Preview Nissan Kicks 2018

20/09/2018
editor rate: 4,7 user rate: 4,5
Nissan Kicks menjadi opsi kedua bagi Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk mengisi Line-Up Crossover di tahun 2018 dan 2019. Berbicara pilihan pertama? Sudah pasti Nissan Juke menjadi pertimbangan utama. Generasi baru Nissan Juke atau model baru Nissan Kicks? Mari kita simak bersama dalam preview Nissan Kicks 2018.

PENGANTAR Nissan Kicks 2018

Preview Nissan Kicks 2018 - Membandingkan keduanya tentu bukan perkara mudah bagi kami. Sudah barang tentu, keputusan tersebut akan diolah secara langsung oleh PT. NMI dengan segala pertimbangannya. Namun, tak ada salahnya bagi Cintamobil.com memberikan informasi lengkap baik pada Nissan Juke generasi baru ataupun Nissan Kicks.

Nissan Juke Gripz dan Nissan Kicks menjadi bahan pertimbangan Nissan Indonesia untuk mewarnai lini Crossover dalam waktu dekat ini

Pilihan Anda jatuh kepada Nissan Gripz Concept yang diisukan menjadi bodi kit generasi Nissan Juke terbaru (atas) atau sosok Nissan Kicks (bawah)?

Sudah kami lakukan review terkait Nissan Juke terbaru di artikel sebelumnya. Kini saatnya, bagi kami untuk menelaah lebih jauh tentang Nissan Kicks. Model yang akan kita bicarakan ini, berawal dari sebuah mobil konsep yang diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Setelah dua tahun berselang, Nissan Global memanfaatkan perannya sebagai sponsor utama Summer Olympics untuk  memperkenalkan Nissan Kicks sebagai primadona di acara tersebut.

Nissan Kicks Concept merupakan ide pertama yang diperkenalkan pada tahun 2014

Ide perilisan Nissan Kicks berangkat dari mobil konsep

Setelah meletupkan kebijakan tersebut, sudah tentu Nissan Global kebanjiran permintaan untuk model Kicks satu ini khususnya di negara pelaksana, Brazil. Menjawab hal tersebut, akhirnya diputuskan bahwa negara Brazil menjadi negara pertama yang memasarkannya di tahun 2017 dengan rakitan pabrikan Rio de Janeiro. Barulah setelah itu, negara lainnya seperti Amerika Serikat dan Kanada, mulai merasakan Nissan Kicks untuk pertama kalinya di pertengahan tahun 2018.

Peluncuran Nissan Kicks dilakukan di Brazil pada tahun 2016

Peluncuran Nissan Kicks di acara Summer Rio Olympics 2016, Brazil

Bagaimana dengan Nissan Kicks Indonesia? Belum ada kabar pasti tentangnya, namun kemungkinan untuk memunculkan produk baru itu sudah pasti bagi PT. NMI. Kira-kira fitur apa saja yang dimiliki Nissan Kicks? Berikut kami akan mengupasnya dalam preview Nissan Kicks 2018.

EKSTERIOR Nissan Kicks 2018

Trendsetter mungkin kata yang tepat untuk rancangan eksterior Nissan Kicks 2018. Memang jika melihat pasar otomotif Indonesia, banyak model akhirnya menerapkan sisi agresif dari Nissan Juke. Hal serupa sepertinya juga ingin disampaikan pada Nissan Kicks yang memadukan konsep Crossover, sporty, maskulin namun agresif.

Preview Nissan Kicks 2018: Eksterior Depan

Nissan menyebut desain Grille-nya sebagai V-Motion Grille. Terkesan dramatis namun masih tetap Slim and Sleek. Logo kebanggaan Nissan juga disematkan pada sisi tengahnya dengan balutan mewah krom.

Eksterior Depan Nissan Kicks 2018 menggunakan desain V-Motion Grille sebagai pengusung pesan ikonik khas Nissan

Eksterior depan Nissan Kicks 2018 menggunakan V-Motion Grille

Sedangkan untuk masalah fitur pencahayaan, Nissan Kicks 2018 menggabungkan fungsi dari lampu Multi-Reflector Halogen, LED Signature Accents serta lampu kabut. Namun akan sangat disayangkan, kami tidak menemui fitur lampu modern seperti Daytime Running Lights (DRL) pada fascia depannya.

Preview Nissan Kicks 2018: Eksterior Samping

Dari sisi samping, kami cukup terhibur melihat garis bodinya yang nampak tegas, mengalir ke arah belakang bodi. Belum lagi, kami terkesima dengan perkawinan tiga warna pada bodi sampingnya yakni warna dasar pada bodi, atap berwarna hitam serta Roof Tail beraksen Silver Chrome. Perpaduan seperti ini sering kita kenali dengan sebutan Two-Tone Colour pada Toyota C-HR. Sedangkan Nissan menyebutnya sebagai Signature Floating Roof.

Eksterior Samping Nissan Kicks 2018 menggunakan Signature Floating Roof sehingga menampilkan kesan sporty dan agresif

Eksterior samping Nissan Kicks 2018 memiliki ukiran bodi yang tegas khas Crossover

Preview Nissan Kicks 2018: Eksterior Belakang

Lampu LED Signature bergaya Boomerang menjadi sisi karismatik khas Nissan. Membuat kesan agresif terpancar kuat dari bodi belakangnya. Adapun supaya pesona maskulin khas Sport Utility Vehicle (SUV) juga makin terasa, Nissan Kicks dibekali Rear Bumper berwarna hitam yang tampil selaras dengan sisi Fender pada bodi sampingnya. Racikan desain seperti ini sangat menjamin untuk mendapat perhatian di antara kerumunan masyarakat perkotaan.

Eksterior Belakang Nissan Kicks 2018 menggunakan Roof Spoiler berkelir hitam supaya menambah kesan sporty dari keseluruhan bodinya

Eksterior belakang Nissan Kicks 2018 menggunakan lampu LED Signature Boomerang

>>> Baca juga:

INTERIOR Nissan Kicks 2018

Fitur Premium pada interior Nissan Kicks 2018 menjanjikan sensasi berkendara tak terlupakan bagi siapapun yang mengendarainya. Menciptakan atmosfer kabin nyaman dengan kelegaan ruang kaki pada kabinnya.

Preview Nissan Kicks 2018: Dashboard

Link dashboard dikemas apik dengan dominasi warna hitam dan aksen Silver dari material krom-nya. Sejatinya, krom di sini menjadi penegas garis dari beberapa fiturnya seperti Blower, panel Head Unit dan tuas transmisi. Meski begitu, kami sangat menyukainya seakan kesan mewah tercipta di benak kami ketika mengoperasikan berbagai fiturnya.

Dashboard Nissan Kicks 2018 menggunakan warna hitam sebagai dasarnya dan dihias apik dengan aksen krom di beberapa sisinya

Dashboard Nissan Kicks 2018 didominasi warna hitam yang menyiratkan pesona agresif dan sporty

Perihal fitur, pada sisi tengah terdapat panel Head Unit Touchscreen berukuran 7 inci yang mampu mengoperasikan berbagai hiburan atraktif. Adapun di bagian bawahnya disematkan fitur penyejuk otomatis yang disebut Automatic Temperature Control. Mewah, praktis dan menghibur, itulah pendapat kami mengamati dashboard Nissan Kicks.

Preview Nissan Kicks 2018: Setir

Sensasi praktis juga didapati pada kemudi setir Nissan Kicks 2018. Terdapat tombol-tombol menarik pada kedua sisi sampingnya. Dari tombol tersebut, Anda bisa mengangkat telepon seluler yang tersambung via Bluetooth. Di sisi lain, tersedia juga tombol pengaturan audio yang bisa Anda akses secara mudah tanpa perlu khawatir kehilangan konsentrasi saat menyetir.

Setir Nissan Kicks 2019 menggunakan desain tiga palang dan dilengkapi berbagai tombol praktis

Di balik kemudi setir Nissan Kicks 2018 juga terdapat panel Advanced Drive Assist berukuran 7 inci

Preview Nissan Kicks 2018: Kursi

Sebagaimana Croosver, Nissan Kicks menyediakan kapasitas kursi lima orang namun juga memiliki ruang bagasi luas. Kursinya dibalut apik dengan bahan kulit berkualitas sehingga mampu memberi jaminan kenyamanan mewah bagi seluruh penumpang.

Kursi Nissan Kicks 2018 dibalut dengan material kulit berkualitas

Kursi Nissan Kicks 2018 mampu menampung hingga lima orang sekaligus dengan ruang kaki yang cukup lega

Menariknya, pada kursi pengendara disematkan teknologi bernama Zero Gravity. Teknologi satu ini memungkinkan pengendara untuk dapat melaju dengan nyaman meskipun harus menempuh jarak yang jauh. Didukung dengan fitur Lifter, kursinya juga mampu diatur sesuai postur tubuh pengendara.

Preview Nissan Kicks 2018: Ruang Bagasi

Ruang bagasi Nissan Kicks 2018 didesain untuk mampu mengangkut berbagai kebutuhan Anda, mulai dari aktivitas perkantoran, perkuliahan serta berjalan bersama keluarga tercinta. Menariknya, apabila Anda membutuhkan kapasitas yang jauh lebih besar, Anda bisa melipat kursi deret kedua. Diprediksi mode tersebut mampu mengangkut hingga 10 tas berukuran besar.

Ruang Bagasi Nissan Kicks 2018 mampu menampung berbagai barang bawaan Anda

Ruang bagasi Nissan Kicks 2018 mampu menampung beragam kebutuhan Anda

>>> Artikel terkait:

FITUR Nissan Kicks 2018

Kira-kira persenjataan apa yang dibekali pada Nissan Kicks? Satu hal yang cukup menarik adalah diterapkannya teknologi Nissan Intelligent Mobility (NIM). Meski kami menilai teknologi ini tidak begitu aplikatif di Indonesia karena permasalahan infrastruktur, namun Nissan sedang mencobanya pada Terra model terbarunya. Berikut kami membaginya menjadi dua aspek terkait fitur Nissan Kicks 2018.

Preview Nissan Kicks 2018: Fitur Keselamatan

Memang jika melihat kondisi infrastruktur di Kanada maupun Amerika Serikat yang sudah maju, teknologi NIM sangat aplikatif untuk digunakan sebagai fitur keselamatan utama. Teknologi satu ini mengandalkan sistem sensor yang mampu menciptakan rangkaian fungsi seperti memberi notifikasi audio ketika hendak menabrak suatu objek (Forward Collison Warning), mendeteksi titik buta (Blind Spot Warning), menjaga kendaraan supaya berada di jalur marka (Lane Intervention), proses parkir lebih aman (Back-Up Intervention), memonitor keadaan di sekitar kendaraan (Around View Monitor) dan menjaga jarak dengan objek di depan kendaraan (Distance Control).

Fitur Keselamatan Nissan Kicks 2018 dilengkapi dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility

Fitur keselamatan Nissan Kicks 2018 juga menyediakan fitur Around View Monitor mirip yang digunakan oleh Nissan Terra

Adapun untuk menjaga kestabilan mobil gagah ini, Nissan menyematkan tiga teknologi unggulan yakni Hill Start Assist (HSA), Vehicle Dynamic Control (VDC) dan Traction Control System (TCS). Di sisi pengereman, mobil satu ini tampil sangat mumpuni karena disematkannya racikan modern yakni 4-Wheel Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Sementara itu, untuk keselamatan standar, mobil satu ini dibekali racikan Advanced Air Bag, sabuk pengaman 3-Point ALR/ELR dan teknologi Immobilizer.

Performa Nissan Kicks didukung dengan teknologi SUV sekelas Hill Start Assit, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control System

Utilitas Nissan Kicks 2018 sebagai mobil SUV juga dibekali dengan teknologi HSA

Preview Nissan Kicks 2018: Fitur Hiburan

Di aspek hiburan, tersedia fitur spesial yakni BOSE Personal Plus Audio. Mengapa spesial? Jawabannya karena fitur satu ini hanya didapati pada Nissan March dan Nissan Kicks saja. Bukan hanya mengandalkan suara dari panel Head Unit 8 inci-nya, namun tersedia juga speaker aktif pada bantalan kursi di kepala pengendara. Sehingga, Anda dapat benar-benar merasakan sensasi berkendara yang tak terlupakan. Menariknya lagi, fitur satu ini sudah didukung dengan format modern layaknya Satellite Radio, Bluetooth, USB, AUX, MP3 dan MP4. Cukup menghibur, bukan?

Fitur Hiburan Nissan Kicks 2018 menggunakan BOSE Premium Audio Plus yang juga disematkan pada bantalan kursi di kepala pengendara

Fitur hiburan Nissan Kicks 2018 tergolong spesial dengan hadirnya BOSE Personal Plus Audio pada kursi pengendara

>>> Simak juga review menarik lainnya dari model-model besutan Nissan

OPERASI Nissan Kicks 2018

Lalu bagaimana dengan operasi mesin Nissan Kicks 2018? Mungkin sebagai dari Anda ingin langsung melompat ke segmen ini. Jujur, kami cukup puas dengan mesinnya meski belum mendukung konfigurasi Turbo. Mengandalkan kapasitas 1.6 Liter dengan empat silinder segaris, mesinnya mampu menyemburkan daya 125 HP setara 5.800 Rpm dengan torsi puncak hingga 4.000 Rpm. Spesifikasi seperti itu, terbilang sangat mampu untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari Anda baik untuk kegiatan keluarga maupun perkantoran.

Operasi Mesin Nissan Kicks 2018 menggunakan kapasitas silinder sebesar 1.598 cc

Operasi mesin Nissan Kicks 2019 menggunakan kapasitas 1.6 Liter berdaya 125 HP

Jika dibandingkan dengan model populernya yakni Nissan Juke, kami lebih mengapresiasinya. Meski sama-sama menerapkan kapasitas mesin 1.6 Liter namun Nissan Juke menggabungkannya dengan tenaga Turbo sehingga menghasilkan daya maksimum hingga 220 HP. Jika Anda menyukai kecepatan, rasanya Nissan Juke tampil lebih unggul dan mampu menyesuaikan kebutuhan Anda. Meski begitu, Nissan Kicks 2019 tak begitu buruk. Toh, dengan spesifikasi mesin yang diboyongnya, masyarakat Brazil sangat menyukainya karena lebih terkesan praktis untuk kondisi perkotaan yang padat.

Transmisi Nissan Kicks 2019 menggunakan konfigurasi XTRONIC Continuously Variable Transmission

Nissan Kicks 2019 juga hadir dengan transmisi unggul yakni XTRONIC Continuously Variable Transmission (CVT)

Tak lupa, kami juga menginformasikan bahwa Nissan Kicks juga menawarkan transmisi unggulan yang disebut XTRONIC CVT. Selain mampu menyuguhkan sensasi pergantian gigi yang lebih halus, teknologi tersebut mampu memberi performa yang irit bahan bakar pada mesinnya. Jika menilik pada estimasi konsumsi bahan bakar rata-rata di negara Dubai misalnya, Nissan Kicks mencatat perolehan angka 6,1 Liter untuk menempuh 100 Km.

>>> Jangan lupa untuk mengunjungi lapak kami yang menjual Nissan di semua modelnya

spesifikasi Nissan Kicks 2018

Tak cukup dengan hal-hal menarik tentangnya, Cintamobil.com hendak melampirkan spesifikasi Nissan Kicks 2018 di berbagai aspek detailnya.

SPESIFIKASI NISSAN KICKS 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.295 mm x 1.760 mm x 1.590 mm

Jarak Poros Roda

2.620 mm

Jarak Pijak Depan

1.520 mm

Jarak Pijak Belakang

1.535 mm

Jarak Pijak Terendah

200 mm

Radius Putar Minimum

5,2 m

MESIN

Tipe Mesin

1.6 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC

Kapasitas Silinder

1.598 cc

Daya Maksimum

125 HP / 5.800 Rpm

Torsi Maksimum

149 Nm / 4.000 Rpm

Sistem Transmisi

XTRONIC CVT

Akselerasi 0-100 Km/Jam

11,5 Detik

Mode Penggerak

Front Wheel Drive (FWD)

HANDLING

Suspensi Depan

Independent Strut dengan Stabilizer Bars

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Stabilizer Bars

Rem Depan

Vented Discs

Rem Belakang

Drum Brakes

Sistem Kemudi

Electric Power Steering

Ukuran Ban

P205/60 R16 (Varian Terendah – S)

P205/55 R17

(Varian Menengah dan Tinggi – SV dan SR)

BAHAN BAKAR

Tipe Bahan Bakar

Bensin

Sistem Bahan Bakar

Dual Injector

Estimasi Konsumsi Bahan Bakar Rata-Rata

6,1 Liter / 100 Km

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

41 Liter

kelebihan & kekurangan Nissan Kicks 2018

Untuk mengulas tentangnya lebih ringkas, Cintamobil.com menyediakan segmen kelebihan dan kekurangan Nissan Kicks 2019. Berikut terlampir penilaian pribadi kami mengenai Nissan Kicks.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain eksterior sangat kental akan nuansa agresif

Belum tersedia konfigurasi Turbo seperti model-model terkini

Fitur interior BOSE Premium Sound yang tampil unggul pada kabinnya sangat perlu dipertimbangkan

Fitur modern seperti lampu DRL tidak kami temui pada fitur eksteriornya

Panel Head Unit-nya mampu menyuguhkan berbagai hiburan atraktif untuk menemani perjalanan Anda

Esensi efektif dari teknologi NIM masih dipertanyakan untuk kondisi Indonesia yang mana tidak semua jalanan memiliki marka jalan dan kondisi jalanan yang kurang teratur

daftar harga Nissan Kicks 2018

Mengingat model satu ini belum dirilis secara resmi di Indonesia, maka kami menggunakan harga resminya dari negara Amerika. Berikut daftar harga Nissan Kicks 2018 di keseluruhan variannya.

TIPE MOBIL

HARGA NISSAN KICKS (Amerika Serikat)

HASIL KONVERSI DOLLAR AMERIKA KE RUPIAH INDONESIA

(Dibulatkan)

Nissan Kicks  2018 S

$ 17.990

IDR. 266.611.000

Nissan Kicks 2018 SV

$ 19.690

IDR. 291.805.000

Nissan Kicks 2018 SR

$ 20.290

IDR. 300.697.000

*Catatan:

  • Harga di atas adalah harga resmi Nissan Kicks yang sudah dipasarkan di Amerika Serikat
  • Harga di atas hanya menjadi referensi saja
  • Harga yang dimunculkan merupakan hasil konversi saja namun tentu akan ada penambahan biaya nantinya jika produk ini dirilis di Indonesia seperti dokumentasi, impor, perizinan dan sebagainya

Video Nissan Kicks 2018

KESIMPULAN Nissan Kicks 2018

Nissan Kicks 2018 nyatanya ingin mencoba menjadi Trendsetter bagi banyak pesaing lainnya. Dengan menonjol dalam aspek eksterior, desainnya memberi kesegaran baru bagi dunia Crossover. Seakan ingin mengulang kesuksesannya dengan Nissan Juke. Namun jangan salah menilai, mobil satu ini juga menawarkan kenyamanan kabin yang luar biasa dengan teknologi BOSE Premium Sound Audio dan kursi Zero Gravity-nya. Lebih daripada itu, sektor keselamatan juga disasar dengan menghadirkan teknologi NIM. Bisa dikatakan, Nissan Kicks adalah Crossover berkarismatik dengan teknologi mumpuni dan kenyamanan kabin tak terlupakan. Apakah Anda siap menunggunya? Kita tunggu saja keputusan Nissan Indonesia.

Bagaimana pendapat Anda? Apakah Anda lebih tertarik pada Nissan Juke generasi terbaru atau Nissan Kicks satu ini? Berikan pendapat Anda di kolom komentar ya sobat.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Franky Pratama
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil