Review Bentley EXP 100 GT 2019

17/07/2019

Share this post:

Bentley EXP 2019

Editor rate:

Daftar Harga Bentley EXP Terbaru Lihat promo

Merayakan 1 Abad eksistensi Bentley, pabrikan otomotif asal Inggris ini mencoba menciptakan kreasi mobil konsep grand touring masa depan yang mengedepankan teknologi otonom dan kemewahan terbaik menurut paham "British craftsmanship". Seperti apa hasilnya?

Review Bentley EXP 100 GT 2019
Review Bentley EXP 100 GT 2019
0 Gambar

Pengantar Bentley EXP 2019

Mari kita simak spesifikasi Bentley EXP 2019 di bawah ini.

Kekurangan $ Kelebihan

Review Bentley EXP100 GT 2019

Review Bentley EXP 100 GT 2019 - Dalam industri otomotif, bisa dikatakan brand Eropa banyak mengedepankan pendekatan produksi mobil yang bersifat "craftmanship". Dimana citarasa humanis lebih ditekankan melalui penggunaan material yang premium dan dikerjakan secara hand-made. Dan brand mobil ber-paspor Inggris menjadi salah satu negara yang cukup konsisten mengaplikasikan pendekatan tersebut.

Bentley bisa menjadi salah satu contoh brand yang masih konsisten mempertahankan "craftmanship" dalam setiap pembuatan kendaraan mereka. Sejak pertama kali lahir di tahun 1919, Bentley konsisten menciptakan mobil ultra mewah yang memegang peranan penting dalam industri otomotif dunia. 

Foto perkenalan Bentley EXP 100 GT 2019 berwarna kuning dilihat dari sisi samping

Penampilan resmi Bentley EXP 100 GT 2019

Bertepatan dengan usia 1 Abad brand ini, Bentley melangkah lebih maju dalam memimpikan masa depan kendaraan mereka yang menggunakan teknologi otonom, mesin tanpa emisi, memiliki "otak" cerdas, tapi tetap menjunjung tinggi pembuatan mobil secara hand-made melalui material yang ekslusif dan premium. Hasilnya adalah sebuah mobil konsep Grand Touring yang dinamai Bentley EXP 100 GT. Seperti apa impresi kami terhadap mobil konsep ini? Berikut adalah ulasan selengkapnya dalam review Bentley EXP 100 GT 2019.

Eksterior Bentley EXP 2019

Review Bentley EXP 100 GT 2019 : Eksterior Depan

Foto area eksterior depan Bentley EXP 100 GT 2019 berwarna hitam

Tampilan eksterior depan Bentley EXP 100 GT 2019

Bentley menciptakan eksterior Bentley EXP 100 GT 2019 dengan material aluminium ringan dan serat karbon. Tapi di luar penggunaan material tersebut, Bentley mencoba bermain dengan satu elemen yang diyakini akan menjadi value premium di masa depan, yakni cahaya. Hal ini bisa dilihat dari fascia depan yang terkesan kaya akan cahaya, akibat penggantian matrix grille yang kini berganti fungsi menjadi sumber pencahayaan iluminasi yang bergerak dengan sinkronasi dengan logo Flying B di kap mesin dan hingga area bonnet depan.

Bagaimana dengan penempatan headlight? Headlight dibuat menyatu dengan format grille, yang mana bentuknya diciptakan membulat terinspirasi oleh Bentley Bowler klasik. Dan dikarenakan mobil konsep ini dimaksudkan sebagai kendaraan tanpa emisi, maka penggunaan grille besar sebagai saluran udara ke ruang mesin tidak digunakan dan kebutuhan tersebut.

Review Bentley EXP 100 GT 2019 : Eksterior Samping

Foto area eksterior samping Bentley EXP 100 GT 2019 berwarna hitam

Tampilan eksterior samping Bentley EXP 100 GT 2019

Sisi samping Bentley EXP 100 GT 2019 menghadirkan kesan yang lebih futuristik karena penggunaan pintu model gullwing yang dibuka secara otomatis, sekaligus menjadikan mobil ini tanpa pilar B. Memiliki postur bodi panjang 5.8 meter dan lebar 2.4 meter, Bentley membuat mobil konsep ini dengan pendekatan yang ramah lingkungan, yakni melalui pemilihan warna.

Ya, warna eksterior mobil konsep ini menggunakan warna Compass yang dibentuk menggunakan colorstream pigment dan menggunakan bahan dasar abu sekam padi yang merupakan limbah industri beras, namun dimanfaatkan oleh Bentley sebagai warna mobil agar bisa menghasilkan produk yang tidak menjadi limbah dan merusak lingkungan. 

Review Bentley EXP 100 GT 2019 : Eksterior Belakang

Foto area eksterior belakang Bentley EXP 100 GT 2019 berwarna hitam

Tampilan eksterior belakang Bentley EXP 100 GT 2019

Desain eksterior belakang BMW EXP 100 GT 2019 menghadirkan pendekatan desain yang membawa elemen klasik Bentley, tapi juga tak lupa memberikan bumbu-bumbu futuristik pada mobil ini. Hal ini bisa dilihat dari aplikasi penggunaan buritan belakang yang mengikuti lekuk dari fender belakang yang mengadopsi lekuk khas Bentley R-Type Continental klasik.

Beberapa area di area belakang mobil konsep ini diciptakan untuk alasan aerodinamika, seperti pada bagian bumper belakang yang memiliki dua lubang selayaknya exhaust pipe. Agak naik ke sisi atas, lekuk tailgate dibuat memiliki cekungan mendalam, atau disebut Bentley sebagai lekukan "Horseshoe". Lekukan ini diberikan agar memperkuat detil desain layar OLED 3D yang berfungsi sebagai taillight mobil konsep ini. 

>>> Mungkin Anda juga tertarik:


Interior Bentley EXP 2019

Konsep kabin Bentley EXP 100 GT 2019 menjadi visi masa depan Bentley yang menghadirkan mobil premium, dengan pendekatan ramah lingkungan, serta memiliki kemampuan cerdas lewat sistem otonom dan Artificial Intelligent. Namun kali ini fokus Anda akan kami bawa dalam hal mengagumi sisi interior mobil konsep ini.

Foto area interior kabin Bentley EXP 100 GT 2019

Tampilan ruang kabin Bentley EXP 100 GT 2019

Masuk ke dalam kabin, Anda akan disambut oleh Adaptive Biometric Seat yang dirancang bisa menyesuaikan mode pengemudi, dibuat menghadap ke belakang mobil, serta bisa dibuat mundur hingga menghabiskan ruang kursi belakang untuk mendapatkan luas kabin yang lebih sempurna. Material yang digunakan pada jok merupakan perpaduan tekstil yang dibuat seperti organic leather yang dibuat bagaikan proses pembuatan wine, serta panel copper infused riverwood berusia 5.000 tahun. Sedangkan untuk di area dashboard tersedia interface kristal cumbrian, karpet mobil menggunakan British Farmed Wool, dan beragam tombol di mobil yang memadukan unsur tembaga dan aluminium. 

>>> Baca juga:

Fitur Bentley EXP 2019

Foto interface crystal kabin Bentley EXP 100 GT 2019

Tampilan Cumbria Crystla yang menjadi pusat komando Bentley Personal Assistant AI

Bentley menatap masa depan mobil grand touring mereka lewat inovasi teknologi "cerdas" Bentley Personal Assistant AI. Teknologi berbasis Artificial Intelligence ini akan mendefinisikan perjalanan maupun karakter pengemudi berdasarkan lima karakteristik: Enhance, Cocoon, Capture, Re-Live, dan Customize. Teknologi ini akan berjalan sesuai perintah gestur tangan pada interface crystal cumbria. Jok dengan model biometrik yang digunakan pada Bentley EXP 100 GT 2019 memungkinkan sistem pada mobil ini membaca kondisi dan gerak tubuh dari pengemudi maupun penumpang, termasuk ke dalam kesehatan tubuh. 

>>> Spesifikasi Bentley Continental GT 2018: Gran Tourer Berdarah Kerajaan

Operasi Bentley EXP 2019

Bentley EXP 100 GT 2019 menggunakan Next Generation Traction Drive yang memiliki empat motor dengan torsi klaim 1.500 Nm, dimana mesin listrik ini akan mampu berlari 0-100 km/jam dalam waktu 2.5 detik dengan top speed 300 km/jam. Sistem baterai pada Bentley EXP 100 GT 2019 diklaim memiliki kemampuan charging 80% dari posisi baterai kosong dalam waktu 15 menit. Dan diklaim oleh Bentley, kapasitas baterai ini sanggup membuat mobil konsep ini berjalan sejauh 700 km.

Sebagai mimpi masa depan akan mobil Grand Touring yang effortless, Bentley mengadopsi sistem Autonomous dengan bantuan Bentley Personal Assistant AI. Selain itu, untuk menjaga efisiensi, Bentley menggunakan ban Pirelli khusus yang bisa menyesuaikan diri terhadap kondisi cuaca dan kontrol kemudi, serta sistem Active Aero Wheels yang akan menyesuaikan kebutuhan pengemudi dalam merasakan sensasi berkendara agresif atau lebih lembut.

Kesimpulan Bentley EXP 2019

Tahun 2035 akan menjadi momen krusial bagi Bentley. Bentley memperkirakan mobil konsep ini akan menemukan jati diri yang lebih relevan dan sangat mungkin masuk jalur produksi di tahun tersebut. Berbekal inovasi pada sektor material dan desain yang sesuai dengan pakem "British Craftmanship", serta teknologi yang pastinya sangat cerdas, memungkinkan mobil konsep Bentley EXP 100 GT 2019 bukan hanya sebuah mimpi, tapi prediksi masa depan segmen mobil Grand Touring menurut paham Bentley. Dan hal tersebut merupakan kado termanis dan tercerdas yang bisa Bentley berikan sebagai bentuk selebrasi 100 tahun usia brand mobil ini berdiri.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top