Review Audi S7 2019: Dari Mesin V8 Ke V6, Apakah Sebuah Penurunan Performa?

27/05/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Audi Sport akan memiliki tiga model S terbaru dalam Portofolio mereka meliputi S6 sedan, S6 Avant dan S7 Sportback. Perlu menjadi catatan, Cintamobil.com lebih tergiur untuk membahas lebih lanjut akan Audi S7 Sportback karena alasan desain, efisiensi bahan bakar, kenyamanan berkendara serta performa mesinnya. Mari kita saksikan bersama dalam review Audi S7 2019.

PENGANTAR Audi S7 2019

Review Audi S7 2019 - Pasca hadirnya A7 di tahun 2012, Audi Sport juga melahirkan Line Up terbarunya yakni S7 setahun setelahnya. Kecepatan dan kenyamanan berkendara adalah hal yang ditanamkan kuat-kuat pada mobil ini. Bayangkan saja, kala itu Audi S7 hadir dengan mesin 4.0 Liter V8 ditambah teknologi Start/Stop, yang juga diaplikasikan pada Audi S6, Audi R8 dan Audi RS7.

Audi S7 2013 berdiri sebagai generasi pertamanya dalam wujud Sportback

Inilah sosok Audi S7 yang hadir pertama kali

Audi juga mengklaim bahwa S7 bisa menempuh kecepatan 100 Km/Jam dalam waktu 4,8 detik. Dengan performa seperti itu, Audi akhirnya memiliki dua musuh bebuyutan yakni BMW 650i Gran Coupe xDrive dan Mercedes-Benz CLS 550.
Tepat pada tahun 2016 lalu, Audi Sport memberikan peningkatan performa pada S7. Tercatat bahwa daya maksimum bertambah sebanyak 48 HP ketimbang versi sebelumnya. Jika ditotal, Audi S7 2016 memiliki daya hingga 450 HP dengan torsi puncak sebesar 406 Lb.ft, lebih cepat 5 HP dari dua kompetitor utamanya.

Audi S7 2016 hadir dengan peningkatan performa mesin, bertambah 48 HP dibanding sebelumnya

Di tahun 2016, perubahan lebih ditekankan akan performa mesinnya

Menariknya, kabar baru-baru ini, Audi S7 hadir dengan peningkatan satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya. Diisukan bahwa mesinnya berubah menjadi 2.9 Liter V6 Twin-Turbocharged yang digabungkan dengan sistem Mild Hybrid serta Electric Supercharger. Bagi kami, ini bukan masalah penurunan tapi penyempurnaan Audi S7 di lini Sportback. Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak dalam review Audi S7 2019.

Audi S7 2019 banyak mengalami perubahan khususnya dari segi suspensi hingga performa mesin

Sosok Audi S7 2019 yang belum lama ini diperkenalkan lewat halaman resmi Audi

EKSTERIOR Audi S7 2019

Jajaran keluarga S, nyatanya memiliki ciri khas tersendiri yang mana lekuk bodinya dikemas sangat tegas, menuai pujian dari setiap mata yang memandang. Sama halnya dengan desain eksterior Audi S7 2019 yang menggabungkan esensi sporty ala mobil Premium dan sisi praktis dari mobil Hatchback. Tak heran, namanya dikenal sebagai Sportback.

Review Audi S7 2019: Eksterior Depan

Jika boleh dibilang, wajah depan Audi S7 adalah salah satu desain terbaik dari banyak mobil yang sudah kami ulas. Grille depan dikemas dengan bahan aluminum serta dilapisi aksen krom berwarna hitam. Sepintas melihat, hal ini terkesan sangat dramatis serta elegan. Buah tangan dari Audi Sport sebagai perancang ternama.

Eksterior Depan Audi S7 2019 tak begitu banyak berubah selain aspek desain Grille

Wajah depannya kini dibalut dengan desain Grille baru

Review Audi S7 2019: Eksterior Samping

Tema serupa juga ditampilkan pada kaca spion samping, menerapkan material aluminum sebagai penguat pesan sporty. Ciri khas Audi S7 juga sangat terasa pada sisi Air Inlets serta Side Sills bergaya Angular Trim. Tak lupa, ban yang digunakan berukuran lebih besar berukuran 20 inci, menjadi ciri khas jajaran keluarga Audi S ketimbang Line-Up Audi A.

Eksterior Samping Audi S7 2019 dikemas dengan tubuh proposional, semata-mata untuk kesan aerodinamis

Ciri khasnya masih tetap sama yakni menggunakan ban berukuran 20 inci yang membuatnya terlihat elegan

Review Audi S7 2019: Eksterior Belakang

Bodi belakangnya? Jujur kami lebih terpukau akan sajian Rear Diffuser berukuran besar. Menariknya, panel tersebut dibalut mewah dengan aluminum sehingga seluruh bodi memiliki tema senada. Mewah, elegan dan sporty, menjadi sajian pembuka sebelum mengamati keseluruhan fitur yang dimiliki.

Eksterior Belakang Audi S7 2019 dikemas dengan Rear Spoiler menarik dan masih elegan

Bodi belakang juga hadir dengan Rear Diffuser berukuran besar berjumlah empat buah

>>> Baca juga:

INTERIOR Audi S7 2019

Mengamati sektor interior Audi S7 2019, berbagai halnya didominasi oleh warna hitam serta mengandalkan Stitching berwarna kontras. Tak heran, esensi sporty mengalir dan menghiasi setiap sisi interior-nya.

Review Audi S7 2019: Dashboard dan Setir

Jujur saja, ketimbang jajaran keluarga Audi A, kami justru lebih menyukai S7. Apa alasannya? FIturnya lebih lengkap serta memberi rasa lebih nyaman, meski berkendara dalam durasi lama sekali pun. Bayangkan saja, Audi Virtual Cockpit pada S7 memiliki ukuran tak main-main di angka 12,3 inci. Tentu kita pahami bersama, panel tersebut sudah sangat mumpuni untuk mengaplikasikan fitur audio hingga navigasi, tanpa hambatan.

Dashboard Audi S7 2019 dikemas sangat elegan dengan bahan berkualitas dan desain serba modern

Inilah suasana kabin yang ditawarkan pada Audi S7 2019

Review Audi S7 2019: Kursi

Selain memiliki aroma sporty, kursi Audi S7 sudah dilengkapi dengan fitur pijat serta ventilasi. Ventilasi di sini adalah sebuah fitur dimana bahan kursi seakan bernafas, dilengkapi rongga-rongga, sehingga dapat memberi kenyamanan ekstra bagi setiap penumpang. Di sisi lain, tersedia dua bahan kursi yang bisa dipilih seperti Alcantara atau Valcona, sesuai pilihan konsumen.

Kursi Audi S7 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursinya juga terlihat sporty dengan logo bertuliskan "S"

Review Audi S7: Kapasitas Bagasi

Jangan kita lupa bahwa mobil ini berdiri sebagai mobil Sportback, yang mana esensi ergonomis dan kepraktisan, dilihat sebagai esensi utama. Dalam hal ini, jika mengaca pada bagasi Audi S7, tersedia kapasitas 530 Liter hingga 1.390 Liter. Apakah cukup besar? Hmmm, itu kembali lagi pada kebutuhan berkendara Anda. Sebagai informasi tambahan saja, kapasitas tersebut mampu menampung hingga 3 tas berukuran besar.

>>> Informasi menarik:

FITUR Audi S7 2019

Hal paling penting yang dijanjikan oleh Audi terhadap model S7 adalah sensasi berkendara nyaman meski diajak berjalan jauh. Itulah kiranya yang semakin ditingkatkan pada perubahan kal ini. Tentu hal ini terjawab dari fitur Audi S7 2019 yang dikemas cukup lengkap.
Perubahan paling spesial terletak pada sisi suspensi yang mana, keluarga S menerapkan Damping Control sebagai fitur standar. Dalam hal ini, Damping Control berjalan sinergi dengan Air Suspension sehingga dapat bergerak dinamis mengikuti kondisi jalan. Sebagai informasi saja, ketika mobil melaju di angka 120 Km/Jam, maka bodi keseluruhan akan turun sebanyak 10 mm. Hal ini dilakukan sebagai meningkatkan performa aerodinamis di saat berada dalam kecepatan tinggi.

Fitur Audi S7 2019 dilengkapi dengan teknologi-teknologi lengkap

Fiturnya lebih ditekankan untuk masalah kenyamanan berkendara

Di sisi lain, setiap komponen sasis terintegrasi langsung dengan elektrik, yang disebut sebagai Electronic Chassis Platform (ECP). Setiap pergerakan akan direspon sangat cepat, dalam rentang interval Milliseconds (ms). Hal ini akan mudah diaktifkan lewat berbagai mode berkendara yang bisa dipilih oleh pengendara yakni COMFORT, AUTO, DYNAMIC, EFFICIENCY dan INDIVIDUAL.

Fitur Audi S7 2019 dilengkapi dengan model AWD sehingga dapat lebih cekatan di berbagai medan

Mode penggerak juga menerapkan Quattro Permanent All Wheel Drive

>>> Simak juga rekomendasi mobil-mobil Hatchback lainnya di sini

OPERASI Audi S7 2019

Catatan dari kami secara langsung, terletak operasi mesin Audi S7 2019. Jika melihat pendahulunya, mesin yang digunakan adalah 4.0 Liter V8. Namun kini menerapkan 2.9 Liter V6 TFSI, tentu jika ditilik dari angka, hal ini adalah penurunan.
Namun jangan salah sangka melihat hal semacam ini. Pasalnya, mesin barunya menerapkan kapasitas lebih kecil memang, tapi Twin-Turbocharged dibenamkan bersama sistem Mild-Hybrid System (MHEV) menjadi sebuah performa baru. Selain memiliki akselerasi cukup cekatan, mesinnya juga tergolong lebih ramah lingkungan. Dalam hal ini, emisi karbon tercatat sebesar 170g/km, sebuah kemajuan bagi produk Audi.

Performa Mesin Audi S7 2019 dilengkapi dengan sistem MHEV

Meski harus kalah dari pendahulunya dari segi akselerasi, namun mesin barunya diklaim irit bahan bakar dan ramah lingkungan

Sedangkan untuk masalah tenaga, mobil ini menerapkan kapasitas total 2.967 cc dengan daya maksimum mencapai 349 HP dan torsi puncak 235,9 Nm. Bukan saja menjadi sebuah kemajuan, mesinnya juga memiliki estimasi konsumsi bahan bakar rata-rata di angka 6,5 Liter untuk setiap jarak 100 Km yang ditempuh.

Operasi mesin Audi S7 2019 mampu mencapai daya maksimum hingga 349 HP

Kini mesinnya menerapkan kapasitas silinder lebih kecil, namun tak kalah menggigit dari versi sebelumnya

Jika dilihat dari segi akselerasi, tentu kami berani mengatakan bahwa mobil ini mengalami penurunan. Bayangkan saja, versi terdahulunya akselerasi 0-100 Km/Jam ditempuh dalam 4,8 detik saja, sedangkan versi terbarunya hanya 5,1 detik saja. Penurunan 0,3 detik. Namun jika mau menyimak dari segi kenyamanan berkendara, jelas kami memilih model terbarunya ini mengingat suspensi lebih nyaman, mesin lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.
>>> Tertarik dengan mobil-mobil Audi? Simak di sini ulasan mobil Audi selengkapnya

spesifikasi Audi S7 2019

Untuk informasi teknis lebih lengkap, berikut Cintamobil.com sampaikan spesifikasi Audi S7 2019 dalam format tabel.

SPESIFIKASI AUDI S7 2019

DIMENSI BODI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.979 mm x 1.908 mm x 1.417 mm

Jarak Poros Roda

2.928 mm

MESIN

Tipe Mesin

2.9 Liter V6

Daya Maksimum

349 HP / 3.850 Rpm

Torsi Maksimum

700 Nm / 2.500 Rpm - 3.100 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis Tiptronic

Sistem Penggerak Roda

Quattro Permanent All Wheel Drive (AWD) dengan Self-Locking Central Differential

Kecepatan Maksimum

250 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

5,1 Detik

HANDLING

Suspensi Depan

Five-Link, Tubular Anti-Roll Bar

Suspensi Belakang

Five-Link, Tubular Anti-Roll Bar

Sistem Rem

Dual-Circuit Brake System; ESC/ABS/EBD, Brake Booster, Hydraulic Brake Assist

Ukuran ban

255/40 R20

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

63 Liter

Standar Emisi Gas Buang

EU6

kelebihan & kekurangan Audi S7 2019

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Audi S7 2019? Jika dibandingkan dengan pendahulunya, tentu ada opini khusus dari kami.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Suspensi mendapat peningkatan

Tak begitu banyak perubahan dari segi eksterior

Performa mesin lebih menonjol dari segi ramah lingkungan

Performa mesin sedikit menurun dibanding pendahulunya khususnya dari segi akselerasi

DIklaim sangat nyaman dikendarai untuk jarak tempuh jauh

Kehadiran di Indonesia belum dipastikan

daftar harga Audi S7 2019

Rencananya, di musim panas 2019, Audi S7 akan hadir di pasar Eropa lebih dulu. Daftar harga Audi S7 2019 akan dibanderol mulai EUR 82.750 setara Rp. 1,3 miliar. Fantastis, bukan? Bahkan, jika hadir di Indonesia, model satu ini bisa diprediksi akan meningkat di angka lebih dari Rp. 2 miliar.

Video Audi S7 2019

KESIMPULAN Audi S7 2019

Audi S7 2019 menurut kami adalah sebuah mobil Sportback dengan performa Handling di atas rata-rata. Konfigurasi suspensi terbaru juga membuatnya lebih nyaman dikendarai meski menempuh jarak jauh sekalipun. Sayang, performa mesinnya sedikit menurun khususnya dari segi akselerasi jika dibandingkan pendahulunya. Namun, kabar baiknya adalah mesin terbaru ini sudah menerapkan Twin-Turbocharged serta konfigurasi MHEV sehingga lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Bagaimana, tertarik untuk membeli mobil berharga fantastis besutan Audi ini?

>>> Tertarik untuk mencari ulasan kritis dan lengkap dari mobil pilihan Anda? Temukan jawabannya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil