Review BMW Seri 3 2019

03/10/2018

Share this post:

BMW 3 Series 2019

Editor rate:

Lihat promo

Menjadi salah satu merek paling sibuk pada Paris Motor Show 2018, BMW dengan lugas memperkenalkan BMW Seri 3 2019 sebagai generasi ketujuh yang lebih bertenaga dan lebih modis.

Review BMW Seri 3 2019
Review BMW Seri 3 2019
0 Gambar

Pengantar BMW 3 Series 2019

Mari kita simak spesifikasi BMW 3 Series 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Sebagai kendaraan premium, sedan BMW 3 Series memberikan kenyamanan berkendara kelas atas

Mendapatkan peningkatan pada sistem teknologi dan keselamatan

Desain interior mewah

Ada banyak pilihan mesin untuk konsumen

Kekurangan

Bagian kabin belakang masih kurang luas

Harga yang mahal, terlebih jika sampai ke Indonesia

Review BMW Seri 3 2019BMW Seri 3 2019 merupakan bagian ketujuh dari generasi mobil eksekutif kompak yang diproduksi oleh pembuat mobil Jerman sejak Mei 1975. Menjadi penerus seri 02, generasi pertama dari Seri 3 hanya tersedia sebagai sedan 2 pintu. Namun jangkauan modelnya telah diperluas hingga mencakup sedan 4 pintu, konvertibel 2 pintu, coupé 2 pintu, wagon 5 pintu, hatchback 5 pintu untuk Gran Turismo serta hatchback 3 pintu. Sejak 2013, model coupé dan konvertibel telah dipasarkan sebagai Seri 4.

Gambar yang menunjukan BMW Seri 3 generasi pertama

BMW Seri 3 generasi pertama (E21) keluaran 1975

Seri 3 adalah model terlaris BMW. Terhitung sekitar 30% dari total penjualan tahunan merek BMW (tidak termasuk sepeda motor) adalah seri 3. Bahkan setelah 43 tahun, BMW Seri 3 telah memenangkan banyak penghargaan sepanjang sejarahnya. Memiliki reputasi yang tak tertandingi untuk kualitasnya, Seri 3 telah menjadi penantang segmen menengah premium.

Gambar yang menunjukan bagian luar BMW Seri 3 2019

Tampilan baru generasi ketujuh BMW Seri 3 2019

Untuk perubahan kali ini, BMW tampaknya telah siap untuk mengambil lebih banyak resiko dengan BMW 3 Series 2019 ini, setidaknya dalam departemen styling. Memulai debut barunya di Paris Motor Show pada hari Selasa, 2 Oktober, Cintamobil.com akan memberikan review BMW 3 Series 2019 bagi pembaca sekalian.

Eksterior BMW 3 Series 2019

Berani adalah istilah yang kreatif untuk menggambarkan eksterior BMW 3 Series 2019. Secara keseluruhan bagian luar mendapatkan inovasi yang lebih lembut dibandingkan generasi keenam yang bertahan selama tujuh tahun. Beberapa perbedaan terlihat dalam detail kendaraan.

Gambar yang menunjukan mobil baru BMW Seri 3 2019

Tampilan luar mendapatkan perubahan modis dibandingkan generasi sebelumnya

Namun versi ketujuh generasi G20 ini dikatakan 55 kg lebih ringan dibandingkan 3 Series terakhir. Pengurangan 15 kg didapatkan dari pemasangan kap dan sayap depan berbahan alumunium. Menggunakan alumunium untuk struts suspensi depan dan subframe mesin telah memangkas 7.5 kg. Sedangkan kekakuan naik antara 25% hingga 50% untuk seluruh mobil.

Review BMW 3 Series 2019​: Eksterior Depan

Gambar yang menunjukan bagian depan BMW Seri 3 2019

Bagian depan BMW 3 Series 2019

Jika melihat eksterior depan BMW 3 Series 2019, lampu depan yang sangat tipis sekarang memiliki lekukan ke arah pelek yang lebih rendah. Bonnet memiliki empat garis kontur yang mengarah ke gril depan BMW. Lampu depan kembar yang khas dibuat lebih ‘marah’ menampilkan kesan tegas mengapit gril depan yang masih dipertahankan.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan bagian samping BMW Seri 3 2019

Bagian sampng BMW 3 Series 2019

Eksterior samping BMW 3 Series 2019 mengadopsi gaya dari generasi terbaru yang lebih panjang 85 mm dan 16 mm lebih lebar dibandingkan 3 Series terakhir. ‘Kegemukan’ tidak mampu menyamarkan wheelbase 41 mm lebih panjang dan membebaskan ruang kabin lebih besar dibandingkan beberapa seri pendahulunya. Sepanjang garis karakter naik ke baliang belakang mobil di door handle dan garis kontur dekat side skirt menghubungkan bagian samping ke lengkungan roda.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan bagian belakang BMW Seri 3 2019

Bagian belakang BMW 3 Series 2019

Berlalu ke sisi belakang, eksterior belakang BMW Seri 2019 kini menampilkan area fender yang lebih melengkung, serta lekuk tutup bagasi jauh lebih terpahat. Sedangkan lampu belakang terlihat lebih tipis dan horizontal dibandingkan generasi sebelumnya, menambahkan desain yang lebih tegas. Jika diperhatikan, ada 'kemiripan' antara lampu belakang BMW 3 Series 2019 dengan Lexus IS dalam lengkungan L-Shaped.


Interior BMW 3 Series 2019

Di bagian dalam, BMW berhenti mengutak-atik tema desain tahun 1990-an dan pergi mengejar Audi dan Mercedes yang sukses memberikan suasana modern yang elegan. Interior BMW 3 Series 2019 terlihat mirip dengan yang ditampilkan di mobil sport Z4 terbaru, dengan panel instrument terintegrasi dengan layar infotainment.

Gambar yang menunjukan bagian interior BMW Seri 3 2019

Desain bagian dalam BMW 3 Series 2019

Sementara kabin 3 Series selalu dianggap memberikan kualitas material terbaik bagi pengemudinya, bahan-bahan seperti plastik keras mendapatkan peningkatan kualitas, bersamaan dengan material lain.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Dasbor dan Kemudi

Dasbor All New BMW 3 Series mendapatkan layar instrument digital 12,3 inci yang terletak rata dengan konsol iDrive layar lebar. Tombol-tombol logam menambahkan sentuhan berkelas. Berbeda dengan desain lama, konsol tengah sepenuhnya mendapatkan konsep ulang dari BMW.

Gambar yang menunjukan bagian kemudi dan dasbor BMW Seri 3 2019

Berbagai fitur baru bisa diakses dalam dasbor dan layar intrumen

Di antara kursi, di samping tuas persneling baru yang lebih gemuk, adalah rumah baru untuk tombol start mesin serta tombol mode untuk pengaturan pengemudian yang berbeda. Sedangkan instrumen cluster terbaru menawarkan desain baru dan ada sejumlah paket trim yang tersedia.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Kursi

Peningkatan kecil dalam dimensi eksterior tidak berarti lebih banyak ruang di dalam mobil. BMW beralasan jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang, Anda bisa membeli BMW 5 Series. Akibatnya interior masih berukuran sama dengan rasio ruang depan dan belakang yang sama.

Gambar yang menunjukan bagian kursi BMW Seri 3 2019

Tidak ada banyak ruang dalam BMW 3 Series 2019

Kepraktisan dan kegunaan telah ditingkatkan. Meskipun kursi belakang sekarang dibagi 40/20/40 sebagai standar. Ukuran sama dengan generasi sebelumnya, tetapi ada penambahan hingga lima port USB untuk teman perjalanan Anda.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Bagasi

Gambar yang menunjukan bagian bagasi BMW Seri 3 2019

Bagian bagasi BMW 3 Series 2019

Dengan peningkatan dimensi kendaraan, bagian bagasi juga mendapatkan ruang yang lebih lega dibandingkan pendahulunya. BMW mengungkapkan ruang bagasi mencapai 480 liter. Bagasi bisa diperluas ketika kursi belakang dilipat ke bawah hingga 36 liter tambahan.

Fitur BMW 3 Series 2019

Fitur BMW 3 Series 2019 mendapatkan lebih banyak teknologi yang ditanamkan, tentu saja jika dibandingkan dengan versi lama yang sudah berumur tujuh tahun. Fitur dalam mobil secara signifikan mendapatkan tambahan teknologi standar, termasuk kamera mundur, lampu LED, AC tiga zona, dan cermin pintu yang bisa dilipat.

Review BMW 3 Series 2019​: ​BMW Intelligent Personal Assistant

BMW akan mengikuti permainan Mercedes dengan menggunakan fitur suara “Hey” dengan sistem asisten kendaraan baru. Setelah mengucapkan “Hey BMW”, Perusahaan mengatakan bahwa “Asisten Personal Cerdas BMW akan mempelajari rutinitas dan kebiasaan pengemudi, kemudian menerapkannya dalam konteks yang sesuai.”

Gambar yang menunjukan bagian fitur BMW Seri 3 2019

BMW Intelligent Personal Assistant akan membantu pengemudi

Asisten pribadi BMW akan membuka jalan baru antara interaksi pengemudi dan mobil. Sistem akan membantu pengemudi, mempelajari preferensi mereka dan terbiasa dengan pengaturan favorit mereka. Misalnya menghidupkan pemanas kursi atau langsung menunjukan arah menuju tempat yang sering dikunjungi.

Satu fitur unik dalam sistem ini adalah Anda bisa memberinya nama. Sehingga Anda bisa mengaktifkan fitur ini dengan memanggil namanya. Katakanlah ketika Anda mengucapkan, “Hey Eko”, sistem akan aktif. Sistem ini akan menunggu setiap perintah pengemudi dan langsung bergerak ketika diaktifkan.

Review BMW 3 Series 2019​: ​Fitur keselamatan aktif

Berbagai fungsi bantuan mengemudi tersedia sebagai standar. Termasuk Active Guard Plus yang mencakup informasi batas kecepatan, sistem untuk mengarahkan, mempercepat, dan mengerem mobil di jalan raya, hingga teknologi untuk mendeteksi potensi dampak benturan dengan pejalan kaki atau pengguna sepeda.

Gambar yang menunjukan fitur keselamatan BMW Seri 3 2019

Fitur keamanan aktif standar mendapatkan peningkatan dibandingkan generasi terdahulu

Inovasi BMW termasuk BMW Laserlight dan asisten kontrol Kemudi dan jalur, yang akan diperkenalkan juga untuk model terbaru BMW. Fitur keselamatan aktif BMW 3 Series 2019 akan mendapatkan Reversing Assistant, yaitu teknologi yang akan mengambil alih kemudi ketika mundur di area yang sempit dimana jarak pandang terbatas.

Selain itu, BMW juga menanamkan teknologi parkir tanpa sopir jarak jauh. Pengemudi bisa membuka kunci mobil dengan aplikasi smartphone (selama itu Samsung Galaxy) dan BMW akan mengontrol gerakan mobil untuk menarik 3 Series menuju tempat parkir.

Operasi BMW 3 Series 2019

Ada enam pilihan sistem operasi BMW 3 Series 2019 tersedia pada saat peluncuran di Paris Motor Show 2018. 320i dengan mesin turbo empat silinder 2.0 akan mengembangkan tenaga 184 dk dengan emisi Co2 mulai dari 129 g/km. Mesin yang sama dapat ditingkatkan hingga 258 dk untuk 330i yang memiliki emisi 132 g/km. Bagian bensin akan ditangani oleh mesin turbo empat silinder 330i dengan 257 daya kuda dan sprinter menuju 100 km/jam dalam 5.8 detik.

Gambar yang menunjukan bagian mesin BMW Seri 3 2019

Selain enam piihan mesin, akan ada tambahan hibrida dan listrik ketika dipasarkan tahun depan

Mesin diesel untuk 318d memiliki 150 dk dengan girboks otomatis delapan kecepatan opsional yang dipasang. Mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam 6.8 detik atau 7.1 detik jika Anda tetap menggunakan transmisi manual enam percepatan. 320d xDrive dengan pengendaraan empat roda diatas kertas memang sedikit lambat. Tapi ketika dibawa untuk nge-drift, mobil ini bisa memberikan tenaga maksimalnya.

320d merupakan versi yang paling populer dan kemampuan efektif. Mampu menembakkan 190 daya kuda dari mesin empat silinder yang sama dengan 318d. Sedangkan yang keenam dan yang paling kuat adalah 330d enam silinder diesel dengan kekuatan mencapai 256 dk.

Spesifikasi BMW 3 Series 2019

Paris Motor Show 2018 menjadi panggung pertama sedan terpopuler BMW ini. Untuk memberikan detail terbaik, berikut spesifikasi BMW 3 Series 2019 sebagaimana dirangkum oleh Cintamobil.

Dimensi BMW 3 Series 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.709 mm x .827 mm x 1.442 mm

Wheelbase

2.851 mm

Pintu/kursi

4/5

Konfigurasi

40/20/40

Bagasi

480 liter

Kapasitas bahan bakar

59 liter

Mesin BMW 3 Series 2019

Tipe

4 silinder segaris

Kapasitas

1998 cc

Transmisi

8 kecepatan transmisi Steptronic

Maksimal output

258 hp (190 kW)

Maksimal torsi

400 Nm

Akselerasi (0-100 km/jam)

5.8 detik

Top speed

250 km/jam

Kaki-Kaki BMW 3 Series 2019

Ban

17 inci

Suspensi depan

Double-joint spring-strut axle

Suspensi belakang

Five-link axle

Rem depan dan belakang

Single-piston floating-calliper

Kemudi

Electric Power Steering (EPS)

Daftar Harga BMW 3 Series 2019

Dengan tidak memperkeruh pemilihan dengan berbagai trim dan konfigurasi opsional, hanya ada enam paket opsi dan sepuluh opsi tunggal untuk mobil ini. Sebelum memilih versi yang sesuai dengan Anda, harga BMW 3 Series 2019 dimulai pada $ 43.675 atau setara dengan Rp 657 juta. Tentu saja harga ini akan bertambah mahal akibat kebijakan impor mobil mewah Indonesia.

>>> Untuk tahu harga mobil BMW semua tipe, silahkan klik sini

 

Kesimpulan BMW 3 Series 2019

BMW memang mencoba memberikan gaya baru bagi BMW 3 Series yang sudah mendapatkan tempat sebagai salah satu sedan terbaik saat ini. Dengan berbagai opsi yang ditawarkan, BMW sepertinya ingin membiarkan konsumen mereka memilih apa yang ingin dikendarai. Tapi tetap saja pabrikan Jerman ini menawarkan kenyamanan mengemudi dalam sedan premium 3 Series.

Untuk bagian dapur, tidak seperti merek lainnya, BMW memberikan kebebasan bagi pemilik untuk memilih tipe mesin yang ingin digunakan. BMW 3 Series 2019 yang menawarkan tipe bensin, diesel dan listrik, pemilik bisa mencari kendaraan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Masih banyak yang akan diberikan oleh BMW untuk 3 Series ke depannya. Termasuk model mesin tiga silinder ultra hemat, sepasang hibrida plug-in, bahkan mungkin 3 Series listrik penuh yang pertama dari BMW. Tapi tentu saja jika Anda ingin untuk membeli mobil ini, Anda harus menunggu sedikit lebih lama karena BMW menjelaskan bahwa mereka akan meluncurkan BMW 3 Series 2019 pada Maret tahun depan.

 
Padli Nurdin
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top