Preview Nissan March 2019

01/09/2018
editor rate: 4,4 user rate: 5,0
Produk City Car besutan Nissan satu ini memang lama tak didengar kabarnya. Nissan March atau Nissan Micra untuk sebutan Jepangnya, memang mengalami penurunan penjualan beberapa tahun belakangan ini. Alasan utamanya terletak pada desain model yang hanya diberikan penyegaran minimalis pada tahun 2017 lalu. Prediksi kami, masyarakat Indonesia membutuhkan desain yang berubah besar-besaran. Apakah Nissan Global memperhitungkan hal ini? Simak informasinya dalam preview Nissan March 2019.

PENGANTAR Nissan March 2019

Preview Nissan March 2019 – Terhitung sudah delapan tahun bagi Nissan March dalam mewarnai pasar otomotif Tanah Air. Dimulai pada tahun 2010 lalu, Nissan March memulai debutnya dengan mesin berkapasitas 1.200 cc. Segala utilitas untuk kenyamanan berkendara serta desain stylish dan eye catching, menjadi sajian utama yang didapatkan pada Nissan March 2010.

Facelift Nissan March sendiri hanya dilakukan dalam dua tahap yakni 2014 dan terakhir, 2017 lalu. Memang kami akui, desainnya cukup menggoda kaula muda seperti hadirnya lampu LED Daytime Running Light (DRL) dan panel Head Unit berukuran 7 inci. Meski begitu, tak dipungkiri, Nissan March memiliki desain eksterior yang masih sangat melekat dengan versi sebelumnya tanpa perubahan besar.

Nissan March Facelift 2017 menjadi perubahan terakhir untuk pasar Indonesia

Mengingat kembali Nissan March Facelift 2017 untuk jadi perbandingan dengan generasi terbaru yang akan kita bahas kali ini

Melihat fenomena ini, Cintamobil.com mencoba menelusuri bagaimana respon dari Nissan Global akan produk City Car unggulannya. Nyatanya, Nissan Global sangat memperhatikan masa depan dari Nissan March. Segala utilitas masyarakat masa kini dirangkum dalam sebuah sketsa dan direalisasikan pada Hatchback unggulannya ini. Tahun 2017 lalu, Switzerland menjadi saksi kehadiran generasi terbaru Nissan March. Diproduksi hanya 6.000 unit dan dipasarkan di beberapa negara kala itu yakni Belgium, Austria, Jerman, Switzerland, Perancis, Britania Raya, Spanyol, Portugal, Italia dan Belanda.

Nissan March 2019 pertama kali diluncurkan di Switzerland

Nissan March 2019 ketika diuji coba oleh konsumen pertama di Switzerland

Tak lama setelah itu, Nissan Micra alias Nissan March dipasarkan di negara India. Memboyong teknologi keselamatan mumpuni yang disebut Nissan Intelligent Sporty, produk satu ini bukan hanya menjanjikan utilitas khas Hatchback namun juga aspek keselamatan menjadi hal utama. Menariknya, belum lama ini, Nissan March generasi terbaru ini sedang diuji coba di Thailand yang merupakan salah satu negara di Asia. Sehingga, tak menutup kemungkinan bahwa Indonesia akan merasakannya dalam waktu dekat ini. Apakah Nissan March 2019 Indonesia, siap dihadirkan dalam waktu dekat ini? Dengan latar belakang tersebut, Cintamobil.com hendak merepresentasikan preview Nissan March 2019 pada artikel kali ini.

EKSTERIOR Nissan March 2019

Dengan memboyong Stephen Wiltshire sebagai perancang utama generasi terbarunya, Nissan March akan mengalami ubahan besar-besaran dari segi desain dan utilitas.

Stephen Wiltshire ketika mencoba mengingat desain eksterior Nissan March buatannya dengan alat terbaru sebagai modal menggambarnya

Nissan Europe nyatanya memberi beragam sentuhan artistik terbaru pada Nissan March 2019. Cintamobil.com sendiri cukup mengapresiasi segala ubahannya yang mana kini tampilannya terlibat lebih energetik dan stylish untuk sekelas mobil City Car. Supaya Anda tak penasaran, berikut kami ulas lebih mendalam tentang eksterior Nissan March 2019.

Preview Nissan March 2019: Eksterior Depan

Jika boleh menilai, fascia depan Nissan March 2019 terasa cukup energetik. Ya benar sekali, sisi energetik terpancar kuat dari paduan wajah depannya yang menerapkan lampu LED Daytime Running Light (DRL) dan lampu utama Halogen Signature. Sehingga, menampilkan kesan modern namun stylish yang tidak dimiliki Hatchback lainnya. Ruas Front Grille juga tak luput dari hal baru yakni menerapkan ukiran krom mengilap pada latar berbentuk segitiga. Polesan terakhir adalah Fog Lamps yang dibuat memanjang dan mungil pada kedua sisinya.

Eksterior Depan Nissan March 2019 mendapat ubahan terutama pada sisi Front Grille

Eksterior depan Nissan March 2019 banyak mengalami ubahan dalam hal desain

Preview Nissan March 2019: Eksterior Samping

Salah satu hal menarik yang kami tangkap adalah ukiran mengalur seperti air yang dimulai dari sisi Bonnet hingga ke bagian belakang bodi mobil. Adapun pelek sporty berukuran 17 inci juga tak luput dari pengamatan kami. Seakan memberikan kesan eye catching yang siap menarik perhatian banyak mata dari setiap mereka yang memandangnya. Sementara itu, hal praktis juga didapati pada kaca spionnya yang terintegrasi dengan lampu indikator LED, pelipatan elektrik serta penghangat.

Eksterior Samping Nissan March 2019 memiliki garis yang mengalur dari sisi depan hingga ke bodi belakang

Eksterior samping Nissan March 2019 menggunakan pelek berdesain 17 inci

Preview Nissan March 2019: Eksterior Belakang

Selain dihias apik dengan Rear Spoiler mungil, sisi belakangnya juga mendapat ubahan pada sisi desain lampu belakangnya. Menerapkan ukuran Boomerang layaknya pada model modern Nissan lainnya, March terlihat siap untuk menggoda pasar Asia. Tak hanya itu, kaca belakangnya juga sudah didukung dengan Privacy Glass sehingga terik sinar matahari tak merusak barang bawaan di bagasi Anda.

Eksterior Belakang Nissan March 2019 menggunakan fitur Rear Spoiler sehingga menampilkan kesan sporty

Eksterior belakang Nissan March 2019 dengan fitur Rear Spoiler

>>> Baca artikel:

INTERIOR Nissan March 2019

Bagaimana dengan ruang interior Nissan March 2019? Tentu kita semua berharap, tampilannya mengedepankan esensi sporty layaknya mobil khas anak muda. Setelah merambah ke dalam kabinnya, fitur-fiturnya cukup memuaskan bagi kami. Tak ada sedikitpun hal membosankan di dalamnya.

Preview Nissan March 2019: Dashboard

Segi desain sudah cukup sporty dengan bahan kain berkualitas, Cloth Absolute, di berbagai sisinya. LED Ambient Light di wadah kursi depan juga semakin memperkaya nuansa sporty dalam atmosfer kabinnya. Belum lagi, panel Head Unit NissanConnect Touchscreen tampil cukup meriah yang mampu menyuguhkan sajian hiburan menemani perjalanan Anda.

Dashboard Nissan March 2019 menggunakan desain sporty nan elegan

Dashboard Nissan March 2019 dikemas dengan nuansa sporty yang kental

Preview Nissan March 2019: Setir

Bermahkotakan kulit, setirnya terasa nyaman untuk digenggam kuat-kuat. Meski harus menempuh jarak jauh sekalipun, setirnya memberikan sensasi responsif dan mumpuni untuk dikendalikan. Adapun tersedia tombol praktis yang bisa Anda akses untuk mengaktifkan beragam fitur seperti konektivitas, pengaturan audio dan teknologi Cruise Control.

Setir Nissan March 2019 dibalut dengan material kulit berkualitas

Setir Nissan March 2019 terasa nyaman untuk digenggam dan dilengkapi tombol praktis

Preview Nissan March 2019: Kursi

Hal yang cukup kami sayangkan terletak pada aspek kursi. Pasalnya, versi standarnya hanya menyediakan balutan material kain saja. Bahkan untuk menambah kenyamanan bahan kulit, dibutuhkan biaya tambahan. Ya, meskipun begitu, kursi berbahan kainnya masih cukup nyaman.

Kursi Nissan March 2019 dibalut dengan kain berkualitas yang mampu memberi kenyamanan lebih

Kursi Nissan March 2019 dibalut sporty dengan Orange Stitch

Preview Nissan March 2019: Ruang Bagasi

Merambah ke sektor penyimpanan, ruang bagasi Nissan March 2019 dibekali 300 Liter. Terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan anak muda merangkap kegiatan perkantoran serta perkuliahan. Diprediksi, mobil Hatchback satu ini mampu menampung hingga empat tas berukuran besar.

Ruang bagasi Nissan March 2019 tampil cukup lega untuk memenuhi kebutuhan anak muda

Ruang bagasi Nissan March 2019 terlihat lapang untuk memenuhi beragam kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Nissan March 2019

Berbeda dengan versi Indonesia yang beredar kini, generasi terbaru Nissan March akan menerapkan teknologi Nissan Intelligent Mobility (NIM) yang mirip pada Nissan Terra. Untuk mengulasnya kembali, Cintamobil.com akan membahas lebih mendalam tentang fitur Nissan March 2019.

Preview Nissan March 2019: Fitur Keselamatan

Jika memang fitur keselamatan NIM diaplikasikan pada Nissan March 2019 nantinya, maka bisa dipastikan mobil Hatchback besutan Nissan ini akan menjadi satu-satunya City Car teraman dibanding pesaing di kelasnya. Bayangkan saja, teknologi menarik seperti menjaga alur mobil pada marka jalan, notifikasi audio ketika hendak menabrak dan lainnya, menjadi  satu rangkaian keselamatan yang disuguhkan.

Fitur Keselamatan Nissan March 2019 tampil dengan Nissan Intelligent Mobility yang mampu menjamin keselamatan Anda

Fitur keselamatan Nissan March 2019 menggunakan rangkaian teknologi NIM

Sedangkan dari fitur keselamatan pasif, Nissan March generasi terbaru mengandalkan racikan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Adapun tersedia juga fitur Hill Start Assist yang banyak didapati pada model Sport Utility Vehicle (SUV). Sehingga, Nissan March kali ini tampil sangat mumpuni bukan hanya di area perkotaan namun juga area tanjakan layaknya pegunungan. Cukup menarik bukan?

Preview Nissan March 2019: Fitur Hiburan

Varian tertingginya yakni Nissan March Tekna dibekali fitur hiburan mumpuni seperti Nissan Connect Touchscreen berukuran 7 inci. Selain menyajikan hiburan musik dan video, panel Head Unit-nya juga menyediakan fitur navigasi sehingga Anda tak perlu khawatir hilang di area-area baru. Di sisi lain, kualitas suara audionya patut kami acungi jempol dengan terintegrasinya 4 Bose Speakers. Lewat fitur tersebut, Anda dipastikan merasakan sensasi berkendara yang tak terlupakan.

Fitur Hiburan Nissan March 2019 tampil canggih yang mampu mengoperasikan beragam hiburan atraktif

Fitur hiburan Nissan March 2019 menghadirkan kualitas audio yang jernih

>>> Profil Nissan Leaf Nismo 2018: Sosok Masa Depan Nissan Di Dunia Otomotif

OPERASI Nissan March 2019

Berbicara masalah operasi mesin Nissan March 2019, tersedia tiga pilihan mesin yang ditawarkan dengan formasi 1.0 Liter bensin, 1.0 Liter Turbo Bensin dan 1.0 Liter Diesel. Kami menyarankan untuk memilih dua mesin yakni 1.0 Liter Turbo bensin dan 1.0 Liter diesel karena keduanya mampu meraih daya maksimum 90 PS. Meski sama, namun Output yang dihasilkan berbeda. Pada varian bensin 1.0 Liter Turbo misalnya, daya maksimumnya mampu mencapai 5.500 Rpm dengan torsi puncak 150 Nm setara 2.250 Rpm. Dengan kata lain, mesin satu ini lebih menonjolkan kecepatan dan tarikan yang mumpuni.

Mesin Nissan March 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga dengan dua pilihan bahan bakar

Mesin Nissan March 2019 menawarkan tiga pilihan tenaga yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan

Berbeda halnya dengan varian 1.0 Liter diesel, Output-nya berhasil mencapai 4.000 Rpm dan torsi maksimum 220 Nm setara 2.200 Rpm. Selain unggul dalam hal efisiensi bahan bakar, mesin dieselnya lebih bertenaga dalam proses tanjakan layaknya area pegunungan. Namun semua itu pilihan, apakah kecepatan atau tenaga mumpuni di berbagai medan?

>>> Review Prototipe Nissan GT-R50 2018: "Sisi Monster", Glamour dan "Ultra Limited"

spesifikasi Nissan March 2019

Supaya Anda semakin mengenal mobil satu ini lebih dekat, Cintamobil.com hendak melampirkan informasi tentang spesifikasi Nissan March 2019.

SPESIFIKASI NISSAN MARCH 2019

Model

1.0 Liter Bensin

1.0 Liter Turbo Bensin

1.0 Liter Turbo Diesel

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

3.999 mm x 1.743 mm x 1.455 mm

Jarak Poros Roda

2.525 mm

Berat Kosong

1.470 Kg

1.510 Kg

1.560 Kg

Radius Putar Minimum

10 m

MESIN

Tipe Mesin

1.0 Liter IG 71

1.0 Liter IG-T 90 Turbo

1.0 Liter dCi 90 Turbo

Kapasitas Silinder

998 cc

Daya Maksimum

90 PS / 6.300 Rpm

90 PS / 5.500 Rpm

90 PS / 4.000 Rpm

Torsi Maksimum

95 Nm / 3.500 Rpm

150 Nm / 2.250 Rpm

220 Nm / 2.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Tingkat Percepatan Manual

Kecepatan Maksimum

158 Km/Jam

175 Km/Jam

179 Km/Jam

Akselerasi 0-100 Km/Jam

16,4 Detik

12,1 Detik

11,9 Detik

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Diesel

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

5,3 Liter / 100 Km

5,2 Liter / 100 Km

4,1 Liter / 100 Km (Dengan Idle Stop/Start System)

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

41 Liter

kelebihan & kekurangan Nissan March 2019

Tiba saatnya Cintamobil.com hendak melampirkan kelebihan dan kekurangan Nissan March 2019. Meski cukup mewah dan memiliki fitur mumpuni, ada beberapa hal yang kami tangkap pada model satu ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Eksterior banyak mengalami perubahan dan sangat direkomendasikan untuk para kaula muda pecinta kendaraan sporty

Banyak hal menarik hanya bisa didapatkan dengan biaya tambahan karena sifatnya yang opsional

Teknologi keselamatan NMI pada Hatchback terasa sangat spesial

Performa mesin 1.0 Liter non-Turbo terasa kurang menggigit untuk sekelas Hatchback

Ruang interior terasa sangat nyaman dan dijamin tak mengalami rasa bosan selama mengendarai mobil satu ini

-

daftar harga Nissan March 2019

Dikabarkan, Nissan March generasi terbaru ini sedang diuji coba di salah satu negara Asia yakni Thailand. Sehingga, ada kemungkinan besar bahwa All New Nissan March masuk Indonesia dalam waktu dekat ini. Melihat fenomena tersebut, Cintamobil.com hendak melampirkan daftar harga Nissan March 2019 yang sudah dirilis di Britania Raya.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN MARCH 2019 (Britania Raya)

HASIL KONVERSI DARI POUND BRITANIA KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

Nissan March Visia 2019

₤ 12.750

IDR. 245.786.000

Nissan March Visia+ 2019

₤ 13.700

IDR. 264.099.000

Nissan March Acenta 2019

₤ 14.900

IDR. 287.232.000

Nissan Micra N-Connecta 2019

₤ 16.770

IDR. 323.281.000

Nissan March Tekna

₤ 18.090

IDR. 348.000.000

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga Nissan March 2019 di Britania Raya dengan konversi dari Pound ke Rupiah
  • Harga di atas hanya bersifat sebagai referensi saja

Video Nissan March 2019

 

KESIMPULAN Nissan March 2019

Sebuah City Car berukuran Compact dengan desain sporty dan teknologi mumpuni, hanya kami dapati pada Nissan March 2019. Jika tahun depan, mobil ini dipasarkan di Tanah Air maka bersiaplah para pesaingnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Fitur keselamatan NIM menjadi keunggulan pertama dipadu dengan tenaga Turbo pada dapur pacunya. Kombinasi tersebut, bukan hanya siap menarik perhatian kaula muda namun juga mereka, masyarakat Urban, yang menginginkan kendaraan mungil menghadapi kemacetan kota. Jika memang prediksi kami tepat, Nissan March 2019 akan menjadi salah satu hal paling ditunggu tahun mendatang. Kami percaya, setiap mata akan memandangnya dan bergumam, “Mobil sporty apakah itu?”

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

 

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil