Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette

26/07/2019

Share this post:

Chevrolet Corvette 2020

Editor rate:

Lihat promo

Menciptakan Mid-Engine Corvette bukanlah proses mudah bagi seorang Zora Arkus-Duntov. Perlu banyak kegagalan, hambatan dan bahkan sukses membuat Duntov depresi hingga akhir hayatnya. Ya, mobil yang akan dibahas kali ini bukanlah hal baru, tapi sebuah realisasi dari gagasan The Godfather of Corvette, Duntov. Secara spesial, tim Cintamobil.com akan mengupasnya secara tuntas dalam review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette
Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Terwujudnya Mimpi Duntov, The Godfather of Corvette
0 Gambar

Pengantar Chevrolet Corvette 2020

Mari kita simak spesifikasi Chevrolet Corvette 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Style eksterior yang cukup mengesankan berkat penggunaan Platform Mid-Engine

New-Entry untuk Sportcar Mid-Engine di luar Lamborghini dan Ferrari

Diklaim memiliki performa Handling dan Cornering yang mengesankan

Diprioritaskan untuk kenyamanan berkendara dan dirancang Driver’s Oriented

Kekurangan

Cukup disayangkan, mesinnya menggunakan V8 masih sama sejak terciptanya model Prototype CERV (1959)

Mobil Mid-Engine memiliki kekurangan dalam hal keterbatasan ruang dalam kabinnya

Butuh waktu bagi masyarakat untuk mengenal ketangguhan GM dalam merancang mobil Mid-Engine

Tidak ada kabar resmi mengenai kehadirannya di Indonesia

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 - Pembalap terkemuka yakni Duntov memang sudah lama jatuh cinta pada Corvette. Semasa hidupnya, Ia punya gagasan untuk membuat rancangan mesin berposisi di tengah (Mid-Engine) pada Corvette. Menurutnya, pemikiran brilian tersebut dirasa mampu menjadi solusi dari kelemahan Roadster. Sayang, 23 tahun masa karirnya bersama General Motors (GM) nyatanya berkata lain, bersimpangan dengan sejarah Corvette. Duntov merasa gagal mengubah Corvette menjadi Platform Mid-Engine, yang pada akhirnya membuat Ia frustasi seumur hidup.

Zora Arkus Duntov adalah orang pertama yang cukup genjar menyuarakan Corvette berbasis Mid-Engine

Sosok Zora-Arkus Duntov, The Godfather of Corvette

Untungnya, Chevrolet masih menyimpan 11 model Prototype yang memang ciptaan Duntov, bibit awal dari Mid-Engine. Chevrolet Engineering Research Vehicle (CERV) adalah Prototype pertama punya tenaga mesin V8 berdaya 353 HP, diciptakan pada tahun 1959 silam. Menariknya, model ini menjadi sebuah rahasia yang ditutupi selama hampir 2 tahun, sebelum akhirnya muncul di US Grand Prix 1960. Duntov pun berhasil mengendarainya di Pikes Peak sebanyak 60 kali dan selalu mencatatkan rekor positif.

CERV-I adalah Prototipe pertama yang dibuat oleh Duntov di tahun 1960-an

CERV-I, Prototype pertama Duntov soal Mid-Engine

Langkah berikutnya dari Duntov adalah menciptakan model Mid-Engine difokuskan pada ajang ketahanan LeMans. Dari tahap perencanaan, model CERV-II akan diciptakan sebanyak 6 unit di tahun 1964. Tapi sayang, pihak GM menganggap bahwa Platform Mid-Engine Duntov tidak konvensional. Sehingga, GM harus menarik semua aktivitas balap kala itu. Bahkan, CERV-II hanya tercipta satu unit saja dan akhirnya dilelang di RM Sotheby pada tahun 2013.

Kegagalan demi kegagalan dari usaha Duntov terus berlanjut. Ada total 11 Prototype yang ditolak mulai dari CERV-II (1964), XP-880 Astro II (1968), XP-882 (1970), XP-895 (1972), Reynolds Aluminum Corvette (1973) hingga CERV-III (1990). Barulah pada tanggal 18 Juli 2019, Chevrolet punya niatan untuk menghidupkan kembali mimpi Duntov yang terpendam.

Prototype Corvette memiliki 11 model Mid-Engine yang dirancang langsung oleh Duntov

Berbagai Prototype yang dipaparkan sebelum peluncuran Corvette C8 Stingray di Tustin, California

Corvette C8 adalah generasi kedelapan dari jajaran keluarga Corvette berkode C, menerapkan model Mid-Engine untuk pertama kalinya, sesuai impian Duntov. Bahkan, sosoknya menjadi sejarah baru bagi Chevrolet. GM President, Mark Reuss, menuturkan, “Dalam kenyamanan dan kesenangan, model terbarunya ini masih mirip dengan ciri khas Corvette, tapi lebih unggul soal kenyamanan dibanding produk Corvette lainnya.” Lewat latar belakang tersebut, Cintamobil.com secara spesial akan membawakan review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020.

Corvette C8 Stingray 2020 diperkenalkan secara resmi pada 18 Juli 2019 di California

Corvette C8 dinamai Stingray, nomor satu soal kecepatan dan kenyamanan

Eksterior Chevrolet Corvette 2020

Terinspirasi dari balap masa kini, desain eksterior Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 mencampurkan esensi agresif, futuristik dan dimensi tubuh proporsional. Michael Simcoe sebagai wakil presiden Global Design GM, mengklaim bahwa Corvette C8 adalah mobil terbaik Amerika saat ini di segmen Mid-Engine Sport Car.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Eksterior Depan

Mimik wajah depannya benar-benar tegas sekaligus tajam. Terbukti dari garis Bonnet-nya yang dirancang menukik ke arah bemper depan. Tak lupa logo Corvette juga disematkan di sisi tengahnya, sehingga identitas bersejarahnya tak mudah dilupakan.

Eksterior Depan Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 dilengkapi dengan lampu LED DRL dan lampu utama Projector

Fascia depan dikemas tegas tanpa menghilangkan siluet aerodinamis

Terdapat dua fitur menarik yang kami temui. Pertama terletak pada aspek lampu yang sudah didukung konfigurasi Projector dan LED Daytime Running Light (DRL), bersinar elegan di malam hari. Sedangkan fitur kedua adalah kisi-kisi pada dua ujung bemper depannya. Meski tak dijelaskan secara resmi, tapi umumnya sengaja dirancang untuk mendinginkan rem.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Eksterior Samping

Merambah ke sisi samping, bodinya benar-benar seksi berkat struktur Mid-Engine. Sekilas melihat, tubuhnya lebih mirip Lamborghini yang memang sudah bermain lebih lama di Platform Mid-Engine. Kami kenal betul, dimensi bodi seperti ini yang lebih menonjol soal akselerasi dan Handling sangat nyaman.

Eksterior Samping Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 terlihat cukup agresif berkat penggunaan Platform Mid-Engine

Siluet bodinya dikemas proporsional siap untuk membelah angin

Desain pelek sendiri terlihat cukup apik, berpalang lima dipadu logo Corvette pada Wheel Cap-nya. Tulisan Corvette juga ditemukan pada Disc Brake dipadu warna merah, kesan agresif benar-benar didapatkan pada sisi ini.

Velg Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 menggunakan warna hitam serta dihias apik dengan rem Brembo berkelir merah

Desain pelek dirancang seagresif mungkin, didominasi warna hitam dan merah

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Eksterior Belakang

Twin Dual Exhaust berlapis krom memberi kesan lebih dramatis jika mengamati sektor buritannya. Di sisi lain pula, terdapat sebuah Spoiler berwarna hitam, diklaim mampu menambah gaya tekan ke bawah (Downforce) sehingga mobil tak melayang di kecepatan tinggi. Hal ini benar-benar mengesankan, membuat kami cukup penasaran untuk segera membahas performa mesinnya.

Eksterior Belakang Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 sudah dilengkapi dengan Twin Dual Exhaust dipadu fitur Spoiler

Dual Element LED Taillamps dipadu Animated Turn Signal, membuat bodi belakangnya terlihat lebih garang

>>> Baca juga:


Interior Chevrolet Corvette 2020

Tema bak Cockpit pesawat Jet dipilih untuk desain interior Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020. Pihak Chevrolet pun mengatakan secara pasti bahwa kabin C8 Stingray terinspirasi dari Cockpit pesawat Jet F22, F35 dan sejenisnya. Menurut pendapat kami, tema ini sengaja dihadirkan untuk para pecinta kecepatan, membuat Adrenaline sang pengendara mengucur deras.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Dashboard

Tema Driver’s Oriented benar-benar diaplikasikan pada dashboard Corvette C8. Lihat saja panel Head Unit-nya yang dirancang menghadap pengendara, sehingga informasi dan Multimedia bisa diamati lebih mudah. Tak perlu menjulurkan tangan terlalu panjang, hanya perlu sedikit gerakan saja untuk mengoperasikan Head Unit.

Dashboard Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 dikemas minimalis dengan dominasi dua warna yakni hitam dan merah

Dashboard menggunakan tema Driver’s Oriented, lebih difokuskan untuk kenyamanan sang pengendara

Urusan desain, dominasi warna hitam dan merah menjadi poin utama. Bahan kulit yang digunakan untuk dashboard-nya juga berkualitas, Soft Touch. Beberapa elemen memang sengaja disematkan supaya mendongkrak kepercayaan diri sang pengendara.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Setir

Kemudi setir memang jadi pesona tersendiri bagi Corvette untuk menjelaskan generasinya. Terbukti sebelum peluncurannya, desain setir-lah yang dijelaskan lebih dulu, menjadi ajang Teaser bagi para pecinta Corvette.

Setir Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 menggunakan model dua palang dan sudah dilengkapi fitur multifungsi

Kemudi setir mengalami ubahan dibanding model Corvette sebelumnya

Bentuk setirnya cukup Compact, menerapkan model dua palang dengan logo Corvette di sisi tengah. Terdapat pula sebuah layar informasi, Multi Information Display (MID) berukuran 12 inci. Konfigurasinya sudah Digital dan dikemas ala Racing, menyamankan si pengendara dalam Cockpit-nya. Bahkan, tombol pengaturan audio hingga Cruise Control sudah tersedia apik pada setirnya.

Review Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020: Kursi

Tersedia tiga pilihan trim untuk kursi Corvette C8 yakni GT1, GT2 serta Competition Sport. Pada kursi GT1, kursinya lebih mengedepankan kenyamanan sehingga lebih cocok untuk berbagai kondisi berkendara. Sedangkan pada trim GT2, dikhususkan untuk berkendara dengan jarak tempuh jauh. Jika GT1 menggunakan bahan kulit Mulan, beda cerita dengan GT2 yang menggunakan kulit Napa. Terakhir adalah Competition Sport untuk pengendara di trek balap.

Kursi Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 hanya mampu menampung dua orang saja

Kursinya dibalut dengan bahan kulit, khusus untuk dua orang saja

>>> Informasi menarik lainnya:

Fitur Chevrolet Corvette 2020

Mid-Engine menjadi jantung utama dari mobil ini. Mimpi gagal Duntov akhirnya terealisasi pada Corvette C8 bernama Stingray ini. Tadge Juechter selaku Corvette Executive Chief Engineer juga mengatakan, “Tidak ada Corvette yang senyaman serta sestabil seperti ini.” Hipotesis dari Duntov benar-benar terbukti dalam hal ini.

Meski begitu, Chevrolet juga bukannya tak turut ambil andil dalam karya Duntov. Untuk memperkuat performanya, fitur Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 dibekali tiga hal utama. Pertama adalah struktur bodi kuat dan juga ringan, dinamai Bedford Six. Platform ini secara khusus dibuat di pabrikan GM Bedford, Indiana. Diklaim C8 memiliki performa Handling serta Cornering yang mumpuni berkat Bedford Six.

Kedua adalah terkait bemper belakangnya, menerapkan bobot ringan. Bahkan, Chevrolet mengklaim dirinya sebagai industri pertama yang menggunakan hal tersebut pada mobil Mid-Engine. Sementara itu, hal ketiga adalah penggunaan komponen super ringan di berbagai material kabinnya. Pemangkasan bobot bodi adalah tujuan utama, supaya aspek kenyamanan dapat diraih dan memiliki performa Handling mengesankan.

Operasi Chevrolet Corvette 2020

Untuk model Super-Power ini, tampaknya Chevrolet tak ingin bermain-main soal jantung pacu. Generasi baru mesin 6.2L Small Block V8 LT-2, resmi menjadi operasi mesin Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020. Mesinnya sendiri mampu digeber hingga mencapai daya 495 HP dengan catatan torsi 637 Nm. “Low-End Torque dan High-End Power, membuat respon pedal terasa mumpuni di tiap RPM,” kata Jordan Lee, GM Global Chief Engineer.

Operasi Mesin Chevrolet C8 Stingray 2020 mampu menghasilkan daya sebesar 495 HP

Performa mesinnya tak main-main menggunakan 6.2 Liter

Akselerasi 0-100 Km/Jam mampu dikejar dalam tempo di bawah 3 detik saja, jika diaplikasikan bersama Performance Package. Sebuah tenaga yang benar-benar mengesankan. Adapun transmisi dikemas sangat mengasyikkan, 8 tingkat percepatan Dual-Clutch, New Electronic Transmission Range Selector DCT.

Mesin Mid-Engine Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 mampu memberikan tingkat kestabilan lebih tinggi daripada model Corvette lainnya

Inilah pola Mid-Engine yang diterapkan pada Corvette C8, bagasi pada sisi belakang dan mesin di posisi tengah

Spesifikasi Chevrolet Corvette 2020

Untuk informasi seputar teknis, Anda bisa melihat tabel spesifikasi Chevrolet Corvette C8 Stingray 2020 di bawah ini.

SPESIFIKASI CHEVROLET CORVETTE C8 STINGRAY 2020

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.630 mm x 1.934 mm x 1.234 mm

Jarak Pijak Depan

1.648 mm

Jarak Pijak Belakang

1.586 mm

Wheelbase

2.722 mm

MESIN

Tipe Mesin

LT2 6.2 Liter V8 VVT

Kapasitas Silinder

6.159 cc

Daya Maksimum

495 HP / 6.450 Rpm

Torsi Maksimum

637 Nm / 5.150 Rpm

Sistem Transmisi

8 Percepatan Dual-Clutch

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone, Forged Aluminum Upper dan Cast Aluminum L-Shape dan Monotube Shock Absorbers

Suspensi Belakang

Double Wishbone, Forged Aluminum Upper dan Cast Aluminum L-Shape, Direct Acting Stabilizer Bar dan Monotube Shock Absorbers

Ukuran Ban

245/35 ZR19 (Depan)

305/30 ZR20 (Belakang)

Daftar Harga Chevrolet Corvette 2020

Untuk saat ini, Corvette C8 hanya diperkenalkan saja ke masyarakat global dan belum diberikan informasi tentang estimasi harganya. Namun dari banyak penelusuran yang ada, diprediksi daftar harga Corvette C8 Stingray 2020 berkisar di angka $60.000 di kisaran Rp. 836 jutaan. Tak menutupi kemungkinan harganya akan melonjak tinggi jika tiba di Indonesia karena ada biaya tambahan impor, izin dan hal lainnya.

>>> Daftar Harga Mobil Chevrolet Terbaru Oktober 2020 Di Indonesia

Kesimpulan Chevrolet Corvette 2020

The Godfather of Corvette, Zora-Arkus Duntov, punya impian sejak dulu untuk menerapkan model Mid-Engine pada mobil GM. Bahkan hingga akhir hayatnya, Duntov depresi berat karena belum bisa merealisasikan impian tersebut. Barulah pada tahun 2019 ini, Chevrolet diwakili oleh GM, meluncurkan Corvette C8 yang dinamai Stingray. Untuk pertama kali dalam sejarah, mobil terbarunya ini menerapkan Mid-Engine, sesuai impian Duntov. Apakah sensasi berkendaranya sangat nyaman seperti yang ditampilkan di halaman resminya? Kita tunggu saja versi massalnya di tahun 202 mendatang.

>>> Jangan lupa untuk selalu menyimak review mobil terbaru dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

LION MOTOR

Jawa Barat

Speed Mobilindo

DI Yogyakarta

Anda Mobilindo Jogja

DI Yogyakarta

Review lain

Review Audi R8 2019

14/11/2018

Editor rate:

Tak cukup bagi Audi mengemas produk R8 dengan mesin V10 dan V10 Plus. Di tahun 2019 mendatang, Audi R8 akan dibekali mesin V10 yang lebih garang dan menawarkan Handling lebih mantap. Seperti apa sosoknya? Inilah segala hal yang diketahui oleh Cintamobil.com dalam review Audi R8 2019.

Lihat juga

Review Jaguar E-Type Zero 2018

23/10/2018

Editor rate:

Apa jadinya jika salah satu mobil klasik tercantik di dunia direstorasi ulang kembali, namun kini memiliki jantung baru yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya? Mungkin jawabannya bisa Anda temukan di Jaguar E-Type Zero 2018.

Lihat juga

Review Lexus LC 500 2017: Lexus Paling Seksi Dan Menggoda

05/06/2018

Editor rate:

Lexus yang dikenal akan produk-produk artistiknya, merilis LC 500 untuk pasar global termasuk Indonesia. Mengusung konsep sport dalam bodi sedan coupé, model teranyar ini dipersenjatai dengan mesin bertenaga dan teknologi canggih. Bahkan atmosfer interiornya nampak berkelas, mengutamakan kenyamanan berkendara bagi penunggangnya. Mari kita lihat performanya dalam review Lexus LC 500 2017.

Lihat juga

Review Porsche 911 2019

30/11/2018

Editor rate:

Akhirnya diperkenalkan pada Los Angeles Motor Show 2018, generasi kedelapan yang dikenal dengan Porsche 911 2019 mendapatkan panggung pertamanya. Ditonton oleh puluhan ribu pasang mata, 992 menjadi iterasi teranyar Porsche dalam kendaraan paling legendaris milik pabrikan asal Jerman ini.

Lihat juga

Review Nissan GT-R Nismo 2020: 'Godzilla' Tumbangkan Euphoria Toyota Supra

28/04/2019

Editor rate:

Selepas kehadiran Toyota Supra di beberapa bulan lalu, tampaknya Nissan tak mau kalah dengan memberikan pembaruan pada model legendarisnya yakni GT-R. Performanya kini benar-benar bertambah garang yang digadang-gadang menjadi kandidat terberat dari Toyota Supra. Mari kita simak informasinya dalam review Nissan GT-R Nismo 2020.

Lihat juga
back to top