Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

16/04/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,5
Kehadiran All-New BMW X5 ini memang bertepatan dengan 20 tahun kehadiran SUV premium BMW X5. Kami pun berkesempatan untuk merasakan impresi pertama pada medium premium SUV andalan BMW ini. Bagaimana hasilnya? Simak review-nya berikut ini.

PENGANTAR BMW X5 2019

Review All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 201920 tahun lamanya, BMW berhasil mempertahankan tahtanya sebagai penguasa di kelas medium premium SUV di dunia lewat model X5. BMW pun sukses mempertahankan sosok Sport Activity Vehicle (sebutan BMW untuk model SUV mereka) mereka dengan tampilan, karakter dan kualitas rancang bangun layaknya sebuah SUV yang sporty dan dinamis. Hal tersebut kembali mereka pertegas lewat kehadiran generasi keempat dari BMW X5, yang baru saja diperkenalkan ke publik Indonesia baru-baru ini. Lewat All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019, BMW siap untuk kembali mempertahankan tahta di kelas medium premium SUV di dunia, khususnya di Indonesia.

Foto jajaran redaksi BMW Indonesia sedang presentasi tentang All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 siap mengulangi sukses generasi pertamanya yang hadir 20 tahun lalu

Seperti beberapa model BMW X-series lainnya, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 juga sudah dirakit di fasilitas BMW Production Network 2 yang terletak di Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara. BMW Indonesia hanya meluncurkan satu varian, yakni BMW X5 xDrive40i xLine 2019 yang merupakan varian flagship di jajaran All-New BMW X5. Seperti apa impresi awal kami terhadap All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019? Simak ulasan review All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 yang Cintamobil.com hadirkan khusus untuk Anda!

EKSTERIOR BMW X5 2019

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Tampak Depan

Impresi pertama kali saat melihat sosok All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 adalah dimensinya yang memang lebih bongsor dari generasi sebelumnya. wheelbase 42 mm lebih panjang dari pendahulunya (menjadi 2.975 mm), panjangnya juga lebih melar hingga 36 mm (menjadi 4.922 mm), lebih lebar 66 mm (menjadi 2.004 mm) dan lebih tinggi tinggi 19 mm (menjadi 1.745 mm). dengan dimensi lebih besar, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 tampak sekali ingin memanjakan pengemudi dan penumpangnya, sekaligus tanpa berkompromi terhadap kepraktisan saat membawa barang.

Foto All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 tampak frontal depan

BMW Laserlight hadir di All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 demi pencahayaan lebih optimal

Selain itu, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 juga mengaplikasi Adaptive LED pada lampu depan yang bergaya twin circular headlights dengan bentuk hexagonal ini. Namun kini, BMW menambahkan fitur BMW Laserlight dengan Selective Beam yang diklaim mampu mengoptimalkan fungsi lampu jauh dengan memberikan pecahayaan lebih baik hingga jarak 500 meter. Sisi estetikanya juga dioptimalkan lewat elemen berbentuk X warna biru, yang membagi sumber cahaya heksagonal di dalam lampu depan, sehingga memberikan efek visual yang khas.

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Tampak Samping

foto All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 tampak frontal samping

Tampilan samping lebih berkarakter dengan side fender vent yang kini berukuran lebih besar

Pada bagian samping, tubuh All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 yang bongsor seakan dipahat dengan permainan desain yang tajam pada bagian tengah pintu, fender depan dan belakang serta side skirt, sehingga mampu memberikan siluet tubuh yang lebih sporty. Selain itu, side fender vent yang lebih besar dan memanjang hingga ke bagian depan side skirt mampu memberikan efek tampilan agresif yang semakin kental.

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Tampak Belakang

Foto pelek dan tampak belakang All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

Pelek light alloy berukuran 20 inci dengan finishing Desain ‘L’ pada garis lampu LED yang mewakili interpretasi modern 

Pada bagian belakang, tampilan sculptured 3D LED khas BMW kini lebih melebar dan pipih, ditambah bentuk ‘L’ pada garis lampu LED yang mewakili interpretasi modern dari grafis lampu belakang yang sangat khas dari model BMW X. Fitur Comfort Access System dengan Automatic Operation of Tailgate kini dioptimalkan pada bagasi All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 yang menganut konstruksi two-piece, sehingga mampu membuka secara otomatis pada bagasi bagian atas dan bawah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

 

INTERIOR BMW X5 2019

Desain interior premium yang ergonomis dan sekaligus sporty terpancarkan ketika masuk ke dalam All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019. Penggunaan kulit perforated Vernasca terasa sangat nyaman untuk disentuh. Selain itu, BMW juga melengkapi nuansa interior dengan panel kayu berwarna anthracite brown di dasbor dan door trim yang membuat kesan premium semakin terasa. Atap kaca pada Panorama glass roof kini hadir dengan dimensi 30% lebih besar, plus ditambah dengan fitur Ambient Light dengan 11 pilihan kombinasi warna. Uniknya, dengan fitur Dynamic Interior Light, ambient light ini akan mengedip ketika salah satu pintu terbuka dan mesin dalam keadaan hidup, sehingga membuat pengemudi dan penumpang lebih waspada. 

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Jok

Foto jok depan All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

Jok depan yang nyaman dan membuat betah berlama-lama di dalam All-New BMW X5 xDrive40i xLine

Aspek kenyamanan lebih mendominasi ketika duduk di jok All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019. Terlebih dengan kehadiran thigh support yang dapat diatur secara elektrik, membuat pengemudi dengan postur tubuh tinggi menjadi lebih nyaman. Dengan postur tubuh penulis yang bongsor sekalipun, tetap nyaman dalam dekapan jok. Dimensi lumbar support juga terasa pas, sehingga tetap mampu menyangga tubuh ketika bermanuver sekaligus tetap nyaman ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Pada jok belakang juga mampu memberikan kenyamanan optimal dengan posisi duduk yang tak terlalu lega. Ketersediaan leg dan head room juga melimpah, bahkan untuk penumpang dengan postur tinggi di atas 170 cm sekalipun. Lapisan kulit perforated Vernasca dengan karekter soft leather juga terbukti nyaman ketika tersentuh tangan.

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Dasbor dan setir

Pada bagian dasbor, memang kental dengan nuansa digitalisasi dan menjadi salah satu bagian dari BMW Live Cockpit Professional. Namun aspek fungsionalitas pada panel instrument tetap optimal dan mudah dijangkau baik dari sisi pengemudi atau penumpang depan. Dasbor juga dilapisi dengan soft leather sehingga nyaman ketika disentuh. Desain dasbor memang begitu sporty dengan lay-out kolom panel serta grille AC yang lebih pipih dan tajam.

Foto dasbor dan setir All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

Dasbor dan setir lebih sporty dengan fitur BMW Live Cockpit Professional

Sementara pada setir tetap terasa sporty dengan material sport leather yang lebih tebal namun tetap nyaman untuk digenggam. Desain three spoke pada setir memang sangat populer di setiap model BMW, namun pada All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 terlihat lebih minimalis dan elegan. Penempatan steering audio control juga semakin mudah dan nyaman untuk dioperasikan dengan menggunakan jari tangan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

FITUR BMW X5 2019

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Fitur berkendara

BMW menghadirkan All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 dengan dua kemampuan, berkendara di medan off-road maupun di medan aspal. Untuk mengakomodir kemampuan tersebut, BMW melengkapinya dengan kemampuan untuk off-road lewat aplikasi Adaptive 2-axle air suspension, yang mempu memberikan pengaturan ketinggian suspensi hingga mencapai 80 mm, sehingga total ground clearance mencapai 214 mm. Selain itu, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 juga memiliki kemampuan melewati genangan air (wading depth) hingga setinggi 500 mm, breakover angle di angka 20.2 derajat, serta approach & departure angle yang mencapai 25.2 derajat dan 22.3 derajat.

Gambar menunjukkan fitur berkendara All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

Kemampuan off-road pada All-New BMW X5 xDrivve40i xLine lebih mumpuni berkat pengaturan Adaptive 2-axle air suspension & Driving Dynamic Control

BMW juga menyematkan serangkaian teknologi canggih yang memungkinkan kedinamisan berkendara tetap terasa. Mulai dari penggunaan Variable Sport Steering yang membuat kemudi lebih presisi dan dinamis, dipadukan dengan mode berkendara Driving Dynamic Control yang memiliki settingan berbeda sesuai input Vertical Dynamic Control, dan Dynamic Traction Control untuk memaksimalkan kenyamanan berkendara jarak jauh tetap terjaga. Saat melakukan manuver turun pun sudah tersedia tombol Hill Descent Control untuk menjaga mobil tetap aman saat menurun melewati jalanan licin.

Untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi, BMW menghadirkan teknologi seperti Park Distance Control (PDC) dan Parking Assistant yang memungkinkan mobil bisa parkir paralel atau seri secara otomatis tanpa intervensi pengemudi. Sisi visual ke area belakang pun dipermudah saat parkir karena adanya fitur Rear Parking Camera.

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Fitur keselamatan

Pengemudi dan penumpang  akan merasa aman berada di dalam mobil All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 karena dukungan sistem keselamatan canggih seperti front airbags (driver & front passenger), curtain head airbags, side airbags, Dynamic Braking Lights, Dynamic Stability Control (DSC) incl. traction mode (DTC), Anti-lock Braking System (ABS), Cornering Brake Control (CBC), pullaway assistant, braking readiness, dry braking, dan fading compensation. Selain itu semua jok memiliki sistem seatbelt 3 titik, dimana jok belakang diberikan tambahan berupa isofix, dan masih banyak lagi teknologi keselamatan berkendara lainnya.

Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Fitur Hiburan & Kenyamanan

All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 sudah mengaplikasi fitur BMW Live Cockpit Professional dengan penggunaan Control Display dan pada cluster instrumen yang sepenuhnya digital dan dengan resolusi tinggi. Selain itu juga tersedia layar multimedia dengan ukuran 12,3 inci, yang dilengkapi dengan BMW Operating System 7.0, yang dapat dikustomisasi layaknya smartphone. Interaksi multimedial yang intuitif juga ditingkatkan dengan kemampuan memilih antara touch control menggunakan Control Display, iDrive Touch Controller, tombol kontrol pada setir, voice control, atau BMW gesture control, tergantung kebutuhan pengemudi.

Foto layar multimedia pada All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

Layar multimedia dengan ukuran 12,3 inci sudah dilengkapi dengan BMW Operating System 7.0

Selain itu, fitur Voice control hadir dengan fitur “Hey, BMW” yang dapat mengatur beberapa fungsi seperti mengatur temperatur A/C ataupun mengganti warna Ambient light. Elemen lain dari BMW Live Cockpit Professional adalah sistem navigasi adaptif, sistem multimedia berbasis hard-drive dengan memori 20 GB dan dua port USB, plus interface Bluetooth dan WiFi. BMW HiFi loudspeaker system dengan 10 speaker dan amplifier berkemampuan 205 watt juga menjadi kelengkapan standar. Untuk penumpang belakang, tersedia rear-seat entertainment Professional dengan layar sentuh berukuran 10.2 inci yang dapat disesuaikan anglenya dengan kemampuan BluRay drive dan koneksi HDMI.

Gambar menunjukkan Foto Panorama roof pada All-New BMW X5 xDrive40i xLine

Panorama glass roof kini hadir dengan dimensi 30% lebih besar

Agar kenikmatan saat berkendara semakin terasa nyata, BMW menghadirkan fitur Panorama Glass Roof yang beperan penting memberikan asupan udara segar dan cahaya ke tubuh saat berkendara. Dimensi Panorama Glass Roof dibuat lebih besar 30% dibanding generasi sebelumnya.

>>> Keindahan Edisi Spesial BMW M850i xDrive Coupé First Edition yang Dibuat Terbatas

OPERASI BMW X5 2019

Pada bagian mesin, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 menggunakan mesin 6 silinder segaris dengan fitur twin-sroll turbocharger sekaligus teknologi variable valve timing Valvetronic dengan Double VANOS. Sehingga, mampu mennyemburkan tenaga maksimal sebesar 340 hp pada rentang 5.500 - 6.500 rpm, dan torsi puncak 450 Nm, yang tersedia mulai dari 1.500 - 5.200 rpm. Menurut klaim, akselerasi 0-100 km/jam dapat dilakukan dalam waktu 5,5 detik. Performa yang cukup impresif tersebut disalurkan  lewat penggunaan transmisi otomatis Sport Steptronic 8-percepatan lengkap dengan paddle shift.

Gambar menunjukkan Foto mesin All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019

Performa mesin All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 yang meningkat signifikan dari generasi sebelumnya

Secara rasa berkendara, All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 terasa cukup effortless dalam hal akselerasi di jalanan urban. Tidak terasa upaya yang besar dilakukan oleh mesin untuk meraih kecepatan yang diinginkan. Bantingan suspensi mobil ini juga cenderung berkarakter nyaman (kecuali saat memasuki mode Sport), sehingga saat melewati jalanan dengan alur aspal tidak rata cenderung tidak terasa secara signifikan oleh tubuh.

Saat bermanuver pun masih tergolong firm dan mudah dikendalikan, meskipun secara dimensi perlu diperhatikan karena mobil ini panjang dan bongsor. Efeknya sebisa mungkin pilih jalanan yang dilalui bukan jalanan kecil agar masih dilewati oleh mobil ini. Kalau terjebak, bisa memanfaatkan fitur Reversing Assistant yang membuat mobil bisa mundur secara otomatis sejauh 50 meter mengikuti alur gerak kemudi sebelumnya. Dan saat berkendara off-road, sangat direkomendasikan untuk setting Adaptive 2-axle air suspension ke dalam level tertinggi, agar lebih mudah saat melewati jalanan medan tidak rata.

>>> Bocoran ‘Orang Dalam’ Ungkap Level Performa BMW M3 2020

spesifikasi BMW X5 2019

Mari kita simak spesifikasi All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 pada tabel di bawah ini.

Dimensi/ Ukuran All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

P x L x T

4.922/2.218/1.6745 mm

Jarak poros roda

2.945mm

Ground Clearance

214 mm

Luas Bagasi

645 liter (1860 liter jika kursi belakang terlipat)

Mesin All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

Jenis

3.0-liter, BMW TwinPower Turbo mesin 6 silinder segaris, twin-sroll turbocharger dengan Valvetronic, Double VANOS, High Precision Injection

Isi silinder

2,998 cc

Daya maksimum

340 hp @ 5.500 - 6.500 rpm

Torsi maksimum

450 Nm @ 1.500 - 5.200 rpm

Transmisi

transmisi otomatis steptronic 8-percepatan

Kaki-Kaki All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019

Suspensi depan

Independent Double Wishbones

Suspensi belakang

Multilink

Rem depan

ventilated disc brakes (348 mm rotor)

Rem belakang

ventilated disc brakes (320 mm rotor)

Pelek

20 inci V-spoke style 738, Bicolour Ferric Grey

 

kelebihan & kekurangan BMW X5 2019

Berikut kelebihan dan kekurangan All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 yang bisa Anda simak di tabel berikut ini.

Kelebihan

Kekurangan

Sebuah medium premium SUV dengan karakter yang sporty khas BMW

Harga off-the-road hampir mencapai Rp1,5 miliar

Fitur canggih terkini yang berlimpah

Kemampuan off-road tidak sekuat SUV "murni untuk off-road"

Performa yang mumpuni dengan karakter pengendaraan dinamis khas BMW

 

daftar harga BMW X5 2019

All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 akan tersedia di semua diler resmi BMW Indonesia mulai 12 April 2019 dan akan ditawarkan dengan harga Rp. 1.489.000.000, - off-the-road. Harga tersebut sudah termasuk  BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km (tergantung mana lebih dulu), garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh, serta BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% (syarat ketentuan berlaku).

Foto All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 berwarna putih saat launching

All-New BMW X5 xDrive 40i xLine 2019 saat launching diperkenalkan oleh jajaran direksi dan brand ambassador BMW, Hamish Daud.

>>> Update harga BMW terkini hanya di Cintamobil.com

Video BMW X5 2019

KESIMPULAN BMW X5 2019

Jika Anda sedang mencari sebuah SUV premium dengan karakter sporty plus kualitas terbaik, mungkin All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 bisa menjadi jawaban Anda. Dengan fitur canggih terkini, kualitas interior, performa mumpuni, aspek fun to drive khas BMW serta kemampuan off-road semakin baik, kami rasa tak sulit bagi All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019 untuk mengulangi sukses seperti pada generasi pertama BMW X5 yang hadir 20 tahun lalu.

>>> Simak review mobil keren lainnya hanya di Cintamobil.com

 

Pratomo FJ
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil