Review Bugatti Veyron 2010: Bertanya Siapa Mobil Tercepat? Ini Monster-nya

26/08/2019

Share this post:

Bugatti Veyron 2010

Editor rate:

Lihat promo

Pernah memegang rekor sebagai mobil tercepat yang pernah diciptakan, Bugatti Veyron. Sport Car dengan pola Mid-Engine satu ini, memang dikenal fenomenal di eranya. Kehadirannya sempat diklaim ‘mustahil’ oleh banyak kalangan dikarenakan kecepatan yang dijanjikan Bugatti tidak pernah tersentuh oleh Brand lainnya. Berikut informasi lengkapnya dalam review Bugatti Veyron 2010.

Review Bugatti Veyron 2010: Bertanya Siapa Mobil Tercepat? Ini Monster-nya
Review Bugatti Veyron 2010: Bertanya Siapa Mobil Tercepat? Ini Monster-nya
0 Gambar

Pengantar Bugatti Veyron 2010

Mari kita simak spesifikasi Bugatti Veyron 2010 di bawah ini.

Kelebihan

Mesinnya benar-benar punya performa luar biasa, akselerasi 0-100 Km/Jam ditempuh 2,5 detik saja

Desain eksterior benar-benar menarik perhatian, Eye-Catching istilah tepatnya

Memiliki Bugatti lekat akan Image Anda sebagai seorang miliarder atau bahkan triliuner

Kekurangan

Harganya sangat-sangat mahal serta hanya diproduksi beberapa unit saja

Mesinnya sangat boros bahan bakar

Fitur-fitur hiburan hanya ada beberapa saja

Review Bugatti Veyron 2010 - Ide dan proses panjang, banyak dilalui untuk melahirkan produk legendaris seperti Veyron. Awal mulanya, tercetus dari impian Ferdinand Piech, ingin menciptakan mobil dengan tenaga 1.000 bhp dan punya kecepatan maksimum lebih dari 400 Km/Jam. Bukan perkara mudah, karena diperlukan komponen dan teknisi sangat ahli untuk merakit mobil impian tersebut. Tentunya, harus tetap aman dikendarai dan tak berakhir hancur di kecepatan ‘gila’ seperti itu.

Ferdinand Piech adalah sosok awal yang punya impian ingin membangun mobil Bugatti Veyron

Sosok Ferdinand Piech yang punya impian menciptakan mobil berkecepatan tinggi

Proposal mengenai desain dan mesin 18 silinder, berhasil diciptakan pada tahun 1999, sebagai awal mula perjalanan. Setahun setelahnya, proposal sedikit berganti yang menerapkan mesin 16 silinder dan punya desain lebih jelas. Tepat pada tahun 2000, Volkswagen menyatakan akan merancang secara pasti menghadirkan mobil berkecepatan 1.001 PS dan kecepatan maksimum 400 Km/Jam, dinamai Veyron.

Pernyataan tersebut tentu dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan. Tak mungkin rasanya, tenaga sebesar itu dan kecepatan ‘gila’ bisa diraih oleh sebuah mobil. Selama satu setengah tahun, teknisi ahli Perancis berusaha menciptakannya, tapi gagal dan terus gagal. Hingga akhirnya, Dr. Neuman selaku Boss Bugatti dipecat.

Di tahun 2003, pola kepemimpinan berubah menjadi baru, Dr. Wolfgang Schreiber menjadi kepala teknisi ahli. Rekam jejaknya bagus khususnya saat merancang transmisi VW dan Audi. Setahun setelahnya, komponen telah selesai 95 persen dan akhirnya dinyatakan secara resmi bahwa Veyron akan siap diperkenalkan kepada publik.

Bugatti Veyron 16.4 akhirnya tercipta pertama kali di tahun 2004

Bugatti Veyron 16.4 adalah model pertamanya

Titik klimaks dari Bugatti Veyron pun tak berhenti di situ. Merasa performanya bisa ditingkatkan lagi, hadir pula Veyron Super Sport di tahun 2010. Bahkan, saking cepatnya mobil ini, berhasil dinobatkan sebagai mobil tercepat oleh Guinness Book of Records dengan kecepatan maksimum 431 Km/Jam. Di kesempatan kali ini, sosoknya akan dibahas lebih mendalam pada review Bugatti Veyron 2010.

Bugatti Veyron 16.4 Super Sport adalah mobil tercepat yang sempat mencatatkan rekor di Guinness World Record

Bugatti Veyron 16.4 Super Sport yang akan dibahas kali ini

Eksterior Bugatti Veyron 2010

Mungkin di benak Anda, menciptakan mobil yang mumpuni dalam Top Speed, jawabannya terletak pada mesinnya. Hal tersebut perlu dikoreksi, karena kuncinya lebih terletak pada aerodinamis. Begitu pun pada eksterior Bugatti Veyron 2010 yang dirancang serba teliti, menonjolkan performa aerodinamis tersebut.

Review Bugatti Veyron 2010: Eksterior Depan

Front Splitter-nya kini dibuat lebih panjang dan juga punya desain berbeda. Bisa diamati pula ventilasi udara juga ditambahkan, tepat di bawah lampu utama. Bukannya sebagai aksesoris belaka, tapi dapat meningkatkan kestabilan ketika melaju di kecepatan tinggi.

Eksterior Depan Bugatti Veyron 2010 memiliki wajah yang futuristik, radikal namun juga agresif

Wajah depannya terlihat menarik dan ikonik, masih tetap dengan Grille berdesain tapak kaki kuda

Review Bugatti Veyron 2010: Eksterior Samping

Perubahan juga berlanjut pada bodi sampingnya. Perihal meraih kecepatan maksimum, mobil ini juga mengalami diet ketat. Bobot dari rodanya dipangkas sebanyak 25 Kg namun masih menjaga tingkat kepakeman rodanya. Di sisi lain A-Pillar dari versi Gran Sport diadopsi sehingga tampak sedikit lebih besar.

Eksterior Samping Bugatti Veyron 2010 mengadopsi A-Pillar dari versi Veyron Gran Sport

Bodi samping mendapat perubahan soal rodanya yang kini dipangkas bobotnya

Review Bugatti Veyron 2010: Eksterior Belakang

Merambah bodi belakangnya pun begitu, mendapat sentuhan menarik dari Double Diffuser bergaya F1. Exhaust System juga dikemas baru, sehingga punya tampilan lebih agresif. Adapun auman dari mesinnya akan terdengar sangat renyah berkat dua fitur tersebut.

Eksterior Belakang Bugatti Veyron 2010 punya Spoiler canggih yang bisa menutup dan terbuka secara otomatis, sesuai tingkat kecepatan

Sektor buritan dipersenjatai Spoiler otomatis, Double Diffuser dan Exhaust System baru

Supaya tak melayang di kecepatan tinggi, Bugatti Veyron juga dipersenjatai dengan Spoiler otomatis. Yap, bisa terangkat dengan sendirinya ketika berada di kecepatan tinggi. Fungsinya yakni menambah gaya tekan ke bawah alias Down Force.

>>> Baca juga:


Interior Bugatti Veyron 2010

Seakan tak mau ribet soal tombol-tombol yang rumit, kabin interior Bugatti Veyron 2010 nyatanya dikemas sangat minimalis. Yap, semua tombol tampil ringkas, mudah dibaca dan masih menjaga atmosfer elegan.

Review Bugatti Veyron 2010: Dashboard

Dominasi warna hitam benar-benar terasa pada kabinnya. Memang jika melihat desain semacam ini, rasanya monoton dan membosankan. Tapi hal itu tidak terjadi pada interior Bugatti Veyron 2010. Kami memprediksi karena material yang digunakan terasa berkualitas, mampu memancarkan sisi elegan tersendiri.

Dashboard Bugatti Veyron 2010 hanya didominasi warna hitam saja tanpa ada sentuhan warna lainnya

Ruang interior terasa minimalis, tak ada layar Touchscreen namun tetap menjaga esensi elegan

Oh iya, jangan harap pula ada layar Multimedia pada kabinnya. Seakan ingin memfokuskan pada kecepatan, hanya tersisa fitur audio dan AC saja. Lantas apa yang ada pada sisi tengah dashboard? Hanya tersedia informasi dan tombol-tombol penting seputar berkendara.

Review Bugatti Veyron 2010: Setir

Kemudi setir dikemas dengan bahan yang sangat nyaman. Bentuknya bundar dan dikemas logo bertuliskan EB. Di baliknya juga terpampang jelas sebuah layar informasi yang menunjukkan tingkat kecepatan, konsumsi bahan bakar hingga jarak tempuh.

Setir Bugatti Veyron 2010 dikemas apik dengan bahan berkualitas tinggi sehingga nyaman digenggam

Kemudi setir masih punya logo sama, dirancang apik dengan model tiga palang

Review Bugatti Veyron 2010: Kursi

Kursinya yang hanya menampung dua orang, dirancang sangat nyaman. Bayangkan saja, bahan kulitnya terasa sangat lembut dan pas dibuat bersandar. Adapun tertera sebuah logo bertuliskan “Super Sport” pada kursinya, menandakan identitasnya.

Kursi Bugatti Veyron 2010 hanya mampu menampung dua orang saja

Kursinya pun mendapat sentuhan eksklusif, bahan kulit nyaman serta corak mirip berlian

>>> Lihat juga:

Fitur Bugatti Veyron 2010

Oke, sekarang kita tahu bahwa Veyron punya kecepatan luar biasa. Lantas fitur apa yang bisa mengontrol kecepatannya? Perlu diketahui bersama bahwa fitur Bugatti Veyron 2010 lebih mengandalkan hal-hal teknis. Sebut saja, suspensi yang dirancang sedemikian rupa, supaya gerakan bodinya stabil meski di kecepatan tinggi. Anti-Roll Bars juga disematkan bersamaan dengan Shock Absorber. Rancangan khusus untuk mobil-mobil balap, tepatnya.

Fitur Bugatti Veyron 2010 tampil sangat lengkap khususnya dalam sektor keselamatan

Fitur-fiturnya lebih bermain di aspek suspensi, lekuk bodi aerodinamis, Spoiler otomatis dan bobot bodi ringan

Unsur menarik lainnya adalah penggunaan 100 persen Carbon-Fiber di seluruh bodinya. Alhasil bobotnya hanya berada di angka 4.052 Lbs (1.838 Kg), lebih ringan 110 Lbs (5 Kg) dari versi standar-nya. Yap, untuk mencapai kecepatan maksimum tertinggi, unsur aerodinamis, mesin super cepat dan bobot bodi ringan, harus jadi acuan utama.

>>> Tertarik untuk tahu mobil Bugatti menarik lainnya? Simak model selengkapnya di sini

Operasi Bugatti Veyron 2010

Unsur paling spesial ada di operasi mesin Bugatti Veyron 2010. Bayangkan saja, jantung pacunya menggunakan kapasitas 8.0 Liter. Daya lesatnya sendiri mampu mencapai 1.200 PS setara 6.400 Rpm. Jika Anda menanyakan akselerasi, jawabannya adalah 0-100 Km/Jam ditempuh dalam waktu 2,5 detik saja, mengerikan.

Untuk versi massal-nya, mobil satu ini dibatasi kecepatan maksimumnya di angka 415 Km/Jam. Tentu berbeda dengan catatan Guiness World Record yang mana Speed Limit-nya dinonaktifkan, tak heran hasilnya mampu mencatatkan rekor 431 Km/Jam. Bisa dibayangkan, betapa cepatnya mobil ini?

Operasi mesin Bugatti Veyron 2010 menggunakan kapasitas 7.993 cc berdaya 1.200 PS

Di tahun 2010, Veyron Super Sport dinobatkan sebagai mobil tercepat oleh Guinness World Record

Selain harganya ‘selangit’, Bugatti Veyron juga punya kekurangan soal konsumsi bahan bakarnya yang sangat boros. Dicatatkan bahwa mobil ini mampu meneguk 14,9 Liter untuk setiap 100 Km-nya. Di sisi lain pula, di kecepatan maksimumnya, mobil ini mampu merobek ban Michelin seharga $42.000 setara Rp. 597 juta, hanya dalam 15 menit berkendara.

>>> Lihat juga mobil-mobil serupa dengan cerita dan performa mengesankan lainnya

Spesifikasi Bugatti Veyron 2010

Untuk mengenalnya lebih dekat, berikut tim Cintamobil.com tampilkan spesifikasi Bugatti Veyron 2010.

SPESIFIKASI BUGATTI VEYRON 2010

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.462 mm x 1.998 mm x 1.190 mm

Wheelbase

2.710 mm

Berat Kosong

1.838 Kg

MESIN

Tipe Mesin

8.0 Liter W16

Kapasitas Silinder

7.993 cc

Daya Maksimum

1.200 PS / 6.400 Rpm

Torsi Maksimum

1.500 Nm / 3.000 - 5.000 Rpm

Sistem Transmisi

7-Percepatan DSG

Mode Penggerak

AWD

Akselerasi 0-100 Km/Jam

2,5 Detik

Akselerasi 0 - 200 Km/Jam

6,7 Detik

Kecepatan Maksimum

415 Km/Jam

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Ukuran Ban Depan

265-680 ZR 500 A

Ukuran Ban Belakang

365-710 ZR 540 A

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

100 Liter

Daftar Harga Bugatti Veyron 2010

Sosoknya hanya dijual sebanyak 30 unit saja di seluruh dunia, sehingga tak heran harganya melambung tinggi. Jika mengamati halaman resmi Bugatti, Veyron Super Sport tertulis “Sold Out” yang artinya sudah laris manis. Jika mengamati sosoknya terdahulu, daftar harga Bugatti Veyron 2010 dibanderol $25 juta alias Rp. 355 miliar.

Kesimpulan Bugatti Veyron 2010

Jika Anda berbicara mobil tercepat, Bugatti Veyron tentu tak bisa dilupakan. Pemecah Guinness World Record ini, punya mesin di luar nalar serta performa aerodinamis mengesankan. Tapi sayang, mobil satu ini hanya dijual sebanyak 30 unit saja dan semuanya laku di pasar otomotif global. Harga barunya pun, dulu dibanderol Rp. 355 miliar. Hanya mereka yang beruntung, bisa merasakan mobil satu ini. Lantas, apa pendapat Anda setelah melihat sosoknya?

>>> Ikuti terus review mobil terbaru dan terlengkap lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top