Review Aston Martin Rapide E 2019

31/05/2019
editor rate: 4,0 user rate: 4,5
Di kancah ranah mobil full electric, kebanyakan pabrikan otomotif masih berkutat pada mobil konsep yang (mungkin) terlalu futuristik. Tapi Aston Martin memilih langkah lain, yang dibuktikan lewat sosok luxury sedan mereka

PENGANTAR Aston Martin Rapide 2019

Review Aston Martin Rapide E 2019 - Pendekatan pabrikan otomotif terhadap inovasi mobil listrik bisa dibilang sangat cepat. Banyak pabrikan mulai memasukkan teknologi plug-in hybrid atau EV ke dalam kendaraannya, baik itu dalam format konsep atau versi produksi. 

Nah untuk segmen kendaraan premium, contohnya segmen sports luxury sedan, ceritanya beda lagi. Bisa dikatakan pabrikan otomotif di segmen tersebut agak enggan menurunkan line-up sports luxury sedan dengan teknologi EV. Paling-paling yang terdekat adalah Porsche, yang akan merilis versi produksi dari mobil konsep Porsche Taycan di 2020 mendatang. 

Gambar menunjukkan 3 mobil Aston Martin Rapide E di Shanghai

Aston Martin kenalkan Aston Martin Rapide E (Tengah) dalam ajang Auto Shanghai 2019

Tapi bagi Aston Martin, hal ini menjadi salah satu tantangan tersendiri. Dalam program kedepan brand otomotif asal Inggris ini memang dicanangkan pendekatan terhadap mobil listrik, namun merupakan mobil konsep dan masuk ke dalam ranah Lagonda yang akan jadi sub-brand dari Aston Martin. Nah untuk program konkrit mereka terhadap mobil listrik dicetuskan pada ajang Auto Shanghai 2019, April 2019 lalu, dimana Aston Martin memanfaatkan line-up sports luxury sedan mereka untuk dirombak total menjadi mobil listrik. Hasilnya ialah Aston Martin Rapide E 2019.

Seperti apa keunikan dan kehebatan yang akan diusung oleh line-up ekslusif dari Aston Martin ini? Simak secara mendetil pada review Aston Martin Rapide E 2019. 

EKSTERIOR Aston Martin Rapide 2019

Review Aston Martin Rapide E 2019 : Eksterior Depan

Para engineer Aston Martin melakukan sedikit perombakan untuk fascia depan Aston Martin Rapide E 2019, sehingga membuat tampilan ia berbeda dibanding versi V12 yang selama ini menjadi ikon sports luxury sedan di kelasnya.

Foto penampilan Aston Martin Rapide E 2019 berwarna putih dilihat dari sisi depan

Penampilan sisi depan Aston Martin Rapide E 2019

Hal paling kentara ialah pada penggunaan honeycomb grille berukuran masif di fascia depan, dimana penggunaan ini menggantikan grille tradisional dengan format metal vanes. Hal ini untuk mengakomodir kebutuhan pendinginan yang lebih rendah untuk sistem baterai yang ada di dalam bonnet depan, sehingga para desainer dan engineer Aston Martin bisa leluasa mengoptimalkan aperture area depan, meminimalkan aliran udara melalui bagian depan mobil, serta meningkatkan efisiensi aerodinamika mobil dan meningkatkan jarak tempuh mobil listrik ini. Selebihnya, detil headlight masih menggunakan Aston Martin Rapide standar dengan Single bi-xenon dan integrated LED side lights & direction indicators.

Review Aston Martin Rapide E 2019 : Eksterior Samping

Foto penampilan Aston Martin Rapide E 2019 dari sisi tengah

Penampilan sisi samping Aston Martin Rapide E 2019

Dari sisi samping memang tidak banyak ubahan dilakukan oleh Aston Martin sebagai diferensiasi antara Aston Martin Rapide dengan Aston Martin Rapide E. Baik dimensi bodi dan format keempat pintu tidak mengalami perubahan. Namun untuk sektor pelek, desainer Aston Martin merancang pelek 21 inci forged aluminium aerodynamic wheels yang dipadukan ban khusus Pirelli P-Zero yang dikustomisasi sesuai kebutuhan Aston Martin, agar bisa meningkatkan efisiensi, tanpa harus berkompromi terhadap kebutuhan pendinginan rem.

Review Aston Martin Rapide E 2019 : Eksterior Belakang

Foto penampilan Aston Martin Rapide E 2019 berwarna putih dilihat dari sisi belakang

Penampilan sisi belakang Aston Martin Rapide E 2019

Lekuk eksterior belakang Aston Martin Rapide E 2019 memiliki ubahan lebih menarik karena absennya sistem exhaust. Hal ini mengakibatkan desain diffuser di bagian bumper belakang lebih agresif dan berdimensi masif. Selebihnya, Aston Martin Rapide E 2019 masih mengambil desain yang sama dengan versi mesin bensin, yakni hadir dengan ducktail serta masih menggunakan Clear LED tail light.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Aston Martin Rapide 2019

Foto penampilan interior mobil Aston Martin Rapide E 2019

Penampilan kokpit kabin Aston Martin Rapide E 2019

Masuk ke dalam kabin, Aston Martin Rapide E 2019 masih menggunakan desain dan format kabin yang sama persis dengan Aston Martin Rapide versi normal. Material yang ada di dalam kabin juga sama persis, termasuk fitur pengaturan jok elektrik, sistem infotainment LCD Screen 8 inci dengan Apple CarPlay & Android Auto, sampai 

Tapi kalau diperhatikan, Aston Martin melakukan perubahan dalam sistem instrument cluster. Jika dalam versi standar menggunakan dial analog, digantikan layar digital display 10 inci. Layar ini menghadirkan semua informasi seputar status baterai, sisa jarak tempuh, level kekuatan motor elektrik, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan kondisi dan teknis mobil. 

>>> Baca juga:

FITUR Aston Martin Rapide 2019

Review Aston Martin Rapide E 2019 : Sistem Pengisian Daya

Foto penampilan Aston Martin Rapide E 2019 saat pengisian daya baterai

Sistem baterai pada Aston Martin Rapide E 2019 bisa menggunakan outlet 400V maupu 800V

Sistem pengisian daya pada Aston Martin Rapide E 2019 menggunakan teknologi dari Williams Advanced Engineering (WAE). Jika menggunakan sistem pengisian daya DC dengan 400V 50kW, maka dalam waktu 1 jam bisa memiliki jarak tempuh 185 mil (sekitar 297 km). Jika menggunakan sistem pengisian daya DC dengan 800V 100kW, maka jarak tempuh yang didapat dalam 1 jam charging baterai ialah 310 mil (sekitar 498 km). Di sisi lain, Aston Martin juga menghadirkan mobil ini juga dilengkapi dengan high-power AC on-board charger yang diklaim mampu mengisi ulang baterai hanya dalam 3 jam.

Review Aston Martin Rapide E 2019 : Fitur Berkendara

Foto penampilan mode berkendara pada Aston Martin Rapide E 2019

Informasi mode berkendara pada Aston Martin Rapide E 2019 tersedia di instrument cluster

Beragam fitur mutakhir terkait keselamatan berkendara sudah disediakan oleh Aston Martin. Fitur tersebut di antaranya adalah 3-stage Dynamic Stability Control (DSC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Emergency Brake Assist (EBA), Traction Control (TC), Hydraulic Brake Assist (HBA), Positive Torque Control (PTC), Electronic Park Brake (EPB). Selain itu, Aston Martin juga memiliki tiga mode berkendara, yakni GT, Sport, and Sport+, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keasyikan berkendara bersama Aston Martin Rapide E 2019.

>>> Mobil ‘Alien’ Lagonda Vision Terinspirasi dari Fiksi Ilmiah Abad ke-22

OPERASI Aston Martin Rapide 2019

Kolaborasi Aston Martin dengan WAE terpusat pada sistem elektrik yang digunakan pada Aston Martin Rapide E 2019. Dari bonnet depan, akan terlihat 800V electrical architecture battery yang dikemas dengan carbon fibre dan kevlar, dengan kapasitas terpasang 65kWh menggunakan lebih dari 5600 lithium ion 18650 berformat sel silinder,

Sistem baterai ini menggerakkan dua motor elektrik yang dipasang di roda belakang dengan Limited-Slip Differential, dimana output yang dihasilkan sistem tersebut menghasilkan output tenaga lebih dari 610PS dan torsi 950Nm. Angka ini lebih agresif ketimbang versi high performance dari Rapide, Aston Martin Rapide AMR, dengan output 603 PS and 630 Nm.

Berdasarkan figur performa tersebut, Aston Martin Rapide E 2019 bisa berlari dari 0-100 km/jam dalam waktu 4.2 detik, dan masih mampu berlari sampai top speed 250 km/jam. Jika dalam kondisi baterai penuh, Aston Martin mengklaim bahwa Aston Martin Rapide E bisa melibas 1 lap di Nordschleife 'Green Hell' Nurburgring secara agresif dan tidak akan mengalami penurunan performa sama sekali. 

>>> Review Aston Martin DB11 2016: “Kuda Besi” Legendaris Abad Ini

spesifikasi Aston Martin Rapide 2019

Informasi spesifikasi Aston Martin Rapide E 2019 bisa dibaca di sini.

Spesifikasi Aston Martin Rapide E 2019

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

5,019 mm x 2,140 mm x 1,350 mm

Jarak Poros Roda

2,989 mm
Performa

Baterai

65kWh, 800V electrical architecture battery

Motor Elektrik

Rear-mounted twin-motors, rear-wheel drive, Twin 3-phase Surface Permanent Magnet Radial Flux Synchronous Motors

Daya Maksimum

612 PS

Torsi Maksimum

950Nm

Kecepatan 0-100 km/jam

4.2 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam

Transmisi

single speed, Final drive ratio: 6.099:1
Kaki-Kaki

Suspensi Depan

Independent double wishbones incorporating anti-dive geometry, coil springs, anti-roll bar and monotube adaptive dampers, 3-stage Adaptive Damping System

Suspensi Belakang

Independent double wishbones with anti-squat and anti-lift geometry, coil springs, anti-roll bar and monotube adaptive dampers, 3-stage Adaptive Damping System

Sistem Rem

dual-cast brake discs, 400 mm diameter with six-piston calipers

Rem Belakang

dual-brake discs, 360 mm diameter with four-piston calipers

Tipe Pelek

21-inch forged aluminium aerodynamic Wheels

Ban Depan

245/35 ZR 21 Pirelli P-Zero

Ban Belakang

295/30 ZR 21 Pirelli P-Zero

kelebihan & kekurangan Aston Martin Rapide 2019

Berikut ini penjelasan kelebihan dan kekurangan Aston Martin Rapide E 2019 menurut Cintamobil.com

Kelebihan

Kekurangan

Mobil listrik pertama Aston Martin

Hilang karakter performa V12 Naturally Aspirated khas Aston Martin

Penampilan masih se-seksi Aston Martin Rapide standar

Populasi dibuat terbatas

Aston Martin Rapide tercepat saat ini

 

daftar harga Aston Martin Rapide 2019

Tidak ada informasi berapa harga resmi Aston Martin Rapide E 2019 yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif asal Inggris ini. Namun informasi yang menjadi penting ialah Aston Martin hanya akan menyediakan 155 unit Aston Martin Rapide E 2019 untuk dibeli konsumen di seluruh dunia.

Video Aston Martin Rapide 2019

KESIMPULAN Aston Martin Rapide 2019

Aston Martin Rapide E 2019 menjadi jawaban konkrit Aston Martin terhadap trend global yang mulai mengarah ke mobil listrik. Tidak melulu harus membangun mobil dari nol, tapi cukup merombak line-up mobil yang sudah ada menjadi mobil elektrik sudah mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Tinggal pertanyaannya, seberapa 'Aston Martin' kah mobil ini?

Di atas kertas Aston Martin Rapide E 2019 menjanjikan performa yang serupa dengan line-up Rapide yang bermesin bensin V12. Desain pun tak kalah menarik dan gentleman dibanding versi standar. Jangan lupa, Aston Martin tetap memastikan sektor handling mendapatkan perhatian tinggi. Alhasil, inilah paket menarik yang coba ditawarkan kepada para miliuner dunia yang ingin ramah lingkungan, tapi juga tetap bergaya flamboyan bak para gentleman Inggris.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

HAFIZH FAUZAN
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil