Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Mobil Touring BMW Pertama Di Indonesia, Tawarkan Utilitas Tinggi

24/07/2018
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Sudah dari awal tahun 2018, pihak BMW Indonesia mengabarkan rencana kehadiran produk unggulan mereka yang berdiri di jajaran keluarga 5 Series dinamai BMW 530i. Bahkan, pemesanan sudah bisa dilakukan dan pihak BMW Indonesia sudah menyediakan harga lengkap di Website resminya. Produk BMW 530i ini dinilai cukup menjanjikan, memberikan kelebihan berbeda ketimbang model di kelasnya. Apakah performanya cukup nyaman sebagai mobil Touring? Mari kita simak bersama preview BMW 530i Touring M Sport 2018.

PENGANTAR BMW 2018

Review BMW 530i Touring M Sport 2018 – Kehadirannya memang sudah ditunggu-tunggu sejak ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, namun sosoknya masih tak kunjung datang. Padahal pihak BMW Indonesia sudah membuka pemesanan dari awal tahun lalu dan mengklaim mobil satu ini hendak diluncurkan dalam waktu dekat. Kami akhirnya memprediksi sangat kuat bahwa BMW 530i Touring akan diluncurkan pada ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Tampilan BMW 530i Touring M Sport 2018 sangat lekat dengan pesona maskulin, atletis dan berwibawa

Sosok BMW 530i Touring M Sport yang sebentar lagi diluncurkan dalam waktu dekat

Memang alasan utama dinantinya model ini dikarenakan sosoknya menjadi produk Touring pertama yang dihadirkan oleh BMW di Indonesia. Mengusung konsep berbeda dengan model di jajaran keluarga 5 Series lainnya, BMW 530i Touring tampil dengan utilitas lebih mumpuni seperti kabin dan ruang bagasi yang lebih luas. Memang tak dipungkiri, konsepnya sebagai mobil Touring, dituntut untuk tampil nyaman dan menyuguhkan performa mumpuni dalam mengarungi perjalanan jauh. Apakah hal yang ditawarkan, sepadan dengan performanya? Mari kita cari tahu jawabannya dalam review BMW 530i Touring M Sport 2018.

EKSTERIOR BMW 2018

Perlu Anda ketahui sebelumnya, memang BMW 530i didatang secara utuh dari pabrikan Jerman yang sering kali ini kita kenal dengan sebutan Completely Built Up (CBU). Belum lagi, sosoknya yang berkarakter mengadopsi sisi agresif dari bodi kit M Sport. Sehingga, tampilan eksterior BMW 530i Touring M Sport 2018 terlihat sporty dan elegan, dalam satu rangkaian bodi.

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Eksterior Depan

Seperti pada model jajaran 5 Series lainnya, fascia depan BMW 530i mengaplikasikan desain Active Air Stream Kidney Grille. Menciptakan siluet tajam namun masih terasa kental akan nuansa modern. Sedangkan untuk masalah fitur pencahayaan, BMW 530i sudah menghadirkan konfigurasi LED pada Headlights serta Fog Lamps-nya. Tatakan lampu kabutnya juga menggunakan desain tajam, yang dipadu dengan Front Bumper Honey Comb berkelir hitam.

Eksterior depan BMW 530i Touring M Sport 2018 dihias apik dengan Honey Comb pada Front Bumper-nya

Tampilan depan BMW 530i Touring M Sport 2018 menerapkan desain Active Air Stream Kidney Grille

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Eksterior Samping

Lekuk mengalur layaknya gelombang air juga ditampilkan pada bodi sampingnya, memberi kesan aerodinamis tanpa menghilangkan kesan atletis. Pesan sporty juga sukses tersampaikan dari pelek berdesain M Double-Spoke berukuran 19 inci. Sementara itu, hal menarik bagi kami, terletak pada fitur Roof Rails di bagian atap yang semakin memperkaya fungsinya sebagai mobil Touring. Kesan yang ditampilkan juga tergolong mewah lewat desainnya yang menggunakan High-Gloss Shadowline dipadu ornamen krom mengilap pada pelipis kacanya.

Eksterior samping BMW 530i Touring M Sport 2018 terlihat makin maskulin dengan High-Gloss Shadowline

Tampilan samping BMW 530i Touring M Sport 2018 menggunakan pelek berdesain M Double-Spoke

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Eksterior Belakang

Merambah ke bodi belakangnya, tampilannya dirancang cukup atletis dengan lekuk tegas dan berotot di beberapa sisinya. Masalah pencahayaan juga bersolek mewah dengan menyematkan LED Brake Lights yang didesain hingga menyentuh bodi sampingnya. Tak lupa, sentuhan mewah sukses tersampaikan lewat Exhaust Tailpipes di kedua sisi bawahnya yang dilapisi ornamen Chrome.

Eksterior belakang BMW 530i Touring M Sport 2018 menggunakan lampu LED Brake yang tampil optimal ketika melakukan pengereman

Tampilan belakang BMW 530i Touring M Sport 2018 dihias apik dengan Chrome Exhaust Tailpipes

>>> Baca juga:

INTERIOR BMW 2018

Atmosfer interior BMW 530i Touring M Sport 2018 dikemas dengan tampilan minimalis namun dipersenjatai fitur canggih di berbagai sisinya. Kesan mewah dan modern juga tak lepas dari sosoknya sebagai mobil Touring seperti dikemasnya Luxury Panoramic Glass Sunroof. Selain menyuguhkan kesan Premium, fitur tersebut mampu memberi keleluasan bagi seluruh penumpang untuk menikmati suasana alam bebas dari dalam kabinnya.

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Dashboard

Panel dashboardnya didominasi warna hitam dan Silver, dibekali fitur canggih yang siap menghibur seluruh penumpang dalam kabin. Di bagian tengah terdapat panel multifungsi yang disebut BMW Professional Multimedia yang mampu mengoperasikan fitur hiburan sekaligus fungsi navigasi. Di sisi bawahnya terdapat fitur menarik seperti dua buah Blower dan panel Air Conditioning (AC) Automatic 4-Zone Control. Dari fitur tersebut, Anda bisa mengatur kesejukan kabin secara otomatis sesuai kebutuhan Anda.

Dashboard BMW 530i M Touring Sport 2018 dikemas cukup minimalis dan dibekali fitur canggih yang siap menghibur Anda selama menempuh perjalanan

Dashboard BMW 530i Touring M Sport 2018 menyajikan fitur multifungsi

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Setir

Merambah ke sektor setirnya, desainnya menggunakan M Specific Steering Wheel dengan formasi tiga palang. Menariknya, di sisi kanan dan kirinya, dibekali tombol multifungsi yang memberikan kemudahan akses bagi pengendara dalam mengaktifkan segala fiturnya. Hal-hal yang dimaksudkan seperti teknologi Cruise Control, pengaturan audio dan Sport Gearshift Paddles.

Setir BMW 530i Touring M Sport 2018 dibekali tombol multifungsi yang semakin memudahkan Anda dalam mengakses fiturnya

Setir BMW 530i Touring M Sport 2018 menggunakan desain tiga palang

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Kursi

Melihat ke aspek kursi, tampilannya terlihat cukup modis dengan balutan material kulit berkualitas. Adapun pada bangku bagian depan sudah didukung fitur pemanas. Namun memang cukup dimaklumi, mengingat mobil satu ini didatangkan menggunakan metode CBU yang tentu saja disesuaikan dengan kondisi dingin di negara Jerman. Meski begitu, fitur satu ini bisa Anda non-aktifkan jika memang tidak begitu diperlukan.

Kursi BMW 530i Touring M Sport 2018 dihias sangat elegan dan siap menyamankan seluruh penumpang

Kursi BMW 530i Touring M Sport 2018 dihias apik dengan nuansa elegan tanpa menghilangkan rasa nyaman

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Ruang Bagasi

Ruang bagasi  dikemas dengan kapasitas lebih besar daripada model 5 Series lainnya. Sebagai mobil Touring, aspek satu ini harus didukung dengan akses lebih mudah dan utilitas lebih tinggi. Merealisasikan hal tersebut, ruang bagasi BMW 530i 2018 didukung dengan Automatic Tailgate Operation yang mampu membuka dan menutup pintu bagasi secara otomatis. Menariknya, bagi Anda yang membutuhkan kapasitas bagasi lebih besar, Anda bisa melipat bangku belakangnya sehingga mampu mendapatkan kapasitas hingga 1.700 Liter.

Ruang Bagasi BMW 530i Touring M Sport 2018 memiliki kapasitas tampung yang mampu ditingkatkan hingga 1.700 Liter

Kapasitas bagasi BMW 530i Touring M Sport 2018 memiliki daya tampung 570 hingga 1.700 Liter

>>> Artikel terkait:

FITUR BMW 2018

Bagaimana dengan aspek fitur BMW 530i Touring M Sport 2018? Apakah cukup nyaman dikendarai? Untuk menjawab hal tersebut, berikut Cintamobil.com melampirkan dua kategori fitur meliputi aspek keselamatan dan hiburan.

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Fitur Keselamatan

Menunjang kenyamanan berkendara, BMW 530i menggunakan M Sport Suspension yang mampu memaksimalkan performa traksi dan memberi performa atletis, terutama ketika melewati medan buruk sekalipun. Adapun dari sisi lampu utama, BMW 530i mengaplikasikan teknologi Adaptive Headlights, memberi fungsi pencahayaan optimal di berbagai kondisi jalanan. Kami juga dibuat salut akan teknologi Dynamic Safety yang merupakan salah satu fitur dari BMW ConnectedDrive. Pasalnya, teknologi tersebut mampu mendeteksi tanda-tanda kelelahan dari pengendara yang kemudian sistem mengunci sabuk pengaman lebih kencang dan menegakkan kursi pengendara secara otomatis. Mengesankan, itu pendapat kami akan racikan fitur keselamatan BMW 530i.

Fitur Keselamatan BMW 530i Touring M Sport 2018 ditunjang untuk menopang performanya sehingga Anda dapat meraskaan sensasi berkendara tak terlupakan

Fitur keselamatan BMW 530i Touring M Sport 2018 tampil unggul di beberapa aspeknya

  • Review BMW 530i Touring M Sport 2018: Fitur Hiburan

Seperti yang disebutkan pada segmen dashboard, fitur hiburan BMW 530i mengandalkan panel Head Unit Touchs Control Display berukuran 12,3 dengan resolusi warna yang tinggi. Kemampuannya dalam mengoperasikan musik dan video, ditunjang dengan kejernihan suara yang dihasilkan dari Harman Kardon Surround Sound 600W Digital Amplifier dan 16 Loudspeakers. Sehingga, mampu menyajikan kualitas suara yang setara dengan konser-konser berkelas. Aspek kenyamanan lain juga ditunjang dari fitur penyejuk 4-Zone Control yang dapat memberikan kesejukan berkelas bagi Anda dan seluruh penumpang, selama menempuh perjalanan jauh.

Fitur Hiburan BMW 530i Touring M Sport 2018 dibekali panel Head Unit Touchscreen berukuran 12,3 inci

Fitur hiburan BMW 530i Touring M Sport 2018 tertata lengkap di panel dashboardnya

​>>> Anda merasa tertarik dengan model besutan BMW? Simak di sini review dari model BMW menarik lainnya

OPERASI BMW 2018

Kami cukup kagum dengan operasi mesin BMW 530i Touring M Sport 2018 yang dibekali kapasitas 1.998 cc. Meski tidak begitu menawarkan kecepatan tinggi layaknya model-model BMW lainnya, namun jangan salah, mobil satu ini sudah dibekali konfigurasi mesin bertenaga TwinPower Turbo. Dipadukan dengan transmisi 8 tingkat percepatan otomatis Sport, daya yang berhasil disemburkan mesinnya mampu meraih titik maksimum 185 kW setara 252 HP dengan torsi puncak menyentuh 350 Nm.

Mesin BMW 530i Touring M Sport 2018 menggunakan kapasitas silinder sebesar 1.998 cc yang mampu menyemburkan daya maksimum hingga 252 HP

Mesin BMW 530i Touring M Sport 2018 dibekali tenaga TwinPower Turbo 2.0 Liter

Alhasil, mobil berkecepatan maksimum 250 Km/Jam ini mampu memiliki performa akselerasi yang cukup tangguh di angka 6,5 detik untuk peraihan kecepatan 100 Km/Jam. Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? Tentu sebagian dari Anda menanyakan hal tersebut. Memang kapasitasnya sebagai mobil Touring dituntut untuk tampil irit bahan bakar. Jangan khawatir sobat, pihak BMW sendiri mengklaim bahwa mobil ini mampu menempuh jarak 17,2 Km setiap liter bahan bakar dengan ECE Driving Cycle. Kami cukup salut dibuatnya, mengingat rancangan dari performa dan bodi kit M, mampu menghasilkan kecepatan mumpuni dengan tingkat efisiensi yang stabil.

>>> Beragam model BMW terbaru, kini dijual dengan harga spesial, simak di sini informasi selengkapnya

spesifikasi BMW 2018

Supaya artikel ini semakin lengkap dan memahami segala hal mendetail tentang mobil satu ini, berikut Cintamobil.com melampirkan spesifikasi BMW 530i Touring M Sport 2018.

SPESIFIKASI BMW 530i TOURING M SPORT 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.942 mm x 2.126 mm x 1.498 mm

Jarak Poros Roda

2.975 mm

Bobot Keseluruhan

1.640 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.0 Liter 4 Silinder Segaris TwinPower Turbo Valvetronic Double VANOS

Kapasitas Silinder

1.998 cc

Daya Maksimum

252 HP / 5.200 – 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

350 Nm / 1.450 – 4.800 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis Sport

Kecepatan Maksimum

250 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

6,5 Detik

HANDLING

Ukuran Ban

19 inci M-Double Spoke

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

68 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar

17,2 Km/Liter (ECE Driving Cycle)

Sistem Bahan Bakar

High Precision Injection

kelebihan & kekurangan BMW 2018

Setelah mengetahui beragam hal detail tentangnya, tiba saatnya kami memberikan opini terkait kelebihan dan kekurangan BMW 530i Touring M Sport 2018.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil Touring yang sangat-sangat kami rekomendasikan, unggul di banyak aspek sesuai konsepnya

Masih banyak fitur-fitur menarik yang disajikan, namun sayangnya sifatnya masih opsional alias butuh biaya tambahan untuk mengaplikasikannya

Atmosfer interiornya dirancang cukup nyaman untuk aktifitas perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh

Performa kecepatan yang ditawarkan terbilang cukupan

Desainnya cukup sporty  dan agresif, berkat bodi kit M Styling

-

daftar harga BMW 2018

Pihak BMW Indonesia sudah melampirkan daftar harga BMW 530i Touring M Sport 2018 di halaman Website resminya. Bahkan, sudah tersedia layanan pemesanan untuk produk Touring satu ini. Berikut kami lampirkan informasi harga selengkapnya.

TIPE MOBIL

HARGA BMW 530i TOURING

(Off The Road)

HARGA BMW 530i TOURING

(On The Road)

BMW 530i Touring M Sport 2018

IDR. 1.429.000.000

IDR. 1.591.000.000

>>> Cintamobil.com juga menyediakan 2.897 mobil BMW yang dijual mulai dari harga fantastis hingga harga terjangkau

Video BMW 2018

KESIMPULAN BMW 2018

Seluruh keluarga BMW 5 Series Touring

Deretan keluarga BMW 5 Series Touring

Jika Anda mencari kecepatan dalam sosok mobil satu ini, kami tidak begitu merekomendasikannya. Namun jika Anda mencari kendaraan yang memiliki utilitas tinggi serta kenyamanan luar biasa meski menempuh jarak jauh sekalipun, Cintamobil.com sangat merekomendasikan BMW 530i Touring M Sport sebagai pilihan terbaik untuk Anda. Segala fitur yang dibawanya, terbilang sangat multifungsi, baik dari hiburan, keselamatan serta menunjang kenyamanan berkendara Anda. Tak salah, BMW Indonesia menghadirkan sosok mobil mewah ini sebagai kendaraan Touring pertama sejak kiprahnya di Indonesia. Kami juga sepakat, mobil satu ini menyimpan banyak rahasia menyenangkan di balik bodi kit M Styling. Bagi Anda yang ingin membuktikannya, siap-siap melakukan Test Drive setelah perilisannya dalam waktu dekat ini.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil