Review Aston Martin DBX 2020: SUV Sporty Premium untuk Wanita Kaya

27/11/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Aston Martin akhirnya meluncurkan kendaraan sport keluarga terbaru mereka, Aston Martin DBX 2020. Mampu meluncur hingga 291 km/jam, pabrikan asal Inggris ini merancang DBX dengan mempertimbangkan konsumen wanita kaya di seluruh dunia. DBX akan diluncurkan di dua pasar terbesarnya, Amerika dan Tiongkok.

PENGANTAR Aston Martin DBX 2020

Review Aston Martin DBX 2020 - Aston Martin menggambarkan mobil terbarunya sebagai “SUV dengan jiwa mobil sport”. Mereka pun tak ragu-ragu menyasar pasar potensial pelanggan super kaya di berbagai negara dengan menegaskan kenyamanan maksimal. Kendaraan utilitas olahraga pertama Aston Martin diprediksi akan menjadi penjualan terbesar dan memberikan pemasukan untuk pembuat mobil sport premium Inggris ini.

Aston Martin DBX berwarna merah 
Aston Martin DBX adalah SUV pertama pabrikan asal Inggris ini

Untuk sebuah mobil yang diprediksi akan digunakan untuk mengantarkan anak-anak (orang kaya pastinya) ke sekolah dan kegiatan sehari-hari, Aston Martin pun mengajak anak-anak untuk pertama kali mencoba prototipe mobil ini. Dan berikutnya, semua pengembangan dan perubahan yang diberikan dibuat berdasarkan tanggapan penguji muda tersebut.

Peluncuran DBX berlangsung di ibukota Tiongkok, Beijing, memanfaatkan potensi pasar yang sangat besar. Namun pembukaan serentak juga dilakukan di Los Angeles Motor Show di California untuk menunjukkan tajinya pada pasar terbesar kedua Aston Martin.

Aston Martin DBX berwarna merah di jalan pasir
Desainnya yang sensual pun bisa melaju di jalanan kasar

Menyasar pangsa wanita dan mereka yang menginginkan kemewahan untuk pengendaraan sehari-hari, ada berbagai fitur dan teknologi terbaru Aston Martin yang diselipkan. Harganya pun tak main-main. Karena itu, sebelum membeli mobil ini, lihat lagi review Aston Martin DBX 2020 dari tim Cintamobil.com berikut ini.

EKSTERIOR Aston Martin DBX 2020

Apa yang bisa diberikan oleh SUV pertama yang diproduksi oleh Aston Martin? Tampilan yang menawan serta pengembangan yang melibatkan pangsa pasar potensial Aston Martin, wanita. Tentu saja, eksterior Aston Martin masih menghadirkan kesan mewah bagi siapa pun yang mengendarainya.

Review Aston Martin 2020: Eksterior Depan

Perpaduan fitur berteknlogi tinggi disandingkan dengan penataan eksterior dan interior. Dari depan, tidak ada yang bisa salah dengan interpretasi grille kelas DB milik Aston Martin yang khas Diapit lampu depan serta daytime running light yang menyipit, memberikan kesan agresif pada eksterior depan Aston Martin DBX 2020. Grille depan yang besar juga berfungsi ganda sebagai saluran masuk udara.

 eksterior depan Aston Martin DBX 2020 berwarna merah
Eksterior depan Aston Martin 2020

Bahkan CEO Aston Martin, Andy Palmer, mengungkapkan bahwa DBX menggunakan grille terkuat yang diproduksi Aston Martin sejak DB5. DBX akan mendapatkan tampilan wajah yang ‘kuat’, jelas Palmer. Rincian fungsional lainnya yaitu ventilasi di kap dan belakang roda depan, membantu aerodinamika dan pendinginan rem.

Review Aston Martin 2020: Eksterior Samping

Berbeda dengan Cullinan dan Bentayga, DBX lebih rendah dalam profilnya, namun tak berkompromi dalam menghadirkan ruang yang lapang di dalam. Bahkan Aston mengatakan DBX lebih besar dan Bentley dan Rolls, terutama ruang kaki dan ruang kargo berkat wheelbase 3.060 mm. Eksterior samping Aston Martin DBX 2020 pun dilengkapi ban Pirelli Scorpion Zero all-season dengan velg besar 22 inci.

eksterior samping Aston Martin DBX 2020 berwarna merah
Tampilan samping Aston Martin 2020

Salah satu hal yang menarik dari mobil ini adalah tampilannya yang dibuat sporty membuatnya cukup gesit dan fleksibel di jalan. Tapi beberapa pengaturan membuat Anda bisa mengubah ground clearance yang awalnya berada pada 190 mm. Ingin berkendara di jalanan mulus? Anda bisa menurunkan ground clearance 50 mm hingga menjadi 140 mm. Tertarik berpetualang di jalanan off-road? Ground clearance pun bisa dibuat maksimal, menambah 45 mm hingga menjadi 235 mm.

Review Aston Martin 2020: Eksterior Belakang

 eksterior belakang Aston Martin DBX 2020 berwarna merah
Tampilan belakang Aston Martin 2020

Jendela tanpa bingkai (frameless) memberikan DBX nuansa coupe yang lebih menyenangkan. Di belakang, ada spoiler atap yang signifikan serta spoiler pada pintu bagasi yang mengingatkan Anda pada Aston Vantage. Sistem knalpot besar berbalut serat karbon membingkai sepotong diffuser hitam yang terlihat elegan.

>>> Baca juga:

INTERIOR Aston Martin DBX 2020

Mengingat DBX merupakan mobil dengan kursi lima penumpang pertama sekaligus SUV pertama pabrikan asal Inggris ini, tingkat detail yang dimiliki Aston terhadap DBX sangat mengesankan. Penelitian pun dilakukan untuk memastikan kabin ‘terasa seperti rumah’ ketika penumpang memasuki kabin yang luas.

Review Aston Martin 2020: Dashboard

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mobil ini dikembangan dengan menyasar wanita sebagai pelanggan utamanya. Maka dari itu, Aston Martin menekankan bagaimana ‘setiap tombol dan dial telah diposisikan dengan hati-hati mengikuti pengujian intensif dari penasihat eksternal, termasuk Dewan Penasihat Wanita Aston Martin.

dashboard Aston Martin DBX 2020 berwarna cokelat 
Desain dashboard Aston Martin 2020

Mereka menambahkan bahwa sentuhan kecil pada dashboard Aston Martin DBX 2020, termasuk sandaran tangan yang terpisah, desain glovebox, dan posisi ergonomis dari sistem kontrol kunci mobil “dikembangkan dengan hati-hati berdasarkan Dewan Penasihat Wanita Aston Martin dan feedback dari diler. Pengembangannya pun dilakukan dengan mengumpulkan informasi dari berbagai kelompok di seluruh dunia.”

Review Aston Martin 2020: Kemudi

kemudi Aston Martin DBX 2020 berwarna cokelat 
Tampilan kemudi Aston Martin 2020

Melihat setirnya, ada kesan mewah yang terasa. Berbalut kulit, setir Aston Martin DBX 2020 multi fungsi two-tone ditambahkan tampilan chrome pada lingkar tengah. Di bagian belakang terdapat satu set paddle shift terpasang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, sistem setir bisa diatur dan memberikan kenyaman bagi pengemudi dengan postur tubuh tinggi maupun pendek.

Review Aston Martin 2020: Kursi

Di dalam, DBX memiliki barang-barang mewah yang cocok dengan harganya. Kemewahan bisa dirasakan dengan jok kulit dengan jahitan tangan. Walaupun dibuat dalam bentuk SUV, namun Aston Martin menyematkan “rasa” mengemudikan mobil sport dengan visibilitas yang cukup bagus di kursi depan.

kursi Aston Martin DBX 2020 berwarna cokelat
Kenyamanan bisa dirasakan melihat kursi Aston Martin 2020

Dengan menggunakan kerangka kursi mobil sport, desainer Aston Martin memberikan efisiensi ruang bagi bangku baris pertama. Sehingga membuat ruang lebih lega bagi penumpang di belakang. Bahkan ada ruang yang cukup lapang untuk penumpang meletakkan kaki di bagian bawah kursi baris pertama.

Review Aston Martin 2020: Bagasi

Peyimpanan kabin diprioritaskan dengan konsol tengah mengambang yang menawarkan ruang penyimpanan di bawah ‘untuk meletakkan barang yang lebih besar, seperti tas tangan’. Aston Martin pun menyebutkan bahwa fitur ini bisa digunakan untuk membawa barang berharga dekat dengan tangan.

bagasi Aston Martin 2020 dengan tas berwarna cokelat
Bagasi Aston Martin 2020 mampu menampung barang sehari-hari

Dibuat dengan bodi yang besar dan kemampuan penyimpanan yang baik. Seperti SUV lainnya, mobil ini mampu menampung barang hingga 832 liter ketika kursi baris kedua digunakan. Sedangkan bagasi Aston Martin DBX 2020 akan mendapatkan 1.540 liter penyimpanan maksimal. Kemudahan akses pun diberikan menggunakan pembagian bangku belakang 40:20:40.

>>> Artikel terkait:

FITUR Aston Martin DBX 2020

Untuk mengurangi kebisingan dan getaran selama berkendara, DBX menggunakan propshaft karbon single-piece. Selain itu, mobil ini juga menggunakan teknologi aero-acoustic komputasi untuk mengurangi kebisingan di jalan bagi penghuninya. Aston Martin pun menegaskan sudah memberikan kekakuan yang lebih besar dibandingkan sang rival.

Tampilan menawan untuk SUV mewah ini adalah full-length panoramic sunroof, Di depan, ada dua layar untuk sistem infotainment 10,25 inci dan kluster instrument digital 12,3 inci yang akan membeirkan informasi berkendara pada pengemudi. Sedangkan sistem Apple CarPlay merupakan sistem standar, bersama dengan sistem kamera 360 derajat. Fitur standar lainnya termasuk sistem audio berkekuatan 800 watt untuk menemani Anda selama berkendara.

fitur Aston Martin DBX 2020 pada atap berwarna hitam
Tambahan fitur pada atap Aston Martin 2020

Sedangkan headliner tersedia dengan balutan kulit Alcantara. Anda juga bisa mendapatkan fitur baru ‘Q’, yang membuat konsol tengah mendapatkan aksen kayu. Masih kurang? Aston Martin pun memberikan berbagai paket fitur tambahan untuk Anda yang bersedia merelakan uang Anda. Salah sautunya pengaturan gun-rack pada bagian atap yang diatur dalam “Paket Ski”

Review Aston Martin 2020: Fitur keselamatan aktif

Ada banyak fitur yang ditawarkan, sebagian besar digunakan untuk membuat pengendaraan semakin menyenangkan. Namun jangan lupakan sistem keselamatan. DBX mendapatkan sejumlah sistem keselamatan aktif, termasuk Lane Departure, Automatic Emergency Braking, dan Rear Cross-Traffic Alert.

>>> Untuk Indonesia, Global NCAP Merekomendasikan Fitur ABS Bukan Hanya Untuk Mobil

OPERASI Aston Martin DBX 2020

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SUV keluarga berjiwa sporty ini mampu melaju hingga 291 km/jam. Bahkan lebih cepat dibandingkan beberapa mobil coupe maupun sedan yang dibatasi hingga 250 km/jam saja. Semua peningkatan pada pengaturan mesin DBX ini didapat dari mesin 8-silinder dengan performa tertinggi di jajaran Aston Martin saat ini.

Kekuatannya didapatkan dari mesin V8 TwinTurbo yang dibuat lebih kuat dibandingkan dengan yang sudah digunakan pada mobil sport DB11 dan V8 Vantage. Tenaganya terhubung dengan transmisi otomatis 9-percepatan dan mampu mengeluarkan tenaga puncak hingga 550 daya kuda. Bahkan, mobil ini mampu berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 4.5 detik.

mesin V8 Aston Martin DBX 2020 berwarna hitam
Mesin V8 TwinTurbo yang lebih kuat dari DB11 dan V8 Vantage

Ada enam mode mengemudi, termasuk GT, Sport, dan Sport+ untuk mengemudi on-road, dan dua mode pengendaraan untuk dipakai off-road. Sistem saluran pembuangan aktif mendapat setting khusus yang menjadikan DBX ‘terdengar halus pada suatu waktu dan meraung hebat di waktu lainnya’. Tes pengembangannya pun menunjukan kemampuan DBX saat menikung hampir sama dengan jajaran mobil sport Aston Martin Vantage.

Namun sayang, kekuatannya harus dibayar dengan konsumsi bahan bakar yang tak bisa dibilang irit. Dengan bobot mencapai 2.245 kg ini, pengelolaan angka efisiensi bahan bakar rata-rata hanya 8,3 km/liter dengan emisi Co2 325g/km.

>>> Ingin mengetahui model terbaru dari Aston Martin? Klik di sini untuk informasi selengkapnya

spesifikasi Aston Martin DBX 2020

Sebagai SUV pertama yang diproduksi Aston Martin, ada banyak kesamaan yang terlihat dari luar hingga kabinnya. Berikut spesifikasi Aston Martn DBX 2020 yang baru saja diperkenalkan.

Dimensi Aston Martin DBX 2020

Panjang x Lebar x Tinggi

5.039 x 2.050 x 1.680 mm

Jarak Poros Roda

3.060 mm

Ground Clearance

190 mm (maksimal 235, minimal 140 mm)

Bagasi

832 liter (1.540 liter maksimal)

Berat

2.245 kg

Mesin Aston Martin DBX 2020

Tipe Mesin

V8 4.0L Twin-Turbocharged

Tenaga Maksimal

542 hp

Torsi Maksimal

700 Nm

Percepatan (0-100 km/jam)

4.1 detik

Kecepatan Tertinggi

291 km/jam

Transmisi

9-percepatan

Sistem Penggerak

All-wheel-drive

Kaki-kaki Aston Martin DBX 2020

Suspensi

Adaptive Suspension

Velg

22 inci

Tipe Ban

Pirelli Scorpion Zero all-season

Ukuran Ban

285/40 (depan) dan 325/35 (belakang)

kelebihan & kekurangan Aston Martin DBX 2020

Dengan harganya yang selangit, mobil ini pun bukannya tanpa cela. Nah, lihat lagi kelebihan dan kekurangan Aston Martin DBX 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

SUV keluarga yang mampu diajak cepat

Diklaim “Khusus orang kaya!”

Kabin yang luas dengan berbagai teknologi terbaru Aston Martin

Konsumsi bahan bakar cukup boros

Eksklusif dengan kesan mewah di dalam kabin

Sistem keselamatan tidak terlalu lengkap dibandingkan SUV lainnya

daftar harga Aston Martin DBX 2020

Meskipun berupa SUV, tapi mobil ini adalah SUV prestisius dengan lencana Aston Martin dan interior kulit sepenuhnya. Tentu saja harganya tidak murah. Ketika Aston mulai mengirimkan DBX pada pelanggan mereka di Amerika Utara pada paruh kedua tahun depan, harga Aston Martin DBX 2020 dibanderol $192.986 (sekitar Rp2.72 Miliar).

Namun tentu saja eksklusivitasnya dibayar dengan berbagai fitur dan kemewahan di dalam mobil. Bahkan, setiap pembeli akan mendapatkan buku yang ditandatangani langsung oleh Palmer dan Chief Creative Officer Aston Marek Reichman, bersamaan dengan undangan ke “pesta cocktail perayaan Waldorf Astoria yang diselenggarakan secara regional”.

Video Aston Martin DBX 2020

Aston Martin baru saja memperkenalkan mobil ini pada 20 November 2019 di Los Angeles dan Beijing. Dengan perkenalannya di dua tempat, lihat lagi video Aston Martin DBX 2020 berikut ini.

KESIMPULAN Aston Martin DBX 2020

Aston Martin DBX 2020 dipersiapan untuk menjadi penjualan terbesar perusahaan dengan target 5.000 unit per tahun pada 2021 dengan Inggris, Amerika, dan Tiongkok sebagai pasar utamanya. Bukan rahasia lagi bagaimana DBX dikembangkan dengan detail dan berbagai teknologi terbaru Aston Martin, bahkan pengaturan kecepatan yang menyamai mobil sport.

mobil baru Aston Martin DBX berwarna merah sedang berkendara
Tampilan menawan yang disediakan oleh Aston Martin 2020

Dibuat untuk menyasar ‘wanita kaya di seluruh dunia’, kemewahan kabin yang memesona pun menjadi sorotan. Sayangnya, urusan bahan bakar masih menjadi masalah (untuk lingkungan, bukan kantong konsumennya). Tapi untuk mobil yang penuh gaya dan menawarkan kenyamanan di dalamnya, SUV sporty premium ini bisa menjadi penanda bagi seorang ‘sultan’ di berbagai belahan dunia.

>>> Simak berbagai artikel review mobil lainnya di sini

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil