Preview Toyota C-HR EV 2019, Calon Mobil Listrik Terasyik Di Dunia?

14/05/2019
editor rate: 4,8 user rate: 4,5
Inilah calon mobil listrik terasyik di dunia. Kami enggak asal bicara, karena mobil-mobil Toyota yang berbasis TNGA (Toyota New Global Architecture) rata-rata memang punya kedinamisan berkendara diatas rata-rata produk Toyota lainnya. Lantas, apakah Toyota C-HR EV 2019 alias Electric Vehicle ini mampu menjadi mobil Toyota full elektrik terasyik di muka bumi?

PENGANTAR Toyota C-HR 2019

Tampak Toyota C-HR EV dan Toyota IZOA EV

Toyota C-HR EV dan saudara kembarnya IZOA diperkenalkan di Shanghai Motor Show 2019

Preview Toyota C-HR EV 2019 - Masa depan adalah eranya mobil listrik, dan itu adalah fakta yang tak terbantahkan. Kini hampir semua pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan mobil bertenaga listrik yang tercanggih dan terbaik di muka bumi. Salah satunya adalah Toyota yang baru-baru ini memperkenalkan Toyota C-HR EV 2019 (Electric Vehicle) untuk pasar mobil di China. Ia diperkenalkan ke publik bertepatan dengan event akbar Shanghai Motor Show 2019. Mobil ini memang belum dijual ke masyarakkat umum karena masih berupa konsep, konon ia akan di jual mulai tahun 2020. Lantas, akankah ia akan menjadi mobil listrik terasyik di dunia?

EKSTERIOR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR EV 2019 : Tampilan Depan

Tampak tampilan depan Toyota C-HR EV 2019

Tampilan depan Toyota C-HR EV 2019 ini lebih futuristik bila dibandingkan dengan varian Hybrid atau bensin biasa

Tampilan depan dari eksterior Toyota C-HR EV 2019 ini jauh lebih futuristik bila dibandingkan dengan varian bermesin Hybrid atau yang menggendong unit mesin bensin biasa serupa Corrola Altis. Bentuk bumper depannya lebih agresif dengan ada lekukan menyiku berwarna hitam doff yang menambah kesan sangar. Grill mobil Toyota C-HR EV 2019 ini pun juga didesain lebih aerodinamis karena tidak ada celah untuk mengalirkan udara dingin ke radiator lagi.

Tampak tampilan gril Toyota C-HR EV 2019

Grillnya lebih tertutup guna membantu aerodinamika dan emblem EV menegaskan ia adalah mobil bertenaga listrik

Review Toyota C-HR EV 2019 : Tampilan Samping

Tampak tampilan samping Toyota C-HR EV 2019

Pelek yang digunakan oleh Toyota C-HR EV 2019 ini didesain lebih aerodinamis

Secara umum tampilan samping dari mobil Toyota C-HR EV 2019 ini tak ubahnya dengan varian C-HR lainnya. Ia masih mengadopsi desain bodi yang eye catching dan membuat orang akan menoleh ketika melihat mobil ini di jalan. Beda utamanya adalah pelek yang digunakan oleh C-HR EV 2019 ini, ia kini menggunakan desain pelek yang lebih aerodinamis guna membantu membuang turbulensi udara dibalik peleknya. Ini akan membantu meningkatkan aerodinamika mobil ini.

Review Toyota C-HR EV 2019 : Tampilan Belakang

Tampak tampilan belakang Toyota C-HR EV 2019

Campuran desain kupe dengan crossover membuat tampilan belakang atap mobil ini lebih melandai 

Kami dari Cintamobil.com adalah salah satu yang menyukai desain tampilan belakang mobil ini. Semua lekuk yang dibuat terlihat pas dan fungsional. Itu karena Toyota C-HR EV 2019 ini mengimplementasikan percampuran desain antara kupe dengan crossover. Hal itu membuat tampilan belakang dari mobil ini terutama atapnya lebih landai. Apalagi ada ducktail kecil di pintu bagasi belakang yang cukup membantu downforce mobil ini saat ngebut di kecepatan tinggi.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR EV 2019 : Layout Dasbor 

Tampak Layout dasbor Toyota C-HR EV 2019

Warna licorice brown tetap mendominasi kabin dan layout dasbor mobil Toyota C-HR EV 2019 ini

Layout dasbor merupakan salah satu bagian yang kami kagumi dari Toyota C-HR, entah itu varian hybrid, mesin bensin hingga EV yang sedang kita ulas kali ini. Warna licorice brown dan soft black tetaplah mendominasi kabin dan layout dasbor mobil Toyota C-HR EV 2019 ini. Apalagi ditambah dengan banyaknya material empuk yang ada pada layout dasbor mobil ini membuat aura mewah dan juga sporti jauh lebih terasa.

Review Toyota C-HR EV 2019 : Setir

Tampak Setir Toyota C-HR

Setir yang digunakan mobil Toyota C-HR EV 2019 ini pun sama dengan varian lainnya

Sebelumnya kami mohon maaf karena kami menggunakan foto setir, dan lainnya di Toyota C-HR yang kami ambil sendiri di Indonesia saat mobil ini kami tes panjang. Hal ini lantaran untuk foto yang didapat dari Toyota mengenai mobil Toyota C-HR EV 2019 ini belumlah lengkap. Namun, kami melihat layout interior maupun setir yang digunakan masih sama dengan C-HR yang dijual di Indonesia. Secara umum setir ini enak diganggam dan besar diameter lingkarnya terasa pas.

>>> Baca juga:

FITUR Toyota C-HR 2019

Review Toyota C-HR EV 2019 : Electronic Parking Brake

Tampak Electronic Parking Brake Toyota C-HR EV 2019

Fitur electronic parking brake akan menjaga mobil tidak mundur ketika melewati tanjakan curam

Salah satu fitur yang akan sangat membantu Anda ketika berjalan merayap di kemacetan dengan sudut elevasi jalan menanjak adalah fitur Electronic Parking Brake (EPB) ini. Dengan mengaktifkan fitur ini ECU akan memerintahkan sistem rem untuk menahan rem selama beberapa saat sebelum release secara otomatis ketika Anda menekan sedikit pedal gas. Ini merupakan fitur kekinian yang menyenangkan.

Review Toyota C-HR EV 2019 : Cruise Control

Tampak Cruise control Toyota C-HR EV 2019

Cruise control akan membantu Anda untuk tidak capek dalam mengemudi di jalan bebas hambatan

Fitur cruise control ini akan membantu Anda untuk mengurangi efek fatique alias kelelahan saat menjalankan mobil Toyota C-HR EV 2019 ini. Dengan mengaktifkan fitur ini, ECU akan memerintahkan TPS atau Throttle Position Sensor pada mobil listrik ini untuk membuka di bukaan tertentu dan membuat mobil dapat melaju mulus tanpa hambatan meski kaki Anda tidak menyentuh pedal gas sama sekali.

Review Toyota C-HR Hybrid 2019 : Electronic Regenerative Brake

Electronic Regenerative Brake Toyota C-HR EV 2019

Dengan adanya fitur regenarative brake ini, maka tidak akan ada energi yang terbuang sia-sia 

Fitur regenerative brake ini akan membuat semua energi yang dihasilkan oleh mobil Toyota C-HR EV 2019 ini tidak akan ada yang terbuang percuma. Anda akan merasa menjadi pengemudi mobil paling beruntung di muka bumi sebab seluruh energi yang terbuang maupun diciptakan oleh mobil mampu diserap dengan sempurna dan dijadikan 'bahan bakar' alias tenaga listrik kembali oleh mobil ini.

>>> First Drive Toyota C-HR G-T 2017, Crossover Terpanas Toyota

OPERASI Toyota C-HR 2019

Tampak Ban dan pelek Toyota C-HR Hybrid

Ban Bridgestone Dueler H/P Sport dengan ukuran 215/60 R17 akan membantu pengendalian mobil ini

Pihak Toyota Global belum meluncurkan sama sekali mengenai data teknis Toyota C-HR EV 2019. Baik itu kapasitas baterai, daya serta torsi maksimum dinamo yang digunakan, hingga jarak tempuh yang dapat ditempuh oleh mobil ini. Yang jelas, dapur pacu yang akan digunakan bukanlah sebuah mesin konvensional maupun mesin yang dikawinkan dengan sistem hybrid, tapi murni elektrik. Kami memprediksi mobil ini akan menggunakan transmisi ECVT seperti yang digunakan oleh mobil All New Toyota Prius PHV yang pernah kami ulas secara lengkap.

Tampak Suspensi belakang Toyota C-HR EV 2019

Suspensi model independen ini akan membantu pengendalian serta kenyamanan Toyota C-HR EV 2019 ini akan tetap terjaga

Ban dan pelek yang digunakan oleh Toyota C-HR EV 2019 ini juga masih sama dengan mobil Toyota C-HR pada umumnya, yaitu berukuran 17 inchi untuk pelek, dan ban dengan lebar tapak 215 mm serta tebal 60 mm. Ban yang digunakan bisa dua, antara Dunlop tipe Enasave EC300 atau Bridgestone tipe Dueler H/P Sport. Suspensi yang digunakan juga model independen yang lebih moderat dalam menyerap guncangan. Serta penggunaan suspensi model ini akan membantu pengendalian.

Tampak Toyota C-HR EV 2019

Kami meramalkan mobil Toyota C-HR EV 2019 ini akan jadi mobil listrik yang asyik untuk dikemudikan

>>> Harga Toyota C-HR Mei 2019: Hybrid Terbaru Jadi Solusi Masa Depan

KESIMPULAN Toyota C-HR 2019

Kesimpulan ulasan Toyota C-HR EV 2019

So, is this car for you?

Mobil ini belum dipasarkan secara resmi, namun melihat mobil Toyota C-HR yang sudah ada dipasaran seperti varian hybrid maupun bermesin bensin kovensional, rasanya mobil ini akan jadi mobil listrik yang paling asyik untuk dikemudikan. Semoga saja harganya masuk akal dan terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil