Review Aston Martin Valkyrie 2018

17/10/2018

Share this post:

Aston Martin Valkyrie 2018

Editor rate:

Daftar Harga Aston Martin Valkyrie Terbaru Lihat promo

Aston Martin Valkyrie 2018 diciptakan sebagai calon hypercar asal Inggris yang memiliki karakter yang sangat bertolak belakang dibanding model sports car Aston Martin pada umumnya. Diciptakan bersama dengan tim balap F1 Red Bull Racing, Aston Martin Valkyrie 2018 digadang-gadang siap memberikan perlawanan serius bagi Hypercar Holy Trinity.

Review Aston Martin Valkyrie 2018
Review Aston Martin Valkyrie 2018
0 Gambar

Pengantar Aston Martin Valkyrie 2018

Mari kita simak spesifikasi Aston Martin Valkyrie 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Diproduksi Terbatas 150 Unit

Didesain oleh Adrian Newey yang piawai merancang mobil balap juara dunia F1

Mesin Naturally Aspirated dengan Energy Recovery System Berkekuatan di atas 1000 hp

Aston Martin yang paling bertenaga sepanjang sejarah

Kekurangan

Desain lebih berorientasi pada aerodinamika

Tidak semua pengguna Aston Martin bisa memilikinya

Review Aston Martin Valkyrie 2018Sejak 1913, Aston Martin di kancah otomotif global sudah memposisikan dirinya sebagai brand sports car Inggris yang memiliki karakteristik sangat kental. Kalau diibaratkan sosok pria, Aston Martin bisa dibilang adalah seorang gentleman khas Inggris yang memiliki manner dan taste yang sangat berkelas.

Namun, se-gentleman apapun seorang pria, pasti punya ‘wild side’ yang berbanding terbalik dengan sosok kesehariannya. Mungkin perumpamaan inilah yang tepat untuk menggambarkan ‘calon’ hypercar inggris, Aston Martin Valkyrie 2018.

Dua sosok Aston Martin Valkyrie 2018 & Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Aston Martin Valkyrie (Atas) dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro (Bawah)

Aston Martin Valkyrie diperkenalkan dalam bentuk dua konsep utama, yakni Aston Martin Valkyrie dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro yang baru saja debut di Geneva Motor Show 2018. Kedua mobil konsep hypercar yang dikerjakan oleh Aston Martin bersama tim balap F1 Red Bull Racing dan Cosworth ini akan kami bahas dalam review Aston Martin Valkyrie 2018.

Eksterior Aston Martin Valkyrie 2018

Jika selama ini Anda membayangkan Aston Martin bak sosok gentleman inggris dengan tubuh maskulin dan mengenakan tuxedo yang melekat erat di tubuhnya, kami sarankan Anda mengaburkan sejenak imajinasi tersebut. Karena faktanya Aston Martin Valkyrie 2018 memiliki tampang yang sangat agresif dan aerodinamis, mungkin lebih mirip seperti mobil balap kategori LMP1 dari ajang balap FIA World Endurance Championship.

FYI, Aston Martin Valkyrie baik versi Valkyrie maupun Valkyrie AMR Pro sama-sama menggunakan material bodi dan sasis full carbon fibre. Selain itu Aston Martin Valkyrie juga secara desain dikerjakan oleh Adrian Newey yang notabene merupakan desainer mobil balap Formula 1 kawakan yang kini menjadi Chief Technology Officer Red Bull Racing. Untuk lebih detil, akan kami bahas secara lengkap dari eksterior depan, samping, hingga belakang dari Aston Martin Valkyrie 2018.

Review Aston Martin Valkyrie 2018: Eksterior depan

Tampak depan eksterior Aston Martin Valkyrie 2018

Tampak depan Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie 2018 baik versi standar maupun AMR Pro menggunakan konsep ‘open underfloor’, yang membuat adanya ruang kosong antara area kokpit dan roda depan. Ruang kosong di area fascia depan dimanfaatkan untuk menciptakan downforce maksimal berkat adanya panel bonnet depan dengan tambahan sayap depan khas mobil balap Formula 1.

wajah depan Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Eksterior depan Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018 dibuat lebih agresif

Salah satu cara membedakan mana versi Valkyrie dengan Valkyrie AMR Pro ialah di area headlight, dimana untuk Valkyrie AMR Pro dirancang dengan satu garis LED dan Valkyrie menggunakan versi LED headlight yang lebih membulat. Selain itu pada area sayap depan Valkyrie AMR Pro dibuat lebih agresif untuk kebutuhan di trek balap.

Review Aston Martin Valkyrie 2018: Eksterior Samping

Tampak samping Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie 2018 menggunakan mekanisme pintu gullwing

Salah satu detil utama yang bisa terlihat dari eksterior samping Aston Martin Valkyrie 2018 ialah penggunaan velg 20 inci (depan) dan 21 inci (belakang) dengan central lock serta dirancang sedemikian rupa agar bisa mengeluarkan udara panas dari ruang pengereman secara optimal. Selain itu bukaan pintu Valkyrie dibuat bak gullwing yang uniknya terkesan super tipis.

Tampak samping Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Desain samping Aston Martin Valkyrie AMR Pro lebih agresif berkat shark fin

Di sisi lain, Aston Martin Valkyrie 2018 juga memperhatikan aliran aerodinamika mobil secara maksimal di area samping. Selain mendistribusikan aliran udara dari depan hingga ke side pod dan diffuser belakang secara maksimal, di area atap pun disematkan lubang air scoop yang siap menyalurkan udara ke dalam ruang mesin. Spesial untuk Valkyrie AMR Pro, di area air scoop atap dilengkapi panel shark fin yang juga sempat dipergunakan di balap Formula 1 dan masih digunakan di mobil balap LMP1.

Review Aston Martin Valkyrie 2018 : Eksterior Belakang

Tampak belakang Aston Martin Valkyrie 2018

Desain belakang Aston Martin Valkyrie 2018 didominasi panel aero

Pada area eksterior belakang Valkyrie dan Valkyrie AMR Pro sama-sama memiliki diffuser belakang berukuran besar dan terinspirasi oleh bentuk Crosstail. Selain itu di area belakang mobil juga terdapat rear wing ganda yang bergerak secara aktif, dan diposisikan dekat dengan central exhaust yang bisa memberikan efek downforce tambahan di area belakang mobil.

Buritan belakang Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Paket aero lebih ekstrem digunakan di Aston Martin Valkyrie AMR Pro

Untuk membedakan Valkyrie dan Valkyrie AMR Pro terletak pada lampu belakang dan bentuk rear wing. Untuk Valkyrie menggunakan lampu belakang Center High-Mount Stop Lamp berteknologi LED sedangkan untuk Valkyrie AMR Pro menggunakan lampu belakang LED Bar. Sedangkan untuk panel rear wing ganda yang digunakan pada Valkyrie lebih berbentuk cembung dan menyatu dengan area ‘pinggul’ fender belakang, sedangkan Valkyrie AMR Pro lebih agresif karena panel rear wing dibuat terpisah dari lekuk fender belakang dengan menggunakan sirip tambahan di sisi terluar bodi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Aston Martin Valkyrie 2018

Sekarang masuk ke dalam area kabin Aston Martin Valkyrie 2018 terasa sekali bahwa mobil ini sangat track oriented. Apalagi jika melihat jok yang dirancang membuat posisi berkendara menjadi melandai bak posisi duduk balap single seater. Bahkan frame jok dicetak berdasarkan bentuk badan pemilik mobil dan dibuat menyatu dengan frame kabin bermaterialkan carbon fibre.

Ruang kabin Aston Martin Valkyrie 2018

Bentuk kokpit Aston Martin Valkyrie 2018 bak kokpit mobil balap

Sekalipun konfigurasi jok bak mobil balap single seater seperti ini tidak memungkinkan adanya pengaturan maju-mundur atau rebah-tegak, untuk memberikan ‘sedikit’ aspek kenyamanan diberikan bantalan di beberapa area jok. Oh ya, Aston Martin tidak hanya menyediakan 1 seat saja, melainkan 2 seat untuk Valkyrie, sehingga bisa digunakan untuk co-driver.

Bicara soal pebalap single seater pasti yang ada di benak Anda adalah semua kontrol mobil diatur pada setir. Benar saja, Aston Martin Valkyrie 2018 memiliki beragam pengaturan mobil yang dioperasikan melalui tombol-tombol di area setir berbentuk kotak layaknya setir balap F1 modern, yang bisa dilepas dan dipasangkan ke mobil melalui mekanisme kunci di belakang setir.

>>> Baca juga:

Fitur Aston Martin Valkyrie 2018

Bisa dibilang Aston Martin Valkyrie 2018 tidak memiliki fitur hiburan, mengingat mobil ini lebih diciptakan untuk orientasi balap atau penggunaan track day. Alhasil secara fitur lebih dominan penggunaan untuk memaksimalkan keasyikan dan kemudahan berkendara. Dan semua fitur ini bisa di atur melalui setir.

Fitur Berkendara di setir Aston Martin Valkyrie 2018

Pengaturan fitur di Aston Martin Valkyrie dioperasikan melalui tombol di setir

Jadi di area setir terdapat satu layar OLED yang menampilkan informasi seputar mobil. Di sekitar area layar terdapat beragam tombol, mulai dari tombol sein kiri-kanan, tombol Netral, wiper, speed limiter, ERS, Start/Stop engine, LC (Launch Control), dan tombol adaptive suspension. Selain itu tersedia juga dua tuas multifungsi di area sisi kiri dan kanan layar, serta tuas untuk drive mode dan wiper di area bawah setir. Untuk perpindahan gigi transmisi bisa dilakukan melalui paddle shift.

Lalu apa fungsi tiga layar yang tersemat di area dashboard Aston Martin Valkyrie 2018? Nah ketiga fungsi layar ini adalah sebagai pengganti kaca spion, dimana visual yang akan ditampilkan di ketiga layar ini adalah visual dari sisi kiri, sisi kanan, dan sisi tengah dari area belakang Aston Martin Valkyrie 2018.

>>> Review Mclaren 720S GT3 2019: Lebih Cepat, Lebih Efisien, dan Lebih Fenomenal

Operasi Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie 2018 menggunakan mesin yang dirancang khusus oleh Cosworth dan Rimac. Mesin pembakaran internal yang digunakan ialah mesin 6.5 liter V12 naturally aspirated yang didukung sistem hybrid KERS buatan Rimac. Menariknya adalah dengan bobot Valkyrie yang berkisar di angka 1.030 kg, mesin ini bisa menyajikan tenaga maksimal 1.130 hp, sehingga memungkinkan power-to-weight ratio menjadi 1:1 dengan 1.097 hp/ton.

Mesin Aston Martin Valkyrie 2018

Mesin 6.5 Liter V12 Naturally Aspirated dipergunakan di Aston Martin Valkyrie dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro

Ini baru untuk Valkyrie, belum untuk Valkyrie AMR Pro yang secara tenaga jauh lebih mencengangkan. Ya, Aston Martin Valkyrie AMR Pro bisa menyajikan tenaga di atas 1100 bhp (1.115 hp) dengan bobot ‘hanya’ 1000 kg, dan bisa melesat tanpa beban hingga kecepatan di atas 225 mph alias di atas 360 km/jam.

Baik Valkyrie dan Valkyrie AMR Pro sama-sama menggunakan sistem penggerak roda belakang yang terkoneksi dengan transmisi 7-percepatan dual clutch buatan Ricardo. Untuk memastikan deselerasi berjalan lancar, sistem pengereman menggunakan produk Alcon dan Surface Stansform. Sedangkan sistem elektronik mobil dari Engine Control Unit (ECU), Transmission Control Unit (TCU), dan Electronic Stability Programme (ESP) sepenuhnya menggunakan program software dan hardware buatan Bosch.

>>> Review Porsche 935 2019, Cara Sempurna Porsche Merayakan Ulang Tahun Ke-70

Spesifikasi Aston Martin Valkyrie 2018

Berikut ini adalah spesifikasi Aston Martin Valkyrie 2018 yang berhasil dihimpun Cintamobil.com

Mesin

Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Jenis

6.5 Liter V12 Naturally Aspirated with Energy Recovery System (ERS)

Kapasitas mesin

6.500 cc

Transmisi Mesin & Sistem Penggerak

7-percepatan Dual Clutch Transmission / Rear Wheel Drive

Tenaga Maksimal

1.130 hp

> 1.115 hp

Torsi Maksimal

N/A

N/A

Top Speed

N/A

> 360 km/jam

Kaki-Kaki

Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie AMR Pro 2018

Ban

Michelin Pilot Sport Cup 2

Michelin

Ukuran Ban (Velg)

Depan: 265/35 ZR20 (20 x 9.5 inci)

Belakang: 325/30 ZR21 (21 x 11.5 inci)

N/A

* Catatan: spesifikasi lebih lengkap akan Cintamobil.com update setelah Aston Martin Valkyrie dirilis ke publik

Daftar Harga Aston Martin Valkyrie 2018

Aston Martin Valkyrie 2018 diproduksi secara terbatasa 150 unit oleh Aston Martin. Dan untuk Aston Martin Valkyrie AMR Pro dibuat lebih ekslusif, hanya 25 unit, dan semuanya sudah sold out. Diperkirakan Aston Martin Valkyrie 2018 dijual ke kalangan ekslusif pengguna Aston Martin dengan angka sangat fantastis, yakni di angka £3,000,000 per unit (konversi rupiah Rp52,8 miliar), serta kemungkinan besar baru bisa dimiliki konsumen pada 2020 mendatang. 

>>> Klik sini untuk simak harga dan promosi mobil lainnya

Kesimpulan Aston Martin Valkyrie 2018

Kalau Aston Martin selama ini identik dengan mobil sports car yang memiliki kharisma dan sisi maskulin nan kuat, maka Aston Martin Valkyrie 2018 dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro adalah antitesis dari hal tersebut.

Berkat kolaborasi engineering pabrikan Aston Martin dengan tim balap Red Bull Racing, Valkyrie menjadi salah satu bukti bahwa pabrikan otomotif asal Inggris bisa memberikan perlawanan sebanding bagi Hypercar Holy Trinity, yakni Ferrari LaFerrari, Porsche 918 Spyder, dan McLaren P1. Apalagi dengan tampilan yang tidak biasa, bisa dipastikan Aston Martin Valkyrie dan Aston Martin Valkyrie AMR Pro bisa menjadi pusat perhatian, baik saat berada di jalanan umum maupun di atas trek balap.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Aston Martin Vulcan 2015

Rp. 33,350,000,000

31/12/2018

Editor rate:

Ini adalah salah satu sports car Inggris yang spesial, karena hanya diproduksi sebanyak 24 unit untuk seluruh dunia, bagaimana pendapat kami mengenai mobil spesial ini? Berikut ini review Aston Martin Vulcan 2015 hanya untuk Anda dari Cintamobil.com

Lihat juga

Review Aston Martin AM-RB 003 Valhalla 2021

18.400.000.000

20/03/2019

Editor rate:

Kemunculan Aston Martin AM-RB 003 Valhalla 2021 di ajang Geneva Auto Show 2019 cukup menyita perhatian publik. Bahkan rumor tentang penggunaan nama baru membuatnya selangkah lebih maju ke versi produksi. Inilah penantang baru Aston Martin di segment hypercar.

Lihat juga

Review Aston Martin DB11 2016: “Kuda Besi” Legendaris Abad Ini

09/07/2018

Editor rate:

Peluncuran Aston Martin DB11 pada bulan Maret 2016 lalu, terbilang cukup ramai diperbincangkan oleh masyarakat internasional. Bahkan ekspansinya ke negara-negara Asia terbilang cepat. Di Indonesia misalnya, kehadirannya hanya berselang enam bulan setelah perkenalan perdana di Geneva Motor Show. Memang dari para pendahulunya, Aston Martin DB11 terbilang sangat inovatif dengan menghadirkan beragam teknologi mutakhir. Apa saja teknologi yang disematkan pada sang “Kuda Besi” ini?

Lihat juga

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Ketika Ex-Bos Jaguar"Re-Release" Mobil James Bond Lama

13/09/2019

Editor rate:

Tidak hanya film dan musik saja yang bisa dirilis ulang, alias Re-Release. Aston Martin juga melakukan hal tersebut dengan merilis ulang Aston Martin Vanquish generasi pertama, yang dikepalai oleh firma desain CALLUM, di bawah komando Ian Callum yang merupakan ex-Chief Design Jaguar Land Rover. Bagaimana hasilnya?

Lihat juga

Review Aston Martin Rapide E 2019

31/05/2019

Editor rate:

Di kancah ranah mobil full electric, kebanyakan pabrikan otomotif masih berkutat pada mobil konsep yang (mungkin) terlalu futuristik. Tapi Aston Martin memilih langkah lain, yang dibuktikan lewat sosok luxury sedan mereka

Lihat juga
back to top