruang khusus agar telihat lebih ekslusif. Di warna-warna tertentu, logo salib emas tersebut nampak begitu mewah dengna aksen chrome sebagai covernya. Sementara begeser sedikit ke samping, mobil ini memiliki lampu utama dengan desain yang lebih bright lengkap dengan dua mata lensa di dalam serta teknologi LED guna pancarkan penerangan sempurna.

Di bagian bawah, mobil ini juga memiliki bumper yang diselimuti dengan rongga udara yang tak dipasang untuk sekedar gaya. Keberadaan rongga ini sendiri bisa berfungsi sebagai pendinginan alami saat mobil dipacu di berbagai medan. Selain itu, dua lubang tambahan juga disematkan di bagian bawah guna tambahakan kesan sporty. Di sisi-sisi samping, tersemat pula fog lamp yang siap suguhkan penarangan tambahan agar mobil bisa tetap prima saat berjalan di bawah cahaya yang redup.

  • Desain bagian samping

Bergerak ke sisi samping, mobil ini memiliki lekukan yang cukup tajam di bawah pintu.  Lekukan tersbeut secara tak langsung membuat sisi ini menjadi lebih dinamis. Seandainya lekuk tersebut dibuat lebih soft mungkin akan terlihat lebih cantik. Selain itu sisi samping juga diberikan lekuk yang agak cembung pada bagian belakang guna membuat sisi samping menjadi lebih aktraktif. Tak ketinggalan pula, agar tampil modern, disematkan pula rongga roda yang cukup tinggi plus velg yang berdesain “anak muda banget” di keempat roda Spin.

Gambar mobil Chevrolet SPin 2017 berwarna abu-abu dilihat dari sisi belakang

Bagian belakang Spin

  • Desain bagian belakang

Bergeser ke sisi belakang, Chevrolet Spin 2017 Indonesia memilikis sedikit cembungan di bagian buritan agar membuat desainnya jadih lebih seksi. Selain itu, kesan stylish tetap dipertahankan melalui desain lampu belakang yang melebar hingga ke sisi samping. Sayangnya, gutaran memanjang di bagian belakang nampak sedikit “mengotori” kesan seksi dari Spin. Namunn secara keseluruhan, untuk kategori mobil MPV, Spin memiliki desain yang lumayan baik serta tidak kaku. Modal ini sendiri sejatinya sudah sedikit banyak mampu menarik atensi pecinta otomotif dimanapun mereka berada.

>>> Baca juga:

INTERIOR Chevrolet Spin 2017

Gambar bagian interior mobil Chevrolet Spin 2017 dengan ruang kabin cukup luas dan nyaman

Ruang kabin pakai konsep two tone colour

Setelah membahas sisi terluar Spin, kini kita akan membedah lebih dalam apa yang tersemat pada sisi interior Chevrolet Spin 2017. Di bagian dalmanya, spin memiliki ruang kabin yang mengusung konsep two tone colour yakni Urban & Light Platinum guna memberikan kesegaran pada bagian dalam. Tak hanya itu, mobil ini juga dibekali dnegan berbagai fitur lengkap guna tawarkan kenyamanan bagi para penggunanya.

Gambar bagian dashboard mobil Chevrolet Spin 2017 Indonesia

Dashboard disuguhkan berbagai fitur terkini

  • Dashboard

Di bagian dashboard misalnya, kita akan disuguhkan berbagai fitur terkini dalam wujud Head Unit touchscreen yang siap suguhkan fitur infotaiment yang dibutuhkan penggunanya. Selain itu, fitur ini juga sudah terintegrasi dengan perangkat lain semisal USB port ataupun dari AUX In serta koneksi Bluetooth. Sebagai pelengkap, dihadirkan pula sistem tata suara dalam wujud empat speaker aktif yang siap berikan kualitas suara terbaik tanpa harus memekakan telinga. Di samping itu, hadir pula sebuah socket dengan power 12V yang siap digunakan sebagai penyulut api maupun mencharge gadget favorit anda.

  • Setir

Di bagian setir, Chevrolet Spin 2017 Indonesia tersemat pula fitur Audio Steering Switch yang siap berikan kemudahan kepada pengemudi untuk utnuk mengganti mengutak-atik berbagai fitur di head unit me;alui lingkar kemudi. Sebagai pelengkap, hadir pula Sporty Digital Speedometer Combination yang siap memberikan informasi secara akurat seputar penggunaan jarak tempuh bahan bakar dan info kendaraan lainnya secara realtime.

Gambar bagian kursi mobil Chevrolet Spin 2017 dengan kursi berwarna putih

Kursi pakai desain semi captain seat guna

  • Kursi

Di sisi kursi, dua kursi bagian depan memiliki desain semi captain seat guna berikan kenyamanan penumpang bagian depan. Sementara pada kursi belakang, Chevy suguhkan fitur pengatur kursi agar mampu mengakomodir kenyamanan duduk sepanjang perjalanan. Tak hanya itu, ruang yang disediakan untuk kaki dan kepala juga cukup mumpuni sehingga membuat tubuh tak cepat lelah meskipun mobil tengha dipacu di jarak yang cukup jauh. Sayangnya, seat bagian ketiga tak cukup nyaman diduduki penumpang dewasa karena keterbatasan ruang yang disediakan. Namunn, seat ini akan sangat signifikan apabila anak-anak yang mendudukinya.

Di sisi lain, sisi interior Chevrolet Spin 2017 ini juga sudah dipersenjatai dengan fitur modern guna proteksi penggunanya seperti dual SRS Air Bags dan Seat Belt with Pre-tensioner and Load Limiter. Lumayan lengkap bukan spesifikasi yang coba dihadirkan Spin?

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Chevrolet Spin 2017

Harga yang harus dikeluarkan calon pemilik Spin memang tergolong kompetitif. Namun bukan berarti Chevrolet menyematkan fitur keamanan dan keselamatan yang seadanya. Mobil asal Amerika itu tetap memperhatikan dua aspek, yang juga menjadi value added bagi para penggunanya. Untuk sisi keselamatan, Spin sudah  dilengkapi sistem pengereman modern yang sudah berteknologi ABS + EBD. Pengemudi maupun penumpang rasanya tak perlu khawatir saat mobil dipaksa harus melakukan pengereman dadakan. Kombinasi keduanya akan sangat berguna untuk hasilkan pengereman yang optimal. Dari sisi keamanan, Chevrolet Spin 2017 Indonesia sudah menggunakan fitur immobilizer yang siap suguhkan proteksi keamanan terbaik.

>>> Klik sini untuk simak informasi lengkap tentang mobil Chevrolet di Indonesia

OPERASI Chevrolet Spin 2017

Gambar mobil Chevrolet Spin 2017 berwarna abu-abu

Mesin apa yang dipakai untuk mobil Chevrolet Spin 2017?

Menilik sistem operasi yang tersedia pada mobil ini, Spin siap percaya diri karena sudah dilengkapi dengan dua varian mesin yakni DOHC Dual VVTi dan Commonrail Direct Injection with Turbocharger. Dua meisn tersebut dapat dipilih kapasitas mesinnya mulai dari yang terendah 1.2 liter, 1.3 liter, dan 1.5 liter. Pada mesin berukuran 1.3 liter, Spin menggunakan mesin diesel dengan tipe mesin 4 Cylinder Commonrail Direct Injection with Turbocharger. Melalui mesin tersebut, Spin mampu menyemburkan tenaga 75 Ps/4.000 rpm dengan torsi maksimum 190 Nm/1.750 rpm. Sekedar informasi, mesin tersebut sudah mendapatkan tinta emas dari Auto Bild Indonesia sebagai Best Fuel Consumption dan Bosmobil untuk kategori Best Diesel. Jadi bisa dipastikan, mesin tersebut akan menjadi nilai tambah serta pertimbangan manis bagi pengguna yang ingin membawa pulang mobil ini.

Untuk mesin1.2 dan 1.5 liter yang siap bergerak dengan bahan bakar bensin, mesin yang digunakan memiliki tipe 4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi. Mesin berukuran 1.2 liter tersebut diklaim lebih ramah bahan bakar dibandingkan dengna kompetitornya. ,esom tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 109 Ps/6.000 rpm dengan torsi maksimum 142 Nm/3.800 rpm. sementara untuk mesin terakhir yang berukuran 1.5 liter, mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 86 Ps/5.600 rpm dengan torsi 115 Nm/4.000 rpm.

Ketiga varian mesin tersebut siap digerakan dengan transmisi manual lima dengan lima percepatan. Di samping itu, kedua type mesin tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi Multi Point Fuel Injection System untuk melakukan pengiritan bahan bakar Namunn tetap mampu memaksimalkan tenaga saat dipacu.

>>> Untuk dapat informasi tentang mobil-mobil lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Chevrolet Spin 2017

Sebagai penambah informasi. cintamobil.com telah membuatkan tabel yang berisi spesifikasi Chevrolet Spin 2017 untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi dikemudian hari ya. 

Tipe

Mesin 1.2 Liter

Mesin 1.3 Liter

Mesin 1.5 Liter

Seri mesin

4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi

4 Cylinder Commonrail Direct Injection with Turbocharger

4 Cylinder DOHC 16 Valve Dual VVTi

Kubikasi

1,229 cc

1,248 cc

1,485 cc

Tenaga Maksimum

86 PS/5,600 rpm

75 PS/4,000 rpm

109 PS/6,000 rpm

Torsi Maksimum

86 PS/5,600 rpm

190 Nm/1,750 rpm

142 Nm/3,800 rpm

Transmisi

Manual with 5 Speed

Manual with 5 Speed

Manual with 5 Speed

Dimensi

Panjang  x Lebar x Tinggi

4.360 mm x 1.735 mm x 1.664 mm

Jarak Poros Roda

2,620 mm

Tempat Duduk

7 Seats

Lain-lain

Ban

195/65 R16

Suspensi Depan

Ventilated Disc

Suspensi Belakang

Drum

Velg

Alloy 15×6 j

kelebihan & kekurangan Chevrolet Spin 2017

Cintamobil.com juga hendak melampirkan kelebihan dan kekurangan Chevrolet Spin 2017. Meskipun tak banyak, poin-poin ini akan sangat berguna sebagai bekal informasi tambahan sebelum anda memutuskan untuk membawa pulang Chevrolet Spin 2017 Indonesia ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain Aktraktif

Ruang Baris Ketiga Terlalu Sempit

Sudah Power Steering

Spare Part Cukup Mahal

Harga Kompetitif

 

daftar harga Chevrolet Spin 2017

Sebelumnya, kami sempat menyinggung jika mobil ini memiliki harga yang cukup kompetitif. Lantas, berapakah harga yang harus dikeluarkan untuk membungkus Chevrolet Spin 2017 Indonesia ini?

Harga Chevrolet Spin

Chevrolet Spin 1.2 L LS M/T

Rp 114 Jutaan

Chevrolet Spin 1.2 L LT M/T

Rp 158 Jutaan

Chevrolet Spin 1.3 LTZ MT (DIESEL)

Rp 219 Jutaan

Chevrolet Spin 1.5 LS MT

Rp 171 Jutaan

Chevrolet Spin 1.5 LTZ MT

Rp 193 Jutaan

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Rp 204 Jutaan

Chevrolet Spin Activ 1.5 AT

Rp 212 Jutaan

Video Chevrolet Spin 2017

Lantas, seperti apa wujud teranyar dari Chevrolet Spin? Berikut videonya, selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Chevrolet Spin 2017

Secara keseluruhan, Chevrolet Spin 2017 Indonesia merupakan mobil keluarga dengan fitur yang cukup mumpuni. Dari sisi harga, mobil ini juga cukup kompetitif. Dan yang terpenting, keberadaan sistem injeksi pada mesin juga membuat mobil ini sangat irit terhadap bahan bakar. Anda senang bepergian beramai-ramai? Spin mungkin akan menjadi mobil yang cocok untuk anda sekeluarga. Segera hubungi dealer Chevrolet di kota anda untuk pastikan ketersediaannya ya.

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil