Review All New Kia Sportage 2018

27/10/2018
editor rate: 4,1 user rate: 4,5
Masuk ke Indonesia dan bertarung dengan segmen yang dipenuhi berbagai merek, All New Kia Sportage 2018 menghadirkan pengendaraan yang mumpuni serta kenyamanan SUV premium. Bagaimana Kia Sportage bertarung di segmen ini? Cintamobil.com akan memberikan ulasannya untuk Anda.

PENGANTAR Kia Sportage 2018

Review All New Kia Sportage 2018Kia Sportage merupakan lini produk kompak crossover SUV dari Kia sejak 1993. Jenis mobil Sportage dianggap sebagai kompak SUV di Indonesia dengan tampilan yang lebih kecil. All New Kia Sportage 2018 merupakan generasi keempat dari perkembangan Sportage. Generasi pertama dikembangkan dengan platform basis rekayasa Mazda Bongo. Berbagai komponen dan garis dengan kendaraan Mazda lainnya, kelahiran Sportage terjadi saat aliansi Kia dengan Ford dan Mazda masih terjalin erat.

Gambar yang menunjukan Kia Sportage generasi pertama

Generasi pertama Kia Sportage (1993)

Mendapatkan berbagai perubahan dengan generasi kedua pada tahun 2004 hingga 2010, dan generasi ketiga Kia Sportage diluncurkan pada 2010 hingga 2015, sedangkan generasi keempat adalah versi yang dijual di Indonesia hingga saat ini. Beberapa waktu lalu Kia juga sudah mengumumkan versi facelift dari Kia Sportage yang sudah diluncurkan di Eropa dan berbagai negara lainnya.

Gambar yang menunjukan All New Kia Sportage 2018

Tampilan baru All New Kia Sportage 2018 yang dijual di Indonesia

Namun Cintamobil.com akan memberikan review All New Kia Sportage 2018 yang saat ini masih dijual Kia pada laman web resminya.

EKSTERIOR Kia Sportage 2018

Saat ini, eksterior All New Kia Sportage 2018 hadir dengan tampilan depan yang lebih gagah dan macho dengan gril depan serta garis krom bernada elegan. Ingin tahu bagaimana Kia menawarkan Sportage ke pelanggannya di Indonesia? Mari kita simak penjelasan Cintamobil.com berikut ini.

Review All New Kia Sportage 2018: Eksterior Depan

Gambar yang menunjukan lampu depan All New Kia Sportage 2018Gambar yang menunjukan gril All New Kia Sportage 2018

Tampilan depan All New Kia Sportage 2018 

Tampilan eksterior depan All New Kia Sportage 2018 memiliki dimensi besar dan tampilan depan mewah. Terlihat dari gril khas Kia yang mengandalkan desain krom serta logo Kia tepat di tengah headlamp menyatu dengan gril depan. Kia juga menyoroti penggunaan lampu kabut yang cukup besar dipadu lampu LED di bagian bumper yang terlihat cukup tinggi dengan bagian samping menggunakan lampu sein di spionnya.

Review All New Kia Sportage 2018: Eksterior Samping

Gambar yang menunjukan tampilan samping All New Kia Sportage 2018

Tampilan samping All New Kia Sportage 2018 

Pada bagian samping bisa dilihat bagaimana Kia ingin memberikan desain mulus dengan pelindung ban Alloy wheel 225/60 R17 dan side skirt dengan warna hitam. Eksterior samping All New Kia Sportage 2018 mendapatkan desain garis samping yang tegas dan side roof rack menambah kesan sporty mobil ini.

Review All New Kia Sportage 2018: Eksterior Belakang

Gambar yang menunjukan tampilan belakang All New Kia Sportage 2018

Tampilan belakang All New Kia Sportage 2018 

Anda juga akan menjumpai stop lap berukuran besar ditambah lampu LED pada bagian bawah dan bumper berwarna hitam dop pada eksterior belakang All New Kia Sportage 2018. Handle belakang terletak dibawah lampu LED, disematkan pada emblem Kia. Sedangkan bagian atas disisipi sirip hiu yang berfungsi sebagai radio dan antena GPS.

>>> Baca juga review Kia lainnya di sini

INTERIOR Kia Sportage 2018

Tak jauh berbeda dengan SUV lainnya, interior All New Kia Sportage 2018 dibekali dengan berbagai fitur dan sistem keselamatan premium. Kenyamanan juga diberikan dengan berbagai teknologi kelas atas, seperti perpaduan material plastik dan bahan kulit pada interior yang lebih lega untuk membawa lima orang dewasa.

Review All New Kia Sportage 2018: Dasbor

Gambar yang menunjukan kemudi All New Kia Sportage 2018

Bagian dasbor All New Kia Sportage 2018

Konsep dasbor All New Kia Sportage 2018 mengambil desain fungsional dengan panel multimedia terletak di tengah-tengah untuk memudahkan pengemudi mengaksesnya. Panel multimedia siap memberikan berbagai fitur infotainment, seperti media player, sistem navigasi hingga radio. Tersemat ruang penyimpanan untuk device integrated semacam bluetooth, port USB hingga AUX.

Review All New Kia Sportage 2018: Kemudi

Gambar yang menunjukan kemudi All New Kia Sportage 2018

Bagian kemudi All New Kia Sportage 2018

Fitur steering switch control memberikan kemudahan pada kemudi All New Kia Sportage 2018 untuk mengatur berbagai fitur dari sisi dasbor. Sisi setir juga dilengkapi desain krom serta material leather yang cukup lembut di genggaman. Terlihat panel MID berkonsep analog-digital yang memberikan berbagai informasi terkini seputar kendaraan, mulai dari penggunaan bahan bakar, tekanan ban, hingga jarak tempuh kendaraan.

Review All New Kia Sportage 2018: Kursi

Gambar yang menunjukan kursi All New Kia Sportage 2018

Bagian kursi All New Kia Sportage 2018

Kursi All New Kia Sportage 2018 mampu menampung 5 orang dewasa dengan nyaman dengan material leather yang digunakan di seluruh kursi. Dirasa nyaman dan membuat betah selama perjalanan. Bahkan kursi pengemudi serta kursi penumpang bagian depan juga bisa disesuaikan dengan sliding seat. Ketika hanya mengangkut empat orang, pengemudi di belakang bisa mengaktifkan armrest yang dibenamkan pada baris kedua.

Review All New Kia Sportage 2018: Bagasi

Gambar yang menunjukan bagasi All New Kia Sportage 2018

Bagian bagasi All New Kia Sportage 2018

Layaknya sebuah kompak SUV, bagasi All New Kia Sportage 2018 masih memberikan ruang yang cukup untuk menampung segala kebutuhan ketika bepergian jarak jauh. Namun masalah yang sering ditemui pada mobil jenis ini adalah desain ban yang masuk ke bagian dalam sehingga membuat kapasitas bagasi menjadi berkurang. Namun Anda masih bisa menurunkan kursi baris kedua untuk mendapatkan kapasitas bagasi maksimal.

>>> Mungkin Anda juga tertarik

FITUR Kia Sportage 2018

Dengan harga yang cukup mahal, patutlah jika fitur All New Kia Sportage 2018 dibekali berbagai teknologi terbaru Kia. Beberapa diantaranya yaitu eksterior lampu kilat, spion dengan lampu belok yang bisa dilipat dan otomatis, serta fitur auto defogger. Bagian dalam juga mendapatkan dual AC, kemudi audio control dan panoramic sunroof yang bisa digunakan untuk menikmati perjalanan ke luar kota di jalanan yang asri ketika liburan.

Gambar yang menunjukan fitur infotainment All New Kia Sportage 2018Gambar yang menunjukan fitur All New Kia Sportage 2018Gambar yang menunjukan panoramic roof All New Kia Sportage 2018

Berbagai fitur premium dari All New Kia Sportage 2018

Berbagai sistem hiburan disematkan pada layar infotainment sistem berbasis layar UVO ditambahkan dengan ukuran 12 speaker infinity stereo akan memberikan kenyamanan pengendara dan penumpang dengan hiburan Audio dan Visual berkualitas.

Review All New Kia Sportage 2018: Fitur Keamanan Aktif

Untuk keamanan berkendara, All New Sportage sudah dilengkapi dengan rem Disc Brake di bagian depan dan belakang. Pengereman juga diyakini lebih mudah pada jalan licin dengan fitur ABS yang membuat mobil lebih pakem namun tetap soft. Teknologi mutakhir untuk stabilitas mengemudi maksimum juga diberikan dengan teknologi AWD Kia, memudahkan ketika Sportage menikung di jalanan dengan rangka yang sudah disempurnakan.

Gambar yang menunjukan airbag All New Kia Sportage 2018

All New Kia Sportage sudah memberikan airbag di semua sisi untuk keselamatan penumpang

Dalam penjelasannya, Kia menunjukan bagaimana kekuatan dan keamanan bisa berjalan beriringan. Sportage menggunakan Advanced High Strength Steel (AHSS) ekstensif  yang dikombinasikan dengan desain chassis yang kuat dan proses hot-stamping terpercaya melahirkan Sportage yang paling aman dan tenang hingga saat ini.

>>> 5 Fitur Keselamatan Aktif yang Bisa Anda Temukan Pada Mobil High-End

OPERASI Kia Sportage 2018

Sistem operasi All New Kia Sportage 2018 menggunakan mesin NU 2.0L MPI dengan kapasitas 1.998 cc DOHC berbahan bakar bensin yang mampu mengeluarkan output 155 dk pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi maksimum dijelaskan sebesar 192 Nm pada perputaran 4.000 rpm. Tak perlu khawatir lagi dengan masalah efisiensi bahan bakar, pasalnya pabrikan Korea ini terbukti tangguh dengan konsumsi bahan bakarnya.

Gambar yang menunjukan Mesin All New Kia Sportage 2018

Mesin NU 2.0L MPI milik All New Kia Sportage

Selain itu All New Sportage 2018 juga akan menggunakan 6 kecepatan Automatic serta diklaim memiliki tenaga yang lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan 4 varian Kia Sportage menawarkan mesin yang sama, yaitu mesin seri NU 2.0 MPI Bensin.

spesifikasi Kia Sportage 2018

Melihat tampilan dalam dan luar Sportage, Cintamobil.com menunjukan spesifikasi All New Kia Sportage 2018 yang dikeluarkan oleh Kia.

Dimensi All New Kia Sportage 2018

Panjang x Lebar x Tinggi

4.445 mm x 1.855 mm x 1.655 mm

Jarak Poros Roda

2.640 mm

Jarak Pijak Depan

1.614 mm

Jarak Pijak Belakang

1.615 mm

Kapasitas Tempat Duduk

5 Orang

Mesin All New Kia Sportage 2018

Tipe Mesin

NU 2.0 MPI Bensin

Kapasitas Silinder

1.999 cc

Daya Maksimum

155 dk/6.200 rpm

Torsi Maksimum

192 Nm/4.000 rpm

Transmisi

6-speed Automatic

Sistem Kemudi

Rack and Pinion

Kaki-Kaki All New Kia Sportage 2018

Suspensi Depan

MacPherson Type with Coil Spring & Gas Shock Absorber

Suspensi Belakang

Multi-Link with Gas Shock Absorber

Rem Depan/Belakang

Disc Brake

Ban

Alloy Wheel 225/60R17

>>> Klik sini untuk simak spesifikasi mobil Kia lainnya

kelebihan & kekurangan Kia Sportage 2018

Segmen SUV menjadi salah satu segmen paling sibuk beberapa waktu belakangan. Dibandingkan kompetitornya, berikut Cintamobil.com berikan kelebihan dan kekurangan All New Kia Sportage 2018 yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar gagah dengan desain sporty

Kompak SUV tidak memberikan kapasitas bagasi yang besar

Interior menjanjikan kenyamanan berkendara khas SUV premium

Tenaga kurang besar dibandingkan kompetitor

Dipenuhi berbagai sistem keselamatan mumpuni

 

Ada panoramic roof untuk berkendara keluar kota

 

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak kelebihan dan kekurangan terlengkap dari mobil lainnya

daftar harga Kia Sportage 2018

Ada empat varian yang diberikan oleh Kia pada Sportage. Harga All New Kia Sportage 2018 yang sudah dijual di Indonesia yaitu,

Model

Harga

All New Kia Sportage 2.0 AT Ex Diesel

Rp 430.000.000

All New Kia Sportage QL 2.0 AT

Rp 400.000.000

All New Kia Sportage QL 2.0 GT

Rp 450.000.000

All New Kia Sportage GT Ultimate

Rp 485.000.000

Video Kia Sportage 2018

Dengan semua fitur terbaru yang diberikan oleh Kia, berikut video All New Kia Sportage 2018 yang telah ditampilkan Kia beberapa waktu lalu.

KESIMPULAN Kia Sportage 2018

Gambar yang menunjukan pengendaraan All New Kia Sportage 2018

All New Kia Sportage cocok untuk mereka yang bergaya sporty

Jika dibandingkan dengan kendaraan SUV premium lain di Indonesia, Kia Sportage bisa disebut masih belum memiliki perlengkapan tempur yang mumpuni untuk mengarungi segmen SUV di Tanah Air. Namun jika Anda menginginkan kendaraan yang memberikan kenyamanan kelas atas dan SUV kompak bergaya sporty untuk membawa keluarga bertamasya keluar kota, All New Kia Sportage 2018 bisa menjadi salah satu pilihan untuk garasi Anda.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Padli Nurdin
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

Cari review mobil