Review Aston Martin DBX Concept 2019

22/11/2018

Share this post:

Aston Martin DBX 2019

Editor rate:

Lihat promo

Dengan bangga Aston Martin mempersembahkan model Sport Utility Vehicle (SUV) pertamanya yang dinamai DBX Concept. Produk satu ini rencananya akan diperkenalkan di tahun 2019 mendatang. Bukankah cukup aneh, Aston Martin sebagai pengusung mobil Coupé, kini merambah ke sektor SUV? Mari kita simak informasi selengkapnya dalam review Aston Martin DBX Concept 2019.

Review Aston Martin DBX Concept 2019
0 Gambar

Pengantar Aston Martin DBX 2019

Mari kita simak spesifikasi Aston Martin DBX 2019 di bawah ini.

Review Aston Martin DBX Concept 2019 - Nyatanya, pabrikan asal Britania Raya ini mulai tergiur untuk merambah ke sektor SUV sama seperti Brand ternama lainnya. Memang jika melihat minat masyarakat internasional akan dunia otomotif saat ini, mobil SUV bergaya Crossover menjadi primadona yang terkesan menggiurkan. Mungkin itulah salah satu alasan bagi Aston Martin untuk menciptakan produk SUV pertamanya, DBX Concept.

Aston Martin DBX Concept 2019 menjadi model SUV pertama yang rencananya akan memiliki kapabilitas Off-Road

DBX Concept menjadi model SUV pertama Aston Martin

Mengingat mobil SUV tak serupa model Coupé, Aston Martin harus mempersiapkan banyak hal untuk produk terbarunya. Daya tahan mumpuni, mesin bertorsi besar serta fitur keselamatan canggih menjadi pondasi utama dalam meracik DBX Concept.

Penampilan perdananya dilakukan di acara Geneva Motor Show 2015. Kala itu, mobil konsep satu ini masih belum disebut sebagai SUV dan juga menggunakan formasi dua pintu. Aston Martin masih malu-malu untuk menyebutnya sebagai SUV dan lebih mengakui sosoknya berdiri di kategori GT Sports Car.

Aston Martin DBX Concept sempat diperkenalkan di acara Geneva Motor Show 2015

Aston Martin DBX Concept sudah diperkenalkan sebelumnya di Geneva Motor Show 2015 yang masih menggunakan versi dua pintu

Lama tak ada kabar, akhirnya Aston Martin menghidupkan kembali kabar lanjutan dari DBX Concept tepat di tanggal 14 November 2018. Aston Martin mengaku bahwa DBX masih dalam tahap percobaan, disiksa di berbagai medan berat. Sebagai SUV All-Terrains, hal tersebut tentu sah-sah saja untuk dilakukan. Hingga kini, DBX sudah mulai dicoba di Wales yang nantinya dilanjutkan di medan bersalju Antartika, gurun Timur Tengah, pegunungan Alphine, German Autobahnen dan terakhir, Nurburgring Nordschleife. Lantas, seperti apa sosoknya? Berikut kita simak dalam review Aston Martin DBX Concept 2019.

Eksterior Aston Martin DBX 2019

Desain eksterior Aston Martin DBX Concept 2019 dikemas sangat ikonik dengan bodi Compact bergaya Crossover. Tak dipungkiri, sebagai SUV pertama Aston Martin, DBX akan menjadi sosok bersejarah selama kiprah 105 tahun pabrikan asal Britania Raya ini.

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Eksterior Depan

Dari sisi depan, DBX nampak masih dibekali Front Grille ikonik khas Aston Martin. Berbalut warna hitam dipadu aksen merah di pelipis samping, menjadi sebuah mimik wajah yang mirip dengan model-model besutan Aston Martin lainnya. Adapun hal yang paling kami sukai adalah desain lampu utamanya, terlihat minimalis dan sudah didukung konfigurasi Active LED. Seakan memberi tatanan SUV agresif ala Aston Martin.

Eksterior depan Aston Martin DBX Concept 2019 menerapkan Grille ikonik khas model-model Aston Martin lainnya

Eksterior depan Aston Martin DBX Concept 2019 menggunakan lampu Active LED berdesain sipit

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Eksterior Samping

Jika diamati dari samping, nuansa ala Crossover juga terasa kental. Hal tersebut dapat terlihat dari sapuan pada bagian atapnya yang dibuat tegas dan melandai pada sisi belakang. Berbeda dengan model konsep awal yang diperkenalkan tahun 2015 lalu, bermodel dua pintu. Versi konsep terbarunya, DBX menerapkan desain empat pintu dipadu pelek berdesain agresif dan modern.

Eksterior samping Aston Martin DBX Concept 2019 sudah menerapkan sasis pintu empat

Eksterior samping Aston Martin DBX Concept 2019 menegaskan esensi agresif khas Crossover

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, DBX menggunakan desain lampu berbentuk lingkaran yang terdiri dari dua formasi yakni lampu Stop dan lampu sein. Sekilas desain ini memberikan esensi berbeda dengan model SUV lainnya. Namun sayangnya, kami melihat banyak sekali kekosongan pada sektor belakang karena ukuran lampunya yang kecil. Di sisi lain, esensi mewah berikutnya bisa diamati pada Dual Exhaust berlapis krom.

Eksterior belakang Aston Martin DBX Concept 2019 dihias apik dengan Dual Exhaust berlapis krom

Eksterior belakang Aston Martin DBX Concept 2019 menggunakan lampu bundar berukuran kecil

>>> Baca juga:


Interior Aston Martin DBX 2019

Memasuki ruang interior Aston Martin DBX Concept 2019, semua dirancang elegan dan menonjolkan esensi lega. Bahkan Aston Martin nampaknya sukses membaca bagaimana pergerakan desain mobil masa depan. Terlihat segala halnya dipoles dengan bahan-bahan berkualitas yang menekankan unsur kenyamanan bergaya futuristik.

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Dashboard

Pada Lini Dashboard, nampak jelas desain Granite berwarna hitam memberi unsur ketenangan bagi atmosfer kabinnya. Desain tersebut juga dipadukan dengan warna cokelat kopi yang disematkan di beberapa panel. Tatanan tersebut berhasil memberikan unsur elegan ala Aston Martin. Ya, meski mobil ini nantinya memiliki performa Off-Road namun kabinnya dibuat sangat nyaman untuk memanjakan seluruh penumpang dalam kabin.

Dashboard Aston Martin DBX Concept 2019 menerapkan warna Black Granite

Dashboard Aston Martin DBX Concept 2019 menggunakan warna Black Granite dengan bahan berkualitas

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Setir

Desain setir sendiri hanya dibekali rangka saja dan dibalut kemewahan bahan kulit. Bagian bawah juga dibuat menyiku, seakan memberi esensi berkendara ala mobil F1. Tak seperti mobil SUV lainnya, panel Multi Information Display (MID) tak ditemui di balik kemudi setirnya. Panel informasi terbagi menjadi dua layar kecil yang disematkan di kedua sisi samping setir. Adapun terdapat tombol multifungsi yang sudah disiapkan di bagian bawah tiap layarnya.

Setir Aston Martin DBX Concept 2019 sudah dilengkapi panel informasi yang ikonik, tersemat apik di kedua sisi setir

Setir Aston Martin DBX Concept 2019 menggunakan desain rangka saja

Review Aston Martin DBX Concept 2019: Kursi

Kapasitas kursi bisa menampung 4 orang dewasa dan 1 anak. Hal ini terlihat pada sisi tengah bangku belakang yang memiliki kapasitas lebih kecil tanpa Headrest. Desainnya sendiri terlihat mewah dengan balutan warna cokelat kopi dan bahan kulit Nubuck. Di sisi lain, Anda tak perlu khawatir masalah postur tubuh, kursi Aston Martin sudah dirancang dengan ukuran tinggi dan sudah tersedia fitur Headrest untuk menyanggah kepala masing-masing penumpang.

Kursi Aston Martin DBX Concept 2019 dibalut mewah dengan warna cokelat kopi

Kursi Aston Martin DBX Concept 2019 cukup akomodatif untuk empat orang

>>> Artikel terkait:

Fitur Aston Martin DBX 2019

Seperti yang sudah dijelaskan di segmen pengantar, fitur Aston Martin DBX Concept 2019 sudah pasti dirancang mumpuni untuk menunjang kapabilitas Off-Road-nya. Bahkan, pihak Aston Martin sendiri sudah siap menyiksa DBX di medan-medan berat dan berbahaya seperti gurun Sahara maupun pegunungan Alphine. Tentu aspek suspensi dan rangka bodi mumpuni menjadi sektor utama yang harus diperhatikan oleh Aston Martin.

Fitur Aston Martin DBX Concept 2019 tampil dengan teknologi pengereman KERS

Fitur Aston Martin DBX Concept 2019 dirancang untuk menunjang kapabilitasnya di medan berat

Adapun mobil SUV Crossover satu ini nantinya akan menawarkan tenaga elektrik. Menjawab hal tersebut, sudah tersedia fitur pengereman Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang berfungsi untuk mengisi daya baterai motor listriknya. Di sisi lain, Aston Martin juga mengatakan DBX sudah dibekali fitur keselamatan mumpuni seperti hadirnya Rear View Cameras menggantikan kaca spion konvensional.

>>> Apakah Anda ingin mengetahui model terbaru dari Aston Martin? Klik di sini untuk mengetahui informasi selengkapnya

Operasi Aston Martin DBX 2019

Daimler menjadi penyokong operasi mesin Aston Martin DBX Concept 2019. Dari beberapa informasi yang Cintamobil.com dapatkan, DBX akan menawarkan tiga pilihan mesin meliputi 4.0 iter V8 besutan Mercedes-Benz, 5.2 Liter V12 dengan performa maksimal dan ketiga adalah Hybrid.

Operasi mesin Aston Martin DBX Concept 2019 menggunakan tenaga Hybrid yang diklaim memiliki tingkat efisiensi mumpuni

Operasi mesin Aston Martin DBX Concept 2019 menawarkan tiga pilihan mesin termasuk Hybrid

Dibanding kedua mesin lainnya, varian Hybrid menjadi hal yang paling diperbincangkan. Menariknya, sejak Andy Palmer menjabat sebagai CEO di tahun 2014, perusahaan Aston Martin mengalami perkembangan pesat. Adapun Palmer sudah siap dengan teknologi mesin Hybrid pada SUV terbarunya ini. Seperti yang kita ketahui, Aston Martin sudah memiliki teknologi baterai 800V yang menjadi kunci penting dari segala mobil elektrik. Sehingga, mudah-mudah saja bagi Aston Martin untuk menyediakan tenaga Hybrid pada model DBX terbarunya.

>>> Ketahui ulasan lengkap dan menarik tentang mobil SUV lainnya

Kesimpulan Aston Martin DBX 2019

Di tangan CEO baru, Andy Palmer, Aston Martin kini terus melakukan inovasi dari tahun ke tahunnya. Pada tahun 2018 ini misalnya, Aston Martin siap untuk menghadirkan model SUV pertamanya kepada publik yang disebut DBX Concept. Memang, jika dilihat sekilas, pabrikan asal Britania Raya ini lebih berkompeten dengan mobil-mobil berbodi Coupé berkecepatan tinggi. Akan terasa cukup aneh rasanya jika mendengar Aston Martin menghadirkan SUV yang notabene masih menjadi hal baru bagi pabrikan Coupé satu ini. Namun tak perlu pesimis dahulu, kita lihat saja kehadirannya nanti di tahun 2019 mendatang akan performa mumpuni dari DBX.

Cuplikan video Aston Martin DBX Concept 2019

Bagaimana pendapat Anda jika Aston Martin DBX Concept 2019 Indonesia hadir? Apakah Aston Martin akan sukses merancang SUV terbarunya? Sampaikan pendapat menarik Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Simaklah artikel review mobil lainnya di sini

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top