Review Audi RS5 2020: Ubahan Minimalis Sedan Performa Bengis

30/10/2020

Share this post:

Audi RS5 2020

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Audi menyegarakan RS5 2020 yang terdiri dari body coupe dan sportback. Tidak terlalu signifikan memang, tapi sukses menguatkan aura sensual sedan performa tinggi satu ini.

Review Audi RS5 2020: Ubahan Minimalis Sedan Performa Bengis
Review Audi RS5 2020: Ubahan Minimalis Sedan Performa Bengis
0 Gambar

Pengantar Audi RS5 2020

Mari kita simak spesifikasi Audi RS5 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain elegan nan sporty

Mesin performa tinggi dengan sistem all-wheel drive Quattro

Head unit lebih besar dengan sistem yang lebih modern

Kekurangan

Pengoperasian layar cuma bisa lewat layar

Performa mesin tidak ada peningkatan

Harga lebih mahal dibandingkan rival

Tak mau kalah dari BMW M3 dan M4 yang tengah viral berkat tampilan kontroversialnya, Audi memperkenalkan facelift kedua ke RS5 generasi kedua untuk jadi rival sepadan duo maut BMW M itu.

Audi RS5 dan RS Quattro

Audi RS5 kembali mendapatkan facelift setelah dua tahun

Mengingat facelift kedua berjarak dua tahun setelah facelift pertama, Audi RS5 2020 tidak mendapatkan banyak makeover, cuma sekadar makeover eksterior kecil dan upgrade sistem infotainment Audi terbaru.

Memangnya itu cukup untuk melawan dua andalan BMW M yang hadir sebagai brand new model? Simak review Audi RS5 2020 yang disusun oleh Cintamobil.com ini ya

Eksterior Audi RS5 2020

Desainer Audi Sport memadukan proporsi elegan dengan beberapa detail motorsport di Audi RS5 2020, hal ini terlihat dari beberapa inspirasi yang diambil dari Audi Quattro tahun 1980, dan Sport Quattro tahun 1984.

Memang sepintas masih sama seperti facelift pertama, namun karakter desainnya dibuat lebih menonjol dengan beberapa detail khas yang membuatnya lebih atraktif.

Review Audi RS5 2020: Eksterior Depan

Tampilan depan Audi RS5 2020

Ada beberapa detail RS5 2020 yang terinspirasi Audi Sport Quattro

Dibandingkan model sebelumnya, Audi RS5 2020 memiliki gril model singleframe yang lebih lebar dan rata yang mendominasi bagian depan. Tepat di atasnya terdapat ventilasi udara datar yang kecil, yang mirip seperti Sport Quattro.

Grille tersebut dilindungi oleh kisi-kisi dengan battern honeycomb yang diberi finishing hitam glossy, di bawahnya ada juga lubang udara kecil yang mengoptimalkan udara yang masuk ke dalam mesin sebagai pendingin.

Selain lubang udara di atas dan bawah grille utama, ada dua buah grille kecil di tiap sisi yang juga ada di generasi sebelumnya. Sedang di tepian ada lagi lubang udara yang juga berfungsi sebagai housing foglamp.

Tidak cuma pendinginan mesin, bodykit depan Audi RS5 2020 juga mengoptimalkan aliran angin ke body bagian bawah lewat dua buah lip spoiler, hasilnya mobil ini memiliki koefisien drag 0.32.

Audi juga mengganti model lampu RS5 dengan teknologi Matrix LED dan dynamic turn signal. Sebagai opsi Anda bisa memasang lampu yang sudah didesain oleh Audi Design yang memiliki tampilan khusus saat membuka dan menutup pintu.

Review Audi RS5 2020: Eksterior Samping

Tampilan samping Audi RS5 2020

Fender yang lebih gemuk membuat profil mobil jadi semakin agresif

Dari samping, profil Audi RS5 Coupe dan RS5 Sportback mempertahankan proporsi ala coupe yang sangat ikonik. Fendernya lebih lebar 15 mm di tiap sisi dari model sebelumnya, dan menghasilkan kontur yang mengalir.

Profil sampingnya terlihat seperti Audi Quattro, dan membuat RS5 2020 terlihat sangat proporsional. Kehadiran side skirt juga membuat mobil semakin terlihat rendah, tentu selain ada dampak aero yang dihasilkan. 

Tongkrongan mobil semakin ditunjang pemilihan velg, standarnya memakai ukuran 19 inci, dengan ukuran 20 hadir sebagai opsional dengan tiga model baru yang bisa dipilih.

Review Audi RS5 2020: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Audi RS5 2020

Fender belakang yang lebih lebar juga membuat profil buritan mobil semakin montok

Beralih ke bagian belakang, Audi RS5 2020 terlihat cukup berisi dengan fender yang cukup lebar yang semakin ditegaskan dengan beberapa guratan di sekujur buritan. Di ujung pintu bagasi terdapat spoiler lip kecil yang terlihat sangat manis, dan sama seperti lampu depan, Audi juga menyegarkan lampu belakang yang sudah mendapatkan teknologi LED. 

Di bagian bawah, terdapat dua buah knalpot besar berbentuk oval yang sama seperti RS6 dan RS7, dengan diffuser baru yang terlihat lebih keren sebagai rumah knalpot. Jika menginginkan keluaran suara yang lebih agresif, bisa memakai knalpot RS Sport exhaust system dengan knalpot yang dikelir hitam sebagai opsi.

>>> Simak review mobil Audi lainyya di sini 


Interior Audi RS5 2020

Masuk ke dalam, aura interior sporty masih dipertahankan RS5 2020. Tapi seperti dijelaskan di atas, Audi menyematkan beberapa upgrade dalam kabin yang menunjang kenikmatan berkendara.

Review Audi RS5 2020: Dashboard

Dasbor Audi RS5 2020

Layout dashboardnya masih sama, tapi dengan head unit yang lebih besar

Kita mulai dari depan, Audi mempertahankan layout interior depan dari facelift sebelumnya di RS5 2020. Ini bukanlah hal buruk, karena kami sangat menyukai layout dashboard, door trim, kokpit, dan konsol tengahnya.

Layout dasbornya dicirikan oleh garis horizontal dengan aksen metal atau krom yang memberikan kesan lapang, hal ini bisa terlihat dari kisi-kisi AC yang memanjang dari tengah ke sisi pengemudi. Di bagian atasnya, ada layar sentuh 10,1 inci yang sudah mendukung versi terbaru sistem MMI Audi.

Review Audi RS5 2020: Kokpit

Desin kokpit Audi RS5 2020

Layar 12,3 inci Audi mendukung Virtual Cockpit

Geser ke sisi pengemudi, RS5 juga mendapatkan instrument cluster digital dengan ukuran 7 inci sebagai standar. Jika itu kurang besar, Audi siapkan layar 12,3 inci yang sudah mendukung Audi Virtual Cockpit, dengan tampilan yang bisa diubah lewat tombol RS Mode di setir.

RS5 2020 hadir dengan setir tiga palang model flat-bottom dengan tombol multi-fungsi yang dapat mengatur beberapa hal seperti audio, tampilan head unit, dan tombol RS Mode.

Review Audi RS5 2020: Kursi

Kursi belakang Audi RS5 2020

Jika mengutamakan akomodasi kursi belakang, RS5 Sportback bisa jadi opsi

Kursi milik Audi RS memiliki fleksibilitas yang cukup impresif di mana pengaturannya dapat dilakukan secara elektrik dan pneumatik dalam berbagai cara untuk mendapatkan posisi duduk yang optimal. Di bagian tengahnya memakai pattern belah ketupat, dengan headrest dilengkapi logo RS yang telah di-emboss.

Standarnya, kursi dibalut kombinasi kulit dan Alcantara, Audi menyiapkan opsi material Nappa leather dengan pattern honeycomb sebagai opsi. Selain itu, kursi S Sport seats juga hadir sebagai opsi.

Jika Anda mengutamakan akomodasi dalam kabin, kami sarankan untuk mengambil RS5 Sportback, model 4-pintu dengan panjang body dan wheelbase yang lebih panjang dibandingkan model coupe. Alhasil, model ini memiliki ruang kaki yang mumpuni, mobil yang dibuat lebih tinggi juga memberikan ruang kepala yang lebih nyaman bagi orang dewasa.

>>> Berita terbaru seputar Audi bisa Anda simak di sini

Fitur Audi RS5 2020

Review Audi RS5 2020: Fitur Multimedia

Head unit Audi RS5 2020

Sayangnya, pengoperasian RS5 2020 cuma bisa memakai layar sentuh saja

Seperti dijelaskan di atas, Audi RS5 2020 hadir dengan head unit baru berukuran 10,1 inci yang sudah mendukung MMI versi terbaru. Sebagai standar, Anda sudah mengapatkan fitur integrasi Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar.

Audi RS5 juga mendapatkan instrument cluster digital dengan ukuran yang lebih besar, 12,3 inci. Layar beresolusi 1,920 x 720 pixel punya beberapa mode tampilan yang bisa dikustomisasi, mulai dari tampilan klasik dengan speedometer dan tachometer dial, sampai mode RS yang menampilkan informasi seperti tenaga, torsi, dan g-force mobil. 

Layar ini juga dapat digunakan untuk menampilkan navigasi melalui fitur MMI Navigation Plus dan Audi Connect, yang menyediakan kalkulasi waktu tempuh rute secara real-time.

Sayangnya, RS5 2020 tidak memiliki kenop navigasi untuk memilih menu di sistem multimedia mobil. Alhasil, satu-satunya cara untuk memakai head unit adalah dengan layar sentuhnya, mudah sih cuman kami merasa itu agak sedikit mengganggu fokus pengemudi saat berkendara.

Review Audi RS5 2020: RS Mode

Tombol RS Mode di Audi RS5 2020

Audi RS5 punya beberapa mode berkendara yang bisa dipilih melalui tombol RS Mode

Sebagai mobil performa, Audi RS5 tentu mendapatkan fitur tertentu untuk mengekploitasi potensi performanya. Melalui RS Mode, pengemudi bisa mengatur beberapa fungsi seperti manajemen mesin dan girboks, power steering, suspensi, differential quattro sport, suara mesin, sampai kinerja AC.

Audi memiliki tiga buah preset di RS5 2020, yakni Comfort, Audo, dan Dynamic. Tapi jika Anda ingin coba membuat mode sendiri, ada dua profil yang bisa diatur sesuai kemauan pengemudi, dan disimpan di sistem. Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal menekan tombol RS Mode di setir.

>>> Prior Design Hadirkan Paket Konversi Audi RS2 Coupe, Cuma 40 Unit

Operasi Audi RS5 2020

Mesin V6 2.9L TFSI yang dipakai di Audi RS5 2020

Mesin ini dikombinasikan dengan girboks otomatis 8-percepatan dan all-wheel drive Quattro

Audi RS5 2020 mempertahankan powertrain V6 2.9L TFSI yang sama dari model sebelumnya. Performa mesinnya pun tidak berubah, tenaganya masih 450 HP dengan torsi 600 Nm. Ini sama sekali bukan performa yang buruk, apalagi jika dikombinasikan girboks otomatis 8-percepatan dan sistem all-wheel drive Quattro khas Audi. 

Akselerasi mobil dari 0-100 km/jam bisa tuntas dalam waktu 3,9 detik dengan top speed dibatasi di 250 km/jam, Audi menawarkan speed limiter yang lebih tinggi sebagai opsi di 280 km/jam. 

Spesifikasi Audi RS5 2020

Dimensi Audi RS5 2020
  RS5 Coupe RS5 Sportback
Panjang x Lebar x Tinggi 4.723 x 1.866 x 1.372 mm 4.783 x 1.866 x 1.387 mm
Wheelbase 2.766 mm 2.826 mm
Kapasitas Bagasi 410 L 465 L
Performa Audi RS5 2020
Powertrain 2.9 V6 bi-turbo TFSI
Tenaga Maksimal 450 HP @ 5.700–6.700 rpm
Torsi Maksimal 600 Nm @ 1.900–5.000 rpm
Transmisi Eight-speed tiptronic
Akselerasi 0-100 km/jam 3,9 detik
Top Speed 250 km/jam, opsional 280 km/jam
Sistem Penggerak Quattro permanent all-wheel drive
Kaki-Kaki dan Suspensi Audi RS5 2020
Suspensi Depan Five-link axle with front track rod, aluminum transverse link, subframe and tubular anti-roll bar
Suspensi Belakang Five-link axle with rear track rod, resiliently mounted subframe and anti-roll bar
Ukuran Pelek / Ban 19 inch 265/35/ZR19 (Standard), 20 inch 265/35/ZR20 (Optional)

Daftar Harga Audi RS5 2020

Audi RS5 2020 model Coupe & Sportback

RS5 2020 hadir dalam dua model berbeda

Audi RS5 2020 hadir dalam dua pilihan body, yakni Coupe dan Sportback. Pemesanan keduanya sudah berlangsung sejak Desember 2019, dan tersedia di dealer mulai awal 2020, dengan Eropa jadi pasar utama. Harga kedua varian Audi RS5 2020 akan dibanderol mulai 83.500 Euro (setara Rp 1.450.000) di Jerman. 

Kesimpulan Audi RS5 2020

Tampilan belakang Audi RS5 2020

Mahal sih, tapi kami menganggap harga segini cukup masuk akal

Memang, penyegaran yang didapatkan Audi RS5 2020 tidak semasif rivalnya dari Munchen (baca: BMW M3/M4). Namun, bagi Anda yang tidak suka tampilan yang terlalu agresif, RS5 bisa jadi pilihan tepat.

Secara performa juga tidak kalah-kalah amat, masih bisa bersaing dengan angka akselerasi yang beda tipis dari M3/M4 Competition. Tapi untuk soal harga, perbedaan RS5 dengan M3/M4 terpaut cukup jauh, sekitar Rp 400 jutaan.

>>> Review mobil terbaru 2020: eksterior, interior, spesifikasi, kelebihan & kekurangan

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Audi e-Tron 2019

19/09/2018

Editor rate:

Audi akhirnya meluncurkan pemesanan untuk kendaraan full listrik terbarunya, Audi e-Tron 2019. Mengandalkan teknologi serta keindahan desain khas Audi, e-Tron akan menjadi penantang paling serius dari Jaguar I-Pace dan berbagai merek Tesla yang akan dipasarkan tahun depan.

Lihat juga

Preview Audi Q8 2019

31/08/2018

Editor rate:

Pendekatan desain ‘fusion’ di dunia otomotif saat ini rasanya sedang menjadi tren beberapa tahun terakhir. Biasanya desain mobil sedan atau SUV yang banyak mengalami ‘fusion’ dengan sentuhan desain eksotis khas mobil coupé. Salah satu contohnya adalah Audi yang menyajikan Audi Q8 sebagai SUV mewah berdesain bak 4-door luxury coupé.

Lihat juga

Review Audi TT 2017

Rp, 988.000.000

28/12/2017

Editor rate:

Audi TT 2017 atau yang sering disebut dengan Audi TT RS diperkenalkan di Beijing International Automobile (Auto China 2016) baik versi Coupe maupun versi Roadster. Dari segi penampilan, Audi TT RS baik model Coupe dan Roadster tidak terlihat memiliki banyak perubahan, namun Audi meningkatkan dapur pacu mobil ini dan menambahkan teknologi terbaru di bagian kabin mobil ini. Apa saja penambahan yang didapatkan oleh mobil ini? Selengkapnya bisa dibaca review Audi TT 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Spesifikasi Audi R8 2017 Indonesia

17/03/2018

Editor rate:

Audi R8 merupakan sebuah sport car tertinggi yang dibuat oleh Audi. Sejak pertama kali kemunculannya, mobil ini cukup menarik perhatian banyak pecinta otomotif di seluruh dunia. Apa saja yang membuat Audi R8 2017 Indonesia ini berbeda dibandingkan dengan mobil sport lainnya? Simaklah spesifikasi Audi R8 2017 Indonesia dalam tulisan bawah ini.

Lihat juga

Review Audi Q3 2019

15/11/2018

Editor rate:

Tak tanggung-tanggung, Audi Q3 2019 memang menawarkan styling dan desain menyeluruh baru dibandingkan generasi pertama. Mengandalkan sikap tegak, sudut tajam dan tak lupa sistem infotainment terbaik di kelasnya, Anda mendapatkan crossover high-profile berkelas premium.

Lihat juga
back to top