Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga

15/07/2020

Share this post:

BMW 5 Series 2020

Editor rate:

Rp 2.500.000.000

Harga BMW 5 Series Terbaru Lihat promo

Jika Seri-5 Sedan disebut sebagai model premium untuk eksekutif, BMW Seri-5 Touring 2020 menawarkan desain elegan Seri-5 plus kepraktisan ala MPV keluarga.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga
Review BMW Seri-5 Touring 2020: Keindahan Seri-5 Untuk Keluarga
0 Gambar

Pengantar BMW 5 Series 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW 5 Series 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Interior yang mewah serta elegan

Dilengkapi berbagai fitur anyar BMW

Kabin yang lebih lega

Unggul dalam hal kepraktisan dibanding versi sedan

Kekurangan

Model Touring tak begitu populer di Indonesia

Butuh budget tambahan untuk paket pelengkap

Hanya ada konfigurasi 5-kursi

Review BMW Seri-5 Touring 2020 - BMW Seri-5 merupakan salah satu model terpopuler BMW. Tak hanya di dunia, tapi mobil yang sudah dirakit di Indonesia ini memiliki penjualan yang cukup laris di Tanah Air. Pertengahan tahun lalu, BMW memperkenalkan model terbaru dari penyegaran bagi Seri-5. Tak hanya model sedan, tapi juga BMW Seri-5 Touring 2020 yang cocok untuk konsumen berkeluarga.

generasi pertama Seri-5 berwarna putih
Generasi pertama Seri-5 yang diperkenalkan tahun 1972

Desain menawan dari Seri-5 telah memenangkan berbagai penghargaan di seluruh dunia sejak diperkenalkan pertama kali pada 1972. Seri-5 bahkan bisa dibilang sebagai model paling laris BMW setelah Seri-3. Dalam pernyataan resminya, BMW menyebutkan lebih dari 600.000 unit BMW Seri-5 Sedan dan Touring telah terjual di seluruh dunia.

Bertepatan dengan kehadiran facelift Seri-5 Sedan, Seri-5 versi Touring diperkenalkan. BMW mengungkapkan, “Estetika desain yang memikat hati, ciri khas kenikmatan berkendara BMW, teknologi mengemudi semi-otomatis yang memukau dan layanan digital yang tiada banding mengilhami kedua model dengan daya tarik yang menonjol.”

mobil baru BMW Seri-5 Touring 2021 berwarna biru
Facelift terbaru BMW Seri-5 Touring diperkenalkan dengan versi sedannya

Menawarkan desain yang menawan, tampilannya terasa elegan untuk layaknya sedan. Sedang konfigurasi dan kepraktisannya sangat cocok digunakan sebagai kendaraan keluarga. Bagi Anda yang berencana meminang mobil ini, perhatikan review BMW Seri-5 Touring 2020 dari tim Cintamobil.com hanya di sini.

Eksterior BMW 5 Series 2020

Penyegaran yang dilakukan BMW pada Mei 2020 lalu merupakan bagian Life Cycle Impulse pabrikan Jerman ini. Selain meningkatkan teknologi dan sistem di dalam mobil, BMW Seri-5 Touring juga mendapatkan beberapa penyegaran pada bagian luarnya.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Eksterior Depan

Desain BMW Seri-5 memang masih mengandalkan bahasa desain yang sama dengan edisi sebelum facelift. Tapi ubahan pada bagian depan termasuk penyegaran desain bumper yang dibuat lebih bersudut beserta intake udara. Seri-5 mendapatkan DRL yang dirancang ulang. Desainnya memiliki bentuk L yang terlihat lebih sederhana, bukannya bentuk segi depan layaknya versi pra-facelift.

tampilan depan BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna biru
Tampilan depan BMW Seri-5 Touring 2020

Lampu depan LED sudah menjadi standar untuk semua model. Seperti model baru BMW lainnya, desain khas kidney grille dibuat lebih besar. Memperlihatkan perubahan gaya desain Seri-5 yang baru. Tak ketinggalan ada model M Sport dengan intake udara depan yang lebih besar serta kontur berbentuk U yang mengarah ke lampu depan, mirip dengan Seri 3.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Eksterior Samping

Lebar, tinggi, dan panjang wheelbase tanpa perubahan. Tapi BMW memberikan tambahan panjang 21 mm pada Touring sehingga panjang sama dengan versi sedan menjadi 4.983 mm. Yang baru ditambahkan yaitu opsi velg 20 inci serta warna baru; Phytonic Blue, Tanzanite Blue, Bernina Grey, dan Aventurine Red. Model M Sport memiliki opsi kaliper rem merah.

tampilan samping BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna biru
Tampilan samping BMW Seri-5 Touring 2020

Siluet yang menawan terlihat dari sisi samping. Mengingat Seri-5 dikenal memiliki koefisien drag yang rendah. Dan facelift kali ini masih mempertahankan tradisi tersebut. Jika Seri-5 G50 sedan memiliki Cd 0.23, maka Seri-5 Touring menawarkan angka yang cukup rendah, yaitu 0.26. Terlihat dari desain siluet dan sistem kontrol penutup udara untuk radiator.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Eksterior Belakang

tampilan belakang BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna biru
Tampilan belakang BMW Seri-5 Touring 2020

Di bagian belakang, lampu belakangnya mendapatkan desain berbentuk L yang sama dengan lampu depan serta kesan 3D dan grafis berbentuk huruf C. Sistem pembuangan twin-pipe dengan luaran trapezium dibuat sebagai model standar bagi semua varian. Sedangkan model M Sport memiliki kontur yang lebih menonjol pada sistem pembuangan.

>>> Dapatkan berbagai review terbaru BMW hanya di sini


Interior BMW 5 Series 2020

Bagian dalam masih terasa tampilan elegan yang ditawarkan pada model sebelumnya. Fitur dan teknologi yang digunakan masih sama dengan model sedan. Yang berbeda tentu saja kapasitas kabin karena eksterior belakang yang lebih tinggi. Menambah kesan lapang dan ruang penyimpanan di belakang.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Dashboard

Yang paling menarik pada tampilan dashboard BMW Seri-5 Touring termasuk sistem infotainment layar sentuh baru yang menampilkan sistem BMW iDrive 7.0 dengan pembaruan gesture over-the-air serta pembaruan lalu lintas real time. Layar infotainment berukuran 10,25 inci merupakan fitur standar dengan sistem BMW Live Cockpit Professional berukuran 12,3 inci.

dashboard BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna hitam
Dashboard BMW Seri-5 Touring 2020

Desain menawan dari dashboard ditutup dengan material berkualitas serta aksen dual tone yang terkesan mewah. Kontrol tengah menawarkan kesan elegan dengan finishing piano black. Anda bisa menemukan tuas persneling, dial switch yang bisa digunakan untuk mengontrol sistem dalam head unit, rem parkir elektronik, serta tombol bantuan berkendara.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Setir

setir BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna hitam
Setir BMW Seri-5 Touring 2020

Setir berlapis kulit akan menemani Anda selama berkendara di dalam mobil ini. Masih sama dengan varian sedan, setir tiga palang yang diberikan memiliki aksen silver khas milik BMW. Tak ketinggalan beberapa tombol fungsi pada setir untuk memudahkan Anda mengakses berbagai fungsi dan pengaturan di dalam mobil.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Kursi

kursi BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna beige
Kursi BMW Seri-5 Touring 2020

Kemewahan dan kepraktisan di dalam mobil terasa dengan berbagai fungsi dalam kursi, termasuk fitur Electric Seat Adjustment, Lumbar Support, hingga Memory Seat. Di belakang, kabinnya tentu saja mendapatkan kesan lebih lapang dibandingkan edisi sedan. Hadir dengan pengaturan AC 4-Zone, kenyamanan di dalam mobil lebih terasa karena material Sensatec yang memberikan kenyamanan duduk di dalam mobil.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Bagasi

bagasi BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna hitam
Bagasi BMW Seri-5 Touring 2020

Kepraktisan versi wagon tentu saja lebih baik dibandingkan varian sedannya. Dengan penempatan ruang yang ergonomis, mobil ini menawarkan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih lega. Cocok bagi Anda yang ingin berkendara bersama keluarga. Ruang penyimpanan memiliki catatan 570 liter. Bahkan bisa dibuat lebih lega ketika kursi belakang dengan pengaturan 40:20:40 direbahkan.

>>> Berita terbaru seputar BMW bisa dipantau di sini

Fitur BMW 5 Series 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Seri-5 terbaru mendapatkan pembaruan pada fungsi dan teknologi yang diberikan. Selain BMW iDrive 7.0 baru, ada personal Assistant Control, kompatibilitas Apple CarPlay dan Android Auto yang terintegrasi, tak ketinggalan peta BMW dengan sistem navigasi berbasis cloud dengan pembaruan lalu lintas real time serta peningkatan pada fungsi pencarian.

fitur BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna hitam
Fitur dalam BMW Seri-5 Touring 2020

Seri-5 sekarang memiliki sistem bantuan parkir, sama dengan yang ditemukan pada Seri-3. Facelift kali ini menawarkan fungsi Reversing Assistant yang memungkinan mobil untuk mundur di tempat asalnya. Selain itu, Parking Assistant Professional menggabungkan fungsi Drive Recorder baru yang dapat merekam hingga 40 detik video dari berbagai kamera.

Review BMW Seri-5 Touring 2020: Fitur keselamatan aktif

Layaknya mobil mewah milik BMW lainnya, Seri-5 memiliki berbagai sistem bantuan berkendara serta fitur keselamatan aktif untuk memudahkan Anda di belakang kemudi. Fitur berkendara lainnya yang diberikan termasuk Dynamic Stability Control (DSC) termasuk Dynamic Traction Control (DTC), sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-Force Distribution (EBD) hingga Cornering Brake Control (CBC).

>>> Pembaruan iOS 14, Fitur Apple CarKey Siap Dipakai di BMW Terbaru

Operasi BMW 5 Series 2020

Seri-5 pada dasarnya mendapatkan berbagai pilihan mesin. Diantaranya mesin 3.0L 60 silinder bertenaga twin-turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 337 PS dengan torsi puncak 450 Nm. Model xDrive mendapatkan sistem penggerak semua roda dengan transmisi 8-percepatan Steptronic dengan perpindahan yang mulus.

mesin BMW Seri-5 Touring 2020 berwarna hitam
Mesin BMW Seri-5 Touring 2020

Pada pembaruan kali ini, BMW tak ketinggalan memperkenalkan mesin hybrid untuk semua model standar. Motor listrik 48-volt menambahkan tenaga hingga 11 PS. Tenaga yang dikeluarkan semakin efisien bersama teknologi injeksi langsung guna menghemat konsumsi bahan bakar. Akselerasinya kencang, hingga 4,9 detik untuk percepatan 0 ke 100 dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 250 km/jam.

>>> Butuh Referensi Modifikasi BMW E46? Pickup ini Bisa Jadi Inspirasi

Spesifikasi BMW 5 Series 2020

Dimensi BMW Seri-5 Touring 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

4.963 x 1.868 x 1.479 mm

Jarak Poros Roda

2.975 mm

Ground Clearance

158 mm

Mesin BMW Seri-5 Touring 2020

Tipe Mesin

BMW TwinPower Turbo technology, double-VANOS variable camshaft timing

Kapasitas Mesin

3.0L 6-silinder twin-turbo

Tenaga Maksimal

337 PS @ 5.500 – 6.250 rpm

Torsi Maksimal

450 Nm @ 1.600-4.800 rpm

Akselerasi

4.9 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam

Transmisi

8-percepatan Steptronic

Sistem Penggerak

All-wheel Drive

Kaki-Kaki BMW Seri-5 Touring 2020

Suspensi Depan

Double Wishbone Axle

Suspensi Belakang

Five-link Axle

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Ventilated Disc

Tipe Ban

225/55 R17

Daftar Harga BMW 5 Series 2020

Meskipun sudah dirakit di Indonesia, tetapi BMW Indonesia masih belum secara resmi membawa mobil ini ke Tanah Air. Sedangkan di luar Inggris, facelift BMW Seri-5 Touring dibanderol harga £41,155 (sekitar Rp2.5 miliar). Di Indonesia, Seri 5 hanya ditawarkan berupa sedan dengan harga mulai dari Rp1 miliar.

>>> Butuh informasi lebih detil tentang harga mobil BMW Seri-5? Klik sini untuk simak harga dan promosi terlengkap

Kesimpulan BMW 5 Series 2020

Kualitas dan kenyamanan sedan Seri-5 tak perlu diragukan lagi. Dan hal ini menular pada BMW Seri-5 Touring yang menyediakan ruang yang lebih lapang serta kepraktisan yang lebih baik dibandingkan saudara versi sedannya. Sedang dari masalah mesin dan fitur yang digunakan tak begitu berbeda dengan Seri-5 Sedan. Meski model wagon tak begitu populer di Indonesia, tapi mobil ini bisa menjadi tambahan yang menyenangkan bagi segmen mobil keluarga.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Padli Nurdin
Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Harga BMW 320i 2017: Sedan Cepat yang Siap Menggebrak Pasar Otomotif

Rp 619.000.000

08/10/2017

Editor rate:

Bayerische Motoren Werke, atau lebih familiar dengan merek BMW merupakan pabrikan yang gemar melakukan inovasi untuk setiap katalog yang diluncurkan. Perusahaan otomotif asal Jerman ini terus memberikan pembaharuan demi mempertahankan konsumen setianya serta merengkuh market yang lebih luas lagi. Menyongsong tahun 2017, BMW kembali bernostalgia dengan meluncurkan type 3 yang diperbaharui sedemikian rupa yakni BMW 320i. Inovasi apa saja yang mereka tawarkan untuk konsumennya? Bacalah tulisan ini.

Lihat juga

Harga BMW X5 2017: SUV dengan Segudang Fitur, Spesifikasi Dan Review Lengkap

Rp1,2 Milyar

16/10/2017

Editor rate:

Produktivitas BMW dalam merilis katalog anyar di tahun 2017 ini memang tak perlu disangsikan lagi. Pabrikan asal Jerman tersebut terus meluncurkan mobil dari berbagai type mulai dari SUV, Sedan, Hybird dan lain sebagainya. Setelah melunurkan X1 beberapa waktu lalu, perusahaan yang berbasis di Bavaria ini kembali merilis seri X lainnya dalam wujud BMW X5 2017. Berikut ini adalah tulisan review BMW X5 2017.

Lihat juga

Review BMW 4 Series 2021: Tegaskan Identitas Dengan Grille Ikonik

Rp. 654.529.000

12/06/2020

Editor rate:

Generasi kedua BMW 4 Series diperkenalkan dengan tampilan yang jauh berbeda dari pendahulunya, khususnya dengan grille super besar yang menegaskan 4 Series lebih dari sekadar 3 Series coupe.

Lihat juga

Review BMW 5 Series 2021: Modernisasi Saloon Eksekutif Bavaria

Rp 662.600.000

09/06/2020

Editor rate:

Pekan lalu, BMW 5 Series mendapatkan facelift untuk model 2021 dengan beberapa sentuhan di segi eksterior, interior, dan powertrain yang membuat mobil lebih modern dan berkelas. Bagaimana lengkapnya?

Lihat juga

Review BMW 3 Series Touring 2020: Penyempurna Kebangkitan BMW Seri 3

Rp. 1.289.000.000

18/04/2020

Editor rate:

BMW 3 Series Touring mempertahankan nilai sebagai Driver’s Car yang tetap memanjakan keluarga. BMW Indonesia kini secara resmi mulai memasarkannya di Tanah Air

Lihat juga