Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

01/11/2019
editor rate: 4,1 user rate: 4,5
Menjadi line-up termewah BMW di segmen Sport Activity Vehicle (SAV), apakah BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 mampu menancapkan prestise BMW di titik tertinggi segmen kendaraan tangguh di Indonesia?

PENGANTAR BMW X7 2019

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 - Secara mayoritas konsumen otomotif Indonesia memandang mobil SUV terkait 2 hal. Satu, berkaitan dengan kemampuan berkendara di medan jalanan rusak maupun menantang adrenalin berkendara saat keluar-masuk hutan belantara. Kedua, berkaitan dengan gaya hidup masyarakat di segmen premium yang menginginkan kendaraan gagah, mewah, dan berkelas tinggi saat melewati jalanan perkotaan.

Salah satu brand mobil yang berhasil memadukan kedua pendekatan tersebut ialah BMW melalui line-up Sport Activity Vehicle (SAV) mereka. Bak serigala berbulu domba, kendaraan SAV dari BMW banyak memiliki kemampuan berkendara yang asyik di medan aspal maupun medan off-road, tapi secara tampilan dan kemewahan tetap memenuhi standar tinggi dari BMW yang sukses mencitrakan sisi mobil premium asal Jerman ini di mata masyarakat Indonesia.

Management BMW Indonesia di Launching BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Management BMW Indonesia kenalkan BMW X7 untuk pasar Indonesia dalam satu tipe saja

Berbekal line-up lengkap dari BMW X1 sampai BMW X6 yang sukses merepresentasikan karakter SAV dari BMW di pasar global dan Indonesia, BMW pun akhirnya mencoba "step-up the game" bermain di segmen Full-Size Luxury SUV melalui BMW X7. Menjadi model flagship di keluarga BMW X Series yang berjiwa SAV, versi produksi dari BMW Concept X7 iPerformance ini hadir di pasar global di Oktober 2018 silam. Namun untuk pasar Indonesia baru diresmikan pada Semester II 2019 dan hanya tersedia dalam 1 tipe saja yakni BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019.

Seperti apa sisi unik dan menarik dari BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019? Apakah ia mampu merepresentasikan sisi prestise BMW sebagai kendaraan tangguh termewah dan terbaik di Indonesia? Simak terus ulasannya hanya di review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019?

EKSTERIOR BMW X7 2019

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Eksterior Depan

Foto menunjukkan eksterior depan BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Penampilan gagah dan maskulin dari sisi depan BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Fascia depan BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 mencoba memperkuat sisi maskulin dan tegas secara representatif. Pendekatan inilah yang terlihat melalu fascia depan yang cenderung tegak lurus, dengan ornamen paling dominan terlihat pada BMW Kidney Grille yang menjadi berukuran lebih besar secara signifikan. Menariknya, justru giliran area headlight yang dibuat lebih horizontal dan pipih, serta sudah menggunakan teknologi BMW Laserlight yang bisa memberikan pencahayaan yang baik hingga 600 meter saat berkendara di malam hari.

Pendekatan eksterior depan BMW X7 terbaru ini juga menarik dari sisi bawah. Untuk BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019, BMW menghadirkan elemen chrome bar pada area air intake bawah, plus ditambah adanya elemen underguard aluminium di bawah posisi air intake tersebut. Sedangkan sebagai pendukung pencahayaan, di sisi kiri-kanan underguard terdapat elemen LED strip yang berfungsi sebagai fog lamp. 

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Eksterior Samping

Foto menunjukkan eksterior samping BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Kesan tegas dihadirkan sisi samping BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Memiliki panjang 5,151 mm, lebar 2,000 mm, dan tinggi 1,805 mm, serta dengan sumbu roda 3,105 mm, sudah pasti membuat sosok BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 terasa sangat bongsor. Jika diperhatikan, desain bentuk pintu depan dan belakang dari mobil ini lebih besar di sisi belakang, yang menandakan mobil ini memiliki kepraktisan yang diutamakan untuk ruang kabin belakang.

Sesuai trim Pure Excellence, elemen chrome masih bisa ditemukan pada beberapa area di sisi samping dimulai dari sisi air breather di belakang fender roda depan. Pada bagian kaca samping dibuat lebih manis lewat sentuhan aksen satin aluminium dan panel high gloss di sisi pilar B dan C. Mobil di segmen Full-Size Luxury SUV ini memakai "sepatu" 21’’ light alloy wheels Y-spoke style 753.

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Eksterior Belakang

Foto menunjukkan eksterior belakang BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Kesan tegas dihadirkan sisi samping BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Sama seperti BMW X5, BMW X7 terbaru ini hadir dengan format pintu bagasi yang bisa terbuka secara dua arah atas-bawah, atau yang lebih mudah dikenali sebagai split tailgate. Jika diperhatikan, ada inspirasi desain antara BMW X7 dan BMW 7 Series. Silakan lihat aksen taillight LED bergaya horizontal dan terhubung oleh aksen chrome di atas area plat nopol. 

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR BMW X7 2019

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Kokpit Depan

Foto menunjukkan dashboard BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Penampilan desain dashboard BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Masuk ke dalam ruang kokpit depan, BMW menghadirkan dashboard yang menggunakan detil material BMW Individual wood trim dengan aksen Ambient Lightning. Secara desain mengikuti format BMW X Series generasi G yang dirancang lebih minimalis dan driver oriented, dimulai dari pengaturan kontrol fitur berkendara di area tuas transmisi, kemudian Climate Control dibuat dengan tombol minimalis, dan semua kontrol mobil bisa diatur lewat sistem iDrive 7.0 yang tampil di Control Display tengah berukuran 12.3 inci, plus informasi mobil lainnya tersaji di BMW Live Cockpit Professional.

Foto menunjukkan jok BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Penampilan jok depan BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Untuk versi BMW X7 dijual di Indonesia menggunakan jok berformat 6-seat dengan 2 jok di masing-masing baris kursi. Pendekatan premium pada BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 terasa melalui pemilihan Merino Leather dengan aksen jahitan berformat diamond. Pengaturan jok bersifat elektrik dan memiliki memori penyimpanan data.

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Kabin Belakang

Foto menunjukkan jok belakang BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Area kabin belakang BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

BMW sangat memanjakan penumpang di kabin belakang melalui dua cara. Pertama dengan menghadirkan format jok captain seat dengan pengaturan elektrik dan armrest terpisah untuk jok baris kedua, dan jok baris ketiga dibuat cukup nyaman dengan ruang legroom yang bisa diperluas jika jok baris tengah memajukan posisi. Akses keluar masuk jok baris ketiga bisa melalui sisi samping jok baris kedua dengan cara menggunakan tuas khusus di sandaran jok baris kedua. Dan untuk material yang digunakan sama persis dengan jok pertama, yakni Merino Leather. Hanya saja jika diperhatikan pada jok baris kedua pada bagian headrest mendapat sentuhan "bantal" khusus yang menambah kenyamanan area kepala.

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Bagasi

Foto menunjukkan bagasi BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Area bagasi BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Dalam kondisi semua jok terpakai, ruang bagasi pada BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 memiliki luas 326 liter. Namun jika Anda butuh ruang luas, maka jok baris ketiga bisa dilipat rata lantai secara otomatis melalui tombol di sisi kiri bagasi. Saat jok baris ketiga terlipat, maka terciptalah ruang bagasi seluas 750 liter yang tergolong luas untuk membawa barang bawaan berukuran besar.

>>> Baca juga:

FITUR BMW X7 2019

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Fitur Hiburan & Kenyamanan

Foto menunjukkan Control Display BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Control Display BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Sistem hiburan BMW X7 2019 Indonesia menggunakan interface iDrive 7.0 yang ditampilkan pada layar Control Display 12.3 inci di sisi tengah dashboard. BMW memadukan sistem ini dengan dukungan 16 speaker dan sound system Harman Kardon sebagai standar. Pengaturan pada sistem hiburan bisa melalui iDrive controller di dekat tuas transmisi, melalui sentuhan pada layar Control Display, gestur, maupun melalui BMW Intelligent Personal Assistant yang bisa membuat sistem iDrive ini melakukan perintah dari pengemudi berdasarkan ucapan "Hello BMW!". 

Untuk penumpang di kursi belakang semakin dimanjakan menggunakan sistem Rear Seat Entertainment Professional yang menjadi sumber hiburan tersendiri, dengan sumber media bisa mengikuti pada sistem di kokpit depan atau menggunakan sumber media sendiri seperti HDMI atau Bluray. Sistem ini menggunakan layar sentuh 10.2 inci di sisi kiri dan kanan untuk pengemudi di masing-masing jok baris tengah.

BMW memaksimalkan kemewahan dan kenyamanan kabin melalui pendekatan cahaya. Adanya sistem ambient light mempengaruhi atmosfer di dalam kabin agar tetap nyaman dan representatif. BMW juga memberikan Panorama glass roof "Sky Lounge" yang dihiasi oleh 15.000 titik pola grafik. dan untuk jok baris ketiga juga memiliki glass roof terpisah. 

Review BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 : Fitur Berkendara & Keselamatan

Foto menunjukkan fitur berkendara BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Penampilan tombol fitur berkendara BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Menjadi flagship varian di keluarga BMW X Series, BMW X7 2019 Indonesia ini memiliki fitur berkendara off-road yang cukup mumpuni. Mulai dari sistem suspensi 2-axle Air Suspension, mode berkendara Driving Experience Control (Sport, Comfort, ECO Pro, Adaptive) serta BMW xOffroad Package yang memungkinkan gardan diferensial belakang dikontrol secara elektronik dan terhubung dengan sistem DSC. BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 memiliki fitur Cruise Control dengan fungsi pengereman, serta Collision and Pedestrian Warning dengan fungsi City Braking, Parking Assistant dan Reversing Assistant yang memungkinkan mobil secara otonom melakukan parkir otomatis maupun melakukan manuver mundur sejauh 50 meter mengikuti manuver yang dilakukan pengemudi sebelumnya.

>>> Review Mitsubishi Eclipse Cross 2019: Produk SUV Bergaya Crossover Terbaru Dari Mitsubishi

OPERASI BMW X7 2019

Foto menunjukkan mesin BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Penampilan area mesin BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Mesin BMW X7 di Indonesia menggunakan spesifikasi 3.0 liter BMW TwinPower Turbo, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing, dan Double-VANOS variable camshaft control. Mesin yang menyalurkan tenaga ke seluruh roda melalui sistem penggerak BMW xDrive All-Wheel Drive dan transmisi otomatis 8-percepatan Steptronic ini mampu menyajikan output impresif sebesar 340 hp pada 5,500 - 6,500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm sejak 1,500 rpm - 5,200 rpm. Lewat performa tersebut, BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 sanggup berlari dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

>>> Review BMW X6 2019: SUV – Coupé BMW dengan Gril Menyala

spesifikasi BMW X7 2019

Spesifikasi BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

5.151 mm x 2.000 mm x 1.805 mm

Jarak Poros Roda

3.105 mm

Mesin

Tipe Mesin

3.0 Liter BMW TwinPower Turbo Technology, TwinScroll Turbocharger VALVETRONIC Double-VANOS

Kapasitas Silinder

2.998 cc

Daya Maksimum

340 HP / 5.500 – 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

450 Nm / 1.500 – 5.200 Rpm

Handling

Suspensi Depan

Double Wishbone Axle, Air Suspension dengan Automatic Self-Leveling

Suspensi Belakang

5-Link Axle Lightweight Steel, Air Suspension dengan Automatic Self-Leveling

Rem Depan

Single-Piston Fixed-Calliper Disc Brakes, Vented

Rem Belakang

Single-Piston Floating-Calliper Disc Brakes, Vented

kelebihan & kekurangan BMW X7 2019

Seperti apa kelebihan dan kekurangan BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 menurut Cintamobil.com? Ini adalah ulasan selengkapnya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Full-Size Luxury SUV dengan value for money terbaik saat ini

Hanya tersedia mesin 3.0 liter inline-6 yang sama dengan mesin BMW X5 terbaru

Penampilan kabin yang lebih prestisius berkat material mewah dan didukung fitur berlimpah

-

Kemampuan berkendara di medan off-road lebih terjamin berkat rangkaian fitur berkendara BMW xOffroad Package

-

daftar harga BMW X7 2019

Dipasarkan dengan kuota unit terbatas di Indonesia, BMW Indonesia merilis harga jual BMW X7 2019 untuk tipe BMW X7 xDrive40i Pure Excellence 2019 di angka Rp2.399 miliar (Off-The-Road). Harga tersebut sudah termasuk benefit berupa BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km (tergantung mana lebih dulu), BMW Warranty 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh, serta BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% (Syarat ketentuan berlaku).

Video BMW X7 2019

KESIMPULAN BMW X7 2019

Jika berbicara soal line-up, BMW fokus pada model SAV banyak menawarkan sisi fungsionalitas dan kenyamanan (BMW X1, BMW X3, dan BMW X5) maupun sisi gaya hidup ekspresif dan unik (BMW X2, BMW X4, dan BMW X6). Lalu, adakah kendaraan SAV di line-up BMW yang mampu merepresentasikan sisi prestise dan kelas seseorang?

Jawaban ini bisa ditemukan pada BMW X7 yang bisa dipesan oleh konsumen mulai dari acara Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019. Mobil flagship SAV yang masuk ke dalam "arena" persaingan Full-Size Luxury SUV di Indonesia ini mewawarkan kemewahan kabin yang berkelas tinggi, dipadukan mesin yang cukup kuat, dan kemampuan berkendara baik di medan aspal maupun off-road. Apalagi ketersediaan mobil ini dibuat terbatas, sehingga konsumen yang memiliki BMW X7 terbaru ini bisa merasakan prestise dan kebanggaan yang tinggi sebagai sosok pengguna BMW tertangguh dan termewah di jalanan Indonesia saat ini.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil