Review All New Toyota Camry 2019

08/01/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Akhirnya Toyota All New Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini. Bentuknya benar-benar jauh berbeda bila dibandingkan dengan Toyota Camry generasi sebelumnya. Ini pendapat kami mengenai All New Toyota Camry 2019 versi Indonesia.

PENGANTAR Toyota Camry 2019

Dari salah satu narasumber terpercaya yang tak ingin disebut namanya, Cintamobil.com mendapat kabar bahwa Toyota Camry terbaru akan dihadirkan di akhir tahun 2018 ini. Namun sayangnya, kebijakan tersebut gagal sudah akibat dari keputusan pemerintah akan kenaikan pajak mobil impor mewah. Memang tak dipungkiri, hingga kini Toyota Camry adalah produk impor Completely Built Up (CBU) menyusul model lainnya seperti Corolla Altis, Alphard, Voxy maupun Vellfire.

foto produk toyota camry 2019

Toyota Camry 2019 menerapkan rangka bodi TNGA sehingga menciptakan siluet bodi tegas dan atletis

Fenomena tersebut akhirnya membuat dua hal menarik. Pertama, Toyota Camry terbaru dipasarkan di Asia, lebih dahulu di Thailand daripada Indonesia. Kedua, kehadiran Toyota Camry dengan bodi TNGA akan dihadirkan di Indonesia pada tahun 2019 bulan Januari ini. Meski terdengar sedikit mengecewakan namun segala perubahan desain serta fiturnya mampu mengobati rasa kecewa tersebut.

Tampak Toyota All New Camry 2019 diluncurkan

All New Toyota Camry 2019 diluncurkan di Indonesia bulan Januari 2019 ini

Memang tak dipungkiri, dari generasi awal hingga ke generasi terbarunya, Toyota Camry sudah memiliki delapan strata. Sebelum menjadi sosok yang kita kenal saat ini, Camry bukanlah model yang berdiri secara independen. Melainkan, masih menjadi bagian dari keluarga Celica diluncurkan pada tahun 1980. Mobil ini memiliki nama lengkap Toyota Celica Camry. Lebih unik lagi, Celica Camry merupakan Carina yang diberi tampilan wajah seperti Celica XX. Suksesnya penjualan Celica Camry membuat Toyota memisahkannya menjadi keluarga model sendiri di tahun 1982.

foto produk toyota celica camry

Toyota Celica Camry menjadi model pertama, diluncurkan 38 tahun silam

Di Indonesia, nama Toyota Camry hadir perdana pada tahun 1997 sebagai model pengganti Toyota Corona. Strategi produk terhadap pasar Asia yang menginginkan model lebih eksklusif dan besar menjadi alasan utama. Model diperkenalkan di Tanah Air adalah Camry generasi V berkode XV20. Semenjak itu, popularitasnya terus melonjak, bahkan sempat menjadi kendaraan dinas menteri Kabinet Indonesia Bersatu. 

foto produk toyota camry xv20

Toyota Camry menginjakkan rodanya pertama kali di Indonesia pada 1997 sebagai pengganti Corona.

Perkenalan awal generasi kedelapan Toyota Camry dilakukan pada Januari 2017 lalu di acara North American International Auto Show. Tak berlangsung lama, versi produksinya langsung diluncurkan di Jepang pada Juli 2017. Disusul Australia dua bulan setelahnya. Sehingga, sah-sah saja apabila kita hendak mengupas segala hal tentangnya. Apalagi All New Toyota Camry 2019 baru diluncurkan di Indonesia. Mobil ini langsung mendapat sambutan yang cukup baik, karena All New Toyota Camry 2019 tampil lebih segar, sporty dan mewah. Khusus untuk pembaca setia Cintamobil.com, mari kita simak bersama review All New Toyota Camry 2019.

Toyota Camry Generasi Terbaru meramaikan publik internasional dengan kemewahan yang dibawanya

Perkenalan Toyota Camry generasi terbaru di acara North American International Auto Show 2017 lalu

EKSTERIOR Toyota Camry 2019

Perlu Anda ketahui, desain eksterior All New Toyota Camry 2019 terbagi menjadi tiga bodi trim meliputi tipe G, V dan HV di kasta tertingginya. Di kesempatan kali ini, Tim Cintamobil.com hendak mengupas tuntas segala hal tentang tipe HV yang mana merupakan top of the line dari Toyota Camry di Indonesia.

Review All New Toyota Camry 2019 : Tampilan Depan

Toyota menyebut Grille depannya dengan nama Striking Grille. Sebuah tatanan minimalis dengan bentuk meruncing pada sisi tengah, diakhiri logo Toyota berlatar biru sebagai penguat sisi historisnya. Bemper depan kini dibuat makin lebar, menyiratkan nuansa agresif dengan dominasi warna hitam dan aksen krom mengilap pada pelipis sampingnya. Adapun esensi fitur dirancang dengan hal inovatif sebut saja, lampu utama LED dipadu Daytime Running Lights (DRL). Memberi tatanan Slim and Sleek sekaligus fungsi pencahayaan lebih maksimal daripada model sebelumnya. Sementara itu, fitur Fog Lights disematkan pada bemper yang memberi esensi ikonik tersendiri.

Tampilan depan sebuah All New Toyota Camry 2019

Eksterior depan Toyota Camry 2019 menerapkan desain Striking Grille yang menyiratkan kesan agresif

Review All New Toyota Camry 2019 : Tampilan Samping

Unsur TNGA yang sebelumnya disematkan pada Toyota C-HR, juga diaplikasikan pada Camry. Sehingga, memberi siluet bodi tegas namun masih atletis khas sedan. Kombinasi tersebut juga diiringi dengan pelek berdesain sporty berukuran 18 inci. Menariknya lagi, pelipis kaca samping diberi aksen krom yang mampu mendapat perhatian utama kami ketika mengamati bodi sampingnya. Uniknya, meski merek ban yang digunakan oleh All New Toyota Camry 2019 ini tidak unik namun ternyata masih mengusung ban bikinan negeri gajah putih.

Tampilan samping sebuah All New Camry 2019

Eksterior samping Toyota Camry 2019 tampil mewah dengan pelek berdesain sporty

Review All New Toyota Camry 2019 : Tampilan Belakang

Berbeda halnya dengan sektor buritan yang kini menggunakan lampu LED Rear Combination Lamps berdesain memanjang nan pipih. Seakan memberi kesan tajam tanpa melepas aura modern dari sisi luarnya. Penghias lainnya bisa diamati pada knalpot yang dibalut krom. Di sisi lain, logo identitas Camry nampak tersemat apik yang diapit oleh kedua buah lampu belakangnya. Menjaga esensi historis dari generasi pertama Camry. Secara umum proporsi dari desain All New Toyota Camry 2019 lebih kecil bagian belakangnya namun itu tidak mempengaruhi kapasitas bagasinya yang tetap luas.

Tampilan belakang sebuah All New Camry 2019

Eksterior belakang Toyota Camry 2019 menghadirkan lampu LED Rear Combination

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Camry 2019

Beranjak ke sektor interior Toyota Camry 2019, ruang kabinnya nampak lebih lapang berkat struktur bodi TNGA. Menelisik dari aspek fitur, nampak tak begitu banyak perbedaan dibanding model-model Toyota masa kini. Hanya saja terdapat perbedaan mencolok dari segi desain yang kini tampil lebih mewah dan elegan.

Review All New Toyota Camry 2019 : Layout Dashboard

Siluet menawan ditampilkan pada dashboardnya. Dua garis krom nampak mengalir alami dipertemukan pada satu titik di bawah  panel Head Unit. Memberi bentuk segitiga yang melekuk seksi. Tentu dibanding model sebelumnya, tatanan interior seperti ini lebih mampu memanjakan mata seluruh penumpang. Secara umum tampilan layout dasbor All New Toyota Camry 2019 ini benar-benar memanjakan mata, dan tidak hanya itu saja kualitas material yang digunakan oleh All New Toyota Camry 2019 ini juga sangat baik dan banyak sekali material empuk yang digunakan di dasbornya.

Dashboard Toyota Camry 2019 dibekali dua pilihan warna yakni hitam dan Beige

Dashboard Toyota Camry 2019 memiliki perubahan yang signifikan terutama dalam hal desain serta fitur

Fitur-fiturnya diposisikan cukup rapi di tengah dashboard. Menjaga esensi ergonomis bagi pengendara untuk menjangkau segala fitur unggulnya. Pada sisi tengah misalnya, terdapat panel Head Unit berukuran 8 inci Touchscreen yang siap dioperasikan untuk menghibur penumpang selama perjalanan. Sementara itu, tersedia juga fitur penyejuk 3-Zone Air Control yang disematkan di bagian bawah Head Unit-nya. Menariknya lagi, panel penyejuknya sudah didukung teknologi Nanoe untuk menyaring sirkulasi udara dengan baik.

Review All New Toyota Camry 2019 : Setir

Desain setir Toyota Camry, dibalut apik dengan mode tiga palang, menggabungkan warna hitam dan Silver pada sisi bawahnya. Balutan kulit juga menghiasi setirnya, memberi kenyamanan lebih bagi pengendara ketika menggenggamnya. Tak lupa, tombol-tombol multifungsi juga disematkan di kedua sisinya seperti pengaturan audio, konektivitas telepon serta Cruise Control. Hal menarik lainnya, Anda juga memindahkan transmisi lewat tuas Paddle Shift ala mobil-mobil Racing F1. Tatanan ini selaras dengan tema awalnya yakni ‘Sporty but Smart’. Bahan setir All New Toyota Camry 2019 ini begitu lembut digenggam oleh tangan dan tebalnya terasa pas.

Setir Toyota Camry 2019 menggunakan desain tiga palang yang dikemas cukup elegan supaya menambah kesan percaya diri pengendara

Setir Toyota Camry 2019 dibekali fitur praktis yang semakin memudahkan Anda dalam mengakses segala fiturnya

Review All New Toyota Camry 2019 : Kursi

Sebagaimana mobil sedan pada umumnya, Toyota Camry 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus. Namun sejatinya, kami menilai mobil ini lebih cocok untuk empat orang dewasa dan satu orang anak kecil. Pasalnya, pada sisi tengah kursi belakang, kapasitasnya lebih sempit serta bisa menjadi Arm Rest bagi kedua penumpang. Menariknya lagi, kursinya sudah mendapat balutan material kulit sehingga dapat memberikan kualitas duduk lebih nyaman bagi seluruh penumpang.

Kursi Toyota Camry 2019 mampu menampung hingga 5 orang sekaligus dan menyediakan tata ruang yang lega

Kursi Toyota Camry 2019 dibalut kemewahan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang

Review All New Toyota Camry 2019 : Ruang Bagasi

Kombinasi elegan dan praktis terlihat seimbang pada Toyota Camry 2019. Selain dimanjakan oleh fitur-fitur berkelas pada interiornya, aspek bagasi juga terlihat praktis dengan kapasitas 524 Liter. Kelegaan tersebut sangat cocok untuk memenuhi beragam kebutuhan Anda baik tas kerja, koper serta barang belanjaan. Ruang bagasinya sendiri detailnya rapih karena semua bagian besi dibungkus oleh plastik berwarna hitam, sayangnya tutup ban serep full sized-nya terlalu tipis dan pegangan untuk mengangkatnya ringkih. Seharusnya, mobil yang dibanderol dengan harga Rp 806 juta ini bisa lebih baik di sektor detail seperti itu.

Ruang bagasi Toyota Camry 2019 tergolong minim jika dibanding pesaingnya seperti Honda Accord

Meski tak seluas pesaing lainnya, ruang bagasi Toyota Camry 2019 terasa cukup untuk menampung barang bawaan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Toyota Camry 2019

Setelah puas membahas tentang sisi eksterior dan interiornya, kini tiba saatnya melirik lebih dalam tentang fitur All New Toyota Camry 2019. Tentu kategorinya sebagai sedan dibekali dengan teknologi-teknologi mumpuni yang difokuskan untuk memberi kenyamanan berkendara lebih.

Review All New Toyota Camry 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Menilik versi Thailand-nya, Toyota Camry 2019 dibekali fitur keselamatan mumpuni yang belum kami lihat sebelumnya di kelas mobil serupa. Bayangkan saja, mobil satu ini dilengkapi sistem Stolen Vehicle Tracking yang mampu mendeteksi keberadaan Camry yang telah dicuri. Perubahan paling menawan yang ditawarkan oleh Toyota Camry 2019. Sayangnya untuk versi Indonesia belum dilengkapi dengan Toyota Safety Sanse ini.

Fitur keselamatan Toyota Camry 2018 menerapkan teknologi Toyota Safety Sense

Fitur keselamatan Toyota Camry 2019 tampil mumpuni di berbagai aspeknya

Di sisi lain, anak emas Toyota satu ini juga dibekali teknologi keselamatan masa kini yang memanfaatkan sistem sensor. Seperti halnya, teknologi yang mampu memberi notifikasi audio ketika sensor mencatat adanya potensi kecelakaan (Pre-Collision System), menjaga lajur berkendara di marka jalan (Lane Keeping Assist), melajukan kendaraan tanpa harus menginjak pedal gas (Dynamic Radar Cruise Control) serta mengaktifkan High Beams secara otomatis sesuai kondisi jalan (Automatic High Beams).

Fitur Toyota Camry 2019 hadirkan berbagai teknologi keselamatan masa kini

Menariknya lagi, Toyota Camry 2019 juga sudah dipersenjatai dengan teknologi Pre-Collision System

Sedangkan dari fitur keselamatan aktif, All New Toyota Camry 2019 dipersenjatai teknologi pengereman lengkap meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dari aspek kestabilan, mobil ini mampu melakukan manuver dengan handal berkat terintegrasinya Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC), Tak lupa tersedia fitur menarik seperti Emergency Stop Signal, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert dan Hill-Start Assist Control (HSA).

Review Toyota Camry 2019 : Ringkasan Fitur Hiburan

Mobil ini sudah kami anggap sebagai mobil yang sangat Premium. Mengapa begitu? Pasalnya, All New Camry 2019 sudah dibekali dengan Full Panoramic Sunroof. Tentu fitur tersebut memberi kapabilitas bagi penumpang untuk dapat menikmati sajian pemandangan alam secara langsung dari dalam kabin. Di sisi lain, panel Head Unit-nya tampil cukup lebar di angka 8 inci yang terintegrasi dengan 9 Speaker JBL Audio System sehingga mampu menghasilkan suara jernih bagi seluruh isi kabinnya.

Fitur hiburan Toyota Camry 2019 menghadirkan panel Head unit berukuran 8 inci

Fitur hiburan All New Toyota Camry 2019 menyediakan Panoramic Full Glass Roff khusus pada varian tertingginya yang dipadu kursi berwarna merah

>>> Ketahui juga harga dari produk Toyota menarik lainnya dengan klik tautan ini

OPERASI Toyota Camry 2019

Operasi mesin Toyota Camry 2019 menawarkan tiga Output yang bisa Anda pilih baik dalam mode konvensional maupun Hybrid

Operasi mesin Toyota Camry 2019 hadirkan konfigurasi Hybrid yang bisa Anda pilih

Mesin untuk varian 2.5 G dan 2.5 V dengan memboyong mesin berkode 2 AR-FE dengan kapasitas silinder 2,494 cc berkonfigurasi 4 silinder segaris. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 183 PS atau sekitar 181,5 Hp di putaran mesin 6.000 Rpm dengan torsi maksimum sebesar 234,4 Nm pada 4.100 Rpm. Adapun pada varian 2.5 HV, menggunakan kapasitas sama namun sudah menerapkan teknologi Hybrid. Berkapasitas 2.487 cc dengan kode mesin A25A-FXS, mesinnya mampu menawarkan daya maksimum 178 PS atau sekitar 176,5 Hp pada putaran mesin 5.700 Rpm dengan torsi puncak sebesar 220,7 Nm di kitiran 3.600 hingga 5.200 Rpm. Dibantu dengan torsi motor listrik sebesar 202,1 Nm.

>>> Bagaimana desain mobil Toyota Yaris WRC 2018? Langsung klik sini untuk dapat informasi terlengkap

spesifikasi Toyota Camry 2019

Untuk semakin mengenal sosoknya lebih jauh, berikut Cintamobil.com memberikan informasi lengkap tentang spesifikasi Toyota Camry 2019.

SPESIFIKASI TOYOTA CAMRY 2019

Model

2.5 HV (Hybrid)

2.5 V

2.5 G

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.885 x 1.840 mm x 1.445 mm

Jarak Poros Roda

2.825 mm

Jarak Pijak Terendah

140 mm

MESIN

Tipe Mesin

A25A-FXS

2 AR-FE

2 AR-FE

Kapasitas Silinder

2.487 cc

2,494 cc

2,494 cc

Daya Maksimum

176,5 Hp / 5.700 Rpm (Mesin Utama)

181,5 Hp / 6.000 Rpm

181,5 Hp / 6.000 Rpm

Torsi Maksimum

220,7 Nm / 3.600 Rpm – 5.200 Rpm (Mesin Utama)

202,1 Nm (Motor Listrik)

234,4 Nm / 4.100 Rpm

234,4 Nm / 4.100 Rpm

Sistem Transmisi

E-CVT

6 Tingkat Percepatan Otomatis - Sekuensial

6 Tingkat Percepatan Otomatis - Sekuensial

KAKI-KAKI

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Double Wishbone

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Solid Disc Brake

Ukuran Ban

235 / 45 R18

215 / 55 R17

215 / 55 R17

kelebihan & kekurangan Toyota Camry 2019

Tiba saatnya Cintamobil.com memberikan opini tentang kelebihan dan kekurangan All New Toyota Camry 2019. Meski mobil tampil cukup menawan namun tentu pasti ada kekurangan dalam setiap halnya. Sebagai referensi Anda, berikut penilaian kami terkait segala hal tentangnya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sudah berbasis TNGA

Ruang bagasi lebih sempit dari banyak pesaing lainnya

Desain tampilan eksterior dan interior segar

Panel Head Unit belum didukung fitur Apple CarPlay dan Android Auto

Tersedia performa mesin Hybrid yang bisa Anda pilih

Belum dilengkapi Toyota Safety Sanse

>>> Simaklah kelebihan dan kekurangan mobil Toyota lainnya dengan klik sini

daftar harga Toyota Camry 2019

Mengingat mobil satu ini sudah hadir di Tanah Air, Cintamobil.com hendak memberikan informasi daftar harga All New Toyota Camry 2019 .

TIPE MOBIL

HARGA TOYOTA CAMRY 2019 BARU

All New Toyota Camry 2019 2.5 G

Rp. 613.350.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 V

Rp. 646.650.000

All New Toyota Camry 2019 2.5 HV

Rp. 806.000.000

>>> Simak juga daftar harga terlengkap di jajaran Listing Cintamobil.com

Video Toyota Camry 2019

Simak video first impression Toyota All New Camry 2019 dari Cintamobil TV berikut ini:

KESIMPULAN Toyota Camry 2019

Ilustrasi Kesimpulan All New Camry 2019

Bila Anda eksekutif muda yang berjiwa muda, belilah All New Toyota Camry 2019 ini

All New Toyota Camry 2019 merupakan sosok penerus dari generasi tujuh dari Camry. Seperti yang kami sebutkan, model satu ini merupakan ‘Anak Emas’ dari Toyota yang sudah melintang sejak tahun 1982. Sehingga tak salah apabila generasi terbarunya tampil dengan desain yang lebih fresh serta pilihan mesin tangguh 2.5 Liter maupun Hybrid. Dipadu dengan atmosfer interior elegan serta utilitas lebih praktis daripada model sebelumnya, patutkah All New Toyota Camry 2019 untuk Anda tunggu, wahai para eksekutif muda? Jujur, kami juga tak sabar ingin merasakan sensasi Test Drive apabila All New Toyota Camry 2019 Indonesia.

>>> Perlu informasi tentang mobil-mobil, jangan lupa klik di sini untuk dapat informasi terlengkap

Franky Pratama
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil