Review Audi S6 2019: Diesel Pada Sedan, Tak Begitu Buruk Adanya

02/06/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Sedan yang menonjolkan performa mesin diesel, mungkin Audi S6 adalah salah satu kandidat terbaik. Di Eropa mobil satu ini memang terbilang sangat populer, apalagi pasca perilisan tiga model barunya yakni Audi S6, A6 dan A7. Untuk pertama kalinya, Audi menggabungkan mesin V6 TDI dengan kompresor elektrik dan sistem elektrik 48 Volt. Inilah review Audi S6 2019.

PENGANTAR Audi S6 2019

Review Audi S6 2019 - Sudah menjadi karakteristik keluarga Audi S, desain sporty bertemu dengan efisiensi bahan bakar. Hal ini bisa diamati pada sosok Audi S6 yang menerapkan mesin diesel, menjadi komponen yang dipilih untuk merealisasikan tema tersebut. Bagi sebagian orang, mungkin hal ini terkesan sedikit aneh, mengingat sebuah sedan umumnya selalu mengandalkan mesin bensin. Namun faktanya, Audi hendak mendobrak mitos tersebut lewat S6.
Bisa dibilang, Audi S6 berdiri di antara dua model utama yakni A6 yang mengedepankan kenyamanan dan RS6 sebagai mobil penuh performa. Yang jelas, Audi S6 menggabungkan keduanya baik kenyamanan serta performa. Di situlah posisi jelas, dimana Audi S6 berdiri di antara saudaranya.

Keluarga Audi S baru saja diperbarui di tahun 2019 khususnya pada model S6 dan S7

Audi S6 Sedan (kiri), Audi S7 Sportback (tengah) dan Audi S6 Avant (kanan)

Lewat latar belakang tersebut, Audi akhirnya memilih mesin terbaru yakni 2.9 Liter V6, menggantikan model lamanya 4.0 Liter V8. Hal tersebut diaplikasikan di Amerika, bermodalkan konfigurasi mesin Twin-Turbocharged. Berbeda halnya dengan versi Eropa, Audi S6 hadir dengan mesin 3.0 Liter V6 diesel. Apakah perubahan dari 4.0 Liter V8 menjadi 3.0 Liter V6 diesel, adalah sebuah indikasi penurunan performa? Simak jawabannya dalam review Audi S6 2019.

EKSTERIOR Audi S6 2019

Jika diamati lebih lanjut, sosoknya kental akan nuansa Premium. Perlu diketahui juga bahwa desain eksterior Audi S6 2019 banyak mengadopsi hal menarik dari A6 maupun A8. Yang jelas, sosok sedan satu ini menuai banyak pujian dari netizen karena desainnya dinilai elegan serta tegas.

Review Audi S6 2019: Eksterior Depan

Sisi Audi A8 benar-benar terasa dari wajah depannya. Hal ini bisa diamati pada segi lampu yang menerapkan desain lebih berkarakter. Tak hanya itu, hal serupa juga ditemui pada rancangan Grille, dikemas lebih lebar dan memiliki sisi-sisi tajam. Grille-nya menggunakan tiga palang horizontal di bagian atas, tiga palang dengan latar plastik pada sisi tengah, begitu juga pada bagian bawahnya.

Eksterior Depan Audi S6 2019 sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi canggih serta DRL

Wajah depannya kini dihias lebih tajam dengan desain Grille baru

Review Audi S6 2019: Eksterior Samping

Bodi sampingnya sendiri cenderung lebih bermain dengan tekstur elegan dan menerapkan pernak-pernik mewah. Hal ini bisa diamati pada pelipis kaca samping yang dibalut aksen krom mengkilap sehingga pesan mewah yang tersirat, bisa tersampaikan dengan jelas. Di sisi lain, rumah kaca spion juga lekat akan unsur Aluminum, memperkuat tema utamanya. Hal menarik lainnya terletak pada pelek berukuran 20 inci bergaya eksklusif, tersedia juga pelek 21 inci yang sifatnya opsional.

Eksterior Samping Audi S6 2019 menggunakan ban berukuran 20 inci sebagai versi standar-nya

Bodi sampingnya lebih bertekstur elegan dengan guratan tegas khas Audi

Review Audi S6 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, esensi futuristik benar-benar terasa. Hal ini bisa diamati lebih jelas pada lampu Tail Lights yang berdesain Slim dan tegas, tersambung dengan satu garis lurus aksen krom. Terakhir, hal paling menarik perhatian kami terletak pada Exhaust Pipe Layout berjumlah empat yang dihias menarik dengan Dark Chrome Trim. Jujur saja, desain semacam ini terasa sangat mirip dengan Audi A6.

Eksterior Belakang Audi S6 2019 hadir dengan aksesoris menarik seperti Exhaust Pipe Layout berjumlah empat

Bodi belakangnya juga menyiratkan kesan futuristik dari desain lampu serba Slim

>>> Baca juga:

INTERIOR Audi S6 2019

Sebagai sosok sedan Premium, kami benar-benar menyukai segala hal yang ditawarkan pada interior Audi S6 2019. Bagi kami, atmosfer kabinnya terasa sangat futuristik serta elegan. Segala hal seakan dirancang serba detail dan penuh ketelitian, semata-mata untuk kenyamanan pengendara.

Review Audi S6 2019: Dashboard

Sensasi futuristik yang kami sebutkan, tertera jelas dari panel dashboard. Bisa diamati bersama bahwa tersedia tiga layar utama yakni pada dua unit pada panel dashboard dan satu layar di balik setir. Ketiganya juga diarahkan kepada pengendara, sehingga mudah dijangkau dan dioperasikan.

Dashboard Audi S6 2019 sudah hadir dengan tema yang sangat futuristik, berkat tiga layar utama yang dihadirkan

Inilah suasana atmosfer dalam kabinnya, terasa sangat elegan, berkelas dan juga futuristik

Satu layar pada dashboard berukuran 10,1 inci, lebih difungsikan untuk navigasi dan aplikasi yang ditawarkan pada Audi. Di bagian bawahnya juga terdapat layar berukuran 8,6 inci yang memiliki fungsi khusus penyejuk Climate Control System dan aspek hiburan lainnya. Kombinasi ini yang membuat unsur futuristik semakin terasa yang mana semua hal dirancang serba Digital.

Review Audi S6 2019: Setir

Berbicara masalah kemudi setir, Audi S6 menerapkan kenyamanan kelas atas dengan bahan kulit berkualitas. Hal yang paling kami sukai juga terletak pada panel tengahnya yang dibuat agak menggembung disertai logo kebanggaan Audi, memang ciri khasnya.

Setir Audi S6 2019 hadirkan berbagai tombol multifungsi baik dari segi Multimedia hingga komunikasi

Kemudi setir juga terlihat menggoda dengan ciri khasnya yang menggembung serta logo kebanggaan Audi di sisi tengah

Di balik kemudi setir, tersedia satu layar berukuran 12,3 inci yang mampu menginformasikan banyak hal seperti tingkat kecepatan, konsumsi bahan bakar dan berbagai hal penting lainnya. Ukurannya yang besar serta mendukung konfigurasi Digital, membuat pengendara sangat nyaman.

Review Audi S6 2019: Kursi

Aroma elegan dan klasik benar-benar terasa pada aspek kursi Audi S6 2019. Bahkan, identitasnya terlihat dari hadirnya logo bertuliskan huruf S di tiap-tiap kursi. Kurang nyaman? Tenang, Audi juga hadirkan fitur opsional seperti fitur pijat, material berpori hingga berbagai macam pengaturan kursi. Namun, hal tersebut membutuhkan biaya tambahan untuk diaplikasikan.

Kursi Audi S6 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus layaknya mobil sedan pada umumnya

Bisa diamati bersama bahwa kursinya sangat Premium, jahitan dan teksturnya dirancang sangat teliti

>>> Informasi menarik lainnya:

FITUR Audi S6 2019

Karakteristik dari jajaran keluarga Audi S lebih ditujukan pada Quattro Permanent All Wheel Drive (AWD). Hal tersebut nyatanya masih dibawa hingga kini. Untuk selengkapnya, mari kita simak dalam segmen fitur Audi S6 2019.
Dalam kondisi laju normal, Self Locking Center Differential menghantarkan torsi ke Axle depan dan belakang, di rasio 40:60. Jika terjadi selip, torsi akan dialirkan ke Axle yang memiliki traksi lebih kuat sehingga memberi performa Handling lebih mumpuni.

Performa Audi S6 2019 terbilang sangat mumpuni khususnya dari segi kenyamanan karena sudah dibekali teknologi Self Lock Differential dan Quattro AWD

Fitur Audi S6 ditonjolkan dari segi kenyamanan berkendara, sesuai tema awalnya

Dari segi suspensi, setiap keluarga Audi S juga dibekali S Sport Suspension dan Damping Control. Selama prosesnya, fitur satu ini mampu menurunkan bodi hingga 20 mm. Tentu saja, perjalanan Anda akan diprioritaskan untuk lebih nyaman. Menariknya lagi, tersedia tiga pilihan suspensi yakni LIFT, AUTO dan Dynamic. LIFT dikhususkan untuk medan jalan yang buruk, AUTO akan menurunkan bodi hingga lebih dari 10 mm ketika berada di kecepatan 120 Km/Jam dan Dynamic yang mana posisi bodi paling rendah di setiap kondisi jalan.

Suspensi Audi S6 2019 menyediakan empat mode yakni LIFT, AUTO dan DYNAMIC

Suspensinya menerapkan konfigurasi S Sport disertai Damping Control yang bisa diatur sesuai gaya berkendara Anda

Bagaimana bisa hal tersebut bisa diatur begitu presisi? Jawabannya terletak pada teknologi Electronic Chassis Platform (ECP). Dalam hal ini, setiap komponen mobil akan dikontrol langsung oleh ECP, yang mana tingkat responnya mencapai di bawah interval 200 milidetik (ms). Sungguh sangat menarik bagi kami, teknologi inovatif dalam dunia otomotif.

>>> Menyukai mobil-mobil besutan Audi? Simak ulasan dari model Audi terlengkap di sini

OPERASI Audi S6 2019

Di Amerika, Audi S6 direncanakan menggunakan 2.9 Liter V6. Sedangkan di negara Eropa sendiri, operasi mesin Audi S6 2019 menggunakan 3.0 Liter TDI V6 berdaya 349 HP dengan torsi puncak 235,9 Nm. Sebagai perbandingan saja, mesin terdahulunya menerapkan mesin 4.0 Liter V8.

Operasi Mesin Audi S6 2019 mampu menghasilkan daya hingga 349 HP

Mesinnya sendiri kini menggunakan spesifikasi 3.0 Liter TDI V6 berbahan bakar diesel

Penurunan? Bisa jadi iya, bisa jadi tidak, tergantung dari mana Anda melihatnya. Pertama, jika melihat dari segi daya, jelas Audi S6 2019 mengalami defisit hingga 96 HP dibanding versi sebelumnya. Namun jangan salah, kini torsi semakin bertambah 73 Pound-Feet, total 516 Pound-Feet. Di sisi lain, sistem pembakaran juga didukung dengan kompresor elektrik 48 Volt sehingga tampil lebih irit bahan bakar dan Throttle Response.

>>> Bandingkan juga dengan mobil sedan menarik lainnya di sini

spesifikasi Audi S6 2019

Di segmen ini, seperti biasa, Cintamobil.com akan membahas lebih jauh tentang spesifikasi Audi S6 2019 khususnya untuk varian 3.0 Liter diesel.

SPESIFIKASI AUDI S6 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.954 mm x 1.886 mm x 1.446 mm

Jarak Poros Roda

2.928 mm

Jarak Pijak Depan

1.620 mm

Jarak Pijak Belakang

1.603 mm

MESIN

Tipe Mesin

3.0 Liter V6

Kapasitas Silinder

2.967 cc

Daya Maksimum

349 HP / 3.850 Rpm

Torsi Maksimum

700 Nm / 2.500 - 3.100 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis Tiptronic

Mode Penggerak

Quattro Permanent AWD dengan Self-Locking Center Differential

Kecepatan Maksimum

250 Km/Jam

HANDLING

Suspensi Depan

5-Link dengan Tubular Anti-Roll Bar

Suspensi Belakang

5-Link dengan Tubular Anti-Roll Bar

Sistem Pengereman

Dual Circuit Brake System; ESC, ABS, EBD, Brake Booster dan Hydraulic Brake Assist

Ukuran Ban

255/40 R20

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Sistem Bahan Bakar

Common Rail Fuel Injection dengan Intercooler

Emisi Gas Buang

EU6

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

6,3 Liter / 100 Km

kelebihan & kekurangan Audi S6 2019

Dari informasi yang telah disampaikan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Audi S6 2019 yang hendak disampaikan ke dalam tabel di bawah ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sedan canggih yang mengawinkan dua hal yakni performa dan kenyamanan

Tidak ada transmisi manual yang dihadirkan, mengurangi keasyikan mengendarai sebuah sedan

Quattro AWD menjadi racikan spesial dari keluarga Audi S, mengedepankan Handling serta adaptasi di berbagai iklim cuaca

Penurunan performa mesin dari 4.0 V8 pada versi sebelumnya, menjadi 3.0 Liter V6

Fitur yang dihadirkan berteknologi tinggi dan memiliki segudang hiburan dalam kabin interior-nya

Harganya dibanderol relatif mahal

Performa mesin lebih unggul dari segi torsi dibanding versi sebelumnya

Masih belum ada kabar pasti akan kehadirannya di Indonesia

daftar harga Audi S6 2019

Di Eropa mobil ini baru saja dirilis di tahun 2019 dan akan mulai bisa dirasakan dalam waktu dekat, kemungkinan awal tahun 2020. Dari informasi yang didapat, daftar harga Audi S6 2019 di Jerman akan dipatok mulai EUR 76.500 untuk versi sedan dan EUR 79.000 pada versi Avant.

TIPE MOBIL

HARGA AUDI S6 BARU

Audi S6 Sedan 2019

EUR 76.500 / Rp. 1,23 miliar

Audi S6 Avant 2019

EUR 79.000 / Rp. 1,27 miliar

>>> Simak harga selengkapnya dari mobil besutan Audi yang dijual di Indonesia baik baru dan bekas

Video Audi S6 2019

KESIMPULAN Audi S6 2019

Di antara banyak hal menarik yang ditawarkan Audi, kenyamanan dan performa selalu menjadi hal utama. Seperti halnya Audi A6 yang mengedepankan kenyamanan serta Audi RS6 menonjolkan esensi performa. Nyatanya, Audi S6 berdiri di antara keduanya, mengawinkan baik segi kenyamanan dan performa. Bahkan, diesel kini dipilih untuk menjadi jantung pacunya, kaya akan torsi namun sedikit mengalami penurunan dari segi daya. Namun perlu diketahui, menilai mobil sedan sejatinya bukan hanya perkara performa daya mesin namun juga kenyamanan berkendara serta Handling. Itulah hal spesial yang ditawarkan oleh Audi S6 2019 kali ini.

>>> Pastikan untuk mengamati ulasan mobil lengkap dan detail, hanya di situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil