Review Chevrolet Spark 2011

22/12/2017

Share this post:

Chevrolet Spark 2011

Editor rate:

Rp70.000.000 - 80.000.000

Daftar Harga Chevrolet Spark Terbaru Lihat promo

Sebagian besar pecinta otomotif di Indonesia menyukai berkendara dengan kendaraan roda empat yang irit terhadap bahan bakar. Tak heran, pabrikan yang sering mengeluarkan katalog mobil dengan keunggulan tersebut akan menuai sukses yang lumayan. Membaca adanya peluang apabila memproduksi mobil yang irit bahan bakar, pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet meluncurkan Chevrolet All New Spark pada tahun 2011 silam. Inilah review Chevrolet Spark 2011.

Review Chevrolet Spark 2011
Review Chevrolet Spark 2011
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Spark 2011

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Spark 2011 di bawah ini.

Kelebihan

Irit Bahan Bakar

Harga Bersahabat

Ruang Kaki dan Kepala Cukup Mumpuni

Kekurangan

Mulai Sulit Dicari

Mesin Kerap Meraung

Fitur Keselamatan Kurang

Review Chevrolet Spark 2011 - Enam tahun lalu, distributor Chevrolet untuk Indonesia, PT General Motors Auto World Indonesia (GMAI) meluncurkan Chevrolet All New Spark kepada konsumen di Nusa Dua, Bali. Mobil yang tampil dengan cukup elegan itu didesain sangat mirip dengan Mid SUV. Sekedar Catatan All New Spark merupakan mobil generasi ketiga dari Chevrolet sejak debut menggantikan Daewoo Tico. Dari sisipenjualan, mobil ini sendiri merengkuh kesuksesan dengan mencatatkan penjualan di atas dua juta unit untuk penjualan di seluruh Indonesia. Menilik tinta emas tersebut, Chevrolet selaku pabrikan sendiri melakukan pembaharuan denan harapan bisa merenkuh kembali prestasi manis yang sebelumnya sudah pernah diraih. Apa saja yang ditawarkan mobil ini? dan masih relevankah mobil ini dikemudikan di jalan perkotaan tanah air di tahun 2017 ini? Silahkan simak tulisan review Chevrolet Spark 2011 yang disampaikan oleh cintamobil.com

Eksterior Chevrolet Spark 2011

Sudah dipaparkan di atas, dari sisi terluarnya, Spark memiliki desain eksterior yang cukup menarik perhatian. Jika diperhatikan dengan seksama, wujud luar Spark sangat mirip dengan Mid SUV pada umumnya. Chevrolet nampaknya ingin merubah paradigma mobil mini dengan desain itu-itu saja melalui Spark. Secara keseluruhan, mobil yang muncul pertama kali di film Transformers: Revenge of the Fallen ini meninggalkan desain terdahulu agar terlihat lebih fresh.

Tampilan bagian depan Chevrolet Spark 2011 berwarna hijau sedang parkir di tengah jalan

Desain bagian depan Chevrolet Spark 2011

  • Desain bagian depan

Di sisi depan misalnya, Spark tampil kalem dengan grill berbentuk kotak memanjang yang mengikuti alur body. Desain yang nampak tak basa-basi ini memang sangat cocok untuk menjaga kesan kalem pada mobil. Untuk memberikan sedikit kesan mahal, Chevy memberikan sentuhan aksen chrome pada list grill. Tak lupa pula, Logo Chevrolet diletakan secara ekslusif dengan ruang khusus beraksen serupa dengan warnabody di bagia tengah. Bergerak sedikit ke samping penutup karburator tersebut, tersemat head lamp yang berukuran cukup besar. Lampu utama denan desain serupa diamond ini merupakan salah satu daya tarik dari mobil ini. Ukurannya yang jumbo dipastikan akan membuat mata siapapun terpana karenanya.

Sementara pada sisi bawah, tersemat bumper berukuran besar. Di bagian tengah bumper tersebut tersemat rongga udara berukuran besar yang desainnya serupa dengan sisi grill. Kehadiran rongga udara tersebut juga membuat sisi depan menjadi terasa aerodinamis. Sebagai pelengkap, disematkan pula gradasi bumper berukuran kecil di bagianbawah dengan list berwarna perak di kedua sisi.

Gambar mobil Chevrolet Spark 2011 berwarna hijau dilihat dari sisi samping

Bagain samping

  • Desain bagian samping

Sementara pada bagian samping, tersemat dua guratan garis yang menjorok ke dalam. Guratan tersebut juga membuat sisi samping menjadi dinamis. Sayangnya, apabila Chevy lebih berani bermain gradasi di sisi pintu, mobil ini akan terlihat lebih sempurna. Namun, untuk menutupi kekurangan tersebut, sudah disematkan aksen cantik melalui desain velg racing yang berkonsep “anak muda banget”. Di bagian atas, disematkan pula roof rail guna menopang barang bawaan dalam jumlah besar. Keberadaan roof rail ini sendiri sekaan memberikan opsi kepada para penggunanya apabila hendak bepergian jarak jauh dan membawa banyak bawaan.

Gambar bagian belakang mobil Chevrolet Spark 2011 berwarna hijau

Tampilan belakang

  • Desain bagian belakang

Sementara pada bagian belakang, tersemat kesan sederhana namun tetap dengan rasa elegan. Hal tersebut dapat dilihat melalui penempatan lampu belakang berdesain futuristik lengkap dengan dua mata lensa di bagian dalam. Penerangan lampu juga sudah maksimal karena sudah dilengkapi dengan teknologi LED. Sementara di sisi bumper, Spark hadirkan liset berwarna hitam yang terlengkung secara rapih ditemani dengan rear combination lamp berukuran kecil. Sisi knalpot juga terlihat baik saat menyatu dengan bagian bumper belakang. Secara keseluruhan, desain eksterior dari Spark emmang terkesan cukup maha meskipun mobil ini termasuk ke dalam segmen Green Car. Bahkan bisa dipastikan, desain eksterior Chevrolet Spark 2011 merupakan anomali untuk mobil di ranah sejenis pada saat diluncurkan pertama kali.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Chevrolet Spark 2011

Untuk ukuran Green Car, eksterior yang disematkan para Spark terbilang cukup lumayan luas. Hal tersebut dapat dilihatdari tertatanya tampilan dalam mulai dari dashboard, penataan kursi, hingga ruang-ruang yang disediakan. Tak hanya itu, sisi interior Spark juga menawarkan desain yang futuristik layaknya mid SUV. Singkat kata, interior Chevrolet Spark 2011 memang tak ingin kalah dengan bagian luar dan siap menawarkan kenyamanan bagi para penggunanya.

Desain bagian dashboard mobil Chevrolet Spark 2011 dengan warna utama yaitu coklat muda

Dashboard dengan desain cukup menggoda

  • Dashboard

Di sisi dashboard misalnya desain yang disuguhkan cukup menggoda. Hal tersebut ditandai dengan disematkannya model dual-cockpit yang tersemat di bagian tengah. Selain itu, hadir juga fitur hiburan dalam wujud multimedia player yang siap putarkan lagu-lagu kesukaan melalui digital macam MP3 dan analog melalui perangkat CD. Untuk kualitas tata suara, pengguna tak perlu khawatir karena Chevy sudah menyediakan speker aktif berkualitas terbaik yang ramah di telinga.

  • Steering

Sementara pada bagian steering, tak banyak yang ditawarkan selain fitur steering switch control pada bagian samping. Desain setir yang hadir juga terkesan ketinggalan jaman. Namun, Cheby coba menebus kekurangan setir tersebut dengan speedometer yang unik. Panel informasi kendaaraan tersebut terbagi menjadi dua jenis. Desain bulat untuk mengetahui jarak tempuh dan desain kotak untuk melihat traffic penggunaan bahan bakar, performa mesin dan lain sebagainya. Panel yang disematkan pada Spark sendiri bisa dibilang step a head jika dibandingkan dengan kompetitor di ranah sejenis.

Gambar bagian kursi mobil Chevrolet Spark 2011 dengan jok berwarna abu-abu

Kursi memberikan sentuhan two tone colour

  • Kursi

Bergerak ke sisi kursi, Chevy memberikan sentuhan two tone colour untuk bagian ini. kombinasi dua warna tersebut juga membuat kursi terlihat lebih fresh. Untuk memberikan rasa nyaman, material yang digunakan terbilang cukup mumpuni. Di samping material kursi yang baik, Spark juga siap menjaga mobilitas penumpangnya dengan hadirnya ruang-ruang yang cukup luas untuk kaki dan kepala. Mereka yang memiliki postur tinggi juga tak akan merasa risih dengan mobil ini karena jarak antara kepala ke langit-langit kabin bisa dibilang cukup maksimal.

Karena mobil ini berkonsep beat, disediakan pula berbagai ruang-ruang berukuran medium di seluruh penjuru kabin guna memberikan kemudahan penggunanya dalam menyimpan berbagai barang bawaan berukuran sedang sepeti botol minum, majalah, buku, obat-obatan dan lain sebagainya.

Ruang bagasi mobil Chevrolet Spark 2011 berwarna hijau

Ruang penyimpanan Chevrolet Spark 2011 cukup minim

  • Sisi kargo

Untuk sisi kargo sendiri, mobil ini memang memiliki ruang penyimpanan yang cukup minim seperti Green Car pada umumnya. Namun seperti yang kami sebutkan di atas, berbagai barang bawaan bisa diletakan di roof rail. Sekedar catatan, bagasi yang disediakan oleh Spark memiliki volume 170 liter. Jumlah itu bisa dinaikan secara signifikan apabila bangku bagian belakang dilipat dengan konfigurasi 60/40. Namun saat bangku dilipat, bisa dipastikan jumlah penumpang yang mungkin masuk ke mobil ini akan berkurang setengahnya.

>>> Baca juga: Sedang cari mobil pickup? Ini Chevrolet Cororado sebagai referensi untuk Anda

Fitur Chevrolet Spark 2011

Gambar menunjukkan fitur keselamatan mobil Chevrolet Spark 2011 yaitu dual airbags

Fitur airbag di sisi depan 

Spark bukanlah mobil yang bisa diharapkan mampu memberikan protesksi tambahan kepada penggunanya. Pasalnya, mobil ini tak memiliki kelengkapan pengamanan yang mumpuni seperti pengereman Abs, Airbag di sisi depan serta beragam fitur terkini lainnya. Satu-satunya fitur keselamatan yang hadir adalah seatbelt. Menyedihkan memang.

Seakan ingin kembali menebus dosa atas berbagai kekurangannya, mobil ini pun coba memberikan fitur kenyamanan dengan memberikan peredaman yang baik ke seluruh kabin agar noise yang terjadi di luar tak langsung masuk ke bagian kabin. Tak hanya sektor peredaman, mobil ini juga coba melengkapi diri dengan menghadirkan teknologi chasis Euro NCAP yang siap meredam berbagai benturan hebat dari luar kabin.

Operasi Chevrolet Spark 2011

Gambar bagian mesin mobil Chevrolet Spark 2011

Mesin S-Tech II DOHC Port Deactivation 1.2 L 4 silinder, 16 katup

Untuk sisi permesinan sendiri, Spark sudah dilengkapi dengan mesin S-Tech II DOHC Port Deactivation 1.2-liter 4-silinder dengan 16 katup. Mesin Chevrolet Spark 2011 ini sendiri mampu mengeluarkan tenaga maksimum 82 hp/6.400 rpm dengan torsi maksimum 108 Nm/4.800 rpm. Sebagai penggerak, sudah disematkan pula transmisi manual dengan lima percepatan. Namun, sayangnya, mesin tersebut kerap mengeluarkan raungan yang tak mengenakan saat dipacu di berbagai medan. Bahkan bisa dipastikan, mobil ini akan sangat kesulitan menempuh medan dengan tanjakan terjal karena mesin yang disematkan sama sekali tak mendukung untuk bermanuver di medan-medan tertentu. Seperti namanya, mobil ini memang hanya cocok dikemudikan di jalan perkotaan yang sarat dengan kontur stop and go.

Spesifikasi Chevrolet Spark 2011

Cintamobil.com telah merangkum berbagai spesifikasi dari Green Car andalan Chevrolet ini. Apa saja yang tersemat di dalamnya? Berikut perincian tentang spesifikasi Chevrolet Spark 2011.

Mesin Chevrolet Spark

Seri mesin

S-Tech II DOHC Port Deactivation 1.2-liter 4-silinder

Top Speed

152 KM/Jam

Tenaga Maksimum

82 hp/6.400 rpm

Torsi Maksimum

108 Nm/4.800 rpm

Kapasitas Tangki

35 L iter

Dimensi Chevrolet Spark

P x L x T

3495 mm x 1495 mm x 1518 mm

Berat

 855.00 kg

Tempat Duduk

4 Seat

Lain-lain Chevrolet Spark

Ban

155/70 R13

Suspensi Depan

Macpherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Transmisi

5-Speed Manual

Daftar Harga Chevrolet Spark 2011

Mobil yang sudah keluar sejak 6 tahun lalu ini memiliki harga yang masih cukup kompetitif untuk ukuran mobil second. Berapa budget yang harus anda keluarkan untuk menebus mobil ini? Silahkan melihat daftar harga Chevrolet Spark 2011 di bawah ini.

Harga Chevrolet Sparks 2011

Chevrolet Sparks 2011

Rp70-80 Jutaan (Harga Second)

Kesimpulan Chevrolet Spark 2011

Sparks merupakan Green Car yang akan sangat cocok untuk anda yang ingin tetap irit dalam berkendara. Performa mesin yang lumayan serta desainnya yang unik menjadi nilai tambah bagi mobil ini. 6 tahun sejak pertama diluncurkan, rasanya mobil ini masih cukup kompetibel untuk dipacu di trek perkotaan. Dan, sebagai akhir, setelah membaca tulisan review Chevrolet Spark 2011, tertarikkah anda untuk membawa pulang mobil ini?

Heri Susanto
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DI Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DI Yogyakarta

Review lain

Review Chevrolet Aveo 2013

23/01/2018

Editor rate:

Dominasi Hatchback rakitan pabrikan Jepang dan Korea nampaknya membuat gerah produsen asal Amerika Serikat, Chevrolet. Pabrikan dengan logo salib emas tersebut merespon kompetitornya dengan mengeluarkan Hatchback bergaya premium namun memiliki harga yang cukup kompetitif dalam bentuk Aveo. Mobil satu ini memang dipersiapkan sebagai jawaban bahwa Chevy mampu bermain di ranah lain guna merengkuh ceruk pasar di industri otomotif. Di bawah ini adalah tulisan review Chevrolet Aveo 2013.

Lihat juga

Review Chevrolet Orlando 2017

Rp 307.000.000

25/12/2017

Editor rate:

Dalam beberapa waktu belakangan, pabrikan asal Amerika Serikat, Chevrolet, boleh dibilang tengah rajin memproduksi berbagai mobil dari ranah SUV. Kini, mereka juga mengeluarkan mobil dengan segmentasi yang tengah hype di pasaran yakni MVP dalam wujud Chevrolet Orlando 2017. Mid SUV ini sangat merepresetasikan mobil-mobil ala negeri paman Sam yang terkenal kokoh dan besar. Inilah review Chevrolet Orlando 2017.

Lihat juga

Review Chevrolet Aveo 2017 Indonesia

Rp 194.000.000

04/01/2018

Editor rate:

Chevrolet Aveo merupakan mobil lama yang kembali dirilis ke pasaran. Tentunya, mobil ini sendiri banyak mengalami perubahan dari berbagai sisi guna membuat tampilannya menjadi lebih fresh. Di tahun 2017 ini, Aveo kembali dirilis dengan desain yang cukup maskulin dan boleh dikatakan mendekati premium. Chevrolet selaku pabrikan sudah tentu berharap banyak atas hatchback anyarnya ini. Akankah Aveo mampu berkompetisi dengan hatchback buatan Jepang, simaklah tulisan review Chevrolet Aveo 2017 ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Spin 2013

03/01/2018

Editor rate:

Chevrolet Spin merupakan low MPV yang dibuat oleh Chevrolet untuk pasar Brazil dan Indonesia. Mobil ini mulai diproduksi pada tahun 2012, tetapi karena mobil ini kurang bisa bersaing dalam angka penjualan di pasar, Chevrolet akhirnya memutuskan untuk menarik mobil ini dari pasaran. Lalu, bagaimanakah sebenarnya performa dari Chevrolet Spin ini sendiri? Silahkan membaca tulisan review Chevrolet Spin 2013 ini.

Lihat juga

Review Chevrolet Captiva 2010

Rp 120.000.000 - 150.000.000

05/01/2018

Editor rate:

Nama Captiva memang bukanlah nama baru di industry otomotif. Mobil besutan Chevrolet ini sudah malang melintang di berbagai lintasan sejak memulai debutnya di tahun 2006 silam. Sekedar meremain, kami akan coba mengulas Captiva edisi 2010 yang notabene merupakan generasi pertama dari SUV asal negeri paman Sam ini. Seperti apa penampakannya? Semua jawaban ada dalam tulisan review Chevrolet Captiva 2010 ini.

Lihat juga
back to top