Review BMW M3 2017

06/08/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Nama BMW M3 dikenal cukup marak di perhelatan otomotif internasional. Mengedepankan performa mesin luar biasa dengan sentuhan agresif pada sisi eksteriornya, menjadikannya suatu model yang hanya diperuntukkan bagi Anda yang mencintai kecepatan dalam rangka bodi sedan. Apakah benar segala hal tentangnya? Mari kita buktikan hal tersebut dalam review BMW M3 2017.

PENGANTAR BMW M3 2017

Review BMW M3 2017 – Di jajaran keluarga M, model BMW berkode M3 terbilang paling diminati oleh masyarakat internasional. Esensi karismatik dengan tenaga luar biasa, menjadi sajian utama yang dapat Anda nikmati pada mobil sedan satu ini.

Seperti kita ketahui, BMW M GmbH memang menerapkan filosofi utama yakni menghadirkan produk yang bukan saja tampil bertenaga namun juga berkapabilitas tinggi. Statemen tersebut nyatanya selaras dengan pernyataan Robert A. Lutz selaku mantan dewan BMW M GmbH. Dari sejarahnya, memang BMW M GmbH terbilang gigih yang didirikan dengan hanya 35 pekerja yang berdedikasi tinggi.

Sejarah BMW M dimulai dari Robert A. Lutz sebagai salah satu mantan dewan penting pembuat keputusan

Mantan dewan BMW M GmbH, Robert A. Lutz, merupakan salah satu aktor penting dalam perjalanan awal perusahaan asal Jerman tersebut

Kehadiran BMW M1 di kisaran tahun 1978 dan 1981, menjadi buah tangan pertama dari pabrikan asal Jerman tersebut. Tak lama setelah itu, BMW M3 berkode E30 dirilis pada tahun 1986 yang sekaligus menjadi generasi pertamanya. Proses cukup panjang terus dilalui yang dimulai dari mesin berdaya 192 HP pada model pertamanya dan terus berkembang menjadi mesin bertenaga 425 HP pada generasi teranyarnya yakni BMW M3 F80. Jika melihat fakta tersebut, tentu kami cukup kagum dengan dedikasi BMW M GmbH dalam menghadirkan produk sport Car bertenaga tinggi.

Generasi BMW M memiliki perubahan yang cukup signifikan

Perbandingan generasi pertama BMW M3 (kiri) dan generasi terbarunya (kanan)

Memang tak bisa dipungkiri, pengurangan bobot bodi yang diklaim mencapai 100 Pounds serta penggunaan mesin bertenaga Turbo kembar, menjadikannya sangat cepat saat mengaspal. Bayangkan saja, peraihan kecepatan 100 Km/Jam hanya ditempuh dalam tempo 4 detik saja. Berselisih cukup signifikan dengan generasi pertamanya yang mengekor di angka 6,5 detik. Hmm, rasanya pembahasan kali ini akan sangat menarik bagi Anda pecinta kecepatan. Mari kita simak bersama review BMW M3 2017 bersama Cintamobil.com.

EKSTERIOR BMW M3 2017

Tampilan eksterior BMW M3 2017 tampil cukup garang, seakan menyiratkan performa mesinnya yang bertenaga. Desainnya bodi juga menerapkan rakitan bodi M, memberi ciri khas karismatik ketimbang jajaran keluarga BMW lainnya.

Review BMW M3 2017: Eksterior Depan

Kidney Grille sebagai identitas ikonik khas BMW, disematkan pada fascia depan namun dengan tambahan M Badge di sisi kanannya. Grille-nya juga dikemas apik dengan pesona mewah menggunakan balutan krom mengilap berdesain Double Vertical Slats. Adapun untuk masalah pencahayaan, BMW M3 mengadopsi lampu Xenon yang dikenal akan fungsi penerangan optimalnya.

Eksterior Depan BMW M3 2017 menerapkan desain agresif dan dibekali lampu utama Xenon untuk menerangi jalan Anda

Tampilan depan BMW M3 2017 dihias apik dengan lampu utama Xenon

Review BMW M3 2017: Eksterior Samping

Merambah sisi samping, BMW M3 2017 menampilkan kesan atletis lewat desain bodi High-Gloss Shadowline yang dipadu dengan Two-Tone Colour pada sisi atapnya. Adapun fitur tersebut juga menggunakan material Carbon-Fibre Plastic Roof yang memberi bobot lebih ringan daripada versi sebelumnya.  Perpaduan tersebut tentu memberikan kesan mewah serta esensi aerodinamis untuk mendongkrak tenaga pacunya. Di sisi lain, untuk masalah desain pelek, BMW M3 mengandalkan konsep Double-Spoke M Light Alloy berukuran 19 inci.

Eksterior Samping BMW M3 2017 dihias apik dengan desain High-Gloss Shadowline

Tampilan samping BMW M3 2017 mengusung pelek berdesain Double-Spoke M Light Alloy 19 inci

Review BMW M3 2017: Eksterior Belakang

Pesona agresif juga terpancar kuat dari sisi belakang khususnya pada Rear Spoiler yang menerapkan bodi kit M. Kami cukup dibuat kagum olehnya, mengingat keseluruhan bodinya dirancang untuk selaras dengan performanya yang garang. Adapun kesan mewah ditonjolkan dari sisi knalpot yang menggunakan Chrome Quad Exhaust Tailpipes.

Eksterior Belakang BMW M3 2017 dihias apik dengan Rear Spoiler sehingga menampilkan kesan sporty

Tampilan belakang BMW M3 2017 bersolek mewah dengan Quad Exhaust Tailpipes dibalut krom mengilap

>>> Baca juga:

INTERIOR BMW M3 2017

Jika tampilan luarnya nampak garang, berbeda halnya dengan ruang interior BMW M3 2017 yang dikemas dengan atmosfer elegan. Belum lagi, pengendara diberi kemudahan dalam mengakses segala fungsi interiornya yang terjawab dari tata ruang lega serta kehadiran fitur inovatif di berbagai sisinya.

Review BMW M3 2017: Dashboard

Menyisir dashboardnya, kesan yang ditampilkan cukup menarik perhatian kami. Menempatkan segala fitur inovatifnya di bagian tengah dashboard seperti Control Display berukuran 8,8 inci di bagian teratas, dua Blower serta tuas pengatur kedinginan yakni Two-Zone Automatic Control. Menariknya, Anda dapat mengoperasikan segala fitur pada layar utama lewat iDrive Touch Controller yang disematkan pada sisi samping kursi pengendara. Sehingga, Anda dapat merasakan sensasi leluasa dalam mengoperasikan segala aspek hiburan pada panel Head Unit-nya.

Dashboard BMW M3 2017 dikemas apik dengan dominasi warna putih dan hitam, memberi kesan elegan

Dashboard BMW M3 2017 dihias apik dengan High-Gloss Highlight

Review BMW M3 2017: Setir

Kemudi setirnya juga tak luput dari desain khas M yang dikenal cukup agresif dan sporty. Kelebihan tersebut diracik dengan desain palang tiga dan jahitan artistik, yang menjamin sensasi percaya diri lebih bagi pengendara. Fungsi konektivitas, pengaturan audio serta Cruise Control, juga tak lupa disematkan di kedua sisi kemudinya. Memberi akses lebih luas bagi pengendara tanpa perlu khawatir kehilangan fokus ketika berkendara.

Setir BMW M3 2017 dibekali tombol-tombol multifungsi

Setir BMW M3 2017 terlihat sporty dengan jahitan khas M

Review BMW M3 2017: Kursi

Layaknya mobil sedan pada umumnya, kursi BMW M3 mampu menampung hingga lima orang sekaligus. Aspek kenyamanan lain disuguhkan lewat hadirnya Front Armrest di sisi samping pengendara dan Headrest pada bangku penumpang. Adapun kursinya dibalut cukup mewah dengan balutan material kulit berkualitas yang dipadu logo Illuminated M sebagai pengusung identitas agresifnya.

Kursi BMW M3 2017 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus

Kursi BMW M3 2017 dikemas dengan tampilan elegan dan sporty

Review BMW M3 2017: Ruang Bagasi

Merambah ke sisi bagasi, BMW M3 memiliki ruang yang cukupan, diprediksi mampu mengangkut hingga tiga tas berukuran besar. Utilitas tersebut, kami rasa sangat cocok bagi Anda yang memiliki aktifitas perkantoran. Namun bagi Anda yang hendak mengangkut barang bawaan lebih, bangku belakangnya bisa dilipat dengan mode 60:40 sehingga mampu memberi kapasitas bagasi yang lebih.

Ruang Bagasi BMW M3 2017 dapat ditambah lewat fitur pelipatan kursi

Ruang bagasi BMW M3 2017 diprediksi mampu menampung hingga tiga tas berukuran besar

>>> Artikel terkait:

FITUR BMW M3 2017

Setelah puas membahas hal detail tentang eksterior dan tampilan kabinnya, kini saatnya Cintamobil.com mengulas lebih mendalam tentang fitur BMW M3 2017. Kira-kira hal apa saja yang menunjang performa mesinnya yang tangguh? Bagaimana dengan aspek hiburan? Menjawab hal tersebut, kami hendak membaginya menjadi dua hal yakni aspek keselamatan dan hiburan.

Review BMW M3 2017: Fitur Keselamatan

Perlu kami informasikan bahwa BMW M3 2017 kini dikemas dengan performa luar biasa daripada generasi pendahulunya. Pada aspek suspensi misalnya, model teranyarnya ini menerapkan Adaptive M Suspension yang mampu tampil lentur dan elastis, mengikuti medan yang dilewati. Tak tanggung-tanggung, Anda juga mengatur performa suspensinya dalam tiga mode pilihan yakni COMFORT, SPORT dan SPORT+. Tentu hal tersebut dapat menawarkan sensasi berkendara berbeda-beda sesuai selera Anda.

Fitur Keselamatan BMW M3 2017 tampil unggul dalam berbagai aspeknya

Fitur keselamatan BMW M3 2017 sangat menunjang performa mesinnya

Di sisi lain, BMW M3 2017 juga mengadopsi teknologi Dynamic Stability Control (DSC) yang memberi fungsi stabil di berbagai kondisi jalanan. Selain memberi rasa aman, teknologi tersebut juga diklaim mampu memberikan performa manuver lebih lincah. Menunjang kelebihan tersebut, teknologi Active M Differential juga disematkan sebagai sajian pelengkap. Fungsinya yang mampu mengoptimalkan traksi, kestabilan serta akselerasi, menjadi kenyamanan yang hanya bisa Anda nikmati pada jajaran BMW M.

Review BMW M3 2017: Fitur Hiburan

Aspek hiburan juga tak luput untuk kami ulas lebih mendalam. Namun jangan khawatir sobat, seperti yang dijelaskan pada segmen dashboard, fitur menarik layaknya Two-Zone Control Automatic Air Conditioning (AC) disematkan untuk memberi rasa sejuk mewah dan nyaman. Adapun Control Display berukuran 8,8 inci juga siap menghibur perjalanan Anda. Dengan didukungnya fitur BMW ConnectedDrive, Mdrive Manager serta iDrive Touch Controller, mampu memberi sensasi berkendara tak terlupakan.

Fitur Hiburan BMW M3 2017 menggunakan penyejuk Two-Zone Control Automatic

Fitur hiburan BMW M3 2017 mengandalkan Control Display 8,8 inci yang didukung BMW ConnectedDrive

>>> Anda tertarik untuk mengetahui ulasan lengkap dari model BMW lainnya? Mari simak informasi selengkapnya di sini

OPERASI BMW M3 2017

Ibarat makanan, hidangan utama dari mobil satu ini terdapat pada mesin utamanya. Operasi mesin BMW M3 2017 menggunakan kapasitas 3.0 Liter bersilinder enam segaris yang menawarkan kecepatan dengan tingkat manuver presisi. Memang, jika dibanding generasi pendahulunya, perubahan pada performa mesinnya cukup signifikan. Bayangkan saja, generasi pertamanya yang sempat meramaikan jagat otomotif internasional, dibekali mesin berdaya 192 HP dengan peraihan akselerasi 100 Km/Jam dalam tempo 6,5 detik. Tentu mengingat zamannya di tahun 1986, performa seperti itu juga membanggakan.

Mesin BMW M3 2017 menggunakan kapasitas 3.0 Liter enam silinder segaris

Mesin BMW M3 2017 memadukan kapasitas 2.979 cc dengan konfigurasi M TwinPower Turbo

Generasi kelimanya tampil dengan performa ekslusif yang mampu menyemburkan daya maksimum di angka 431 PS di kisaran 5.500 hingga 7.300 Rpm. Alasan utamanya terletak pada kapasitas silinder yang digunakan yakni 2.979 cc dipadu konfigurasi M TwinPower Turbo. Bahkan material yang diterapkan pada bodinya menggunakan bahan-bahan ringan sehingga racikan tersebut mampu membawanya meraih tingkat kecepatan 100 Km/Jam dalam kurun wakt 4,3 detik saja. Mengagumkan melihat fakta tersebut yang akhirnya kami sepakat mengatakan bahwa mobil ini diperuntukkan bagi Anda yang mencintai kecepatan dengan tingkat Handling di atas rata-rata.

>>> Ulasan menarik kami tentang sedan tidak berhenti di sini saja, Anda bisa mengetahuinya dengan klik ini

spesifikasi BMW M3 2017

Tak luput, informasi tentang spesifikasi BMW M3 2017 juga kami tampilkan sebagai pelengkap dari keseluruhan artikel ini.

SPESIFIKASI BMW M3 2017

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.671 mm x 1.877 mm x 1430 mm

Jarak Poros Roda

2.812 mm

Jarak Pijak Depan

811 mm

Jarak Pijak Belakang

1.048 mm

Berat Kosong

1.610 Kg

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter M TwinPower Turbo 6 Silinder Segaris

Kapasitas Silinder

2.979 cc

Daya Maksimum

431 PS / 5.500 – 7.300 Rpm

Torsi Maksimum

550 Nm / 1.850 – 5.500 Rpm

Sistem Transmisi

7 Tingkat Percepatan Dual-Clutch Automatic dengan Manual Shifting Mode

Kecepatan Maksimum

250 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

4,3 Detik

HANDLING

Ukuran Ban

255/40 ZR18 (Ban Depan)

275/40 ZR18 (Ban Belakang)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

60 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

8,8 Liter / 100 Km

kelebihan & kekurangan BMW M3 2017

Segala keunggulan dari mobil satu ini, tentu tak menampik beberapa kekurangan juga kami dapati. Berikut Cintamobil.com melampirkan kelebihan dan kekurangan BMW M3 2017.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Performa mesin 3.0 Liter menawarkan kecepatan di atas rata-rata

Harga barunya dibanderol cukup tinggi

Desain eksterior sukses menyampaikan performa mesinnya yang tangguh

Performa mesinnya yang kencang, memberi dampak pada tingkat efisiensinya yang terasa kurang irit

Fitur interior tampil lengkap dan inovatif, yang dirancang untuk memberi kemudahan akses bagi pengendara

Beberapa fitur menarik tidak dihadirkan dalam kemasan standar melainkan dibutuhkan biaya khusus untuk menambah fitur yang sifatnya opsional

daftar harga BMW M3 2017

Berapa harga untuk meminang mobil mewah satu ini? Berikut kami informasikan selengkapnya tentang daftar harga BMW M3 terbaru yang dirilis secara resmi.

TIPE MOBIL

HARGA BMW M3

(Off The Road)

HARGA BMW M3

(On The Road)

BMW M3 2017 3.0 Liter

IDR. 1.909.000.000

IDR. 2.250.000.000

>>> Jika Anda menginginkan harga lebih terjangkau, kami juga menyediakan beragam harga BMW dalam kategori bekas dan berkualitas

Video BMW M3 2017

 

KESIMPULAN BMW M3 2017

BMW M3 2017 menjadi salah satu sosok sukses dari kiprah jajaran keluarga M sejak 1986. Perubahan terbarunya dari masa ke masa, selalu ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai internasional. Jajaran keluarga M yang merujuk pada makna “Motorsport” memang sukses direalisasikan pada setiap modelnya termasuk BMW M3 2017. Bagi Anda yang sangat mencintai kecepatan dan manuver handal, dalam bodi sedan khas Jerman, kami menawarkan BMW M3 2017 sebagai jawaban terbaik. Namun sayangnya, semua keunggulannya dibanderol dengan harga cukup tinggi. Khusus bagi Anda yang tak mempermasalahkan masalah tersebut, sudah jawaban mutlak dari kami, BMW M3 2017 patut untuk Anda pinang sebagai mobil idaman abad ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil