Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Siapa Bilang Entry Level tak Boleh Mewah?

02/11/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Setelah menunggu tiga tahun sejak kedatangannya ke Indonesia, akhirnya BMW membawa versi tersegar dari lini SUV terlarisnya di Tanah Air, New BMW X1 Drive SLine 2020. Mengandalkan ubahan kosmetik dan peningkatan fitur, X1 edisi terbaru siap mengambil hati konsumen Tanah Air.

PENGANTAR BMW X1 2019

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020 - Tak butuh waktu lama bagi BMW untuk membawa mobil terlaris dari keluarga X-Series di Indonesia ini. Baru saja diperkenalkan secara global pada pertengahan tahun ini, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 langsung diberikan bagi konsumen Tanah Air. Peluncurannya pun dilakukan pada tanggal 1 November 2019 di De Luca Restaurany, Plaza Senayan, Jakarta.

generasi pertama BMW X1 2015 
Generasi pertama BMW X1 keluaran tahun 2016

Meskipun menjadi model paling rendah dari semua seri X di dunia, X1 merupakan salah satu penyumbang pemasukan terbesar dai BMW di Tanah Air. Desainnya yang menawan serta berbagai fitur menarik yang disematkan menjadi salah satu alasannya. Bahkan, harganya yang termasuk murah dari lini produk BMW ini pun mendapatkan tempat bagi pencinta SUV premium Indonesia.

Dan kali ini, BMW memperkenalkan versi facelift setelah tiga tahun mengaspal. Berbagai peningkatan yang terlihat, seperti perubahan kosmetik, penambahan fitur baru, serta efisiensi mesin dan bahan bakar yang ditingkatkan dipercaya mampu menarik minat konsumen yang menyukai kendaraan premium keluarga.

mobil baru BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna putih
Tampilan facelift BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Dikenal sebagai Sport Activity Vehicle (SAV) milik BMW, Tim Cintamobil.com pun berkesempatan untuk melihat tampilan baru dari X1 ini. Penasaran apa saja yang ditambahkan untuk SAV kompak ini? Simak review BMW X1 sDrive18i xLine 2020 yang mengesankan berikut ini.

EKSTERIOR BMW X1 2019

Perbedaan yang paling terlihat ada pada eksterior yang baru. Mengikuti perkembangan desain BMW, eksterior BMW X1 sDrive18i xLine 2020 menghadirkan berbagai ubahan kosmetik. Tidak hanya untuk memberikan penyegaran, tapi ada banyak aspek fungsionalitas yang terkandung dalam setiap ubahan.

Review X1 sDrive18i xLine 2020: Eksterior Depan

Dibandingkan pada generasi pertama sebelum facelift, desain baru kidney grille yang lebih lebar mengikuti perkembangan Seri 3 yang baru langsung menarik perhatian. Kali ini dibuat menjadi satu kesatuan grille one-piece yang lebih besar dibandingkan sebelumnya. Walaupun masih belum memiliki sistem Active Kidney Grille yang bisa membuka maupun menutup otomatis layaknya Seri 7.

bagian depan BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna putih

Tampilan depan BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Lampu depan mendapatkan desain baru yang dibuat lebih besar serta dilengkapi fitur adaptif menawarkan visibilitas yang lebih baik di malam hari. Menariknya, BMW meninggalkan desain lampu kabut membulat dengan menghadirkan foglamp dengan desain persegi panjang pada bagian bumper bawah, tepat di bawah ornamen khas X-Series yang baru.

Bagian sisi dari eksterior depan BMW X1 sDrive18i xLine 2020 sama-sama mendapatkan lubang udara yang berguna untuk mengalirkan angin pada ban, bertujuan untuk mendinginkan sistem pengereman. Sedangkan pada sisi sebelah kiri bagian bawah, terdapat lubang udara untuk membantu mendinginkan intercooler oli. Sedangkan bagian kanan dibuat tertutup, menjaga aerodinamika berkendara.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Eksterior Samping

BMW membuktikan bahwa X1 bukanlah SUV biasa. Kesan mewah langsung terlihat ketika Anda berada di sisi mobil. Ada aksen ‘selamat datang’ pada bagian samping berupa lampu dari spion yang menyorot ke bawah, memberikan tanda “X1” pada bagian lantai di samping pintu mobil.

bagian samping BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna putih 
Tampilan samping BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Ubahan yang terlihat pun bisa dirasakan pada side skirt yang dibuat layaknya foot step untuk tampilan yang lebih sporty. Walaupun aksen ini hanya untuk hiasan, karena X1 memiliki ground clearance yang relatif rendah. Melengkapi eksterior samping BMW X1 sDrive18i xLine 2020 adalah side silk berwarna biru yang menyapa ketika Anda membuka pintu.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Eksterior Belakang

bagian belakang BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna putih
Tampilan belakang BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Masuk ke bagian belakang, lampu belakang dibuat lebih besar dan mengarah ke samping, mengikuti bahasa desain BMW yang baru. Karena pintu bagasi yang tinggi, Anda bisa membuka bagasi dengan mudah hanya dengan menggerakkan kaki dekat bumper melalui BMW Comfort Access. Dan di bagian bawah dari eksterior belakang BMW X1 sDrive18i xLine 2020, menempatkan skid plate berwarna silver serta pipa knalpot yang dibuat lebih lebar menjadi 90 mm.

>>> Berita seputar BMW terupdate bisa Anda dapatkan di sini

INTERIOR BMW X1 2019

Bukan BMW namanya jika tak menghadirkan berbagai kemewahan ketika masuk ke dalam kabin. Desain kursi berlapis kulit serta material soft-touch akan menemani Anda selama berkendara. Meskipun masih ada berbagai material plastik keras pada bagian bawah pintu, tapi berbagai fitur dalam interior BMW X1 sDrive18i xLine 2020 akan membuat perjalanan Anda terasa menyenangkan.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Setir

 setir BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam
Setir BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Sama seperti mobil baru lainnya, setir multi fungsi berlapis kulit akan memudahkan Anda mengakses berbagai fitur dalam kendaraan. Sedangkan fungsi tilt-telescopic pada setir BMW X1 sDrive18i xLine 2020 akan membantu Anda mendapatkan kenyamanan dan posisi berkendara yang lebih baik dan sesuai dengan preferensi mengemudi. BMW pun mengungkapkan bahwa mobil ini sudah dilengkapi dengan M-Steering untuk penanganan yang lebih responsif.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Dashboard

dashboard BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam 
Dashboard BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Material soft-touch memang menjadi bagian penting dalam kenyamanan di dalam mobil. Dimana dashboard pun terkesan lembut dengan interior yang ergonomis dan berorientasi pada pengemudi. Terlihat pada sistem infotainment 8.8 inci yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh. Selain itu, perbedaan dengan model sebelumnya terdapat pada tuas transmisi di konsol tengah yang saat ini menggunakan joystick.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Kursi

Kesan premium bisa dirasakan ketika duduk di kursi BMW X1 sDrive18i xLine 2020. Tak diganti, tetapi tempat duduk mendapatkan kulit artificial khas BMW yang hampir terasa seperti kulit asli dengan perbedaan pada pola jahitan dibandingkan generasi sebelumnya. Ada pengaturan pada kursi pengemudi untuk menopang paha, dan memberikan pengalamanan berkendara yang lebih baik.

kursi BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam 
Kursi BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Sedangkan untuk kemudahan Anda, ada sistem pengaturan kursi elektrik dengan fitur memori. Sehingga bisa menyimpan pengaturan kursi Anda. Di bagian belakang kursi terdapat saku untuk meletakkan buku atau barang bawaan untuk penumpang. Pengunjung di baris kedua pun sudah mendapatkan headroom dan legroom yang lapang, bahkan ketika kursi di depan dimundurkan.

Review BMW X1 sDrive18i xLine 2020: Bagasi

Dikhususkan untuk keluarga, X1 sudah mendapatkan kompartemen penyimpanan yang lebih baik. Bagasi dibuat rata lantai. Tapi bagi Anda yang menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar bisa membuka lantai dan mendapatkan ruang tambahan untuk barang-barang Anda. Pengaturan kursi elektrik di baris kedua pun bisa dimajukan untuk menambah ruang bagasi.

bagasi BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam
Bagasi BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Sebagaimana dijelaskan oleh BMW, kapasitas bagasi BMW X1 sDrive18i xLine 2020 tercatat 505 liter dengan ruang maksimal 1.550 liter, atau 15% lebih baik dibandingkan edisi sebelumnya. Keputusan BMW memasang ban flat-tire untuk X1 membuat Anda tidak perlu menyimpan ban cadangan, sehingga memberikan ruang tambahan barang-barang bawaan.

>>> Berbagai review teranyar dari BMW bisa Anda dapatkan di sini

FITUR BMW X1 2019

Meskipun X1 merupakan lini terendah dari keluarga X-Series di Indonesia, tapi mobil ini pun sudah mendapatkan berbagai perlengkapan pengemudian dan hiburan yang tak kalah dari lini mobil BMW lainnya. Meskipun bisa dibilang, beberapa tombol yang kosong pada kontrol tengah mengindikasikan sebagian fitur sengaja tak digunakan pada versi yang dijual Indonesia. Tentu saja untuk menghemat biaya.

layar infotainment BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam
Layar infotainment BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Satu hal yang membedakan mobil ini dengan pesaingnya adalah fitur Apple CarPlay wireless, menawarkan kompatibilitas tanpa harus menyambungkannya dengan kabel. Jadi, Anda bisa membuka pengaturan dan berbagai fitur lebih cepat hanya dengan iPhone Anda. Meskipun tanpa kabel, sistem masih tetap responsif jika dibandingkan ketika Anda menggunakan kabel.

Namun selain itu, masih banyak fitur lainnya yang membuat mobil ini patut diperhitungkan. Seperti sistem keyless entri, pengaturan kursi yang sudah elektrik, power soket 12V untuk penumpang di belakang, serta tampilan baru dari panoramic glass roof dibandingkan edisi sebelumnya. Tak lupa, fitur BMW X1 sDrive18i xLine 2020 sudah dilengkapi dengan kamera belakang dan Park Distance Control (PDC).

Review X1 sDrive18i xLine 2020: Fitur Suspensi Adaptif

Satu hal yang menjadi bagian penting dari kenyamanan berkendara milik X1 adalah fitur suspensi adaptif yang digunakan. Tak perlu lagi repot-repot mengatur suspensi, karena sistem akan secara otomatif bekerja; suspensi akan menjadi lembut ketika Anda berjalan pada kondisi jalan yang kurang bagus, dan mengeras ketika Anda berjalan dengan kecepatan tinggi.

kontrol tengah BMW X1 sDrive xLine 2020 berwarna hitam
Kontrol tengah BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Review X1 sDrive18i xLine 2020: Fitur Keselamatan Aktif

Selain airbag serta three-point seatbelt dengan Tensioner dan Belt Force Limiter, ada banyak sistem keselamatan yang disematkan pada mobil ini. Beberapa diantaranya yaitu Dynamic Stability Control DSC), Automatic Stability Control (ASC), Dynamic Brake Control (DBC), Dynamic Traction Control (DTC), ditambah dengan Multi Collision Brake.

>>> Perbedaan Sistem Pengereman Otomatis, BMW X1 ‘Bunuh’ 3 Boneka Percobaan

OPERASI BMW X1 2019

Menilik ke bagian mesin, tidak ada perubahan dengan X1 yang masih menggunakan mesin 3 silinder 1.5 liter. Namun untuk efisiensi yang lebih baik, BMW mengumumkan bahwa ada peningkatan 6 daya kuda dibandingkan sebelumnya, sehingga membuat mesin mampu mengeluarkan 140 daya kuda serta 220 Nm torsi maksimal.

mesin BMW X1 sDrive18i xLine 2020 berwarna hitam
Mesin BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Masih menggunakan mesin berpenggerak roda depan, edisi facelift ini BMW mengandalkan sistem transmisi baru, yaitu otomatis 7-percepatan dengan kopling ganda. BMW membatasi kecepatan tertingginya secara elektronik hingga 201 km/jam.

Dengan pengaturan mesin yang baru, efisiensi bahan bakar terbilang cukup tinggi. Mobil ini juga memiliki penghematan bahan bakar yang cukup tinggi, terlebih dengan kondisi stop/go yang sering ditemui di kota-kota besar yang penuh kemacetan.

>>> Komparasi BMW 740Li Opulence VS Mercedes-Benz S 450 L; Siapa Luxury Sedan Jerman Terbaik?

spesifikasi BMW X1 2019

Meskipun memiliki sedikit perbedaan dengan versi orisinil dari Jerman, sebagian besar spesifikasi BMW X1 sDrive18i xLine 2020 masih tetap sama. Detail spesifikasi mobil anyar BMW ini bisa Anda lihat pada tabel di bawah.

Dimensi BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.439 mm x 1.821 mm x 1.598

Jarak Poros Roda

2.670 mm

Berat

1.677 kg

Kapasitas Bagasi

505 liter (1.550 liter maksimal)

Mesin BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Tipe Mesin

3 silinder 1.5 liter

Kapasitas Silinder

1.499 cc

Tenaga Maksimal

140 dk

Torsi Maksimal

220 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

5.6 detik

Kecepatan Tertinggi

201 km/jam

Transmisi

Otomatis 7 percepatan DCT

Kaki-Kaki BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Suspensi

Suspensi Adaptif

Pelek

18 inci light alloy wheels Y-spoke

Ban

Runflat tyres

kelebihan & kekurangan BMW X1 2019

Penyegaran pada bagian eksterior dipadukan dengan tambahan berbagai fitur menarik untuk menemani Anda selama perjalanan. Nah, sebelum menawar mobil ini, lihat dulu kelebihan dan kekurangan BMW X1 sDrive18i xLine 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan yang menawan khas mobil Eropa dengan sasis atletik dan tangguh

Hanya ada satu varian yang dijual di Indonesia

Mesin yang tetap sama, tetapi mendapatkan peningkatan tenaga

Ada fitur asli yang dipangkas untuk memberikan harga yang kompetitif

Kabin yang besar dan bagasi lega

 

daftar harga BMW X1 2019

Sebagai lini kendaraan paling bawah dari keluarga X-Series, mobil ini pun memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan saudaranya. Harga BMW X1 sDrive18i xLine 2020 sendiri mulai dari Rp739 Juta Off the Road, atau meningkat Rp20 juta dibandingkan X1 generasi pertama yang masih dipasarkan oleh BMW di Indonesia, saat ini dibanderol mulai dari Rp719 jutaan.

>>> Silakan cek harga dan promo saat membeli mobil BMW X1 di sini

Video BMW X1 2019

Tim Cintamobi TV mendapatkan kesempatan melihat langsung tampilan baru dari facelift X1 yang sudah dipasarkan mulai awal November ini. Ingin tahu lebih lanjut? Lihat lagi video BMW X1 sDrive18i xLine 2020 dari tim Cintamobil TV berikut ini.

KESIMPULAN BMW X1 2019

Tampilan yang mengesankan dengan desain serta fitur kelas premium menjadi salah satu bagian penting dari kelebihan yang dimiliki BMW X1 sDrive18i xLine 2020. Berupa facelift, perubahan yang diberikan terlihat pada bagian depan dengan kidney grille yang lebih besar serta tampilan berbeda dari lampu depan dan lampu belakang.

tampilan depan facelift BMW X1 2020 berwarna putih 
Desain menawan entry level terlaris BMW X1 sDrive18i xLine 2020

Sedangkan di dalam, transmisi otomatis 7-percepatan yang baru pun mendapatkan tuas bergaya joystick anyar untuk mobil ini. Harganya pun tak berubah jauh dibandingkan model lama yang masih dijual oleh BMW Indonesia. Menekankan pengendaraan mewah untuk kegiatan keluarga sehari-hari, BMW X1 sDrive18i xLine 2020 menggabungkan kesan premium dan kepraktisan untuk mobil keluarga Tanah Air.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil