Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

21/05/2019
editor rate: 4,6 user rate: 4,5
Yes! Katana lahir kembali, namun kini bukan berbentuk jip mini seperti yang pernah meramaikan jalan-jalan Indonesia. Namun, Katana yang kami maksud disini adalah sebuah edisi khusus yang ada pada mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019. Inilah ulasan dari kami mengenai mobil yang hanya ada sebanyak 30 unit di dunia.

PENGANTAR Suzuki Swift 2019

Gambar menunjukkan tampilan mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini hanya dibuat total 30 unit untuk pasar Inggris

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 - Suzuki adalah salah satu brand mobil yang punya beberapa model ikonik. Sebut saja Suzuki Jimny dan Suzuki Katana. Yes! Anda tidak salah membaca judul, karena ini memang sebuah mobil Suzuki dengan embel-embel Katana. Namun, Katana yang dimaksud adalah Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019. Mobil ini sengaja dibuat oleh Suzuki untuk memperomosikan sepeda motor Suzuki Katana itu. More you know, Suzuki Katana di Indonesia adalah sebuah mobil jip kecil 4x2, sedangkan di Jepang sana, nama Suzuki Katana dipakai untuk sepeda motor yang bentuknya nyentrik. Lantas, bagaimana impresi kami mengenai mobil ini? Simak sampai habis ulasannya.

EKSTERIOR Suzuki Swift 2019

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Tampilan Depan

Gambar menunjukkan desain bagian Bumper depan All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Grill bermotif sarang lebah dengan bolongan besar ditambah lis merah memperkuat aura sporti mobil ini

Melihat tampilan mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini dari sisi depan, langsung disuguhkan aura sporti. Kalau boleh jujur, kesan yang dibuat oleh Katana Edition ini lebih sporti dari Suzuki Sport yang awalnya memang sudah sporti. Dengan penerapan grill bermotif sarang lebah yang makin memperkuat aura sporti dari mobil ini. Ditambah lagi penerapan stiker memanjang diatas bonnet hingga ke atap bikin kesan garang dari mobil ini semakin menyeruak.

Gambar menunjukkan tampilan depan All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 berwarna silver sedang berjalan di jalan Indonesia

Jujur saja, penampilan luar mobil ini sudah sangat menggugah siapapun yang melihat sosoknya

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 berwarna silver

Driver antusias manapun setelah melihat tampilan samping mobil ini, pasti 'tergoda' untuk mencobanya

Beralih ke tampilan samping dari mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini, driver antusias manapun setelah melihat sosok mobil ini dari samping pasti akan tergugah untuk mencoba mengemudikannya. Di bagian samping mobil ini, Anda akan melihat decals serupa dengan bagian bonnetnya, serta huruf Jepang yang bermakna 'Katana' alias pedang, juga ada stiker penanda produksi mobil ini, seperti yang ada di mobil ini 29/30 artinya ia adalah produksi ke 29 dari 30 mobil yang akan beredar. Tampilannya makin bengis karena ia menggunakan pelek aftermarket bermerk OZ Racing berkelir black glossy yang bobotnya terkenal ringan.

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 berwarna silver

Dual muffler plus mini spoiler langsung mencitrakan, mobil ini punya performa tidak main-main 

Karena berbasis dari Suzuki Swift Sport, maka edisi Katana ini juga menggunakan part yang sama. Dan itu bukanlah berita buruk, karena dari awal munculnya, Suzuki Swift Sport dikenal sebagai mobil yang tampilannya sporti dan fun to drive. Pada tampilan belakang mobil ini, Anda dapat langsung melihat mobil ini pakai dual muffler ditambah spoiler kecil diatas kaca belakang, seakan menyiratkan bahwa mobil ini punya performa yang tidak biasa.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Suzuki Swift 2019

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Setir

Gambar menunjukkan desain bagian Setir All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Setir mobil ini sebenarnya biasa saja, namun karena dibalut material berkualitas baik, maka ia cukup enak digenggam

Sebenarnya basis dari setir yang digunakan pada All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini biasa saja. Anda pun akan menemui bentuk setir ini pada All New Suzuki Ertiga sekalipun. Namun, setir ini tetap jauh lebih istimewa dari LMPV jagoan PT Suzuki Indomobil Sales tersebut. Karena pada bagian atas flat bottom nya terdapat logo KATANA, dan setir ini dibalut dengan material kulit yang berkualitas baik jadi ia akan cukup enak digenggam.

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Kursi

Gambar menunjukkan desain bagian Kursi All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Kursi semi bucket seat, dibalut kulit dengan jahitan asli plus emboss KATANA membuat kursi di mobil ini terasa spesial

All New Suzuki Swift Sport Katana Edition ini masih menggunakan kursi dengan model semi bucket yang akan memeluk erat tubuh Anda ketika 'bermain-main' dengannya di tikungan. Kursi ini terasa spesial, karena dilapis dengan material campuran antara kulit serta kain berkualitas dikombinasi lagi dengan jahitan asli dengan benang warna merah. Jangan lupa, ada emboss KATANA yang makin memperjelas ia adalah varian yang spesial.

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Head Unit

Gambar menunjukkan desain bagian Head Unit All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Sebagaimana mobil modern, Suzuki Swift Sport edisi spesial ini juga punya head unit yang kekinian

All New Suzuki Swift Sport Katana Edition ini juga dilengkapi dengan head unit dengan kemampuan kekinian. Ia dapat menjadi 'pemandu jalan' ketika Anda mengaktifkan fitur GPS. Head unit layar sentuh ini juga dapat menjadi 'asisten' saat Anda menghubungkannya dengan smartphone Anda, dan juga ia dapat dikontrol melalui perintah suara ketika Anda menyalakan fungsi voice command-nya.

>>> Baca juga:

FITUR Suzuki Swift 2019

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Multi Information Display

Gambar menunjukkan Multi Information Display All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Jika hanya melihat foto seperti ini saja, Anda tak akan langsung percaya jika ini adalah mobil buatan Suzuki

Saat ini, mobil-mobil buatan Suzuki dalam hal desain serta kualitas sudah mampu bersaing dengan mobil-mobil buatan Eropa. Contohnya layout spidometer mobil ini, kami yakin, jika hanya melihat foto saja, Anda tak akan lekas percaya jika mobil ini adalah buatan Suzuki. Dibalik keren-nya desain spidometer ini, tersembunyi multi information display yang lengkap. Ia mampu menunjukkan konsumsi BBM rata-rata, dan real, fitur keselamatan yang sedang aktif misal adaptive cruise control, dan  fitur pengingat lain contohnya arah GPS.

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Tombol Pengatur Audio Di Setir

Gambar menunjukkan desain bagian tombol Pengatur Audio Di Setir All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Fitur ini memang terlihat biasa, namun sangat membantu

Fitur tombol pengatur audio pada setir mungkin tampak biasa, namun sesungguhnya ketika sedang dijalan, fitur sederhana ini sangat membantu ketika Anda hendak melakukan setup ringan pada audio All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini. Namun, tidak hanya audio saya yang dapat diatur, untuk menjawab panggilan telepon juga disediakan tuas khusus dibalik kemudi yang peletakannya rapi dan kami suka.

Review All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 : Ringkasan Fitur Keselamatan

Gambar menunjukkan desain bagian Ban Dan Pelek All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Karena ia dijual untuk pasar Inggris yang ketat dengan fitur keselamatan, maka jangan heran fitur keselamatannya berlimpah

Fitur keselamatan yang diusung oleh mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini juga enggak main-main. Mobil ini dilengkapi dengan 6 buah airbags, keempat roda sudah terintegrasi dengan sistem ABS + BA with Dual Sensor Brake Support serta ESP® yang akan menjaga mobil selama bermanuver. Ada juga ISOFIX child seat fittings, lantas untuk melindungi bagian samping ada side impact protection beams, untuk mengontrol tekanan angin ban akan jauh lebih mudah dengan fitur Tyre Pressure Monitoring System sudah cukup? Belum, masih ada fitur Hill hold control, Adaptive Cruise Control, Lane departure warning, dan High beam assist. Dengan fitur sebanyak ini bayangkan betapa pusingnya tim marketing PT Suzuki Indomobil Sales menekan harga jika ia dijual di sini, agar harganya kompetitif dengan rival yang beredar. Hehehe…

>>> Di Jepang 5 Bintang, Uji Keselamatan Suzuki Swift Buatan India Hanya 2 Bintang

OPERASI Suzuki Swift 2019

Gambar menunjukkan mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 berwarna silver In Action

Meski terlahir spesial karena hanya 30 unit saja yang dibuat, ia juga mampu berlari kencang

Makna dari nama KATANA adalah pedang yang digunakan untuk bertarung. Dahulu kala, para pendekar-pendekar di Jepang menggunakan KATANA untuk mengasah kemampuan bela diri maupun membela diri mereka. Hal tersebut diimplementasikan oleh para insinyur yang bekerja di Suzuki dalam merancang mesin mobil Suzuki Swift Sport ini. Sebuah pedang harus ringkas namun mematikan, begitu juga dengan mesin yang tertanam di balik kap mesin mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini. Unit berkode K14C dilengkapi dengan pemampat udara paksa alias turbo dan berkatup variabel 'ditanam' di mobil spesial ini. 

Gambar menunjukkan Muffler Atau Knalpot All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Knalpot ganda ini berfungsi lho, bukan hanya untuk gaya-gayaan aja

Mesin ini memang tenaganya tidak spektakuler, hanya 140 PS saja atau sekitar 138,5 tenaga kuda, lantas torsinya di angka 230 Nm. Namun, di bodi mobil yang kompak seperti ini, power to weight ratio sangat optimal. Sehingga, kombinasi tenaga, bobot, keselarasan putaran ban, plus laju mobil menjadi pas. Otomatis, mobil ini menjadi sangat fun to drive ketika dikemudikan. Kami memang belum bisa berbicara banyak, karena belum mencoba mobil ini secara langsung. Tapi kami pernah coba Suzuki Swift Sport CBU yang dijual terbatas di Indonesia sekitar tahun 2016, mobil ini sangat asyik dikemudikan meskipun tenaganya 'agak' biasa saja.

Gambar menunjukkan desain bagian Ban Dan Pelek All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Pelek ringan OZ Racing dibalut ban Michelin Pilot Sport menjamin traksi mobil ini akan selalu terjaga

Suspensi dari mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini juga dirancang khusus oleh para insinyur Suzuki untuk menghasilkan pengendalian yang natural dan menggugah. Hingga artikel ini diturunkan, kami belum mendapatkan data di tuning seperti apa suspensi mobil ini dan apa saja yang dilakukan oleh para engineer Suzuki untuk mobil spesial ini. Namun, Suzuki Inggris mengklaim bahwa mobil ini adalah sebuah hot hatch yang punya kedinamisan berkendara baik dan memang built for performance. Kami dari Cintamobil.com jadi tidak sabar melakukan tes lengkap mobil ini jika PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kelak membawanya ke Indonesia. Halo PT SIS, bawa masuk ke Indonesia dan pinjamkan kami mobil ini dong...

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 Bermanuver

Handling dari All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini superior

>>> 3 Bintang! Ini Hasil Crash Test Swift Terbaru

spesifikasi Suzuki Swift 2019

Berikut ini adalah prediksi spesifikasi All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019.

Mesin All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Seri mesin

K14C 4 Silinder Segaris, Boosterjet Engine, DOHC, VVT

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

138,5 Hp (140 Ps) @ 5,500 rpm

Torsi Maksimum

230 Nm @ 2,500 - 3,500 rpm

Kapasitas Silinder

1,373 cc

Bore X Stroke

73 mm X 82 mm

Tipe Transmisi

Manual 6 Percepatan, Penggerak Roda Depan

Rangka All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

3.890 mm X 1.735 mm X 1.495 mm

Jarak Sumbu Roda

2.450 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

120 mm

Radius Putar

10,2 Meter

Kapasitas Tangki

37 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Coil Spring & Torsion Beam with Coil Spring

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering

Rem Depan & Belakang

Ventilated Disc & Disc

Teknologi Sistem Pengereman

ABS, EBD, BA

Teknologi Safety Sasis

High Beam Assist, Side Impact Beam

Struktur Sasis

Monokok, B-Segment

Pelek

OZ Racing, 17 inch

Jenis Ban

Michelin Pilot Sport, 195/45 R17

kelebihan & kekurangan Suzuki Swift 2019

Setelah membahas semua tentang Swift Sport Katana Edition ini, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019.

Kelebihan

Kekurangan

Performa bengis

Tidak dijual di Indonesia

Handling lincah

Hanya tersedia transmisi manual

Kualitas buatan baik

Katana Edition hanya dijual di Inggris

Fitur lengkap

Harga akan sangat mahal jika masuk Indonesia

daftar harga Suzuki Swift 2019

Ketika pertama kali dirilis tahun 2005, Suzuki Swift hanya bisa didapatkan lewat metode Completely Build Up (CBU) dari luar negeri. Namun seiring banyaknya permintaan mobil Hatchback kala itu, Suzuki Swift akhirnya dirakit di Bekasi sejak tahun 2006. Lewat metode tersebut, akhirnya biaya produksi menjadi lebih murah dan juga berdampak langsung ke harga jualnya yang terjangkau. Hingga kini, kiprah Suzuki Swift di Indonesia sudah memasuki generasi kedua. Khusus untuk All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 ini tidak dijual di Indonesia. Jika Di Inggris di banderol Rp 352,695,000 atau hampir 18,000 Euro. Tunggu informasi selengkapnya ya sobat tentang generasi terbarunya nanti. Nah untuk kini, Cintamobil.com akan membahas generasi kedua dari Suzuki Swift. Berikut daftar harga Suzuki Swift lengkap dari semua tipenya baik dalam kategori baru dan bekas.

Tipe Mobil

Harga Suzuki Swift Baru

Harga Suzuki Swift Bekas

All New Suzuki Swift GX 1.4 M/T

Not For Sale Again

IDR. 123.000.000

All New Suzuki Swift GX 1.4 A/T

Not For Sale Again

IDR. 147.000.000

>>> Anda sedang cari mobil Suzuki Swift? Klik sini untuk melihat daftar ratusan mobil Suzuki Swift dijual dengan banyak promo yang menarik

Video Suzuki Swift 2019

KESIMPULAN Suzuki Swift 2019

Gambar menunjukkan sebuah mobil All New Suzuki Swift Sport Katana Edition 2019 berwarna abu-abu dilihat dari sisi depan

Lantas apakah Anda harus rela 'rebutan' dengan penikmat hot hatch lain di Inggris demi punya mobil ini?

Yes! Karena ia adalah varian yang benar-benar spesial, apalagi nama besar Suzuki Sport yang diusungnya kelak tidak akan pernah mengecewakan Anda. Anda berminat memiliki mobil ini? Silahkan ke importir umum atau coba lobi PT SIS agar mau memasukkan mobil ini ke tanah air hanya untuk Anda.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil