Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Perpaduan Performa dan Kepraktisan

28/01/2021

Share this post:

BMW 2 Series 2020

Editor rate:

Rp. 1.430.000.000

Harga mobil BMW M: Pembaruan harga BMW M Lihat promo

Ngidam BMW M dengan dana terbatas? BMW Group Indonesia menawarkan M235i Grand Coupe 2020, yang memadukan performa dengan kepraktisan, seperti apa jelasnya? Simak review Cintamobil.com berikut ini.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Perpaduan Performa dan Kepraktisan
Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Perpaduan Performa dan Kepraktisan
0 Gambar

Pengantar BMW 2 Series 2020

Mari kita simak spesifikasi BMW 2 Series 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Performa khas M Series dengan harga separuhnya

Kepraktisan kabin khas sebuah sedan 4-pintu

Sudah dibekali iDrive 7.0 dengan Live Cockpit Proffesional

Kekurangan

Pintu belakang terlalu kecil

Headroom terlalu mepet, bangku belakang sedikit kurang nyaman diduduki orang dengan tinggi lebih dari 170 cm.

Tak ada lagi raungan khas mesin 6-silinder 3.000 cc yang merdu

Jika Anda menginginkan sebuah BMW M, mungkin model yang bisa dilirik adalah M2 CS (Club Sport), varian tertinggi keluarga M2 dengan harga lebih dari Rp 2 miliar.

Namun sayang, model ini juga sudah ludes mengingat jumlah yang tersedia amat terbatas. Dan juga jika Anda merasa BMW M2 terlalu mahal dan tidak praktis untuk dipakai sehari-hari, apa ada alternatif lain yang bisa dipertimbangkan? Jelas ada dong.

Peluncuran BMW M235i Gran Coupe 2020 di Indonesia

Jika sebuah BMW M dirasa terlalu mahal, Anda bisa beralih ke model M Performance

Berbarengan dengan BMW M2 CS yang diperkenalkan pada BMW Exhibition November lalu, BMW Group Indonesia juga memboyong dua unit lain yang tak kalah menariknya, salah satunya adalah BMW M235i Gran Coupe 2020.

Sebelum ada yang protes, biar kami jelaskan dulu. Iya, mobil ini tidak masuk ke dalam keluarga BMW M, namun M235i Gran Coupe berada di line-up BMW M Performance, yang jadi jembatan antara line-up BMW standar, atau varian dengan bodykit M Sport dengan BMW M tulen.

Dikhususkan untuk orang yang ingin mencoba varian performa BMW tanpa perlu membeli BMW M, M Performance hadir dengan mesin dengan tenaga besar, M Sport brakes, M Sport exhaust, sampai bodykit dan velg selayaknya BMW M sungguhan.

Dan khusus untuk BMW M235i Gran Coupe, mobil ini juga punya kepraktisan yang cukup baik, mengingat modelnya yang merupakan sedan 4-pintu. Seperti apa ulasan lengkapnya? Simak review yang disusun redaksi Cintamobil.com berikut ini ya.

Mobil Baru Populer

Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior BMW 2 Series 2020

BMW M235i Grand Coupe menggunakan platform BMW UKL yang sama seperti active tourer (F45) dan Gran Tourer (F46). Dibandingkan 2 Series Coupe (F22), mobil ini memiliki dimensi yang lebih panjang serta lebih lebar sehingga bisa memuat kursi baris kedua.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Eksterior Depan

Tampilan depan BMW M235i Gran Coupe 2020

Tampilan mobil terlihat proporsional dengan kidney grille berukuran besar

Dibandingkan BMW 2 Series Coupe, tampilan depan M235i Gran Coupe tampak lebih gemuk, yang dipertegas oleh tampilan grile depan dengan aksen mesh 3D yang diberi finishing satin chrome. Lampu depan yang mengapitnya juga terlihat proporsional dan dinamis, dengan teknologi LED hadir sebagai standar. Namun, Anda juga bisa menambahkan LED Adaptive Headlights sebagai opsional.

Turun ke bawah, terdapat tiga buah kisi-kisi udara yang cukup besar di bagian bumper. Ada tiga di tengah, dengan bagian tengah diberi pattern mesh, sedang di bagian tepi kanan dan kiri dibuat bolong untuk mengoptimalkan pasokan udara ke dalam mesin dan sistem pendinginnya.

Di tepian bumper ada juga kisi-kisi udara yang juga berfungsi mendinginkan rem dengan tepian yang juga diberi finishing krom satin. Untuk mempertegas kesan sporty, bagian tengah lip bumper diberi finishing hitam, bukan spoiler lip seperti M2 CS.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping BMW M235i Gran Coupe 2020

Siluet samping mobil mencirikan model Gran Coupe khas BMW

Dari samping, terlihat profil khas Gran Coupe BMW di M235i, dengan lekuk garis atap yang mengalir dan garis bahu yang memanjang sampai bagian buritan, kesan mewah diperkuat keempat pintu mobil yang memakai model frameless.

Sementara itu di bagian bawah, terdapat garis tajam yang mengalir dari pintu depan sampai ke belakang dekat roda memberikan kesan agresif. M235i bisa memakai velg sampai ukuran 19 inci, namun untuk model yang dijual di sini hadir dengan velg BMW M model 556 berukuran 18 inci dengan finishing Cerium Grey Matt.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang BMW M235i Gran Coupe 2020

Setuju ga kalo tampilan belakang mobil sepintas mirip BMW 8 Series?

Beralih ke buritan, desain M235i Gran Coupe sepintas terlihat mirip seperti M8 Gran Coupe dengan lekuk bagian bagasi dan model lampu yang cukup identik. Tepat di bagian atas lampu berukuran langsing yang melebar, dengan garnis yang menyambungkan kedua lampu.

Perbedaan cukup kentara ada di bagian bawah, di mana desain bumper belakang M235i tampak jauh lebih sederhana. Namun tidak menghilangkan unsur sporty, dengan bagian bawah bumper diberi finishing hitam, dan knalpot ganda berukuran persegi panjang dengan ukuran 90mm.

>>> Simak review model BMW lain yang tak kalah menariknya di sini


Interior BMW 2 Series 2020

Beralih ke bagian interior, perbedaan dimensi 2 Series Gran Coupe dan 2 Series Coupe menjadi faktor penting untuk M235i. Berbekal body lebih panjang dan lebar, mobil memiliki akomodasi yang cukup baik untuk penumpang belakang dan bagasi.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Dashboard

Desain dasbor BMW M235i Gran Coupe 2020

Layout dasbor M235i terlihat lebih modern dengan dua buah layar berukuran 10,25 inci

Kita mulai dari dashboard, secara layout tidak jauh berbeda dari BMW keluaran terbaru seperti 3 Series G20, di mana layout konsol tengah yang dibuat sedikit menjorok ke pengemudi memberikan kemudahan akses saat berkendara. Perpaduan material Trigon dan Alcantara memperkuat feel premium dalam kabin, sedang di tengah terdapat panel AC digital dual-zone, namun dengan tombol fisik untuk pengaturan yang memudahkan pengemudi.

Turun ke bagian persneling, Anda akan menemukan pusat kontrol multimedia yang sudah mengadopsi iDrive 7.0, selain itu ada juga tombol lain seperti VSC off, untuk sensor parkir, tiga mode berkendara seperti Sport, Comfort, dan Eco Pro, serta tuas electric hand brake. Di depannya, Anda akan menemukan cup holder dan laci penyimpanan tertutup dengan port USB.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Kursi

Kursi depan BMW M235i Gran Coupe 2020

Kursi depannya memakai model semi-bucket dan dilengkapi pengaturan elektrik

Agar menunjang karakteristik sporty mobil, BMW menyisipkan kursi semi-bucket untuk dua penumpang depan M235i. Asiknya lagi, di sisi pengemudi sudah bisa diatur secara elektris dengan dua buah memory, sehingga bisa dengan mudah menemukan posisi mengemudi ideal.

Sementara itu, untuk penumpang belakang ruang pintu untuk masuk sedikit terbatas, hal ini tak lepas dari konsep Gran Coupe yang identik dengan bagian belakang mobil yang melandai. Namun, hal ini baru terasa untuk Anda dengan tinggi badan di atas 170 cm, sedang bagi penulis (yang memiliki postur 163 cm) tidak menemui masalah berarti saat masuk lewat pintu belakang.

Kursi belakang BMW M235i Gran Coupe 2020

Secara legroom sih sudah oke, namun desain atap yang melandai membuat headroom sedikit mepet

Masuk ke dalam kursi belakang, tambahan legroom 33 mm dibanding 2 Series Coupe memberi perbedaan krusial, di mana kini duduk di belakang jauh lebih nyaman, termasuk untuk orang berpostur tinggi meski secara headroom sedikit terbatas.

Idealnya, di belakang bisa diduduki tiga penumpang, namun kursi tengah kurang ideal untuk diduduki orang berpostur tinggi, karena ada gundukan atau tunnel di tengah mengingat mobil ini berpenggerak empat roda.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Bagasi

Desain bagasi BMW M235i Gran Coupe 2020

Bagasinya punya kapasitas standar 430 liter, dan bisa diperluas dengan melipat bangku belakang

Berbicara soal kapastitas bagasi, M235 memiliki ruang kargo sebesar 430 liter, 40 liter lebih besar dibandingkan 2 Series Coupe. Anda bisa menaruh lebih banyak muatan lagi ke dalamnya, seperti koper untuk perjalanan bisnis atau berlibur, perlengkapan balap juga bisa.

Jika ruang sebesar itu dirasa masih kurang, Anda bisa melipat bangku baris kedua dengan format pelipatan 40:20:40, dan bisa meningkatkan kapasitas kargonya secara signifikan.

>>> Simak berita terbaru seputar BMW di sini

Fitur BMW 2 Series 2020

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: iDrive 7.0

Sistem infotainment BMW M235i Gran Coupe 2020 yang sudah mendukung iDrive 7.0

Sistem infotainment M235i sudah mendukung koneksi Android Auto dan Apple CarPlay secara nirkabel

M235i Gran Coupe sudah mengadopsi sistem entertainment terbaru BMW, iDrive 7.0, yang terdiri dari dua buah layar berukuran 10,25 inci sebagai head unit dan instrument cluster digital.

Sistem infotainment terbaru dari BMW ini sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay secara nirkabel. Untuk menunjang kualitas suara yang dihasilkan, BMW menyisipkan sistem audio premium racikan harman/kardon yang terdiri dari 16 speaker dengan daya 464 W dan 9 channel.

Salah satu fitur yang cukup menarik di iDrive 7.0 adalah BMW Live Cockpit, yang memakai layar instrument cluster 10,25 inci di belakang lingkar kemudi. Dengan speedometer dan tachometer digital ditaruh di tiap sisi layar.

Instrument Cluster digital yang dipakai BMW M235i Gran Coupe

Jika sudah memakai Live Cockpit Proffesional, navigasi bisa muncul di instrument cluster

Alhasil, ada bidang yang cukup luas di bagian tengah yang bisa menampilkan info seputar mobil. Karena sudah memakai paket Live Cockpit Proffesional, bagian tengah layar bisa menampilkan navigasi di layar instrument cluster untuk memudahkan fokus pengendara.

Review BMW M235i Gran Coupe 2020: Fitur Keselamatan

Rem yang M Performance yang dipakai BMW M235i Gran Coupe 2020

Spesifikasi rem yang digunakan juga punya performa tinggi

Untuk mengimbangi performa mobil yang cukup buas, BMW menyematkan fitur driving dan safety yang cukup mumpuni di M235i Gran Coupe. Mulai dari Anti-Lock Braking System (ABS), Dynamic Stability Control (DSC), tersedia sebagai standar.

Untuk kekuatan pengereman juga dimaksimalkan dengan rem cakram depan dan belakang, di mana kedua roda depan memakai cakram ukuran 18 inci dengan masing-masing memakai kaliper rem empat piston. Sedang untuk roda belakang memakai cakram berukuran 17 inci dengan kaliper single piston.

>>> Ingin Gunakan Apple CarPlay Secara Wireless di Mobil BMW? Ikuti Cara Singkat Berikut Ini

Operasi BMW 2 Series 2020

Mesin B48 2.0L twin-turbo yang dipakai BMW M235i Gran Coupe 2020

Meski mesinnya kompak, performa yang dihasilkan sangat impresif

Sebagai line-up M Performance, BMW M235i Gran Coupe 2020 dibekali performa yang sangat mumpuni. Meski hanya memakai mesin 2.0L twin-turbo, tenaga yang dihasilkan tidak bisa dianggap remeh.

Mesin berkode B48 yang juga dipakai BMW M135i itu menghasilkan tenaga 306 HP dengan power band yang lebih lebar, yakni dari rpm 5.000 – 6.250, dan torsi 450 Nm dengan jangkauan rpm 1.750-4.500. Performanya bisa dibilang lumayan, karena jika dibandingkan dengan rival di kelasnya, AMG A35, torsi yang dihasilkan mobil ini lebih besar 50 Nm.

Konsol tengah BMW M235i Gran Coupe 2020

BMW cuma memberikan satu pilihan girboks, Steptronic 8-percepatan

Tenaga dari mesin tersebut disambungkan ke sistem penggerak empat roda xDrive melalui girboks otomatis 8-percepatan steptronic. Dengan kombinasi ini, mobil dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 4,8 detik dengan top speed 250 km/jam.

BMW tidak hanya memperhatikan soal akselerasi saja, karena aspek handling mobil juga digodok habis-habisan. Contohnya di sisi kaki-kaki, di mana mobil ini mendapatkan Adaptive Suspension dengan M Specific Tuning yang menurunkan tinggi mobil sampai 10 mm.

Spesifikasi BMW 2 Series 2020

 

 

Mesin BMW M235i Xdrive 2020

Seri mesin

B48 2.0-liter M TwinPower Turbo inline 4-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger, Valvetronic, Dual VANOS.

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Rasio Kompresi

9.5:1

Jumlah Katup

16 Katup (2 Inlet & 2 Outlet per Silinder)

Kapasitas Mesin

1,998 cc

 Tenaga Maksimum

306 HP @ 5,000 - 6,250 rpm

Torsi Maksimum

450 NM @ 1,750 - 4,500 rpm

Bore X Stroke

82.0 mm X 94.6 mm

Tipe Transmisi

Steptronic, 8-Percepatan, xDrive (AWD)

Rangka BMW M235i Xdrive 2020

Panjang X Lebar X Tinggi

4,526 mm X 1,800 mm X 1,420 mm

Jarak Sumbu Roda

2,670 mm

Ground Clearance

152 mm

Track Depan & Belakang

1,563 mm & 1,560 mm

Bobot

1,570 Kilogram

Radius Putar

11,4 m

Kapasitas Tangki

50 L

Suspensi/Kaki-Kaki BMW M235i Xdrive 2020

Suspensi Depan & Belakang

Depan: Adaptive M suspension with single-joint spring strut axle

Belakang: Adaptive M suspension with multi-link axle

Sistem Kemudi

Electromechanical M Sport steering with Servotronic function

Rem Depan & Belakang

Depan: Vented disc brakes 18 inch, with four-piston fixed callipers

Belakang: Vented disc brakes 17 inch, with single-piston floating callipers

Pelek

Depan:M light alloy wheels Double-spoke style 556 M Bicolour, 18 inch lebar 8 inch

Belakang: M light alloy wheels Double-spoke style 556 M Bicolour, 18 inch lebar 8 inch

Jenis Ban

Depan: Run-flat tyre 225/40 R18

Belakang: Run-flat tyre 225/40 R18

Daftar Harga BMW 2 Series 2020

BMW M235i Gran Coupe xDrive 2020 ini dijual dengan harga Rp 1.259.000.000,- off-the road, dengan retail price yang disarankan berada di Rp 1.430.000.000,-. Namun, ini bukanlah harga pasti mengingat mobil ini didatangkans secara CBU (Completely Build-Up), yang berarti harganya bisa berubah sewaktu-waktu karena inflasi.

Kesimpulan BMW 2 Series 2020

BMW M235i bisa jadi alternatif sempurna bagi Anda yang menginginkan mobil dengan performa ala BMW M namun dengan kocek terbatas. Apalagi jika yang Anda butuhkan adalah sebuah mobil yang bisa dipakai sehari-hari.

BMW M235i Gran Coupe 2020

Jika Anda mengutamakan kesenangan berkendara dan kepraktisan, mobil ini jelas layak dipinang

Tidak cuma kencang, M235i juga memiliki kepraktisan yang sangat baik khas sedan 4-pintu dengan kapasitas tempat duduk lima penumpang plus bagasi yang besar, ya meski dengan keterbatasan pada headroom kursi belakang.

Dengan budget kurang dari Rp 1,5 miliar, BMW M235i Gran Coupe bisa jadi opsi menarik bagi Anda yang ingin merasakan sebuah BMW performa tinggi namun dengan kepraktisan yang mirip-mirip 3 Series.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

BMW Astra Used Car

DKI Jakarta

Bimmeroom

DKI Jakarta

back to top