Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Sedan Penggerak Roda Depan Global Pertama dari BMW

20/10/2019
editor rate: 4,3 user rate: 4,0
Mobil BMW 2 Series Gran Coupe 2019 adalah sedan pertama BMW yang menggunakan platform berpenggerak roda depan. Beberapa perbedaan langsung terlihat dibandingkan saudara BMW 2 Series yang diperkenalkan 5 tahun lalu, mobil ini mampu menghadirkan desain yang menawan dengan prediksi harganya yang lebih murah.

PENGANTAR BMW 2 Series 2019

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019 - Pabrikan mobil asal Jerman ini secara resmi meluncurkan sedan BMW 2 Series Gran Coupe 2019 pada hari Selasa (15/10) menjelang debutnya di Los Angeles Motor Show 2019. Bertarung langsung dengan Audi A3 dan Mercedes-Benz A-Class, ada dua varian yang akan dipasarkan BMW di Amerika, dalam varian 228i dan M235i yang lebih sporty.

Gambar menunjukkan sebuah mobil lawas BMW 2 Series Coupe 2014 berwarna merah
BMW Seri 2 Coupe keluaran pertama tahun 2014

BMW 2 Series adalah mobil subkompak premium yang diproduksi BMW sejak 2014 silam. Memiliki beberapa bentuk tubuh yang berbeda, 2 Series memiliki badan coupe kompak yang menggantikan coupe 1 Series, gaya tubuh MPV kompak yang disebut sebagai Active Tourer, dan kali ini, 2 Series akan mendapatkan bodi empat pintu serta tambahan dimensi panjang.

Yang istimewa, BMW pun menyebutkan bahwa 2 Series Gran Coupe adalah sedan global pertama dari lini produknya yang menggunakan sistem penggerak roda depan. Sebelumnya, ada BMW 1 Series, tapi sayangnya mobil ini dijual khusus hanya untuk pasar Cina. Dengan pengembangan platform xDrive BMW yang merambah jajaran model baru BMW, kemungkinan mobil ini akan menjadi tren baru di dunia sedan premium di masa mendatang.

Gambar menunjukkan dua varian BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berarna abu dan biru 
Tampilan terbaru BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Amerika Serikat merupakan pasar paling populer untuk BMW 2 Series yang merangkum sepertiga dari seluruh penjualan mobil ini, diikuti oleh Jerman dan Inggris. Dan meskipun masih banyak spesifikasi detail, seperti fitur dan dimensi mobil ini, simak dahulu review BMW 2 Series Gran Coupe 2019 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR BMW 2 Series 2019

Karena dibuat berdasarkan 1 Series yang baru dan sederhana, eksterior BMW 2 Series Gran Coupe 2019 bisa dibilang tak seanggun Sang Kakak BMW M8 Gran Coupe yang telah diluncurkan BMW beberapa waktu lalu. Tapi tentu saja, dari depan hingga belakang, mobil ini masih mengandalkan tampilan elegan khas pabrikan asal Munchen, Jerman ini.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Eksterior Depan

Tampilan depan mudah dikenali karena ada kesamaan dengan saudara 2 Series lainnya yang khas. Meskipun sebagian besar mengambil jalur desain yang berbeda dibandingkan edisi lima tahun lalu, namun bagian front-end masih mendapatkan kidney grille khas BMW yang diapit oleh lampu depan dengan aksen LED yang ramping.

Gambar menunjukkan tampilan depan BMW 2 Seris Gran Coupe 2019 berwarna biru 
Tampilan depan BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Eksterior depan BMW 2 Series Gran Coupe 2019 ini juga dilengkapi dengan bentuk bumper depan yang agresif serta intake udara besar pada bagian bawah. Tampilan depan yang mewah dan elegan dilengkapi dengan perpaduan aksen chrome dan hitam pada setiap sisi bumper bagian bawah.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Eksterior Samping

Desain yang mulus serta lekukan samping yang dibuat untuk menonjolkan nilai aerodinamika mobil bisa terlihat dari kedua sisi kendaraan. Pihak BMW memang belum mengeluarkan data dimensi yang dimilikinya, namun dengan tambahan dua pintu belakang dan kebutuhan untuk mengakomodasi ruang kaki di kursi belakang, jarak poros rodanya (wheelbase) akan berada pada rentang 2.690 mm milik 2 Series Coupe hingga 2.810 mm milik sedan 3 Series.

Gambar menunjukkan tampilan samping BMW 2 Seris Gran Coupe 2019 berwarna biru
Tampilan samping BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Pada eksterior samping BMW 2 Series Gran Coupe 2019, perbedaan kedua varian terletak pada pilihan velg standarnya. BMW 228i akan mendapatkan pilihan velg 17 inci, sementara pemilik M235i mendapatkan velg 18 inci. Keduanya memiliki pilihan velg opsional hingga 19 inci.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Eksterior Belakang

 Gambar menunjukkan tampilan belakang BMW 2 Seris Gran Coupe 2019 berwarna biru
Tampilan belakang BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Tampilan bagian belakang tampak terinspirasi oleh SUV coupe BMW X4 dengan bentuk lampu belakang dan pintu bagasi yang nyaris serupa. Eksterior belakang BMW 2 Series Gran Coupe 2019 dipadukan dengan lampu belakang berteknologi LED nan tipis. Meski tak semua penggemar BMW dapat menyukai perubahan ini namun BMW memberikan desain yang sama pada sebagian besar mobil barunya.

>>> Mungkin Anda juga tertarik

INTERIOR BMW 2 Series 2019

Interior BMW 2 Series Gran Coupe 2019 sebagian besar mengadopsi tampilan dari sang kakak, BMW Seri 3 yang lebih dulu hadir. Desain interiornya tampil elegan berbalut material kulit premium dan di bagian tengah dashboard hadir layar infotainment 10,25 inci yang akan menyapa Anda saat masuk ke dalam kabinnya.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Dashboard

dashboard BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berwarna hitam
Dashboard BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Meskipun BMW 2 Series ini merupakan model sedan paling basic dari pabrikan Munchen, bagian dalamnya tetap menawarkan kemewahan layaknya BMW lain. Terdapat dua bulatan panel instrument analog yang klasik dengan layar informasi 5 inci dan layar infotainment 9 inci di bagian tengah dashboard untuk varian terendah. Atau jika Anda mau merogoh kocek lebih dalam, pilih saja Live Cockpit Professional yang akan menyuguhkan layar 10,25 inci di panel instrumen dan layar sentuh berukuran serupa (10.25 inci) sebagai pusat pengaturan dan tampilan hiburan dan infotainment.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Kemudi

kemudi BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berwarna hitam 
Kemudi BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Lingkar kemudi palang tiga berlapiskan kulit dengan beberapa aksen chrome langsung Anda temukan begitu duduk di kursi pengemudi. Tombol multi-fungsi lengkap dengan paddle shift melengkapi setir BMW Seri 2 Gran Coupe 2019.

Review BMW 2 Series Gran Coupe 2019: Kursi

kursi BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berwarna hitam 
Kursi BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Kenyamanan sudah pasti menjadi bagian penting yang akan dioptimalkan BMW di dalam kabin Seri 2 Gran Coupe. Balutan material kulit berkualitas di seluruh bangkunya menjadi salah satu jawaban selain tentunya pengaturan kursi elektrik di bagian depan. Seiring dengan bertambahnya wheelbase, BMW mengklaim bahwa ruang kaki di bagian belakang juga bertambah 33 mm dibandingkan dengan model berpintu dua, selain ruang kepala (headroom) yang juga bertambah 14 mm.

>>> Dapatkan berbagai berita terbaru BMW hanya di sini

FITUR BMW 2 Series 2019

Karena mobil ini baru akan diperkenalkan secara langsung pada Los Angeles Motor Show November 2019 mendatang, masih banyak hal yang belum dibagikan BMW. Begitu halnya dengan fitur yang masih belum tampak jelas.

layar infotainment BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berwarna putih
Fitur BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Salah satu fitur yang kemungkinan besar akan hadir adalah BMW Intelligent Assistant yang bisa diaktifkan dengan perinta suara “Hei, BMW” dan sudah digunakan pada beberapa model BMW baru. Selain itu kelengkapan fitur keselamatan aktif dan pasif tampaknya juga tidak akan ditinggalkan BMW pada Seri 2 Grand Coupe ini, termasuk salah satunya adalah adaptive cruise control.

>>> Mengubah Air Menjadi Tenaga Kuda, Intip Cara Kerja Sistem Injeksi Air BMW

OPERASI BMW 2 Series 2019

Di bawah kap mesin, duduk manis mesin 4-silinder 2,0 liter dengan turbocharger yang hadir dalam dua pilihan output tenaga. Model 228i mendapatkan limpahan tenaga 228 daya kuda serta torsi maksimal 350 Nm, sementara penggemar kecepatan bisa memilih M235i yang mengusung mesin dengan tenaga puncak 301 daya kuda dan torsi 450 Nm.

mesin BMW 2 Series Gran Coupe 2019 berwarna hitam 
Mesin BMW 2 Series Gran Coupe 2019

Untuk varian 228i, sedan BMW kompak ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam dalam 6,0 detik. Sementara varian M235i dapat menempuh 0-100 hanya dalam 4,7 detik. Meskipun mengusung mesin 2,0 liter yang sama, M235i mendapatkan tenaga ekstra berkat perubahan crankshaft yang diperkuat, turbocharger yang lebih besar, serta modifikasi pada sistem injeksi bahan bakar.

Kedua mobil yang akan dipasarkan di Amerika Serikat terlebih dahulu ini akan mendapatkan sistem penggerak empat roda xDrive khas BMW plus kendali distribusi tenaga BMW Performance Control. BMW pun menjanjikan pengalaman berkendara “Ultimate Driving Machine” pada mobil ini dengan suspensi opsional M Sport (standar pada M235i), menjadikan mobil lebih rendah 10 mm untuk pengendalian yang lebih baik. Sistem kemudi M Steering (opsional) juga tersedia untuk memberikan respons pengemudian yang lebih tajam.

>>> Mengenal Lebih Jauh ‘Penggerak Semua Roda Jerman’, Teknologi BMW xDrive

KESIMPULAN BMW 2 Series 2019

BMW 2 Series Gran Coupe 2019 benar-benar menampilkan gaya “coupe empat pintu” yang biasa diadopsi sedan-sedan bongsor dengan sangat baik. Desain tajam dengan berbagai elemen sporty seakan mengalir mulus dari bagian depan mobil hingga ke belakang. Garis atap yang ramping dan menerus hingga ke bagasi, jendela tanpa bingkai (frameless), dan desain lampu LED yang sporty semakin menegaskan kekuatan desain Gran Coupe.

Sementara di bagian kabinnya, pengemudi dan penumpang dimanjakan oleh kenyamanan, limpahan fitur informasi dan hiburan, layar sentuh yang modern, serta ruang kabin yang lebih lapang dibandingkan versi coupe. Soal keselamatan, BMW pun menjejali 2 Series Gran Coupe 2019 dengan fitur keselamatan serupa kakak-kakaknya.

Meskipun BMW berniat menjadikan 2 Series Gran Coupe ini sebagai salah satu sedan dengan harga yang lebih terjangkau, namun untuk bisa menikmati kenyamanan dan kesenangan berkendara lebih baik, Anda dapat merogoh kocek untuk mendapatkan berbagai fitur yang lebih tinggi. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai detail fitur yang menjejali mobil ini, konsumen masih harus menunggu peluncuran resminya di LA Motor Show November mendatang dan bersabar menunggu mobil ini dipasarkan pada awal tahun 2020.

>>> Jangan lupa klik sini utnuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil