Review All New Suzuki Ertiga 2017

04/01/2018

Share this post:

Suzuki Ertiga 2017

Editor rate:

Daftar Harga All New Suzuki Ertiga Terbaru Lihat promo

Mobil yang masuk dalam kategori 10 mobil terlaris di tahun 2015, Suzuki Ertiga kembali hadir dengan tampilan baru yang lebih fresh. Suzuki, melalui distributornya untuk market Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan berbagai gubahan guna membuat tampilannya lebih fresh. Untuk mobil yang dluncurkan pada tahun 2017 ini, Ertiga nampak begitu stylish dengan mengusung desain yang kental. Ada apa yang baru dengan model ini. Semua ada dalam tulisan review All New Suzuki Ertiga 2017 ini.

Review All New Suzuki Ertiga 2017
Review All New Suzuki Ertiga 2017
0 Gambar

Pengantar Suzuki Ertiga 2017

Mari kita simak spesifikasi Suzuki Ertiga 2017 di bawah ini.

Kelebihan

Bantingan ringan

Fitur keselamatan cukup lengkap

Bagasi luas

Rasio transmisi panjang

Kekurangan

Minim fitur pada varian terendah

Ruang terbatas pada kursi baris ketiga

Pelapis trim mudah kotor

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna putih dilihat dari bagian depan

Suzuki Ertiga 2017:  Mid MVP yang Tengah Digandrungi Pecinta Otomotif

Review All New Suzuki Ertiga 2017 - Persaingan pabrikan asa Jepang dalam memproduksi berbagai jenis mobil bersegmen low MPV boleh dibilang cukup ketat. Tak lama setelah Toyota meluncurkan Grand Alvanza Veloz dan sister company-nya Daihatsu merilis Great Xenia, Suzuki tak mau kalah dengan meluncurkan Ertiga. Apa yang dilakukan SIS ini cukup masuk akal mengingat Ertiga sendiri merupakan mobil yang cukup laris di pasaran. Dan, melakukan pembaharuan jelas merupakan jawanban demi kukuhkan eksistensi dan berada selangkah di depan. Adapun berbagai pembaharuan yang dilakukan meliputi bagian-bagian kasat mata seperti sisi eksterior dan interior. Bahkan, mesin yang digunakan juga merupakan mesin yang terbilang bandel dan pastinya efisien soal pengiritanbahan bakar. Selain itu, apa saja yang ditawarkan All New Suzuki Ertiga 2017 untuk calon konsumennya? Apakah mobil yang dirakit untuk menggoyang dominasi Avanza dan Xenia ini bisa mencatatkan kesuksesan seperti apa yang mereka lakukan dua tahun lalu? Cintamobil.com telah merangkum  dalam tulisan review All New Suzuki Ertiga 2017 Selamat membaca!

Eksterior Suzuki Ertiga 2017

Dari sisi eksterior Suzuki Ertiga 2017 tak mengalami banyak perubahan. Desain body yang mereka tawarkan masih tetap sama dengan seri terdahulunya. Namun, berbagai sentuhan anyar diberikan pada sisi terluarnya ini guna lebih fresh dan mengikuti perkembangan jaman. Untuk lebih jelas dan lebih mudah untuk Anda dalam membaca tulisan review All New Suzuki Ertiga 2017 ini,  mungkin akan lebih baik jika kita mendedahnya satu per satu.

  • Desain Bagian Depan

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna putih dilihat dari bagian depan

Ada perbedaan di berbagai sisi dibanding seri sebelumnya?

Di bagian terdepan, Ertiga merombak sektor lampu utaanya. Headlamp yang dulu terlihat agak kabur kini dibuat lebih mencolok bak mata yang menyorot tajam. Selain itu, lampu berjenis reflektor ini juga mampu pancarkan penerangan maksimal. Di sisi tengah, tepatnya di bagian grill, Ertiga memberikan kesan chrome pada listnyayang memiliki rangkap tiga. Grill dengan aksen chrome sendiri memang bisa memancarkan aura mewah dan nampaknya Ertiga coba merefleksikan hal tersebut. Sementara pada bagian bumper, tersemat dua fog lamp di sisi kiri dan kanan bumper. Lampu kabut ini juga sudah dijejali dengan bazel beraksen gelap dan list berwarna silver guna membuat tampilannya lebih stylish. Sisi tengah bumper juga lebih terasa aerodinamis berkat kehadiran rongga udara tiga lapis dengan warna hitam dope.

  • Desain Bagian Samping

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna putih dilihat dari sisi samping

Kesan dinamis masih bisa dirasakan di bagian ini

Bergeser ke bagian samping, mobil ini masih memiliki desain yang kurang lebih sama dengan seri terdahulunya.  Kehadiran lekuk tipisdi bagian handle door dan pintu bagian bawah tetapdipertahankan guna menjaga kedinamisan dari mobil ini. Di samping itu, sisi spion juga sudah dilengkapi dengan fitur New Electric Foldable Outsude Mirror. Bagian velg juga mendapatkan perhatian. Untuk beberapa type tertentu, Ertiga sudah membenamkan velg New Alloy Wheel.

  • Desain Bagian Belakang

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna putih dilihat dari bagian belakang

Kesederhanaan nampaknya menjadi konsep sisi ini

Di bagian belakang, kesan stylish amsih tetap terasa berkat hadirnya stopkamp bergaya kekinian yang sudah ditemani dengan rear combination lamp di bagian pintu bagasi belakang. Selain itu, list berwatna crome juga dihadirkan guna memakan space di bagian tengah bagasi agar tak tersisa sedikipun. Sebagai penutup, dihadirkan pula wiper pada kaca belakang guna menghalau air hujan demi dapatkan akses pandang maksimal dan bumper berukuran besar lengkap dengan list lamp dikiri dan kanannya agar sisi ini nampak lebih kekar. Secara keseluruhan, sisi eksterior Ertiga memang mengalami sedikit perubahan di bagian depan dan samping guna membuatnya lebih fresh. Di samping itu, bentuk body-nya yang tak terlalu besar juga siap membuat mobil ini lebih lincah untuk dikendarai.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Suzuki Ertiga 2017

Masuk ke bagian interior Suzuki Ertiga 2017 melengkapi diri dengan memberikan sentuhan anyar di sisi dashboard. Untuk bagian lainnya, Suzuki selaku pabrikan juga memberikan berbagai sentuhan meskipun tak banyak. Soal kenyamanan, mobil ini juga telah dilengkapi dengan ruang yang cukup lega untuk menunjang mobilitas penggunanya serta berbagai fitur yang tertanam pada bagian dalam.

  • Dashboard

Gambar bagian dashboard mobil Suzuki Ertiga 2017 dengan warna utama yaitu kream

Kesan premium terasa di bagian dashboard

Di sisi dashboard, Ertiga merubah warna pada fitur ini guna membuatnya lebih soft. Selain itu, hadir pula head unit yang masih standar. Melalui perangkat multimedia ini, pengguana bisa mengakses saluran radio favorit dan memutarkan musik kesukaan melalui medium analog maupun digital. Sebagai pelengkap, dihadikan pula audio double din yang siap menggemakan suara ke seluruh penjuru kabin. Di samping itu, head unit ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai tombol yang mudah untuk diaplikasikan. Di bagian atas, tersemat pula Ac yang sudah dilengkapi dengan teknologi double blower guna memberikan kesejukan ke seluruh ruangan kabin.

  • Steering

Gambar steering mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna kream

Setirnya sudah dilengkapi dengan steering switch control

Bergeser ke sisi setir, Ertiga sudah dilengkapi dengan steering switch control yang siap mempermudah pengemudi dalam mengatur besar kecilnya suara dari lingkar kemudi. Power steering juga telah disematkan guna mempermudah bantingan mobil agar menjadi lebih ringan. Selain itu, gengaaman setir berbalut leather juga membuat penggunanya cukup nyaman dalam menggengam lingkar kemudinya. Tak ketinggalan pula, fitur speedometer juga dihadirkan guna memberikan informasu terkait kendaraan mulai dari penggunaan bahan bakar, jarak tempuh yang dilalui, perseneling yang tengah digunakan dan lain sebagainya.

  • Kursi

Gambar bagian kursi mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna coklat muda

 

Kursinya cukup mumpuni untuk menampung 7 orang penumpang

Sementara pada bagian kursi, mobil yang mampu menampung tujuh orang penumpang ini juga sudah dilengkapi dengan leather yang cukup nyaman untuk diduduki dalam menempuh perjalanan berjarak menengah maupun jauh. Seluruh seat juga sudah diberikan sabuk pengaman guna pertebal rasa aman di bagian kabin. Sayangnya, kenyamanan yang diberikan pada penumpang pada sisi kursi ketiga cukup terbatas karena ruang yang disediakan cukup pas-pasan.

  • Bagasi

Gambar mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna abu-abu dilihat dari bagian belakang dengan ruang bagasi terbuka

Bagasi ini cukup mumpuni untuk menampung barang berukuran besar

Sisi kargo yang disediakan sebenarnya sudah cukup besar untuk menampung barang bervolume besar. Bagasi ini mampu menampung 2-3 koper berukuran besar. Namun apabila ruang tersebut dirasa kurang, kursi baris ketiga bisa dilipat dengan sistem spilitt 50:50 sehingga muatan yang dibawa bisa lebih banyak dari sebelumnya.

>>> Mungkin Anda tertarik:

Fitur Suzuki Ertiga 2017

Gambar bagian kursi mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna coklat muda

Airbag di bagian depan berfungsi untuk meminimalisir resiko cidera

Pada bagian fitur sendiri, Ertiga sudah mengakomodir keamanan dan kenyamanan pengunanya melalui berbagai fitur terkini semisal rangka yang sudah dijejali side beam impact. Melalui teknologi ini, sisi samping mobil cukup terproteksi apabila mengalami benturan dari sisi samping. Keberadaan teknologi ini juga sangat mampu untuk meredam benturan yang cukup hebat. Tak hanya rangka, Ertiga juga sudah dipersenjatai dengan kombinasi pengereman ABS dan EDB yang siap memproteksi roda agar tetap aman saat mobil diharuskan melakukan pengereman dadakan.

Selain itu, proteksi pada bagian dalam juga cukup terjaga berkat hadirnya dual airbag di bagian depan. Selain itu, keamanan anak juga telah diperhitungkan dengan hadirnya child prood reart door locks. Pada seri tertingginya, yakni Elegant, Ertiga juga sudah dilengkapi dengan new parking senor yang siap membantu pengemudi dalam melihat blindsport di bagian belakang kendaraan.

Sebagai proteksi keamanan kendaraan, Ertiga juga sudah dilengkapi dengan keyless entry dan immobilizer guna meminimalisir resiko tindak kriminal pada kendaraan.

>>> Baca juga: Ini harga Suzuki Ertiga 2017 terbaru, klik untuk lihat harga dan promosi pada awal tahun

Operasi Suzuki Ertiga 2017

Gambar bagian mesin mobil Suzuki Ertiga 2017 berwarna hitam yang mampu mengeluarkan daya maksimal

Mesin tersebut mampu menampilkan performa maksimal

Bicara tentang sistem operasi Suzuki Ertiga 2017 juga sudah dilengkapi dengan mesin berjenis Variable Valve Timming K14B DOHC 4 Silinder dengan 16 katup. Mesin berkubikasi 1.400 cc ini siap menghasilkan tarikan tenaga yang cukup besar dan halus saat dipacu. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 95 ps padaputaran 6000 rpm. Untuk torsinya sendiri, Ertiga mampu memuntahkan daya puntir hingga 130 Nm pada putaran 4.000 rpm. Soal pengiritan bahan bakar, Ertiga juga sudah dipersenjatai dengan teknologi Multi Point Injection yang siap berikan performa maksimal plus irit dalam pembuangan bahan bakar. Sehingga, mobil ini sendiri rasanya cukup kompetibel dibawa ke medan yang cukup jauh sekalipun tanpa anda harus repot memikirkan pegisian bahan bakar.

Spesifikasi Suzuki Ertiga 2017

Terkait spesifikasi, apa saja yang tersemat pada All New Ertiga? Berikut paparannya. Inilah spesifikasi All New Suzuki Ertiga 2017.

Dimensi Suzuki Ertiga

Panjang x Lebar x Tinggi

4.265 mm x  1,695 mm x  1,685 mm

Ground Clerance

185 mm

Berat Kosong

1.155 kg

Kapasitas Penumpang

7 Orang

Mesin Suzuki Ertiga

Tipe

K14 DOHC VVT

Kapasitas Mesin

1,373  cc

Jenis Bahan Bakar

Bensin

Transmisi

5 Speed Manual & 4 Speed Automatic

Tenaga Maksimum

95 / 6.000 (PS / rpm)

Torsi Maksimum

130/4.000 (Nm / rpm)

Kaki Kaki Suzuki Ertiga

Ban

185/65 R15

Suspensi Depan

McPherson Strut

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Desain eksterior cukup kokoh

Disc

Rem Belakang

Drum

Daftar Harga Suzuki Ertiga 2017

Pecinta Medium MVP pastinya sudah bertanya-tanya berapa harga yang harus dikeluarkan untuk menebus mobil ini. Well, berikut adalah daftar harga dari All New Ertiga 2017.

Tipe mobil

Harga Suzuki Ertiga 2017

Suzuki Ertiga GL 1.4 M/T

Rp 199 Jutaan

Suzuki Ertiga Sporty 1.4 A/T

Rp 214 Jutaan

Suzuki Ertiga GX 1.4 M/T

Rp 208 Jutaan

Suzuki Ertiga GX 1.4 A/T

Rp 220 Jutaan

Suzuki Ertiga Dreza GS-MT

Rp 223 Jutaan

Suzuki Ertiga Dreza GS-AT

Rp 236 Jutaan

Kesimpulan Suzuki Ertiga 2017

Meski berkesan mobil MVP, All New Suzuki Ertiga 2017 merupakan mobil yang cukup kompetibel untuk digunakan anak muda. Mobil yang irit bahan bakar ini juga cukup tangguh untuk melibas berbagai medan berskala menengah maupun jauh. Ruang-ruang yang disediakan pada mobil ini juga sangat mumpuni untuk membawa berbagai jenis barang bawaan yang diperlukan. Setelah membaca tulisan review All New Suzuki Ertiga 2017, apakah Anda tertarik untuk memiliki Ertiga? Segera kunjungi dealer Suzuki terdekat di kota anda.

Heri Susanto
Share this post:

Review lain

Harga Suzuki Jimny 2017: Mini Jip dengan Desain Elegan

Rp 210 Jutaan

17/10/2017

Editor rate:

Di tengah maraknya persaingan MVP dan SUV, Suzuki secara mengejutkan kembali merilis jagoannya di ranah Mini Jeep yakni Jimny. Mobil yang sudah diproduksi sejak tahun 1979 ini dirasa bakal menjadi oase di tengah menjamurnya varian MVP maupun SUV tanah air. Apa yang ditawarkan untuk mini jip ini, silahkan membaca tulisan review Suzuki Jimny 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017: City Car yang Kembali Hadir dengan Mempertahankan Desain Nyentrik

Rp 115.500.000

25/10/2017

Editor rate:

Suzuki banyak meluncurkan katalog anyar guna menyongsong sales di tahun 2017 ini. Setelah meluncurkan berbagai varian dari segmen MPV, SUV dan sedan, pabrikan asal Jepang tersebut juga merilis mobil Low Cost Green Car anyar dalam wujud Suzuki Karimun Wagon R. Karimun sendiri sejatinya bukan nama baru dalam industri otomotif. Pasalnya mobil ini sudah memulai debutnya sejak tahun 1999 lalu. Ada apa dengan versi terbaru ini? Simaklah tulisan review Suzuki Karimun Wagon R 2017 di bawah ini.

Lihat juga

Harga Suzuki Baleno 2017: Hatchback yang Kembali dengan Sentuhan Modern

Rp195.000.000

03/10/2017

Editor rate:

Ditengah ketatnya persaingan otomotif, Suzuki kembali melakukan terobosan dengan memperbaharui varian legendarisnya, Suzuki Baleno. Kesan ekslusif langsung terpancar dari mobil yang kabarnya di import dari India ini. Akankah Baleno bisa merengkuh kesuksesan di pasar otomotif seperti sebelum-sebelumnya?

Lihat juga

Harga Suzuki Ignis 2017, Spesifikasi dan Review Lengkap

Rp. 139.500.00

21/09/2017

Editor rate:

Pada tanggal 17 April 2017, segmen SUV menyambut sebuah anggota baru dari Suzuki yaitu Suzuki Ignis. Seperti apa spesifikasi Suzuki Ignis dan berapa harga Suzuki Ignis 2017 ini? Kini cintamobil akan membahas dengan tulisan review Suzuki Ignis 2017 ini.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis 2020: Ubahan Minor Demi Eksistensi

Rp. 200.000.000

17/04/2020

Editor rate:

Ditengah terpaan virus Corona, PT Suzuki Indomobil Sales luncurkan Ignis terbaru, ia mengalami ubahan minor demi eksistensi, inilah review Suzuki Ignis 2020

Lihat juga