Review Alfa Romeo Giulia 2019

23/10/2018

Share this post:

Alfa Romeo Giulia 2019

Editor rate:

Daftar Harga Mobil Alfa Romeo Giulia Terbaru Lihat promo

Pabrikan asal Italia yakni Alfa Romeo yang sudah berkiprah dari tahun 2010, nampak sedang sibuk dengan produk barunya yakni Giulia. Perkenalannya sejak tahun 2015 silam, kini sedang disiapkan dengan banyak hal baru untuk menantang kompetitor lamanya yakni Audi, BMW dan Mercedes-Benz. Apakah model ini patut untuk kita miliki? Simak ulasannya dalam review Alfa Romeo Giulia 2019.

Review Alfa Romeo Giulia 2019
Review Alfa Romeo Giulia 2019
0 Gambar

Pengantar Alfa Romeo Giulia 2019

Mari kita simak spesifikasi Alfa Romeo Giulia 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior khususnya pada sisi Front Grille mampu memberi warna agresif dari keseluruhan bodinya yang elegan

Fitur keselamatan cukup canggih yang bahkan sudah menjadi kelengkapan standar

Performa mesin cukup membanggakan dengan 2.9 Liter V6

Fitur interior cukup beragama dan sangat mudah dioperasikan

Kekurangan

Ruang bagasi masih terlihat sama dengan kompetitornya

Tersedia banyak sekali fitur opsional yang membutuhkan biaya tambahan

Transmisi manual hanya bisa dirasakan untuk pasar Eropa saja

Review Alfa Romeo Giulia 2019 - Rancangan desain Giulia dimulai oleh satu tim yang dipunggawai oleh dua desainer ternama yakni Marco Tencone dan Andrea Loi. Siluet bodinya yang anggun namun garang akhirnya pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015 lalu di acara Muaro Storico, Italia. Tak disengaja pula, peluncurannya beriringan dengan hari jadi Alfa Romeo ke 105. Bahkan, pabrikan ternama satu ini mematok Giulia sebagai pesaing utama dari Audi, BMW dan Mercedes-Benz. Sebagai penanda kesungguhannya, Alfa Romeo juga memperbarui logo kebanggaannya sebagai kesungguhan dari visi masa depannya.

Cuplikan singkat dari desainer Alfa Romeo Giulia

Ditargetkan, Alfa Romeo Giulia mampu terjual sebanyak 400.000 unit hingga akhir tahun 2018. Untuk memuluskan tujuannya, Giulia diberikan beberapa sentuhan baru seperti peluncuran versi NRING di acara Geneva Motor Show 2018 serta paket bodi kit Nero Edizione yang dihadirkan pada momen akbar, New York International Auto Show 2018.

Alfa Romeo Giulia NRING diperkenalkan di acara New York International Auto Show 2018

Sosok Alfa Romeo Giulia NRING yang diperkenalkan belum lama ini

Adapun dari informasi yang kami dapat, di tahun mendatang Alfa Romeo Giulia akan mendapatkan teknologi baru khususnya pada performa mesin serta fitur interiornya. Perlu Anda ketahui sebelumnya, model satu ini menawarkan beberapa pilihan varian yakni Giulia, Giulia Sport, Ti, Ti Sport, Ti Lusso dan Quadrifoglio. Khusus pada review kali ini Cintamobil.com akan membahas varian tertingginya, Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio. Seperti apa sosoknya? Menjawab hal tersebut, mari kita simak bersama dalam review Alfa Romeo Giulia 2019.

Alfa Romeo Giulia 2019 tampil dengan desain menarik yang dipastikan dapat mencuri banyak perhatian

Alfa Romeo Giulia 2019 yang akan dibahas di artikel kali ini

Mobil Baru Populer

Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta

Eksterior Alfa Romeo Giulia 2019

Racikan desain eksterior Alfa Romeo Giulia 2019 sangatlah proporsional. Di satu sisi, Ia terlihat agresif seakan ingin melepaskan sisi buasnya dan di sisi lain, Ia tampak anggun dan elegan.

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Eksterior Depan

Sisi depannya menerapkan Grille yang berbeda daripada mobil sedan pada umumnya. Giulia menerapkan desain Grille mirip siluet hidung dengan latar Honey Comb berkelir hitam dan logo terbarunya. Lampunya juga dibuat menyipit mirip mata yang dipadukan dengan konfigurasi Bi-Xenon Adaptive Lights. Adaptive disini memiliki fungsi bahwa lampu utamanya bisa menyesuaikan intensitas cahaya sesuai keadaan sekitar. Sehingga, Anda dapat merasakan sensasi berkendara yang praktis dan futuristik.

Eksterior depan Alfa Romeo Giulia 2019 menghadirkan siluet desain yang agresif dan elegan

Eksterior depan Alfa Romeo Giulia 2019 sudah dilengkapi dengan lampu Bi-Xenon

Menariknya lagi, Front Splitter pada fascia depannya mampu terbuka secara otomatis ketika melaju di kecepatan 120 Km/Jam. Hal ini tentu dapat meminimalisir turbulensi udara pada sisi depan dan menyalurkannya ke sisi belakang sehingga kecepatannya yang diperoleh dapat meningkat.

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Eksterior Samping

Sisi sampingnya juga diberikan sentuhan atletis khas sedan yang nampak dari guratan tegas pada bodinya. Adapun roda kemudinya dibekali Pirelli P-Zero Corsa berukuran 19 inci yang dihias apik dengan rem High Performance Brembo. Selain menyuguhkan sensasi lebih sporty, rem Brembo memang dikenal sangat mumpuni untuk mobil-mobil bertaraf Premium High Class layaknya pada Alfa Romeo Giulia 2019 ini.

Eksterior samping Alfa Romeo Giulia 2019 juga menyuguhkan rem brembo High Perfomance untuk menunjang pesan sporty-nya

Eksterior samping Alfa Romeo Giulia 2019 menggunakan ban berukuran 19 inci dipadu siluet bodi mengesankan

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Eksterior Belakang

Merambah ke sektor buritannya, tersedia hal menarik khusus pada varian Quadrifoglio. Pasalnya, sisi knalpotnya menggunakan dua mode suara yang bisa Anda atur secara otomatis. Sementara itu, performa aerodinamis juga ditampilkan pada fitur Trunk Spoiler yang menggunakan bahan ringan Carbon. Sama seperti pada atap dan kap mesinnya yang menerapkan material serupa. Tentu sesuai konsepnya, semakin ringan kendaraan semakin meningkat pula kecepatannya.

Eksterior belakang Alfa Romeo Giulia 2019 menghadirkan knalpot canggih yang bisa menyuguhkan dua mode suara

Eksterior belakang Alfa Romeo Giulia 2019 hadir dengan Trunk Spoiler yang dibekali bahan Carbon

>>> Baca juga:


Interior Alfa Romeo Giulia 2019

Ruang kabin interior Alfa Romeo Giulia 2019 dirancang khusus oleh desainer interior bernama Inna Kondakova dan Manuele Amprimo. Memang, pada versi barunya ini tersedia hal menarik dibanding model sebelumnya.

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Dashboard

Ubahan paling baru terletak pada panel Head Unit-nya yang kini dikemas lebih lebar di angka 8,8 inci. Adapun panel audio tersebut sudah didukung dengan format terbaru sekelas Apple CarPlay serta Android Auto. Memang, jika menilik teknologi masa kini, kebutuhan musik sudah sangat bergantung kepada Gadget yakni Android maupun Apple. Lewat perubahan ini, pengendara dapat mendengarkan musik favorit yang tersambung dengan Gadget-nya.

Dashboard Alfa Romeo Giulia 2019 tampil dengan tatanan yang ergonomis sehingga mudah bagi pengendara untuk mengakses segala fiturnya

Dashboard Alfa Romeo Giulia 2019 juga menampilkan kesan elegan dengan fitur-fitur lengkap

Dashboardnya sendiri ditawarkan ke dalam dua pilihan trim yakni Sport dan Luxury. Ketiganya merupakan fitur opsional yang membutuhkan biaya tambahan untuk diaplikasikan. Pada interior trim Sport, tampilan dashboardnya nampak makin elegan dengan penambahan aksen aluminium di beberapa sisinya. Sedangkan pada Luxury, dashboardnya tampil ciamik lewat hadirnya perpaduan material kulit Premium serta aksen kayu sebagai penegas pesan mewahnya.

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Setir

Jika diamati lebih detail, desain setirnya cukup mirip dengan BMW yang mengusung palang tiga dengan konsep serupa. Hanya saja, setir Giulia dikemas lebih ramping dan tegas daripada milik BMW yang lebih menonjol ke unsur elegan. Adapun model satu ini mendapat balutan bahan kulit serta tombol praktis di kedua sisi sampingnya. Tombol tersebut memberikan fungsi menarik bagi Anda seperti pengaturan audio, pengaktifan teknologi Cruise Control serta konektivitas telepon.

Setir Alfa Romeo Giulia 2019 hadirkan teknologi Cruise Control, konektivitas dan tombol menarik lainnya

Setir Alfa Romeo Giulia 2019 menghadirkan berbagai tombol multifungsi

Menariknya lagi, Anda juga bisa menambah fitur Paddle Shift secara terpisah pada trim Performance. Seperti yang sudah kita ketahui, fitur tersebut mampu memberikan sensasi ala Racing F1 dalam proses memindahkan gigi hanya dengan menekan tuas di balik setirnya.

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Kursi

Kapasitas kursinya mampu menampung hingga empat orang sekaligus. Namun sayangnya, ruang kaki pada kursi belakang terbilang cukup sempit untuk orang dewasa. Meski begitu, kami masih memberikan apresiasi terhadap kenyamanan kursinya yang notabene adalah kursi terbaik di kelasnya. Aspek kenyamanan lagi juga didapati pada tiap-tiap kursinya yang sudah didukung fitur pemanas. Untuk negara bercuaca dingin, fitur tersebut sangatlah bermanfaat namun kurang aplikatif untuk Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Kursi Alfa Romeo Giulia 2019 mampu menampung hingga lima orang sekaligus

Kursi Alfa Romeo Giulia 2019 juga sudah dirancang dengan tampilan Premium

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Ruang Bagasi

Kapasitas bagasi Giulia tidak jauh berbeda dengan kompetitornya seperti Audi maupun BMW. Di atas kertas, ruang bagasinya memiliki kapasitas 368 Liter. Bagi Anda yang membutuhkan ruang lebih, Anda bisa melipat kursi belakangnya secara 60/40-Split Folding.

Ruang Bagasi Alfa Romeo Giulia 2019 mampu menampung berbagai barang kebutuhan Anda

Ruang bagasi Alfa Romeo Giulia 2019 tak berbeda jauh dengan kompetitornya

>>> Artikel terkait:

Fitur Alfa Romeo Giulia 2019

Salah satu hal paling menarik menurut kami terletak pada fitur Alfa Romeo Giulia 2019. Mengapa begitu?

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Fitur Keselamatan

Ya, semua teknologi keselamatan canggih kini sudah menjadi komponen standarnya. Bayangkan saja, teknologi Forward Collision Warning (FCW), Autonomous Emergency Brake (AEB), Integrated Brake System (IBS) dan Lane Departure Warning (LDW). Menariknya, teknologi yang disebutkan bukan hanya berfokus pada keselamatan pengendara saja namun juga pengendara lain maupun pejalan kaki. Racikan tersebut nyatanya berhasil mencatatkan hasil lima bintang pada EuroNCAP di tahun 2016. Lebih daripada itu, setahun berselang Giulia dinobatkan sebagai 'Top Safety Pick+’ oleh IIHS. Bisa dibayangkan bukan, betapa amannya kendaraan ini yang sudah menorehkan rekor di tes uji kelayakan Eropa.

Fitur Keselamatan Alfa Romeo Giulia 2019 tampil cukup canggih di beberapa aspeknya

Fitur keselamatan Alfa Romeo Giulia 2019 tampil lengkap untuk menunjang performanya di jalanan kota

Review Alfa Romeo Giulia 2019: Fitur Hiburan

Meski ruang interiornya menyuguhkan berbagai fitur menarik namun kami cukup mengapresiasi cara penempatannya. Semua terlihat cukup informatif dan mudah untuk dioperasikan. Pada sisi dashboard misalnya, fitur penyejuk Climate Control sudah didukung tiga mode manual dan konfigurasi otomatis. Tak lupa, panel Head Unit berukuran 8,8 inci juga siap menghibur Anda dengan sajian musik berkualitas. Pengoperasiannya juga disajikan cukup mudah berkat didukungnya format modern seperti Android Auto maupun Apple CarPlay.

Fitur hiburan Alfa Romeo Giulia 2019 juga menghadirkan desain elegan terutama pada sisi Console tengah yang dilapis aksen krom mengilap

Fitur hiburan Alfa Romeo Giulia 2019 juga bukan hanya tampil mumpuni dalam fungsi namun juga desain yang memanjakan mata

>>> Bandingkan juga dengan model sedan menarik lainnya dengan klik tautan ini

Operasi Alfa Romeo Giulia 2019

Sejatinya, operasi mesin Alfa Romeo Giulia 2019 terbagi menjadi dua yakni 2.0 Liter dan 2.9 Liter V6. Tenaga paling mumpuni hanya dimiliki oleh varian Giulia Quadrifoglio yang memboyong mesin 2.9 Liter V6 dengan perolehan daya maksimum dia angka 550 HP dan torsi puncak sebesar 443 lb.ft. Adapun transmisinya yang digunakan adalah 8 tingkat percepatan otomatis atau 6 tingkat percepatan manual. Namun sayangnya, mode manual hanya bisa dinikmati untuk pasar Eropa saja.

Operasi Mesin Alfa Romeo Giulia 2019 mampu menghasilkan daya maksimum hingga 550 HP

Operasi mesin Alfa Romeo Giulia 2019 menggunakan kapasitas 2.9 Liter V6 khususnya pada varian Quadrifoglio

>>> Jika Anda mencari sedan untuk modifikasi, kami memiliki rekomendasi terbaik yakni Honda Accord 2003

Spesifikasi Alfa Romeo Giulia 2019

Supaya Anda semakin mengenal segala hal detail tentangnya, berikut tersedia informasi mengenai spesifikasi Alfa Romeo Giulia 2019.

SPESIFIKASI ALFA ROMEO GIULIA 2019

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.635 mm x 1.872 mm x 1.435 mm

Jarak Poros Roda

2.819 mm

Berat Kosong

3.521 Kg

MESIN

Tipe Mesin

2.9 Liter Twin Turbo V6

Kapasitas Silinder

2.900 cc

Daya Maksimum

505 HP / 6.500 Rpm

Torsi Maksimum

443 Lb.ft / 2.500 Rpm

Sistem Transmisi

8 Tingkat Percepatan Otomatis 8HP-50 / 6 Tingkat Percepatan Manual (Eropa)

Mode Penggerak

Rear Wheel Drive (RWD)

HANDLING

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link

Rem

Brembo 4-Wheel Disc

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Ukuran Ban

285/30 YR19

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Direct Injection

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

58 Liter

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Perkotaan

10 Km/Liter

Daftar Harga Alfa Romeo Giulia 2019

Lalu berapa harga untuk meminang mobil ini? Sebagai informasi saja, Cintamobil.com mengambil daftar harga Alfa Romeo Giulia 2019 yang sudah dipasarkan secara resmi di Amerika.

TIPE MOBIL

HARGA ALFA ROMEO GIULIA 2019

(Amerika)

HASIL KONVERSI DOLLAR KE RUPIAH

(Dibulatkan)

Alfa Romeo Giulia 2019

$38.195 - $40.195

IDR. 579 jutaan – IDR. 609 jutaan

Alfa Romeo Giulia Ti 2019

$40.195 - $42.195

IDR. 609 jutaan – IDR. 640 jutaan

Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio 2019

$73.700

IDR. 1.118.000.000

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga resmi dari negara Amerika
  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja
  • Jika model ini hendak dirilis di Indonesia, maka akan ada kenaikan harga seperti biaya perizinan, impor serta pertimbangan khusus dari perusahaan otomotif terkait

Kesimpulan Alfa Romeo Giulia 2019

Alfa Romeo Giulia adalah salah satu produk unggulan pabrikan asal Italia yang disiapkan untuk menantang BMW, Audi dan Mercedes-Benz. Dibanding kompetitor, Giulia memang lihai dalam merancang desain eksterior yang cukup Eye-Catching dipenuhi unsur agresif serta elegan. Sisi ikoniknya masih terasa kental dari desain Front Grille khas Alfa Romeo. Namun, apakah produk ini siap diterima baik oleh masyarakat internasional? Kita tunggu saja kabarnya di tahun mendatang sobat.

Bagaimana pendapat Anda tentang mobil ini? Apakah Alfa Romeo Giulia 2019 Indonesia patut Anda tunggu? Kita tunggu saja kabar dari PT. Garansindo Distributor Indonesia (GDI) yang memboyong nama Alfa Romeo Indonesia.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Franky Pratama
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top