Review Maserati MC20 2021: Sportscar Cantik Buatan Modena

29/09/2020

Share this post:

Maserati MC20 2020

Editor rate:

Rp. 9.000.000.000

Lihat promo

Maserati merilis sportscar MC20 yang diperkenalkan awal bulan ini. Kehadiran mobil ini juga dikaitkan dengan MC12 yang rilis 15 tahun lalu. Namun, ada hal yang membuat kedua mobil berbeda, apa itu?

Review Maserati MC20 2021: Sportscar Cantik Buatan Modena
Review Maserati MC20 2021: Sportscar Cantik Buatan Modena
0 Gambar

Pengantar Maserati MC20 2020

Mari kita simak spesifikasi Maserati MC20 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Desain eksterior cantik

Layout interior sederhana dan fungsional

Performa mesin jempolan

Kekurangan

Kursi belum sports seat, tidak terlalu supportif saat bermanuver di kecepatan tinggi

Teknologi mesin masih asing, cukup rumit untuk perbaikan

Harga masuk Indonesia akan cukup tinggi

Maserati memasuki era baru dengan MC20, sportscar yang memadukan performa, aura sporty, dan kemewahan dengan ciri khas Maserati yang unik. Adapun mobil ini diluncurkan di Modena pada 9 September dalam acara yang bertajuk “MMXX: Time to be Audacious.”

Maserati MC20 memang bukan sportscar pertama dari pabrikan dengan lambang Trident ini. Sebelumnya, pada tahun 2004-2005 mereka memiliki MC12, sportscar yang cuma dibuat 50 unit dengan basis Ferrari Enzo. 15 Tahun berselang, Maserati MC20 hadir sebagai suksesor spiritual MC12.

Dua sportscar Maserati, MC12 dan MC20

Setelah 15 tahun, Maserati kembali menghadirkan sportscar

Namun lebih dari itu, supercar ini juga berperan sebagai penanda revolusi di Modena. Setelah kehadiran mobil elektrik seperti Ghibli Hybrid, sampai rencana elektrifikasi line-up mobil lainnya, kehadiran MC20 tak ubahnya sebuah statement bahwa Maserati sudah siap untuk menyongsong era baru.

Lalu, bagaimana impresi awal supercar terbaru pabrikan berlambang Trident ini? Simak review Maserati MC20 2021 yang telah disusun oleh redaksi Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Maserati MC20 2020

Dalam proses desain eksterior MC20, desainer Maserati menghabiskan waktu sampai 2.000 jam di fasilitas wind-tunnel milik Dallara, dengan lebih dari 1.000 jam proses CFD (Computational Fluid Dynamics). Hasilnya sebuah sportscar yang tampak elegan serta sporty dengan cita rasa khas Maserati. Body mobil juga diklaim sangat aerodinamis dengan koefisien aerodinamika yang sangat rendah, kurang dari 0,38.

Review Maserati MC20 2021: Eksterior Depan

Tampilan depan Maserati MC20

Desain depan mobil terlihat sangat elegan untuk ukuran Sportscar

Mulai dari sisi depan, Maserati MC20 2021 memakai gril mesh yang dihiasi logo trident khas Maserati model baru. Desain lampu depan dengan teknologi LED terlihat sangat tajam dan memanjang ke bagian fender.

Di bagian kap mesin terdapat dua buah celah udara yang berperan dalam proses pendinginan mesin. Uniknya, tampilan dua buah lubang itu tampak samar jika dilihat dari segala sisi mobil, kecuali dari atas.

Turun ke bawah, ada celah udara di tiap sudut bumper mobil agar aliran udara ke sistem pendingin mesin jadi lebih optimal. Dibanding sportscar lain, bumper depan MC20 terlihat sangat bersih dan elegan.

Review Maserati MC20 2021: Eksterior Samping

Tampilan samping Maserati MC20

MC20 menggunakan pintu model gunting yang memudahkan akses masuk dan keluar mobil

Pindah ke samping, salah satu bagian yang paling menonjol adalah pintu dengan mekanisme pintu gunting. Bukan cuma buat gaya-gayaan, desain pintu seperti ini juga meningkatkan ergonomi mobil dan memudahkan akses masuk-keluar mobil.

Selain itu, hadir juga lubang udara di fender belakang yang langsung mengarahkan aliran angin ke mesin V6 twin-turbo yang butuh banyak pasokan angin.

Review Maserati MC20 2021: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Maserati MC20

Diffuser berukuran besar menghasilkan downforce mobil maksimal

Sementara itu, bagian belakang Maserati MC20 terlihat jauh lebih bersih dengan spoiler yang tersembunyi, lampu LED horizontal, dua buah lubang knalpot yang diletakkan di bawah dudukan plat nomor.

Bagian bawah belakang terdapat diffuser berukuran besar, dengan kanal yang lebih besar di bagian tengah yang memaksimalkan tekanan angin bawah mobil, yang pada akhirnya meningkatkan downforce mobil.

>>> Maserati MC20 siap rilis di Indonesia, harganya bikin melongo


Interior Maserati MC20 2020

Maserati mendesain interior MC20 dengan penumpang sebagai fokus utama dengan layout driver-oriented. Desainnya terlihat sederhana, halus dan minim distraksi untuk memastikan pengalaman mengemudi yang menggugah.

Review Maserati MC20 2021: Dasbor & Kursi

Desain dasbor Maserati MC20

Layout dasbor MC20 terlihat sangat sederhana dan bersih

Melihat di sekeliling layout dasbor, kita menemukan banyak sekali aksen karbon di Maserati MC20, mulai dari konsol tengah, paddle shift, dan setir. 

Simplisitas jadi menu utama dasbor MC20, terlihat dari penempatan kisi kisi AC yang berjumlah empat buah. Dua untuk pengemudi mengapit instrument cluster, dua lainnya ada di panel dasbor untuk penumpang dengan emblem MC20 juga diletakkan di situ.

Layout konsol tengah berlapis karbon sangat minimalis dengan beberapa fitur disematkan, mulai dari wireless smartphone charger, driving mode selector, dua tombol mode girboks, power window, pengontrol multimedia, dan tempat penyimpanan di bawah armrest.

Desain kursi Maserati MC20

Sayang, model kursi yang dipakai tidak terlalu suportif jika dibandingkan sport seats

Perpaduan Alcantara dan material kulit hitam dengan aksen jahitan biru mendominasi interior mobil, khususnya kursi, dasbor, dan panel pintu. 

Desain kursi berbahan karbon sendiri dibuat lebih lebar dengan emboss logo Maserati di headrest. Hasilnya kursi jadi lebih nyaman, meski kurang baik dalam menyangga badan seperti layaknya kursi semi-bucket.

Review Maserati MC20 2021: Setir

Desain setir Maserati MC20

Maserati menyisipkan dua buah tombol di setir MC20

Dibuat berdasarkan input Andrea Bertolini, pembalap pabrikan Maserati Corse dan mantan juara dunia WSC dengan MC12. Setir Maserati MC20 memiliki ergonomi yang maksimal dan aura sporty.

Setirnya dibalut kulit hitam dengan aksen serat karbon di bagian atas, bawah, dan tengahnya. Jika menginginkan aura sporty yang lebih kuat, material Alcantara bisa dipilih.

Hanya tombol-tombol dan kenop penting yang disiapkan, termasuk start/stop engine dan launch control buttons. Hasilnya tombol-tombol mobil jadi lebih mudah diakses, termasuk paddle-shift berukuran besar yang ada tepat di belakang setir.

>>> Selain MC20, Maserati menyiapkan puluhan mobil baru dalam waktu dekat

Fitur Maserati MC20 2020

Untuk menunjang performa mobil yang sudah mumpuni, Maserati MC20 juga dlengkapi serangkaian fitur yang menyasar di beberapa aspek. Mulai dari hiburan, mengemudi, dan keamanan.

Review Maserati MC20 2021: Fitur Hiburan

Infotainment system Maserati MC20

Maserati hadir dengan sistem multimedia berbasis Android

MC20 dilengkapi sistem multimedia MIA (Maserati Intelligent Assistant) generasi terbaru. Menggunakan basis OS Android Automotive, sistem ini menawarkan User Experience yang inovatif dengan personalisasi penuh sesuai dengan kemauan si pengemudi.

Sistem ini dilengkapi dua layar 10,25 inci masing-masing untuk instrumen cluster digital dan layar head unit yang dibuat sesuai dengan kabin MC20 yang sangat fungsional, serta memudahkan pengemudi untuk lebih fokus ke jalanan.

Sama seperti sistem infotainment yang lebih dulu hadir di Ghibli facelift, sistem infotainment Maserati MC20 sudah dilengkapi Maserati Connect App yang dapat menyambungkan mobil dengan smartphone untuk melihat berbagai informasi mobil, semisal waktu servis atau kondisi pengisian baterai untuk varian EV.

Sistem ini juga mendukung Apple CarPlay dan Android Auto, sampai fitur personal assistant seperti Amazon Alexa atau Google Assistant. Berbekal sistem navigasi yang telah terintegrasi, pengemudi bisa mendapatkan informasi lalu-lintas secara real time, dan juga peta yang selalu diupdate.

Untuk kualitas audio, Maserati MC20 dilengkapi enam buah speaker sebagai standar. Jika dirasa itu masih kurang, atau ingin merasakan kualitas audio jempolan saat menyetel layanan streaming Hi-Fi seperti TIDAL, maka sound system 12 speaker dari Sonus Fiber bisa jadi opsi.

Review Maserati MC20 2021: Driving Mode

Bagian konsol tengah Maserati MC20

MC20 dilengkapi lima mode berkendara berbeda, termasuk ESC Off

Sebagai sebuah supercar, kehadiran driving mode untuk memaksimalkan performa mobil adalah sebuah keharusan. Maserati sendiri menyematkan lima buah mode berkendara di MC20, yakni WET, GT, SPORT, CORSA, dan ESC Off.

GT sendiri menjadi mode default di mobil ini, dan untuk mengganti mode pengemudi cukup memutar kenop yang ada di konsol tengah untuk SPORT mode (ke kanan) atau WET (ke kiri). Untuk mode Corsa dan ESC Off bisa diaktifkan dengan menekan tombol di tengah kenop.

Pengaturan mode berkendara secara langsung mengubah dinamika berkendara lewat boost mesin, tingkat sensitivitas pedal gas, perpindahan gigi, sampai kekerasan suspensi.

>>> Teknologi mesin baru Maserati yang sudah mengadopsi teknologi dari Formula 1

Operasi Maserati MC20 2020

Salah satu hal yang patut disorot dari MC20 adalah powertrain V6 twin-turbo 3.000cc, yang diklaim sebagai mesin pertama yang didesain langsung oleh Maserati.

Mesin V6 twin-turbo 3.0L Nettuno di Maserati MC20

Nettuno jadi mesin pertama yang didesain Maserati secara keseluruhan

Dalam pengembangannya, Maserati mengadopsi teknologi yang lebih dulu dipopulerkan mesin Formula 1, contohnya proses pembakaran terpisah dari chamber yang secara efisien dapat meningkatkan performa mesin.

Hasilnya, mesin berkode Nettuno ini menghasilkan tenaga 630 HP dan torsi 729 Nm. Yang berarti mesin ini menghasilkan 210 HP per liter, angka terbaik untuk mesin enam silider yang ada di pasaran saat ini.

Dipadukan girboks otomatis dual-clutch 8-percepatan, Maserati MC20 dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,9 detik dengan top speed di 323 km/jam.

Spesifikasi Maserati MC20 2020

Dimensi Maserati MC20 2021
Panjang x Lebar x Tinggi 4.669 x 1.965 x 1.221 mm
Wheelbase 2.700 mm
Kapasitas Bagasi 150L (50 front + 100 rear)
Tangki Bahan Bakar 60L
Performa Maserati MC20 2021
Powertrain V6 90° MTC twin turbo 3.000cc
Tenaga Maksimal 621 HP @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 730 Nm @ 3.000 -5.500 rpm
Transmisi Automatic Dual-clutch (DCT) 8-Percepatan
Akselerasi 0-100 km/jam 2,9 detik
Top Speed 325 km/jam
Sistem Penggerak Rear-wheel drive with rear limited slip self-locking mechanical differential 
Kaki-Kaki dan Suspensi Maserati MC20 2021
Suspensi Depan / Belakang Double-wishbone with virtual steering axle , anti-roll bar
Rem Depan Ventilated discs, 6 pistons caliper at front, 4 pistons caliper at back
Ukuran Pelek / Ban 245/35 ZR20 (Front), 305/30 ZR20 (Rear)

Daftar Harga Maserati MC20 2020

Tampilan samping Maserati MC20

Maserati MC20 dipastikan hadir di Indonesia awal 2021

Berbeda dari MC12 yang cuma dibuat 50 unit saja, Maserati MC20 hadir sebagai Sportscar produksi massal. Menariknya, mobil ini juga dipastikan mengaspal di Indonesia lewat APM Maserati di Indonesia, Eurokars Group Indonesia.

Namun, Supercar ini akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Yakni sekitar Rp 9 miliar off-the road, hal ini diungkapkan langsung oleh Managing Director Eurokars, Jason Broome, di sela-sela streaming peluncuran MC20 awal bulan ini di Jakarta.

“Supercar ini akan memasuki tahap produksi yang dijadwalkan berjalan pada akhir tahun di pabrik bersejarah Viale Ciro Menotti, di Modena. Pemesanan MC20 dapat dilakukan sejak saat ini dan akan masuk pasar Indonesia di awal tahun 2021 dengan harga lebih kurang Rp 9 Milyar off-the-road,” tutur Jason.

Banderol ini terasa sangat mahal, mengingat Maserati membanderol MC20 secara global mulai dari $210.000 (setara Rp 3,1 miliar) dan akan mulai dipasarkan tahun depan.

Kesimpulan Maserati MC20 2020

Test drive Maserati MC20

Menurut kami, MC20 lebih dari sekadar suksesor MC12. Supercar ini menandakan era baru Maserati

Banyak yang beranggapan bahwa Maserati MC20 adalah suksesor ideal dari MC12 yang legendaris itu. Well, bisa jadi benar, bisa juga salah.

Jika melihat mobil secara keseluruhan, tak bisa dipungkiri MC20 adalah suksesor ideal dari MC12 yang dijual sangat terbatas. Kombinasi desain eksterior yang elegan, dan performa mesin V6 twin-turbo yang sangat mumpuni membuat mobil ini layak disandingkan dengan MC12.

Tapi jika kita menelaah lebih dalam, MC20 lebih dari sekadar suksesor MC12. Ini adalah sportscar pertama yang didesain dari awal sampai akhir oleh Maserati di Modena, berbeda dari pendahulunya yang pada dasarnya adalah sebuah Ferrari Enzo.

>>> Simak review mobil lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

Review lain

Review Maserati Ghibli Trofeo 2021: DNA Ferrari Dalam Kemasan Sedan Eksekutif

Rp 1.900.000.000

27/08/2020

Editor rate:

Tak lama setelah peluncuran Ghibli Hybrid, Maserati hadirkan Ghibli dengan DNA jauh berbeda. Yap, Ghibli Trofeo 2021 memang tidak biasa karena memakai mesin V8 twin-turbo milik Ferrari.

Lihat juga

Review Maserati Ghibli Hybrid 2021: Tonggak Elektrifikasi Maserati

TBA

30/07/2020

Editor rate:

Maserati siap menyongsong era baru. Pabrikan asal Modena itu menyegarkan line-up mobil sedan eksekutifnya, Ghibli, model tahun 2021. Bukan sekadar facelift, teknologi mild-hybrid hadir dengan mesin baru yang lebih efisien.

Lihat juga

Review Maserati Levante Trofeo 2020: Sensual dengan Mesin Terkuat Maserati

TBA

30/05/2020

Editor rate:

Penggemar supercar di Indonesia akhirnya kedatangan SUV rasa supercar dari Maserati Levante Trofeo 2020, hadir dengan mesin terkuat yang pernah digunakan Maserati.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG GT Black Series 2021: Kembalinya Sisi Liar Affalterbach

Rp 5.780.000.000

03/08/2020

Editor rate:

Setelah enam tahun vakum, Mercedes-AMG menghidupkan kembali lini legendaris Black Series lewat AMG GT Black Series 2021 yang hadir dengan performa mesin super bengis dan desain ala mobil balap GT3, bagaimana jelasnya? Simak reviewnya di sini.

Lihat juga

Review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020: Otot Kuat Di Balik Keanggunan

Rp. 2.720.000.000

01/05/2020

Editor rate:

Inilah model sport 4 pintu pertama yang dibuat oleh Affalterbach untuk AMG. Inilah review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC yang punya desain anggun dan mesin berotot

Lihat juga
back to top