Review BMW 740Li 2018

27/02/2019

Share this post:

BMW 7 Series 2018

Editor rate:

Lihat promo

Sekalipun di tahun ini dipastikan BMW 7 Series akan mengalami penyegaran, apakah mobil BMW 740Li 2018 ini masih relevan untuk di miliki oleh para decision maker saat ini?

Review BMW 740Li 2018
Review BMW 740Li 2018
0 Gambar

Pengantar BMW 7 Series 2018

Mari kita simak spesifikasi BMW 7 Series 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Tetap menawarkan karakter berkendara khas BMW sekalipun lebih nyaman secara bantingan suspensi maupun lebih bongsor secara dimensi

Penumpang belakang dimanjakan fitur-fitur yang menarik dan mutakhir

Performa mesin tergolong pas dan tepat untuk mobil ini ketimbang versi 730Li

Kekurangan

Butuh adaptasi untuk mengatur teknologi yang tersedia di dalam mobil

Sebentar lagi akan hadir versi LCI (Life Cycle Impulse) yang memiliki tampilan dan fitur lebih baik

Review BMW 740Li 2018 - Definisi kesuksesan para decision maker di perusahaan multi nasional bisa tercermin lewat beberapa hal, salah satunya adalah kendaraan yang ia gunakan dalam bermobilitas. Jika berkaca pada pasar Indonesia, segmen kendaraan full-size luxury sedan masih menjadi top of mind bagi para CEO atau pebisnis sukses untuk digunakan sebagai kendaraan menuju office atau sekedar menghadiri kegiatan klien yang kental akan nuansa lifestyle kuat.

Gambar menunjkkan Generasi Pertama dan Keenam BMW 7 Series

Generasi terbaru dan generasi awal BMW 7 Series

Dari beberapa mobil full-size luxury sedan yang ada di Indonesia, BMW 7 Series adalah salah satu mobil yang bisa dikatakan memiliki posisi unik. Model ini sejak pertama kali debut di tahun 1977 menawarkan kenyamanan sebuah luxury sedan yang dikombinasikan dengan kenikmatan berkendara dan kecanggihan teknologi. Terutama untuk BMW 740Li generasi keenam (G12) yang sudah hadir ke Indonesia sejak 2015 silam. BMW 7 Series menjadi pionir dalam hal mengimplementasikan teknologi mutakhir, yang kemudian secara tidak langsung coba di lakukan pula oleh rival-rivalnya dalam bentuk yang ‘mirip-mirip’.

Mengingat BMW 7 Series (G12) baru saja mengalami Life Cycle Impulse di tahun 2019, plus BMW Indonesia pun akan meluncurkan versi penyegaran mobil ini di tahun 2019, apakah BMW 740Li untuk versi pre-LCI seperti yang sedang kami review kali ini masih relevan untuk dibeli di tahun 2019? Berikut kami sajikan review BMW 740Li 2018 dari Cintamobil.com.

Eksterior BMW 7 Series 2018

Review BMW 740Li 2018 : Eksterior Depan

Gambar menunjukkan Tampak Depan BMW 740Li 2018 berwarna hitam

Tampilan eksterior depan BMW 740Li 2018

Secara tampilan luar, BMW 740Li 2018 sudah menunjukkan presensinya sebagai top of line dari keluarga BMW. Ia menjadi model BMW pertama yang memperkenalkan teknologi Active Air Stream kidney grille, yang memungkinkan bagian dalam grille terbuka dan tertutup agar mendukung aerodinamika mobil lebih baik. Teknologi pencahayaan BMW Adaptive LED dan LED daytime running light di bagian headlight pun mampu memberikan penerangan optimal. Uniknya, BMW menambahkan aksen detil angka “7” di rumah headlight-nya.

Review BMW 740Li 2018 : Eksterior Samping

Gambar menunukkan Tampak samping BMW 740Li 2018 berwarna hitam

Tampak eksterior samping BMW 740Li 2018

Secara kasat mata kami bisa meyakini bahwa Anda akan melihat BMW 740Li 2018 memiliki postur panjang. Ya maklum saja secara postur, mobil yang menggunakan basis platform OKL (Oberklasse) dengan teknologi material Carbon Core yang ringan namun rigid ini memiliki proporsi bodi 5.238x1.902x1.479 mm (p x l x t).

Untuk BMW 740Li 2018, BMW menyematkan salah satu fitur pionir yang kemudian diaplikasikan ke model-model BMW saat ini, yakni Welcome Light Carpet. Untuk velg menggunakan 19 inci light alloy wheels V-spoke style 620. Oh ya, semua pintu pada BMW 740Li 2018 sudah dibekali soft close function, sehingga tidak perlu menutup pintu dengan kencang.

Review BMW 740Li 2018 : Eksterior Belakang

Gambar menunjukkan Tampak belakang BMW 740Li 2018 berwarna hitam

Tampak eksterior belakang BMW 740Li 2018

Pada bagian buritan belakang BMW menghadirkan desain taillight LED yang secara desain terhubung oleh garnish chrome yang memanjang dari titik terluar taillight. Pada bagian exhaust dan bumper belakang pun diperkuat aksen garnish chrome. Untuk pintu bagasi bisa dibuka secara elektrik melalui BMW Display Key, atau melalui kibasan pada area kolong bagasi.


Interior BMW 7 Series 2018

Review BMW 740Li 2018 : Kokpit Depan

Mari masuki area kabin depan BMW 740Li 2018, dimana sudah terasa sejak duduk dan memandang area kokpit bahwa terasa BMW seakan memadukan unsur digital dan kemewahan dalam satu sinergi.

Gambar menunjukkan Tampilan Dashboard & Jok depan BMW 740Li 2018

Penampilan detil jok depan hingga area dashboard dan setir BMW 740Li 2018

Duduk di jok pengemudi maupun penumpang depan, Anda akan disuguhkan desain layar sentuh digital 10.25 inci untuk infotainment BMW iDrive 6.0, layar instrument cluster digital 12.3 inci yang sudah menggunakan black panel technology. Di samping layar canggih tersebut, BMW menyematkan fine-wood trim ash grain chestnut with wooden inlay dan material nappa leather pada dashboard hingga ke area konsol tengah. Sedangkan di area setir, BMW menyematkan sport leather steering wheel dengan tombol multifungsi untuk pengaturan cruise control sampai ke fitur audio.

Review BMW 740Li 2018 : Kabin Belakang

Kenyamanan lebih paripurna hadir di area kabin belakang yang menghadirkan nuansa khas ‘lounge’ VIP. Untuk pasar Indonesia jok yang digunakan tidak memiliki separasi seperti versi internasional, namun tetap disediakan armrest premium yang memiliki tombol pengatur jok sekaligus tempat penyimpanan rahasia dan tempat ‘tablet’ BMW Touch Command.

Gambar menunjukkan Jok belakang BMW 740Li 2018

Bentuk jok belakang BMW 740Li 2018 beserta arm rest yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan BMW Touch Command

Penumpang belakang akan dimanjakan jok bermaterial nappa leather, material yang sama juga digunakan pada jok depan. Bedanya pada area headrest terdapat bantal khusus yang membuat kepala Anda bisa lebih rileks saat berkendara. Lalu di sepanjang area pandang penumpang belakang, terdapat sepasang layar 10 inci yang tersemat di balik jok depan, berfungsi untuk menampilkan fitur hiburan, navigasi, atau fitur penting yang tersedia di mobil ini. Jika Anda membutuhkan privasi, Anda bisa mengaktifkan tirai baik di area kaca samping, kaca belakang, hingga bagian atap melalui fitur yang tersedia di BMW Touch Command.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

Fitur BMW 7 Series 2018

Review BMW 740Li 2018 : Fitur Kenyamanan

Bicara soal BMW 7 Series pastinya wajib membicarakan sederet fitur kenyamanan dan kemewahan yang dimiliki mobil ini. Sebut saja pada BMW 740Li 2018 terdapat banyak fitur yang siap memberikan pelayanan premium lebih kepada Anda maupun para decision maker yang ada di jok belakang.

Gambar menunjukkan desain bagian jok belakang BMW 740Li 2018

Posisi jok belakang BMW 740Li 2018 saat mengaktifkan konfigurasi Executive Lounge Seating

Dari segi jok, khusus pada jok belakang memiliki fitur seperti Seat heating incl. Active seat ventilation, Comfort seats rear, fitur Massage di jok belakang, serta fitur BMW Vitality Program dan Executive Lounge Seating.

Apa hebatnya fitur BMW Vitality Program dan Executive Lounge Seating? Pada BMW Vitality Program, penumpang jok belakang bisa melakukan sedikit exercise ringan yang membuat tubuh fit selama perjalanan, selain tentu saja bisa memanfaatkan fitur massage. Sedangkan untuk Executive Lounge Seating, BMW 740Li 2018 memungkinkan penumpang belakang di sisi kiri untuk mendapatkan ruang lebih luas dengan melipat jok penumpang depan (jika tidak digunakan). Saat jok penumpang depan terlipat, akan tercipta ruang legroom yang besar, posisi jok yang lebih melandai, dan ada sandaran footrest yang akan muncul untuk menjadi penopang dari kaki Anda.

Gambar menunjukkan Penampilan fitur Panorama Glass Roof Sky Lounge pada mobil BMW 740Li 2018

Bentuk pencahayaan yang dihasilkan oleh Panorama Glass Roof Sky Lounge

Di samping fitur tersebut, BMW juga menekankan ‘nuansa’ khas Lounge VIP melalui dua fitur penting, yakni Ambient Air Package, Ambient light with Ambient Light Accent, dan Panorama glass roof Sky Lounge. Fitur Ambient Air Package akan menghadirkan wewangian khas yang akan tersebar ke dalam kabin melalui Automatic Air Conditioning with four-zone control, dan akan disempurnakan oleh pencahayaan yang mengikuti format preset dari fitur Ambient Light. Sedangkan fitur Panorama Glass Roof Sky Lounge memungkinkan penumpang dalam kabin bisa melihat langit dengan experience menarik Pasalnya saat kondisi malam, 15.000 elemen cahaya yang tersemat di bagian atap kaca belakang akan memberikan ambience warna menarik mengikuti mode warna Ambient Light.

Review BMW 740Li 2018 : Fitur Berkendara

Gambar menunjukkan fitur Drive Mode BMW 740Li 2018

Beragam fitur berkendara tersedia di area tuas transmisi BMW 740Li 2018

BMW 740Li 2018 memiliki sistem suspensi Adaptive 2-axle air suspension baik di roda depan atau roda depan, dimana tingkat ketinggian suspensi bisa mengikuti kontur jalan atau dioperasikan lewat tombol khusus di dekat tuas transmisi. Mode berkendara khas BMW, Dynamic Experience Control, juga hadir dengan fitur tambahan ‘Adaptive’ mode. Di sisi lain, BMW 740Li 2018 juga memastikan handling mobil ini masih memiliki ‘rasa’ fun-to-drive khas BMW lewat inovasi Integral Rear Axle. Teknologi ini memungkinkan roda belakang ikut bermanuver dengan sudut angle kecil baik mengikuti maupun berlawanan dengan arah setir, untuk membuat mobil ini memiliki handling cekatan.

Gambar menunjukkan Fitur Remote Control parking pada mobil BMW 740Li 2018

Teknologi BMW Display Key bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur Remote Control Parking pada BMW 740Li 2018

Oh ya, tahukah Anda bahwa BMW 7 Series generasi ini adalah model pertama BMW yang menggunakan BMW Display Key? Ya, BMW 740Li 2018 sendiri sudah menggunakan BMW Display Key yang tidak hanya bisa menyalakan fitur climate secara otomatis, mengetahui status kondisi keamanan dan bensin, tapi juga sudah disematkan fitur tambahan Remote Control Parking yang memungkinkan mobil keluar-masuk ruang parkiran dari posisi Anda berada di luar mobil. Dan masih berkaitan dengan parkir, BMW juga sudah menggunakan teknologi Parking Assistant yang membuat parkir mobil dalam kondisi paralel atau seri bisa dilakukan secara otonom tanpa intervensi pengemudi.

Review BMW 740Li 2018 : Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Sistem iDrive pada BMW 740Li 2018

Sistem iDrive 6.0 pada BMW 740Li 2018

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, BMW 740Li 2018 sudah menggunakan sistem iDrive 6.0 dengan kemampuan pengoperasian melalui gesture control, iDrive Controller, atau dengan menyentuh layar sentuh digital 10.25 inci yang tersemat di area dashboard mobil. Sedangkan untuk penumpang belakang bisa merasakan fitur hiburan yang serupa, namun pengoperasiannya sedikit berbeda. Ya untuk pengoperasian fitur hiburan yang tersedia di sepasang layar 10 inci di belakang jok pengemudi dan penumpang depan bisa dilakukan melalui BMW Touch Command.

Semua fitur hiburan yang tersedia sudah terkoneksi dengan sistem audio paling mewah di jajaran BMW saat ini, yakni Bowers & Wilkins high-end Diamond surround sound system dengan Quantum Logic Surround. Sistem speaker yang terdiri dari 16 loudspeakers dan 10-channel amplifier ini disematkan di beberapa area dalam kabin dengan ‘frame’ Stainless steel finishers yang didesain mengikuti pattern Fibonacci.

Review BMW 740Li 2018 : Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan pada BMW 740Li 2018 sudah mengadopsi beberapa fitur yang memungkinkan pengemudi dan penumpang tetap aman selama perjalanan. Mulai dari teknologi seperti Dynamic Stability Control (DSC) incl. traction mode (DTC), Anti-lock Braking System (ABS) Incl. Brake Assist, mode, Park Distance Control (PDC) front and rear, Rear view camera with Surround View, beserta sistem airbag (driver and front passenger, 1st and 2nd seat row curtain head airbags, side airbags).

>>> Intelligent Personal Assistant, Asisten Berkendara Premium dari BMW

Operasi BMW 7 Series 2018

Under the hood, BMW menggunakan mesin 3.0 liter inline-6 BMW TwinPower Turbo yang bisa menghasilkan figur performa 326 dk dan torsi 450 Nm. Semua tenaga disalurkan ke roda belakang lewat transmisi 8-percepatan Steptronic. Berdasarkan klaim BMW, mobil ini bisa berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 5.6 detik, dengan top speed 250 km/jam.

Gambar menunjukkan bagian Mesin BMW 740Li 2018

Mesin 3.0 liter inline-6 BMW TwinPower Turbo yang dimiliki BMW 740Li 2018

Mencoba langsung BMW 740Li 2018 buat kami di Cintamobil.com adalah pengalaman yang cukup menarik. Di balik tubuhnya yang tergolong bongsor, mengingat ia adalah luxury sedan yang sangat passenger oriented, ia justru memiliki unsur keasyikan berkendara yang cukup identik dengan standar fun-to-drive BMW. Bermanuver dengan mobil ini tergolong mudah, mengingat pada sektor kemudi sudah dibekali teknologi setir dengan Servotronic dan Integral Rear Axle.

Soal kenyamanan pun sudah tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika Anda menggunakan mode Comfort atau Comfort Plus yang membuat rasa berkendara sangat nyaman laksana berkendara di awan. Saat mode berkendara dipindah ke mode Sport, seketika karakter suspensi hingga respon pedal gas ikut berubah agresif mengikuti input pengemudi.

Tapi sejatinya menggunakan BMW 7 Series, khususnya BMW 740Li 2018, adalah menikmati berada di jok belakang, dimana ‘sweet spot’ bagi kami terdapat di jok belakang sebelah kiri. Aktifkan fitur Executive Lounge Seating, atur jok belakang diposisikan serebah mungkin, mainkan lagu atau video kesukaan Anda, dan biarkan chauffeur mengantarkan Anda hingga ke destinasi tujuan dengan nyaman.

>>> Tertarik dengan mobil BMW dan ingin tahu lebih banyak tentang kelebihan dan kekurangan mobil BMW lainnya? Langsung klik sini untuk membaca semua artikel review mobil BMW kami

Spesifikasi BMW 7 Series 2018

Berikut adalah informasi spesifikasi BMW 740Li 2018 yang dihimpun oleh Cintamobil.com

Dimensi/ Ukuran BMW 740Li 2018

P x L x T

5.238x1.902x1.479 mm

Jarak poros roda

3.210 mm

Mesin BMW 740Li 2018

Jenis

3.0-liter BMW TwinPower Turbo 6-cylinder petrol engine with Double VANOS, High Precision Injection,

Kapasitas Mesin

2,998 cc

Daya maksimum

326 dk

Torsi maksimum

450 Nm

Transmisi

transmisi otomatis steptronic 8-percepatan

Kaki-Kaki BMW 740Li 2018

Suspensi depan

Adaptive 2-axle air suspension

Suspensi belakang

Adaptive 2-axle air suspension

Rem depan

Vented disc brakes

Rem belakang

Vented disc brakes

Daftar Harga BMW 7 Series 2018

Bicara harga BMW 740Li saat ini berdasarkan informasi resmi BMW Indonesia dibanderol dengan harga off-the-road Rp2.229.000.000. Jika mencari mobil bekas BMW 740Li untuk kode bodi G12 yang mulai dijual sejak 2015 hingga sekarang, sudah bisa didapat dengan banderol harga Rp1.7-Rp2 miliar.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lihat harga dan promo mobil BMW lainnya

Kesimpulan BMW 7 Series 2018

Jika Anda ingin segera memiliki BMW 7 Series di awal tahun ini, maka opsi membeli BMW 740Li dalam kondisi baru atau bekas adalah pilihan yang tepat. Secara fitur ia memiliki semua kemewahan dan kecanggihan yang ada di jajaran BMW, dan tingkat kenyamanan pun ia berada di level yang tinggi dari keluarganya. Plus secara performa mesin juga dirasa tepat untuk penggunaan di Indonesia, sehingga bisa tetap asyik dikemudikan baik dalam penggunaan di dalam kota atau jarak jauh.

Hanya saja, jika Anda sedikit bersabar hingga menjelang pertengahan atau akhir 2019 ini, Anda bukan tidak mungkin bisa langsung memiliki versi penyegaran dari BMW 740Li yang sudah mengalami LCI, dimana bisa dipastikan secara fitur dan tampilan berbeda lebih dibanding mobil ini.

>>> Klik sini untuk lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review BMW 7 Series 2019

Review BMW 7 Series 2019

21/01/2019

Editor rate:

Nama BMW 7 Series di ranah luxury sedan, tak bisa dilepaskan dari sinergi apik antara kemewahan, pengalaman berkendara impresif, serta fitur dan teknologi canggih. Hal ini semakin ditegaskan lewan BMW 7 Series 2019 yang siap mewarnai segmen full size luxury sedan dunia.

Lihat juga
Daftar Harga BMW 7 Series & Promo Oktober 2020 Di Indonesia

Daftar Harga BMW 7 Series & Promo Oktober 2020 Di Indonesia

01/10/2020

BMW

BMW 740Li Opulence dan BMW 730Li M Sport menjadi dua tipe dari sedan premium BMW ini, Berapa harga resmi BMW 7 Series terbaru kini?

Lihat juga
Review Toyota Prius 2019

Review Toyota Prius 2019

09/01/2019

Editor rate:

Salah satu sedan hybrid terlaris dii Amerika ini mengalami penyegaran tahun 2019 ini, bentuknya menjadi lebih sporti dan enak dilihat. Namun apakah ToyotaPrius 2019 hanya mengandalkan ubahan kosmetik eksterior saja? Berikut ini ulasan kami mengenai Toyota Prius 2019.

Lihat juga
Review All New Toyota Camry 2019

Review All New Toyota Camry 2019

08/01/2019

Editor rate:

Akhirnya Toyota All New Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini. Bentuknya benar-benar jauh berbeda bila dibandingkan dengan Toyota Camry generasi sebelumnya. Ini pendapat kami mengenai All New Toyota Camry 2019 versi Indonesia.

Lihat juga
Review Honda Civic 2019

Review Honda Civic 2019

16/10/2018

Editor rate:

Nama Honda Civic di industri otomotif dunia sudah melekat kuat sebagai sedan Jepang berkarakter sport. Hal ini semakin ditasbihkan lewat facelift Honda Civic 2019 yang kini membawa penambahan fitur, termasuk dengan penambahan Sport Trim yang semakin memancarkan citra sport mobil ini.

Lihat juga