Review Audi e-tron GT 2019

06/12/2018
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Merek Empat Cincin Audi kembali menghadirkan muka baru sebagai bintang Los Angeles Auto Show 2018. Dengan konsep bertenaga listrik, coupé empat pintu Audi e-tron GT 2019 mendapatkan debutnya, tidak hanya di pameran otomotif, tapi pada bioskop musim panas 2019 dalam debut film Marvel Studios, Avengers 4.

PENGANTAR Audi e-tron 2019

Review Audi e-tron GT 2019Mengikuti jejak SUV Audi e-tron dan Audi e-tron Sportback yang dijadwalkan untuk 2019, Audi e-tron GT 2019 hadir menyapa pengunjung LA Motor Show 2019. Diumumkan pada Konferensi Pers Tahunan Audi di Ingolstadt awal tahun ini, e-tron GT adalah coupé empat pintu bertenaga listrik Audi, sebagai bagian dari 20 model listrik baru Audi pada tahun 2025.

Gambar Audi e-tron GT 2019 di LA Motor Show 2018

Audi e-tron GT yang diperkenalkan pada Los Angeles Auto Show 2018

Mengingat e-tron GT akan mendapatkan teknologi, fitur desain, spesifikasi kabin, dan mungkin perangkat keras drivetrain dari kendaraan e-tron lainnya, ada banyak detail yang baru diungkapkan Audi. Dipasarkan melawan segmen yang baru berkembang seperti Tesla Model S dan entri serupa dari produsen lain, Audi e-tron GT 2019 bisa lebih mengesankan daripada SUV e-tron Quattro yang baru-baru ini diperkenalkan.

Gambar tampilan baru Audi e-tron GT 2019

Desain terbaru Audi e-tron GT 2019

Lalu apa saja yang dibawa oleh mobil listrik teranyar Audi ini? Ini dia review Audi e-tron GT 2019 yang dibawa ke Los Angeles Auto Show 2018.

EKSTERIOR Audi e-tron 2019

Audi tidak memberikan banyak sketsa atau render pada lini produk terbaru mereka. Tetapi setelah diperkenalkan, eksterior Audi e-tron GT 2019 bisa dibilang terinspirasi dari SUV e-tron Quattro yang diungkap awal tahun ini. Tubuh yang ringan dari coupé empat pintu diproduksi menggunakan konstruksi multi-material. Terdapat atap karbon dan desain karakter yang dikemas dengan DNA Audi.

Review Audi e-tron GT 2018: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Audi e-tron GT 2019

Tampilan depan Audi e-tron GT 2018

Menegaskan tampilan front-end dari lini produk Audi yang lainnya, bagian depan berbentuk panah pada eksterior depan Audi e-tron GT 2019 menekankan matrik lampu depan LED dengan sinar laser tinggi. Tampilan depan menggabungkan e-tron GT dengan SUV e-tron, membuat keduanya dapat langsung dikenali bahkan jika dilihat dalam kegelapan.

Review Audi e-tron GT 2018: ​Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Audi e-tron GT 2019

Tampilan samping Audi e-tron GT 2019

Hampir sama dengan e-tron yang diperkenalkan awal tahun, bagian samping mendapatan tampilan menarik. Desain pelek dengan lima jari-jari kembar sejajar dengan fungsi mereka. Desain dinamis menyediakan ventilasi optimal dari disk rem sekaligus mengurangi drag. Dipadukan dengan ban berukuran 285/30, velg 22 inci menunjukan desain elegan pada eksterior samping Audi e-tron GT 2019.

Review Audi e-tron GT 2018: ​Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Audi e-tron GT 2019

Tampilan belakang Audi e-tron GT 2018

Garis-garis lebar dengan berbagai elemen fungsional tubuh beserta ventilasi udara dari lengkungan roda dan diffuser pada eksterior belakang Audi e-tron GT 2019 akan menekankan koefisien rendah hambatan. Mengurangi konsumsi bahan bakar dan pengangkatan rendah yang secara visual mencirikan desain Audi.

>>> Dapatkan review Audi selanjutnya di sini:

INTERIOR Audi e-tron 2019

Coupé empat pintu Audi ini hadir dengan empat kursi dengan jarak sumbu roda 2.900 mm, menyediakan ruang besar untuk penggunaan sehari-hari. Sedangkan interior Audi e-tron GT 2019 memperkenalkan desain ‘vegan’, menegaskan bahwa sebagian pelapis menggunakan bahan daur ulang dari kulit sintetis dan bahan microfiber, hingga karpet yang dibuat dari hasil olahan jaring ikan.

Review Audi e-tron GT 2018: ​Dasbor

Gambar dasbor Audi e-tron GT 2019
Dasbor Audi e-tron GT 2019

Pusat fungsional interior terletak di layar kiri, menegaskan bagaimana Audi memfokuskan semuanya pada pengemudi. Pada dasbor Audi e-tron GT 2019, konsol tengah dan layar sentuh besar di bagian atas membingkai tempat kerja pengemudi, menggabungkan pengemudi secara ergonomis dengan kontrol dan infotainment e-tron GT.

Review Audi e-tron GT 2018: ​Kemudi

Gambar kemudi Audi e-tron GT 2019

Kemudi Audi e-tron GT 2019

Kulit sintetis membalut kemudi Audi e-tron GT 2019 dengan semua sistem infotainment dan informasi mobil berfokus kepada pengemudi. Kemudi juga mendapatkan berbagai tombol pengaturan, serta kluster management yang menyajikan berbagai informasi tentang pengendaraan Anda.

Review Audi e-tron GT 2018: ​Kursi

Kursi Audi e-tron GT 2019 berbalutkan kulit sintetis mendapatkan desain sporty yang terinspirasi dari desain mobil balap Audi. Memberikan dukungan lateral yang optimal, bahkan saat menikung dengan kecepatan tinggi. Kain yang terbuat dari serat daur ulang digunakan pada bantalan serta lengan kursi dan konsol tengah, memberikan kenyamanan selama berkendara.

Gambar kursi Audi e-tron GT 2019

Kursi Audi e-tron GT 2019

Review Audi e-tron GT 2018: ​Bagasi

Dengan dua kompartemen bagasi Audi e-tron GT 2019, konsep e-tron GT menawarkan banyak pilihan untuk Gran Turismo. Audi memanfaatkan sepenuhnya keunggulan konsepnya sebagai mobil listrik dengan unik penggerak ringkas. Bagian belakang menawarkan kapasitas bagasi hingga 450 liter, dengan tambahan kapasitas ekstra 100 liter.

>>> Berita menarik seputar Audi ada di sini:

FITUR Audi e-tron 2019

Sebagai pasukan kendaraan listrik Audi yang akan mengisi pasar internasional pada 2020 pendatang, fitur Audi e-tron GT 2019 tidak perlu diragukan lagi. Penuh dengan semua teknologi terbaru Audi, seperti sistem pengisian baterai yang lebih cepat dari Audi. Namun sayang, masih belum ada kabar dari fitur keselamatan aktif Audi e-tron GT 2019 hingga saat ini.

Gambar fitur Audi e-tron GT 2019

Fitur pada Audi e-tron GT 2019

Review Audi e-tron GT 2018: ​Pengisian Baterai

Untuk masalah daya baterai, tak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Pengisian daya akan lebih cepat karena coupé empat pintu ini dilengkapi dengan daya 800 volt yang secara substansial mengurangi waktu pengisian dibandingkan dengan sistem konvensional yang saat ini digunakan. Dengan demikian, hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk mengisi ulang baterai sebesar 80 persen dari kapasitasnya untuk jangkauan 320 kilometer.

Selain itu, belum banyaknya stasiun pengisian daya kendaraan listrik yang ada di dunia juga menjadi hambatan memiliki kendaraan ini. Maka dari itu, keunggulan e-tron GT lainnya yaitu bisa diisi ulang pada titik pengisian daya dengan voltase yang lebih rendah, seperti yang kita temukan pada pengisian rumahan, menyediakan pengemudi akses ke seluruh jaringan pengisian.

Gambar sistem pengisian baterai Audi e-tron GT 2019

Sistem pengisian baterai e-tron GT yang penuh dengan teknologi terbaru Audi

E-tron GT juga bisa diisi dengan menggunakan kabel fisik atau dengan memarkir mobil melalui pengisi daya induksi Audi Wireless Charging. Sistem ini menggunakan pad yang terpasang secara permanen dengan koil pengisian yang terhubung pada sumber listrik. Dengan istilah sederhana, ketika GT diparkir di atas pas, medan magnet akan mengisi baterai melalui kumparan di bagian bawah mobil.

OPERASI Audi e-tron 2019

Sebagai salah satu andalan Audi untuk lini kendaraan listriknya, sistem operasi Audi e-tron GT 2019 mendapatkan tenaga 590 daya kuda, angka yang mengesankan untuk mobil yang digerakkan oleh tenaga listrik. Sistem kontrol elektronik mengkoordinasikan penggerak antar gandar serta antara roda kiri dan kanan. Berarti meningkatkan traksi optimal dan mengurangi kemungkinan terjadinya slip.

Gambar  sistem baterai Audi e-tron GT 2019

Sistem baterai pada Audi e-tron GT 2019

Kecepatan tertinggi mobil ini atur pada 240 km/jam untuk memaksimalkan jangkauan. Audi bisa saja menambah kecepatan mobil ini, sama dengan mobil sport yang lainnya. Namun tentu saja Audi harus mengorbankan jangkauan mobil yang lebih dari 400 kilometer, ditentukan sesuai dengan standar WLTP terbaru. Pengendaraan berdasarkan baterai lithium-ion dengan kandungan energi lebih dari 90 kWh.

spesifikasi Audi e-tron 2019

Masih digunakan sebagai desain konsep, belum ada detail spesifikasi Audi e-tron GT 2019 selain yang diberikan oleh Aud pada laman website pribadinya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat spesifikasi berikut.

Dimensi Audi e-tron GT 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.96o mm x 1.960 mm x 1.38 mm

Jarak Poros Roda

2.900 mm

Bagasi

450 liter

Mesin Audi e-tron GT 2019

Kapasitas Baterai

90 kWh

Tenaga Maksimal

590 dk

Percepatan (0-100 km/jam)

3.5 detik

Kecepatan Maksimal

250 km/jam

Jarak Tempuh Maksimal

400 kilometer

Kaki-Kaki Audi e-tron GT 2019

Suspensi Depan dan Belakang

A/N

Rem Depan dan Belakang

A/N

Velg

22 inci

kelebihan & kekurangan Audi e-tron 2019

Masih banyak yang perlu dikulik lebih dalam dari kendaraan ini, tetapi berikut kelebihan dan kekurangan Audi e-tron GT 2019 yang ditangkap oleh tim Cintamobil.com.

Kelebihan

Kekurangan

Desain elegan khas Audi pada eksterior dan interior

Jikapun dijual di Indonesia, pemilik mobil ini akan mendapatkan kesulitan ketika kehabisan daya baterai di jalan

Audi Wireless Charging, sistem pengisian baterai yang lebih canggih dibandingkan kompetitornya di segmen ini

Masih belum jelas spesifikasi dan teknologi yang dimasukan ke dalam mobil ini

Jarak tempuh yang jauh, cukup untuk menghadapi Tesla yang populer pada segmen kendaraan listrik

 

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Audi lainnya dengan klik sini

daftar harga Audi e-tron 2019

Tentunya, harga Audi e-tron GT 2019 tidak akan murah. Meskipun Audi belum mengungkapkan berapa harga yang dibutuhkan untuk membawa pulang mobil ini, beberapa sumber menyebutkan bahwa mobil ini bisa mencapai harga $ 100.000, atau lebih dari Rp 1.4 miliar. Dengan mobil listrik yang berfokus pada kinerja, ada banyak teknologi dewa yang dimasukan oleh Audi, bahkan beberapa menyebutkan akan menggantikan R8.

>>> Simaklah harga dan promo mobil lainnya di sini

Video Audi e-tron 2019

Masih berupa mobil konsep, Audi juga tidak terlalu membanggakan mobil ini di media sosial. Sebelum menikmati mobil ini pada film Avengers 4 yang akan muncul tahun depan, intip video Audi e-tron GT 2019 dari Audi berikut ini.

KESIMPULAN Audi e-tron 2019

Merek Empat Cincin ini meluncurkan serangan elektrik pertamanya pada SUV listrik Audi e-tron September 2018 lalu. Selanjutnya Audi akan menawarkan 12 mobil berpenggerak elektrik di pasar terpenting di seluruh dunia. Dan sebagai salah satu lini listrik Audi, Audi e-tron GT 2019 akan mendapatkan berbagai teknologi dan kemampuan tertinggi yang ditawarkan pabrikan Jerman tersebut.

Gambar desain terbaru Audi e-tron GT 2019

Audi e-tron GT yang akan diproduksi 2020 mendatang

Tidak hanya milik Audi, e-tron GT juga mendapatkan beberapa sentuhan Porsche. Dibangun di atas platform Porsche Taycan yang akan dimasukan ke dalam lini produksi Porsche untuk 2019, Audi e-tron GT mendapatkan asimilasi Porsche namun masih mempertahankan desain dan karakter khas Audi. Memang masih menjadi mobil konsep, namun sepertinya tidak ada lagi perubahan besar yang diberikan Audi untuk e-tron GT hingga memasuki masa diproduksi 2020 nanti.

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Audi e-Tron 2019

    Audi akhirnya meluncurkan pemesanan untuk kendaraan full listrik terbarunya, Audi e-Tron 2019. Mengandalkan teknologi serta ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,5
  • Review Audi Q3 2019

    Tak tanggung-tanggung, Audi Q3 2019 memang menawarkan styling dan desain menyeluruh baru dibandingkan generasi pertama. ...

    SUV User rate: 4,5 Editor rate: 4,6
  • Review Audi R8 2019

    Tak cukup bagi Audi mengemas produk R8 dengan mesin V10 dan V10 Plus. Di tahun 2019 mendatang, Audi R8 akan dibekali mesin ...

    Coupe User rate: 4,5 Editor rate: 4,2

Cari review mobil