Review BMW M2 Coupé 2018

13/09/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Sejak awal kemunculannya BMW M2 menjadi cara paling praktis dan paling mudah untuk merasakan sensasi fun to drive a la BMW M. Dan memasuki tahun 2018, BMW M2 melakukan sedikit penyegaran demi menggaet para penikmat BMW untuk melirik sports car kompak yang satu ini.

PENGANTAR BMW M2 2018

Review BMW M2 2018 - Sejak debut di tahun 2015 silam, BMW M2 yang berada dalam entry level keluarga BMW M ini seakan mengembalikan tema mobil coupé yang bisa diajak trackday sepuas hati, tapi saat dibawa di jalanan perkotaan masih bisa bertingkah jinak.

BMW M2 bersama BMW 1M Coupe dan BMW 2002 Turbo

BMW M2 Coupé  bersama dua sosok predesesor sports car kompak, BMW 2002 Turbo (tengah) dan BMW 1M Coupé 

Agak mundur ke belakang, BMW M2 Coupé di-plot sebagai suksesor BMW 1M Coupé yang sudah melenggang di dunia otomotif pada tahun 2011-2012 dengan produksi total 6309 unit. Namun kalau ditarik lagi ke belakang, BMW M2 Coupé banyak terinspirasi BMW 2002 Turbo yang menjadi sports car berbodi coupé kompak pertama BMW bermesin turbo yang sempat merajai jalanan di era 70an awal.

Dengan mengedepankan keasyikan berkendara tingkat tinggi di balik tubuhnya yang mungil, BMW M2 yang masuk ke Indonesia di tahun 2016 masih menjadi opsi mobil sports car kompak yang tepat untuk para driver enthusiast. Namun di sisi lain, BMW M2 juga perlu mendapatkan sedikit penyegaran agar terlihat ‘kekinian’.

BMW Indonesia kenalkan BMW M2 Coupé 2018 di GIIAS 2018

Jajaran management BMW Indonesia kenalkan BMW M2 Coupé 2018 di GIIAS 2018 

Alhasil pada ajang GIIAS 2018, Agustus 2018 silam, BMW Indonesia memperkenalkan BMW M2 Coupé 2018 yang mendapatkan sedikit sentuhan perubahan, dan rasanya menarik untuk diulik satu per satu dalam review BMW M2 Coupé 2018 di Cintamobil.com

EKSTERIOR BMW M2 2018

Eksterior mobil sport BMW M2 Coupé 2018

Penampilan eksterior mobil sports car kompak BMW M2 Coupé 2018

Didesain oleh Hussein Al Attar selaku BMW M2 Lead Designer, BMW M2 Coupé 2018 yang mengusung kode bodi F87 dirancang mengedepankan bentuk tubuh yang agresif. Meski begitu, ia tidaklah dibentuk sebagai versi kompak dari BMW M4. Justru desain BMW M2 Coupé 2018 tidak melenceng jauh BMW 2 Series (F22), atau bisa dibilang seperti melihat BMW 2 Series Coupé yang baru saja keluar gym dan memiliki otot kekar di beberapa titik.

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Depan

Perbedaan tampilan depan BMW M2 Coupé keluaran lama dengan BMW M2 Coupé 2018

Area headlight BMW M2 Coupé 2018 (kiri) memiliki perbedaan dengan BMW M2 Coupé keluaran lama 

Tampang depan BMW M2 Coupé 2018 mengedepankan kesan sporty lewat desain fascia depan yang melandai dan sporty. Hal pertama yang langsung menarik perhatian ialah kisi-kisi air intake ekstra besar yang berfungsi untuk mengalirkan udara dan mendinginkan berbagai macam keperluan di sektor mesin. Tak hanya itu, terdapat pula kidney grille berkelir high-gloss black dengan "M2" logo tersemat di dalam grille.

Di sisi lain, jika dikomparasi dengan BMW M2 Coupé keluaran lama, ada sedikit perbedaan di area headlight. Ya, pada area headlight BMW M2 Coupé 2018 kini menggunakan BMW Adaptive LED yang didukung teknologi Selective Beam, cornering lights, dan anti-dazzle high-beam assistant. Teknologi pencahayaan mutahir ini memungkinkan visibilitas kala berkendara di malam hari dengan BMW M2 Coupé 2018 menjadi lebih baik.

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Samping

Perbedaan eksterior samping BMW M2 Coupé keluaran lama dengan BMW M2 Coupé 2018

Kesan seksi sangat terasa di BMW M2 baik versi lawas maupun versi 2018 

Salah satu titik pandang mobil BMW M2 Coupé 2018 yang paling seksi adalah dari sudut samping. Lekukan pada fender belakang dirancang cukup kekar dan dominan, seakan mengisyaratkan mobil ini memiliki performa yang sangat besar. Pun ada alasan teknis mengapa area fender belakang jika dilihat menjadi lebih besar.

Alasan tersebut berkaitan dengan velg dan ban. Ya, untuk memaksimalkan traksi yang besar terhadap jalan, area roda belakang menggunakan lebar velg dan lebar ban berbeda dibandingkan roda depan. Ya, untuk roda depan menggunakan profil velg 19x9 inci dengan profil ban 245/35 ZR19, sedangkan roda belakang menggunakan profil velg 19x10 inci dengan profil ban 265/35 ZR19. Meski berbeda profil velg, desainnya tetap menggunakan M light alloy Double-spoke style 437 M.

Review BMW M2 Coupé 2018: Eksterior Belakang

Perbedaan tampilan belakang BMW M2 Coupé keluaran lama dengan BMW M2 Coupé 2018

Pergantian desain lampu belakang membuat BMW M2 Coupé 2018 terasa lebih dinamis 

Desain eksterior BMW M2 Coupé 2018 menjadi terasa sangat sporty pada area buritan belakang. Mulai dari hadirnya M Twin Tailpipe yang hadir di area apron belakang dan M Rear Lip Spoiler di area pintu bagasi mengisyaratkan karakter mobil sport khas BMW M yang menjadi DNA BMW M2 Coupé 2018.

Sama seperti area eksterior depan, di area eksterior belakang BMW M2 Coupé 2018 juga mendapatkan penyegaran pada area pencahayaan. Taillight BMW M2 Coupé 2018 menggunakan teknologi LED dengan desain L-Shaped yang memberikan sentuhan kesan dinamis pada mobil ini.

>>> Jangan sampai Anda lewatkan:

INTERIOR BMW M2 2018

Aura sporty pada BMW M2 Coupé 2018 ditularkan hingga ke bagian kabin. Menariknya, mobil ini memiliki jok belakang, yang berarti Anda bisa mengajak 3 penumpang dewasa lainnya untuk bersenang-senang menikmati setiap performa yang disajikan oleh BMW M2 Coupé 2018.

Review BMW M2 Coupé 2018: Dashboard & Setir

 

Perbedaan interior BMW M2 lama dengan BMW M2 2018

Pendekatan desain dashboard yang lebih segar hadir di BMW M2 Coupé 2018 

Ada kesan baru yang terasa dari dashboard BMW M2 Coupé 2018. Ya, jika dibandingkan BMW M2 Coupé saat pertama kali debut, di area dashboard kini mendapat sedikit ubahan pada penempatan aksen panel bertekstur open pore carbon fibre di area konsol tengah dan area tengah dashboard. Selain itu layar iDrive 6.0 sudah menggunakan 8.8 inci color display.

Semua tombol pengaturan pada area konsol tengah dirancang menghadap pengemudi, sehingga pengemudi tidak perlu menggerakkan tangan jauh dari setir untuk mengatur fitur AC maupun audio.

Selain pengaturan fitur di mobil dioperasikan melalui tombol di konsol tengah, pengemudi juga bisa mengatur fitur audio, cruise control, hingga perpindahan gigi transmisi langsung dari M multi-function leather steering wheel yang dibalut Nappa leather dengan aksen jahitan dan emblem BMW M.

Review BMW M2 Coupé 2018: Jok

BMW M2 Coupé 2018 jok depan

Desain jok Sport Seats pada BMW M2 Coupé lama tetap dipertahankan di BMW M2 Coupé 2018 

BMW M2 Coupé 2018 menggunakan jok depan model Sport Seats yang didukung lumbar support. Jok depan yang memiliki pengaturan elektrik dengan penyimpanan memori ini dilapisi material Dakota Leather dan dipadukan aksen jahitan berkelir biru beserta emboss logo M di dekat area headrest.

Bagaimana dengan jok belakang? Pada jok belakang sejatinya dibalut dengan material dan aksen jahitan serupa, hanya saja untuk urusan kenyamanan mungkin sedikit berkurang dibandingkan jok depan karena ruang legroom yang terbatas. Andai mau legroom yang luas, perlu meminta izin kepada pengemudi dan penumpang depan untuk sedikit mengalah, atau bisa diatur melalui tombol elektrik yang ada di sisi atas jok depan.

>>> Sudahkah Anda cek informasi berikut ini: 

FITUR BMW M2 2018

BMW M2 Coupé 2018 dirancang untuk melakukan satu hal, yakni fun to drive. Sehingga mayoritas fitur di mobil ini dimaksimalkan untuk memuaskan pengemudi yang ingin bersenang-senang di lintasan trek balap, atau tetap bisa berkendara dinamis di jalanan urban perkotaan.

Review BMW M2 Coupé 2018: Fitur Berkendara

Driving Experience Control di BMW M2 Coupé 2018

Tombol Driving Experience Control mempermudah pengemudi mengatur mode berkendara BMW M2 Coupé 2018 (photo: hafizh)

Ada banyak sekali fitur berkendara di BMW M2 Coupé 2018 yang dirancang untuk membuat pengemudi makin senang mengasah performa BMW M2 Coupé 2018 hingga ke level tertinggi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengontrol fitur mode berkendara, alias Driving Experience Control.

Tidak seperti kebanyakan BMW M yang memiliki settingan tersendiri untuk mesin, kemudi, dan suspensi, untuk BMW M2 Coupé 2018 dibuat ‘sederhana’ hanya dalam mode Comfort, SPORT, dan SPORT+. Masing-masing settingan mobil mempengaruhi tidak hanya respon mesin, tapi sampai ke detil terkecil yaitu kekuatan raungan suara yang disajikan oleh sistem knalpot BMW M2 Coupé.

Di samping fitur mode berkendara, BMW M2 Coupé juga dilengkapi BMW M Dynamic Mode. Sederhananya, fitur yang merupakan sub-fungsi dari Dynamic Stability Control (DSC) ini bertugas secara efektif mengantisipasi gejala oversteer, understeer, atau kehilangan traksi. Caranya dengan mengkontrol tenaga mesin atau pengereman individual pada setiap roda, sehingga mobil bisa lebih stabil dan kembali ke jalurnya.

Meski demikian, fitur MDM dalam mode Sport+ juga bisa mempermudah mobil ini untuk aksi drifting karena memungkinkan slip lebih lebar. Efek oversteer dan understeer yang lebih signifikan dapat dilakukan, begitu pula dengan drift, tetapi disaat yang bersamaan fitur keselamatan aktif DSC tetap dapat diandalkan dalam situasi kritis.

Review BMW M2 Coupé 2018: Fitur Keselamatan

Bicara soal fitur keselamatan, BMW M2 Coupé 2018 tetap memiliki fitur keselamatan mutakhir, baik bersifat aktif maupun pasif.

Sistem pengereman BMW M2 Coupé 2018

Baik BMW M2 keluaran lama maupun BMW M2 Coupé 2018 menggunakan piranti rem M Compound Brake Disc (photo: hafizh)

Untuk sistem keselamatan aktif, BMW M2 Coupé 2018 menggunakan teknologi ABS, Dynamic Stability Control (DSC) incl. Dynamic Traction Control (DTC), Brake Stand-by, Brake Drying, Fading Compensation, dan Brake Assist. Soal piranti rem pun menggunakan M Compound Brake Disc dengan diameter 380 mm dan 4-piston fixed caliper untuk roda depan, serta diameter 370 mm dan 2-piston fixed caliper.

Lain halnya dengan fitur keselamatan pasif BMW M2 Coupé 2018. Selain setiap jok sudah dilengkapi seatbelt 3-titik, terdapat pula 6 titik airbag meliputi area depan dan samping dari pengemudi dan penumpang depan, serta area tirai untuk area samping jok.

Review BMW M2 Coupé 2018: Fitur Infotainment

iDrive BMW M2 Coupé 2018

Sistem BMW iDrive 6.0 dipergunakan di BMW M2 Coupé 2018 (photo: BMW)

BMW M2 Coupé 2018 sudah menggunakan teknologi BMW iDrive 6.0 yang menjadi sistem operasi dari fitur hiburan di mobil ini. Tak hanya cerdas dalam mengatur beragam fitur mobil, fitur hiburan, hingga sistem navigasi, BMW iDrive 6.0 juga dilengkapi 2 fitur yang hanya bisa ditemui di lini BMW M saja.

Dua fitur tersebut ialah BMW M Laptime Apps dan GoPro Apps. Kedua fitur ini memungkinkan pengemudi mencatat dan menganalisa gaya mengemudi ketika di sirkuit, mulai dari tingkat kecepatan hingga titik rem. Dan informasi tersebut bisa di-share dengan mudah ke Facebook atau e-mail.

>>> Tips dan trik seputar fitur mobil bisa Anda baca di sini

OPERASI BMW M2 2018

 

Mesin BMW M2 Coupé 2018

Mesin BMW M2 Coupé 2018 berkode N55B30T0 (photo: bmw)

BMW M2 Coupé 2018 masih mempercayakan jantung pacu dan komponen yang sama dengan BMW M2 Coupé keluaran tahun sebelumnya. Masih menggunakan mesin N55B30T0, 6 silinder segaris berkapasitas 2.979 cc M TwinPower Turbo, mesin BMW M2 Coupé 2018 memiliki komponen internal mesin seperti piston dengan optimized top rings dan grey cast iron liners, serta crankshaft main bearing shell atau lebih dikenal metal jalan dan metal duduk diambil dari mesin seri S55 yang digunakan M3 sedan dan M4 Coupé.

Alhasil, power output mesin ini sanggup mencapai 370 dk, dengan torsi 465 Nm (500 Nm overboost). Output tenaga impresif ini disalurkan sepenuhnya ke roda belakang melalui sistem transmisi 7-percepatan M Double Clutch Transmission dengan teknologi Drivelogic, plus di as roda belakang pun sudah dilengkapi Active M Differential. Efeknya tak hanya perpindahan gigi semakin cepat tanpa menggangu flow tenaga dari mesin ke roda, namun juga dari segi stabilitas dan traksi pun semakin optimal.

Seberapa cepatkah performa yang dihasilkan BMW M2 Coupé 2018? Berdasarkan klaim, 0-100 km/jam bisa diraih dalam waktu 4.3 detik berkat bantuan teknologi Launch Control, sedangkan top speed mobil ini dibatasi secara elektrik di angka 250 km/jam.

Tuas Transmisi 7-percepatan M Double Clutch Transmission BMW M2

Bentuk tuas transmisi 7-percepatan M Double Clutch Transmission 

Fitur performa di atas pastinya menjanjikan performa cepat. Namun bagaimana dengan pengendalian dan keasyikan berkendara di BMW M2 Coupé 2018? Nah sebelum membahas hal tersebut, perlu adanya sedikit adaptasi yang dilakukan jikalau Anda baru pertama kali menggunakan sportscar berjenis transmisi dual clutch.

Satu hal yang perlu dipahami dari karakteristik transmisi dual clutch adalah tuas dipindahkan dari posisi netral ke D saja sudah terasa entakan. Bahkan entakan tersebut terus berlanjut setiap perpindahan giginya, yang bisa diasumsikan selayaknya membawa mobil manual yang malas menginjak pedal kopling. Meski demikian, respon sistem transmisi ini sangat cepat, sehingga tenaga dari mesin bisa disalurkan dengan sempurna.

Pengendalian BMW M2 Coupé 2018 jauh terasa lebih gesit, karena sistem electronic power steering yang digunakan sudah dibekali M Servotronic steering yang akan beradaptasi mengikuti mode di Driving Experience Control. Hal serupa juga berlaku di sistem suspensi yang menggunakan M Sport suspension, yang memiliki tingkat kekakuan suspensi yang berbeda mengikuti mode yang dipilih.

>>> ​Tertarik dengan mobil BMW terbaru? Jangan sampai lewatkan informasinya di link berikut ini

spesifikasi BMW M2 2018

Mau tahu detil spesifikasi BMW M2 Coupé 2018? Cek informasi selengkapnya dari Cintamobil.com di tabel berikut ini.

Dimensi/ Ukuran BMW M2 Coupé 2018

P x L x T

2.639 mm

Ground Clearance

123 mm

Berat Kosong

1,520kg

Mesin BMW M2 Coupé 2018

Jenis

3.0-liter M TwinPower Turbo inline 6-cylinder petrol engine with twin-scroll turbocharger, Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection

Kapasitas mesin

2,979 cc

Daya maksimum

370 dk @ 6,500 rpm

Torsi maksimum

465 Nm @1,400-5,560 rpm (overboost up to 500 Nm @ 1,450 sampai 4,750 rpm)

0-100 km/jam

4.3 detik

Top Speed

250 km/jam (electronically restricted)

Transmisi/sistem penggerak

7-speed M double-clutch transmission with Drivelogic / Rear Wheel Drive

Kaki-Kaki BMW M2 Coupé 2018

Suspensi depan

Aluminium double-joint spring strut axle in lightweight construction with M specific elastokinematics

Suspensi belakang

Aluminium five-link axle in lightweight construction with M-specific elastokinematics

Rem depan

Four-piston floating-calliper disc brakes, M Compound Brake Disc  

Rem belakang

Double-piston floating-calliper disc brakes, M Compound Brake Disc

Ban

245/35R19 (depan), 265/35R19 (belakang)

kelebihan & kekurangan BMW M2 2018

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan BMW M2 Coupé 2018, yang bisa Anda simak di tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

BMW M paling terjangkau

Image BMW M2 sebagai varian BMW M untuk ‘pemula’

Handling presisi dan tetap bisa dikemudikan layaknya mobil sehari-hari

Setir cenderung berat untuk yang tidak terbiasa membawa sports car

Mesin Kompak Tenaga Buas

Mesin berkode N55 digunakan di seri BMW lain, namun di upgrade oleh BMW M untuk BMW M2

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil lainnya dengan klik sini

daftar harga BMW M2 2018

BMW M2 Coupé 2018 dibanderol dalam harga off the road sebesar Rp1,429 miliar, atau jika mengacu pada pricelist resmi BMW Indonesia maka harga on the road BMW M2 2018 adalah Rp1,6 miliar. Harga on the road BMW M2 Coupé 2018 tersebut mengikuti regulasi pajak kendaraan di DKI Jakarta dan terdaftar sebagai mobil pertama konsumen.

Untuk Anda yang lebih memilih mobil bekas BMW M2, jangan khawatir. Berdasarkan database Cintamobil.com harga mobkas BMW M2 berada di kisaran Rp1,3 miliar untuk keluaran tahun 2016-2017.

>>> Klik sini untuk simak harga dan promosi mobil lainnya

Video BMW M2 2018

KESIMPULAN BMW M2 2018

Walau secara performa sangat luar biasa, serta handling yang sangat presisi, BMW M2 Coupé 2018 ini masih enak digunakan ketika dipakai sehari-hari. Dimensi sports car kompak pun membuat pengemudi tak kesulitan ketika harus parkir atau sekedar melewati jalanan yang padat di perkotaan.

Meski begitu, bagi sebagian BMW M enthusiast jika melihat BMW M2 Coupé 2018 maupun versi keluaran tahun sebelumnya mungkin merasa ada elemen yang rasanya kurang ‘miss’. Ya, hal tersebut ialah pada sektor mesin yang jujur saja bukanlah pure diperuntukkan untuk BMW M.

Divisi BMW M lebih memilih menggunakan mesin berkode N55 untuk BMW M2 Coupé. Mesin tersebut turut dipergunakan pada model BMW standar, dan di-upgrade melalui pergantian komponen yang digunakan pada BMW M3 dan BMW M4. BMW pun sebenarnya sadar akan kekurangan tersebut, dan memberikan ‘jawaban’ melalui BMW M2 Competition, yang untungnya menggunakan mesin berkode S55 yang diambil langsung dari BMW M3 Sedan dan BMW M4 Coupé.

Meski demikian, jika Anda adalah car enthusiast pemula dengan skill berkendara normal, dan ingin merasakan sensasi sports car kompak berbodi coupé yang memiliki performa tidak terlalu liar, maka BMW M2 Coupé 2018 adalah pilihan terbaik di ranah sports car kompak saat ini.  

>>> Simaklah review mobil BMW lainnya dengan klik sini

Hafizh Fauzan
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review BMW M2 2016: Coupé Mungil Bertenaga Setan

    Varian Coupé teranyar besutan BMW resmi diluncurkan pada bulan April 2016. Memboyong mesin istimewa berkapasitas 3.0 Liter, ...

    Coupe User rate: 4,0 Editor rate: 4,5
  • Review BMW M2 Competition 2019

    Demi memperkuat pamor M sebagai ‘The Most Powerful Letter in the World’ untuk segmen mobil sports car kompak, BMW M merilis ...

    Coupe User rate: 4,0 Editor rate: 4,2
  • Review BMW 318i 1998

    Era 90-an, nama BMW 3 Series (E36) sudah menjadi ikon sedan eksekutif sukses Indonesia. Terhitung ada tiga tipe yang ...

    Sedan User rate: N/A Editor rate: 3,7

Cari review mobil

Iklan terkait