Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Siap Taklukkan Medan Pertambangan

03/01/2022

Share this post:

Mitsubishi Fuso 2021

Editor rate:

Rp 920.000.000

Mobil Fuso bekas - Harga bekas Mitsubishi Fuso Lihat promo

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) meluncurkan Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec di tahun 2021, truk yang dirancang untuk beroperasi di pertambangan.

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Siap Taklukkan Medan Pertambangan
Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Siap Taklukkan Medan Pertambangan
0 Gambar

Pengantar Mitsubishi Fuso 2021

Mari kita simak spesifikasi Mitsubishi Fuso 2021 di bawah ini.

Kelebihan
  • Daya angkut mumpuni (26 Ton)
  • Radius putar kecil (8,7 meter), cocok untuk bergelit di medan yang sempit
  • Didukung aplikasi Runner yang memudahkan kegiatan logistik Anda
Kekurangan
  • Masih menggunakan rem Air Over Hydraulic (AOH)
  • Meski bertenaga, mesinnya tidak seefisien rival-rivalnya
  • Baut roda hanya 8, tak sekuat beberapa truk yang sudah menggunakan 10 baut

Pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang diselenggarakan pada tanggal 11-21 November lalu di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Mitsubishi Fuso meluncurkan Truk Mining Spec terbaru, Fuso Fighter FN62FR 6x4.

Gambar Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec

Truk ini diluncurkan di GIIAS 2021 November lalu

Berbeda dengan Fighter biasa, Truk ini dirancang serta dibekali dengan fitur-fitur untuk menghadapi medan pertambangan yang berat. Model ini diluncurkan demi memenuhi permintaan para konsumen yang bergerak di sektor pertambangan.

"Di industri pertambangan, para konsumen kami membutuhkan truk yang memiliki beberapa spesifikasi tambahan, yaitu Power Take Off (PTO), Radiator Guard, dan Rotary Lamp untuk mengatasi kondisi jalan yang buruk," ungkap Naoya Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

>>> GIIAS 2021: Operational Excellence Resep Jitu Mitsubishi Fuso Jadi Market Leader

Mobil Baru Populer

Rp 517.8 - Rp 733.7 Juta
Rp 228.03 - Rp 272.58 Juta
Rp 294.67 - Rp 320.27 Juta
Rp 347.5 - Rp 495.65 Juta

Eksterior Mitsubishi Fuso 2021

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Eksterior Depan

Dibanding versi standarnya, sebenarnya tak ada pembaruan atau perbedaan tampilan yang signifikan. Mobil ini masih dibalut dengan warna oranye yang ikonik sekaligus pembeda bagi kompetitornya. Untuk unit display yang dipamerkan di GIIAS 2021, memang ada tambahan livery berwarna hitam dengan tulisan 'Mining Spec' di kedua sisi pintu.

Desain Grille masih mempertahankan nuansa minimalis yang berwarna hitam dengan kisi-kisi udara yang mengesankan lambang berlian dari Mitsubishi. Di kedua sisi grille ada lampu utama berukuran besar yang didesain sefungsional mungkin.

Gambar Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec

Tampilan fascia depan Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022

Hal yang menarik dari bagian fascia depan adalah kehadiran fitur Cornering Lamp yang memiliki fungsi untuk meningkatkan aspek keamanan ketika berbelok. Dengan adanya fitur ini, pengendara lain bisa mengetahui gerak-gerik Truk sehingga terhindar dari potensi kecelakaan.

Khusus untuk tipe Mining Spec ini, Fuso Fighter dibekali dengan mudguard dan lampu rotary yang akan sangat membantu di area pertambangan. Mudguard berfungsi untuk menghalau lumpur dan bebatuan untuk terlempar ke atas dari ban, dan lampu rotary akan sangat membantu visibilitas di area pertambangan sekaligus sebagai tanda lokasi.

>>> Review Mitsubishi Fuso Fighter FN62F HD 2019

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Eksterior Samping

Untuk sekelas kendaraan berkapasitas angkut 26 Ton, Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec memiliki panjang keseluruhan mencapai 8.475 mm. Sasis bodinya sendiri diklaim sangat kokoh, menggunakan material yang tebal serta tanpa sambungan. Menariknya lagi, posisi kelingan berada di samping sehingga memudahkan pemasangan Rear Body.

Gambar Fuso Fighter

Mining Spec tak sekadar nama, Truk ini memang disiapkan untuk beroperasi di pertambangan

Sayangnya, truk ini masih mempertahankan roda dengan 8 baut yang mungkin tak sekuat rival-rivalnya yang sudah menggunakan 10 baut. Hal ini berdampak pada aspek penguncian roda serta pada masalah tenaga.

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Eksterior Belakang

Truk ini dilengkapi lampu Rear Combination Lamps dengan desain minimalis dan fungsional yang cukup mampu memberi notifikasi jelas kepada pengendara lain.

Gambar Mining Spec

Tampilan belakang Truk saat tidak membawa barang bawaan

Lampu ini cukup terlihat dalam kondisi membawa bak bahkan kondisi jalan yang gelap dengan penerangan minim. Ini sangat penting mengingat truk ini akan banyak beroperasi di area tambang yang mungkin tak dilengkapi dengan penerangan sebaik jalan tol.


Interior Mitsubishi Fuso 2021

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Dashboard dan Setir

Dashboard truk ini dirancang untuk memaksimalkan fungsionalitas serta kenyamanan pengendara. Dibekali dengan blower berjumlah empat yang tertata cukup simetris, kami berasumsi bahwa kesejukan dapat dirasakan di seluruh kabin truk ini.

Gambar Dashboard dan Setir Mitsubishi Fuso Fighter

Dasbor dan setir minimalis dan fungsional

Truk ini juga dibekali dengan banyak kompartemen untuk membantu pengemudi dalam menaruh Handphone, dokumen penting, surat jalan, hingga bekalnya bekerja di medan pertambangan.

Beralih ke setir, roda kemudi ini sudah dibekali Hydraulic Power Booster sehingga tak melelahkan pengemudi saat sedang mengolah setir. Menariknya lagi, fitur sekelas Tilt dan Telescopic Steering sudah dihadirkan yang dapat menyesuaikan posisi kemudi yang ideal.

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Kursi

Bagian kursi sudah didukung fitur Air Suspension yang berfungsi untuk memudahkan pengendara dalam mengatur ketinggian, kemiringan serta jarak yang diinginkan.

Gambar Kursi Fighter

Kursi terasa nyaman dengan fitur suspensi

Hal ini sejatinya diciptakan selaras dengan fitur pada kemudi setirnya sehingga keduanya menjadi relevan. Alhasil, kenyamanan pengendara benar-benar diperhitungkan dalam Fuso Fighter Mining Spec ini.

Fitur Mitsubishi Fuso 2021

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Front Panel

Jika melihat dalam aspek kepraktisan, Truk ini sudah dilengkapi dengan fitur yang disebut Front Panel. Dalam hal ini, Grille depan bisa dibuka dan Anda bisa memeriksa segala kesehatan kendaraan seperti halnya air aki, minyak rem dan komponen penting lainnya.

Gambar Front Panel

Semua Fighter sudah dilengkapi dengan Front Panel untuk memudahkan perawatan

Tentu hal ini terbilang sangat mudah yang mana Anda hanya perlu menekan tuas khusus pada kabinnya dan kemudian Front Panel terbuka. Kemudahan lainnya juga ditemui pada penggunaan model kabin jungkit dengan sudut bukaan lebar hingga 67 derajat. Hal ini memberikan kemudahan dalam hal pengecekan mesin tentunya.

Review Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022: Power Take Off

Truk ini sudah dibekali dengan Power Take Off (PTO) sebagai standar. Fitur ini berfungsi untuk meneruskan putaran tenaga mesin dari transmisi serta memudahkan saat melakukan pemasangan komponen tambahan pada bagian body pump. Misalnya saja, komponen pompa hidrolik.

Operasi Mitsubishi Fuso 2021

Truk ini mengandalkan mesin berkode 6M60 6-silinder SOHC dengan kapasitas 7.545 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 266,3 HP di 2.600 rpm dan torsi 784,5 Nm di 1.400 rpm. Tenaga yang cukup mumpuni untuk mengerakkan kendaraan dengan berat maksimal hingga 26 Ton.

Gambar Mesin Mitsubishi Fuso Fighter

Mesin tetap bertenaga dan sudah EURO4

Transmisinya menggunakan EATON ES-11109 dengan formasi 9 gigi maju serta 1 gigi mundur untuk menyalurkan tenaga ke empat dari enam roda Fuso Fighter ini.

Spesifikasi Mitsubishi Fuso 2021

Dimensi Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec FN 62 FR 2022

Panjang x Lebar x Tinggi 8.475 mm x 2.455 mm x 2.685 mm
Jarak Sumbu Roda 5.460 mm
Jarak Roda Depan Kiri-Kanan 1.920 mm
Jarak Roda Belakang Kiri-Kanan 1.845 mm
Berat Sasis 6.840 Kg
Gross Vehicle Weight (G.V.W) Maksimum 26.000 Kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 200 liter
Radius Putar Minimun 8,7 meter

Rangkaian Tenaga Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec FN 62 FR 2022

Mesin 6M60 - 1AT2 Common Rail 6-silinder SOHC
Kapasitas Mesin 7.545 cc
Tenaga Maksimum 270 PS (266,3 HP) @ 2.600 rpm
Torsi Maksimum 80 Kg.m (784,5 Nm) @ 1.400 rpm
Transmisi EATON ES - 11109, 9 Gigi Maju dan 1 Gigi Mundur
Sistem Penggerak 6x4

Kaki-kaki Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec FN 62 FR 2022

Suspensi Depan Laminated Leaf Springs dengan Shock Absorbers
Suspensi Belakang Laminated Leaf Spring
Rem Kaki Air Over Hydraulic (AOH) dengan Sirkuit Ganda
Rem Tangan Internal Expand Type pada Propeller Shaft
Rem Pembantu Exhaust Brake
Ban Depan Tunggal, 10.00 – 20 – 16 PR
Ban Belakang Ganda, 10.00 – 20 – 16 PR
Sistem Kemudi Ball Nut dengan Integral Type Hydraulic Power Booster, Tilt dan Telescopic Steering Column dengan Steering Lock

Daftar Harga Mitsubishi Fuso 2021

Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2022 hanya tersedia dalam 1 tipe dan ditawarkan dengan harga Rp 920.000.000. Selisih Rp 20 juta dari versi standar yang berkode FN 62 F.

>>> Simak Harga Mobil-mobil Baru Lainnya Dengan Klik di Sini

Kesimpulan Mitsubishi Fuso 2021

Bagi Anda yang hendak mencari sebuah kendaraan untuk kegiatan logistik dan memiliki daya angkut mumpuni yang didesain khusus untuk area pertambangan, Mitsubishi Fuso Fighter Mining Spec 2021 bisa menjadi pilihan Anda.

Truk tambang ini tetap memiliki kelebihan-kelebihan dari Fighter standard seperti radius putar yang kecil, kepraktisan dan kenyamanan pengendara yang baik, serta tenaga untuk mengangkut beban hingga 26 Ton.

Truk-truk lansiran Mitsubishi Fuso juga dikenal andal dan memiliki jaringan purnajual yang baik di Indonesia, sehingga Anda tak perlu ragu untuk menggunakannya di medan pertambangan.

>>> Rilis di Eropa, Mitsubishi Fuso Canter Bawa Teknologi Canggih

Taufan Rizaldy Putra
Share this post:

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top