Review Chery QQ 2008

10/03/2018
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Produsen mobil asal China Chery Automobil Co Ltd, 11 tahun lalu membuat gebrakan dengan meluncurkan Chery QQ. Mobil ini langsung mendapat respon yang cukup baik dari mereka yang ingin tampil beda. Bagaimana tidak, mereka yang membeli mobil ini pastinya cukup tertarik dengan desain eksterior dari Cherry QQ. Apa kelebihan dan kekuranganya, berikut ini adalah review Chery QQ 2008.

PENGANTAR Chery QQ 2008

Review Chery QQ 2008 - Sebelum produsen otomotif China melebarkan sayap ke Indonesia melalui merek Wulling, Chery QQ sudah lebih dulu masuk ke dalam industri otomotif nasional tepatnya di tahun 2006 lalu melalui pabrikannya yakni Chery Automobil Co Ltd. Respon yang ditimbulkan pecinta otomotif pada saat itu cukup beragam. Ada yang mengapresiasi namun tak sedikit pula yang menyindir desainnya. Untuk mengingatkan kembali sekaligus bernostalgia dengan mobil ini, cintamobil.com siap mengulas kembali berbagai detail yang tersemat pada mobil ini. apa saja yang ditawarkan Chery? Berikut ulasan review Chery QQ 2008.

EKSTERIOR Chery QQ 2008

Dari desain terluarnya saja, kita bisa menilai mobil mungil ini memang tampil beda dibandingkan kompetitornya di ranah sejenis. Hal tersebut langsung tercermin pada bagian depannya.

Gambar mobil Chery QQ 2008 berwarna merah dilihat dari sisi depan

Bagian depan dengan lampu utama berdesain unik

  • Desain bagian depan

Di sisi ini, Chery memiliki desain lampu utama berdesain bulat nan unik. Melihat lampu ini, kita mungkin akan langsung terngiang akan bentuk-bentuk lampu pada film kartun barat bukan? Tak hanya itu, keunikan juga ditampilkan pada sisi grill. Jika kebanyakan pola menyipit di sisi depan berada pada bagian lampu, Chery menggunakan hal tersebut pada bagian grillnya. Dan jika diamati secara seksama, sisi grill ini nampak seperti kumis. Sangat kartun sekali bukan sisi depan dari QQ?. Meski terlihat unik, QQ memberikan sentuhan tersendiri lewat bumpernya dengan menyematkan line rongga udara pada bagian tengah guna berikan kesan aerodinamis. Tak ketinggalan pula lampu sein diletakan di atas fog lamp guna mempercantik sisi depannya.

  • Desain bagian samping

Sementara di bagian samping, QQ nampak kalem berkat guratan tipis di bagian bawah handle door dan sisi bawah pintu. Tak ketinggalan pula, side skirt yang sedikit menjorok keluar juga dihadirkan agar membuat sisi ini menjadi lebih memiliki rasa.

Gambar bagian belakang mobil Chery QQ 2009 berwarna merah

Bagian belakang dengan stop lamp berbentuk setengah lonjong

  • Desain bagian belakang

Sementara pada bagian belakang, QQ tampil sederhada dengan stop lamp berbentuk setengah lonjong. Keberadaan stop lamp ini nampak cukup menarik perhatian seperti layaknya headlamp pada sisi depan. Tak ketingglan, pula, sisi buritan juga diberikan sentuhan berkat keberadaan bumper yang berukuran cukup besar. Di sisi kiri dan kanan bumper belakang juga sudah disematkan dua rear combination berbentuk bulat guna menambah pencahayaan pada saat mobil melakukan pengereman.

>>> Baca juga:

INTERIOR Chery QQ 2008

Puas menilik sisi luar QQ, kini tibalah saatnya untuk membedah lebih lanjut bagian dalam dari si mungil ini. Di bagian dalam, QQ coba tampilkan kenyamanan melalui material kabin yang cukup mumpuni untuk menunjang perjalanan di jarak pendek maupun menengah. Tak hanya itu, mobil dengan harga kompetitif ini juga memiliki berbagai ruang penyimpanan dan sedikit fitur di sisi dashboard guna memaksimalkan perjalanan. Melalui bagian interior Chery QQ 2008 coba membuktikan bahwa harga murah bukan berarti harus menampilkan kualitas seadanya.

Gambar bagian dashboard mobil Chery QQ 2008 berwarna putih

Bagian dashboard dengan fitur entertainment berupa media player

  • Dashboard

Di bagian dashboard misalnya, QQ memiliki fitur entertainment berupa media player. Disini, pengguna bisa mendengarkan hiburan melalui perangkat CD maupun radio. Soal kualitas usara, jangan diragukan karena QQ sudah dilengkapi dengan speaker aktif yang siap menggema ke seluruh penjuru kabin. Untuk memberikan kesejukan, QQ juga menyematkan AC manual dengan desain oval di sisi tengah. Desain lubang Ac ini bisa dibilang cukup unik mengingat kebanyakan mobil hanya menggunakan lubang dnegan wujud kotak maupun bulat.

Gambar bagian setir mobil Chery QQ 2008

Setir belum dilengkapi steering switch control

  • Setir

Sementara pada bagian setir, QQ belum dilengkapi dengan steering switch control. Artinya, pengemudi harus mengganti sistem media playernya secara manual ke bagian dashboard. Merepotkan memang. Namun untuk memberikan informasi kepada pengemudi seputar kendaraan, tak perlu dikhawatirkan lagi. Pasalnya, QQ sudah dilengkapi speedometer dengan tiga layar panel yang berfungsi menginformasikan pergerakan jarak tempuh, penggantian perseneling hingga penggunaan bahan bakar secara real time. Meskipun berbentuk analog, fungsinya tak perlu diragukan lagi.

Gambar bagian kursi mobil Chery QQ 2008

Kursi Chery QQ menggunakan material yang biasa saja

  • Kursi

Bergerak ke sisi belakang, QQ juga dilengkapi dengan kursi dengan material yang biasa saja. untuk menopang kenyamanan, pengguna rasanya perlu mengganti material pada sisi kursi agar bisa terasa lebih nyaman lagi. Meski tak dilengkapi dengan Ac tambahan di bagian belakang, rasanya Ac di bagian depan sudah cukup membantu untuk memberikan kesejukan secara maksimal. Tak hanya itu, untuk memberikan kenyamanan ekstra, disuguhkan pula ruang kaki dan kepala yang cukup mumpuni agar penumpang bagian belakang tak merasakan letih saat mobil diharuskan melakukan perjalanan jauh maupun tengah terjebak kemacetan.

  • Kargo

Di sisi kargo sendiri, mobil ini tak memiliki cukup ruang untuk menyimpan barang. Pasalnya volume QQ sendiri sudah cukup terkikis oleh berbagai material pendukung seperti jok belakang, rongga kaki dan lain sebagainya. Bahkan bisa dipastikan, mobil ini sangat tidak siap untuk diajak berkendara di trek berjarak menengah maupun jarak jauh yang mengharuskan pengguna membawa berbagai barang bawaan dalam jumlah banyak. Sebagai gantinya, di setiap sudut kursi maupun rongga pintu sudah disematkan berbagai lubang untuk meletakan barang dengan volume kecil maupun sedang.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR Chery QQ 2008

Mobil yang dikeluarkan pada tahun 2008 ini tak memiliki banyak fitur andalan seperti mobil-mobil keluaran jaman sekarang. Meskipun demikian Chery selaku pabrikan tetap mencoba memberikan yang terbaik kepada penggunanya dengan memberikan fitur tambahan konvensional seperti power steering guna hasilkan bantingan yang enteng bagi pengemudi saat memacu mobilnya.

Disamping berbagai fitur tersebut, Chery juga dilengkapi dengan berbagai fitur standar tambahan seperti, Power Window, Auto Close Window, Central Locl, Electric Mirror dan lain sebagainya. Terkesan cukup biasa? Memang demikian adanya karena Chery memiliki harga yang tak mahal. Jadi rasanya, kita tak perlu berharap banyak akan fitur yang disediakan.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang harga mobil lainnya, silahkan klik sini

OPERASI Chery QQ 2008

Gambar bagian mesin mobil Chery QQ 2008

Mesin SQR472

Terkait dengan sistem operasi, si mungil ini sudah dilengkapi dengan mesin yang lumayan untuk ukuran Green Car. QQ memiliki mesin bertipe SQR472 dengan 4 silinder dan 16 katup. Mesin dengan kubikasi 1.083 cc ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 68PS pada putaran 6.000 rpm. Cukup lumatan bukan? Selain itu, mobil ini juga mampu mengeluarkan torsi sebesar 90 Nm pada putaran 3.800 rpm. Satu yang terpenting, QQ diklaim sangat irit terhadap penggunaan bahan bakar. Namun sayangnya, raungan mesin yang dihasilkan dari mobil ini sangat tak bersahabat. Bahkan noise yang dihasilkan bisa mencapai bagian kabin. Cukup menyebalkan memang.

>>> Anda tertarik dengan mobil dan ingin cari informasi terbaik dan terpercaya, silahkan klik sini

spesifikasi Chery QQ 2008

Untuk mempermudah pembaca mendapatkan informasi seputar mobil ini, cintamobil.com telah merangkum berbagai part dari mobil ini secara terperinci. Apa saja yang tersemat pada Green Car ini? Berikut paparannya.

Mesin

Seri mesin

1.1 L SQR472 DOHC with 16 Valve

Kubikasi

1.083 cc

Tenaga Maksimum

68 PS/6.000 rpm

Torsi Maksimum

90 Nm/3.800 rpm

Transmisi

Manual with 5 Speed

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

3.558mm x 1.508mm x 1.488mm

Jarak Poros Roda

2.348mm

Tempat Duduk

4-5 Seats

Lain-lain

Ban

175/60 R13

Suspensi Depan

Ventilated Disc

Suspensi Belakang

Disc

Sistem Injeksi

Electronic Multipoint Injection

kelebihan & kekurangan Chery QQ 2008

Sisi plus dan minus pada setiap kendaraan pastinya ada. Pun demikian dengan Chery QQ. Mobil ini memiliki berbagai poin positif dan negatifnya masing-masing. Apa saja itu?

Kelebihan

Kekurangan

Desain Eksterior Eksentrik

Fitur terkesan seadanya

Irit bahan bakar

Suara mesin terlalu meraung

Harga murah

Cargo yang disediakan cukup sempit

daftar harga Chery QQ 2008

Tidak enak kalau review Chery QQ 2008 tanpa sebutkan harganya. Karena masuk ke dalam katalog lama, sudah pasti harga yang tertera untuk mobil ini adalah harga bekas. Namun kami meyakini, untuk sebuah mobil yang unik, harga yang ditawarkan QQ masih cukup kompetitif.

Harga Chery QQ

Chery QQ 2008

Rp 30-45 Jutaan (Tergantung kondisi dan proses Negoisasi

Video Chery QQ 2008

Bagaimana dengan penampakan mobil ini? Cintamobil.com sudah menyiapkan preview videonya untuk anda. Selamat menyaksikan.

KESIMPULAN Chery QQ 2008

Chery QQ merupakan Green Car yang cukup unik dari sisi eksteriornya. Anda yang ingin tampil bedadi jalan raya pastinya siap membawa pulang mobil ini ke garasi murah. Harganya yang murah bisa menjadi alasan terbaik mengapa mobil ini layak dibawa pulang. Untuk mempercantik, dibutuhkan biaya ekstra agar mobil ini menjadi lebih fresh dari sebelumnya. Lantas, setelah baca tulisan review Chery QQ 2008 tertarikkah anda untuk membawanya pulang?

Heri Susanto
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil